Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

6 Tips Memilih Jasa Pembuatan Toko Online yang Terpercaya

Semakin tingginya kebutuhan para online shop, kini banyak sekali jasa pembuatan toko online yang bisa ditemukan dengan mudah. Namun, tentu saja tidak semuanya memiliki kualitas yang sama.

Ada cukup banyak risiko yang mungkin bisa dihadapi. Beberapa risiko tersebut antara lain desain toko online tidak maksimal, server down, hingga website tidak diakses dan penyedia jasa menghilang tanpa kabar.

Oleh karena itu Anda perlu cermat dalam memilih jasa yang tepat agar tidak berakhir pada kekecewaan dan uang tidak terbuang sia-sia. Jadi silahkan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Toko Online yang Terpercaya

Manfaat Menggunakan Jasa Pembuatan Toko Online

Dibandingkan harus membuat secara mandiri, menggunakan jasa pembuatan online shop memang memiliki cukup banyak kelebihan. Berikut adalah manfaat tersebut.

1. Hemat waktu

Jika membuat website secara mandiri, Anda membutuhkan cukup banyak waktu, mulai dari pembelian hosting dan domain hingga pengaturan website. Belum lagi jika Anda belum begitu paham tentang pembuatan website, tentu waktu yang dibutuhkan akan jauh lebih lama.

Untuk mempelajari pembuatan website toko online, setidaknya Anda membutuhkan waktu sekitar 1 bulan. Dengan menggunakan jasa pembuatan, Anda bisa menghemat waktu tersebut dan langsung segera berjualan tanpa memikirkan hal itu.

2. Praktis

Selain menghemat waktu, menggunakan jasa pembuatan toko online juga cenderung lebih praktis. Pasalnya Anda cukup menyiapkan budget dan gambaran besar mengenai toko yang ingin dibuat.

Setelah itu, Anda cukup menunggu penyedia jasa tersebut mengerjakan orderan website toko online. Hanya dalam 1 x 24 jam saja, website tersebut sudah bisa diakses dan digunakan untuk berjualan.

3. Konsultasi

Beberapa jasa menyediakan konsultasi gratis mengenai beberapa hal seperti pemilihan desain, tata letak produk dan lain-lain. Bagi pemula mungkin hal tersebut masih cukup asing sehingga layanan konsultasi ini bisa membantu membuat toko yang baik.

Sebagai contoh mungkin Anda mengajukan sebuah konsep tertentu untuk toko online. Akan tetapi menurut pengalaman jasa tersebut mengatakan bahwa desain yang diajukan kurang efektif karena beberapa hal.

Dengan demikian akan muncul diskusi yang membuat website menjadi lebih bagus dan nyaman diakses oleh para pengunjung. Itulah manfaat yang mungkin tidak akan ditemukan ketika membuat website sendiri.

Tips Memilih Jasa Pembuatan Toko Online

Agar tidak kecewa dengan hasil yang diberikan, silakan simak beberapa tips memilih jasa toko online berikut ini. Pastikan tidak ada satu pun yang terlewat agar hasilnya benar-benar maksimal.

1. Melakukan budgeting

Dalam pembelian apapun budgeting sangat penting untuk dilakukan. Pada prinsipnya budgeting merupakan pengalokasian dana tertentu untuk membuat website.

Pada umumnya jasa pembuatan toko online berada di kisaran 1 hingga 3 juta tergantung dari tingkat kesulitannya. Jadi silakan persiapkan budget sebesar itu jika ingin membuat website.

Langkah ini sangat penting terutama jika budget yang Anda miliki tidak terlalu besar. Pastikan setelah memesan website Anda masih memiliki simpanan untuk keperluan lain agar tidak mengganggu kondisi finansial.

Budgeting juga bisa berupa perencanaan pengelolaan keuangan setelah pembelian terjadi. Sebagai contoh Anda akan menabung sekian persen jumlah penghasilan untuk menstabilkan keuangan pasca sebagian uang digunakan untuk pembuatan website.

2. Memiliki website yang profesional

Sebuah jasa pembuatan toko online juga harus memiliki website sebagai salah satu cerminan hasil kerja mereka. Jadi langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mengecek bagaimana kualitas website mereka.

Perhatikan beberapa faktor seperti kecepatan loading website, desain, konten, navigasi, dan sebagainya. Jika dirasa website tersebut baik dari segala sisi, artinya Anda bisa mempercayai mereka untuk membuatkan toko online.

Jasa yang profesional biasanya juga menampilkan beberapa portfolio proyek yang sudah dikerjakan sebelumnya. Silakan lihat testimoni atau portfolio tersebut sebagai bahan pertimbangan apakah cocok untuk konsep toko online yang ingin Anda buat.

Kesalahan yang kerap terjadi adalah orang asal memesan dari sebuah penyedia jasa tanpa mengecek hal tersebut. Hasilnya toko online yang sudah dibuat tidak akan maksimal karena alasan-alasan tertentu.

3. Website toko online sudah mendukung SEO

SEO atau Search Engine Optimization akan membuat toko online Anda muncul ketika seseorang mencari informasi tertentu di mesin pencarian. Untuk sebuah online shop, hal ini sangat penting untuk dimiliki.

Hal tersebut karena SEO merupakan salah satu cara mendatangkan traffic secara organik. Jadi sebelum memesan di jasa pembuatan toko online, pastikan bahwa website tersebut sudah mendukung SEO.

Jika perlu Anda juga bisa sekalian memesan artikel di penyedia jasa tersebut untuk mengisi konten dan mendapatkan jangkauan lebih cepat. Namun jika Anda terbiasa menulis bisa membuat artikel sendiri karena tidak membutuhkan waktu yang lama.

4. Memperhatikan kualitas pelayanan

Untuk membuat sebuah website toko online tidak bisa dilakukan dalam satu kali pemesanan saja, melainkan harus ada konsultasi di hal-hal tertentu seperti desain, isi, dan sebagainya. Jadi jangan lupa untuk memperhatikan kualitas pelayanan yang diberikan.

Pelayanan yang dimaksud di sini adalah sebelum pemesanan, saat pengerjaan, dan pasca pemesanan. Sebelum pemesanan mungkin hampir semua jasa memberikan pelayanan terbaik seperti fast response, menjawab pertanyaan calon pembeli dan lain-lain.

Akan tetapi untuk fase pengerjaan dan pasca pemesanan biasanya terjadi hal-hal yang kurang mengenakkan. Sebagai contoh, ketika mengerjakan, Anda tidak diperkenankan untuk melakukan revisi di sektor tertentu.

Selain itu setelah pemesanan tidak sedikit penyedia jasa yang langsung meninggalkan pembeli dan kurang menanggapi apabila ada keluhan seperti server down. Untuk lebih jelas berikut ini adalah hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Kecepatan respons customer service
  • Pengetahuan tentang jasa yang ditawarkan
  • Kecepatan proses pengerjaan
  • Kualitas pasca pemesanan

5. Menyediakan laporan lengkap

Tips memilih jasa pembuatan toko online yang berikutnya adalah menanyakan apakah mereka menyediakan laporan lengkap. Laporan ini sangat penting untuk melakukan evaluasi online shop di bulan-bulan berikutnya.

Laporan bisa berupa jumlah pengunjung, jumlah klik produk tertentu, pertanyaan pengunjung, dan lain-lain. Dengan adanya laporan tersebut, maka Anda akan lebih mudah menemukan bagian mana yang harus diperbaiki, apakah segi desain, produk, atau hal lainnya.

6. Memiliki tim profesional

Terakhir, pastikan jasa pembuatan toko online yang ingin Anda gunakan memiliki tim yang profesional dan sudah cukup lama beroperasi di bidang tersebut. Hal ini akan meningkatkan kemungkinan kualitas website menjadi lebih baik.

Anda tentu tidak ingin toko online dikerjakan oleh orang yang kurang berkompeten bukan? Oleh karena itu, jangan sungkan untuk mencari tahu hal tersebut, baik melalui customer service maupun melihat di website mereka.

Biasanya di website jasa tersebut sudah diberikan informasi terkait sudah berapa lama perusahaan tersebut didirikan. Jika mereka sudah beroperasi lebih dari 5 tahun, artinya kualitas tim biasanya sudah mulai matang karena berpengalaman menangani berbagai macam pesanan.

Demikian penjelasan tentang tips memilih jasa pembuatan toko online yang benar-benar terpercaya. Dengan melakukan langkah di atas, Anda akan menemukan jasa yang tepat sesuai dengan kebutuhan toko online.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar