Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

5 Tips Membuka Online Shop Kuliner Auto Banjir Pembeli

Meskipun memiliki peminat cukup banyak, Anda perlu mempelajari beberapa tips membuka online shop kuliner. Hal tersebut karena persaingan di bidang ini sama ketatnya seperti fashion.

Tanpa bekal ilmu, Anda akan mudah tersaingi oleh para kompetitor entah karena mereka lebih kreatif atau berbisnis online dengan cara yang tepat. Inilah sebabnya sangat penting untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu.

Namun, jangan khawatir karena pada kali ini akan dibahas tentang tips-tips tersebut sehingga Anda akan lebih siap untuk terjun ke dalamnya. Silakan perhatikan dengan saksama dan catat tips membuka online shop kuliner yang menurut Anda penting untuk diingat.

5 Tips Membuka Online Shop Kuliner Auto Banjir Pembeli

Kelebihan Berjualan Produk Kuliner

Ada beberapa kelebihan menjual produk kuliner jika dibandingkan dengan produk lainnya. Inilah alasan kenapa banyak sekali orang mencari tips membuka online shop kuliner karena kelebihan berikut.

1. Pemasaran mudah

Memasarkan produk kuliner cenderung lebih mudah dibandingkan produk lain seperti fashion, mainan, perlengkapan rumah tangga, dan sebagainya. Hal tersebut karena makanan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia sehingga peminat pasti terus ada.

Bahkan, sekali Anda mendapatkan pelanggan yang puas, kemungkinan besar mereka akan setia memilih produk Anda daripada penjual lain. Jadi, sangat penting untuk memperhatikan kualitas karena pelanggan tersebut bisa menjadi media pemasaran gratis yang ampuh.

2. Mudah dijalankan

Saat ini, Anda tidak perlu menyewa kios, ruko, atau booth untuk memulai bisnis ini. Bahkan, dengan adanya ojek online, Anda dapat membuka bisnis di rumah dan membuka layanan pesan antar.

Jadi, ketika Anda mencari tips membuka online shop kuliner biasanya masalah tempat bukan menjadi persoalan penting. Satu-satunya hal yang harus difokuskan adalah strategi marketing dan peningkatan kualitas produk.

Tips Membuka Online Shop Kuliner

Meskipun cenderung mudah dipasarkan karena peminatnya akan selalu ada, namun bukan berarti ketika pertama kali membuka akan langsung kebanjiran pembeli. Bahkan, tidak sedikit pula online shop kuliner yang tutup di bawah 5 tahun operasional.

Fenomena tersebut bukan tanpa alasan. Jika tidak bisa mendapatkan pembeli di tengah permintaan pasar yang tinggi, artinya ada beberapa aspek yang salah dan perlu diperbaiki sesegera mungkin.

Oleh karena itu, apabila Anda sudah memutuskan terjun ke bisnis ini, sebaiknya pelajari tips-tips berikut dengan saksama. Mungkin hasilnya tidak akan langsung terasa, namun setidaknya Anda sudah berjalan di jalur yang tepat.

1. Menentukan jenis produk

Tips membuka online shop kuliner yang pertama dan paling penting adalah menentukan jenis produk. Seperti kita ketahui, kuliner merupakan dunia yang sangat luas sehingga Anda harus memilih produk yang lebih spesifik.

Beberapa rekomendasi produk yang bisa Anda pilih antara lain sebagai berikut.

  • Makanan pedas
  • Camilan pedas
  • Frozen food
  • Lauk olahan
  • Katering
  • Diet food
  • Cokelat
  • Donat
  • Salad buah
  • Kue kering
  • Seblak
  • Mie Ayam dan bakso
  • Nasi goreng
  • Minuman kemasan
  • Minuman kekinian
  • Minuman kesehatan
  • Camilan sehat
  • Kafe

Sebenarnya masih ada banyak sekali jenis yang bisa dipilih. Silakan tentukan satu yang menurut Anda paling nyaman dilakukan dalam waktu yang panjang.

2. Mencari target market

Tips membuka online shop kuliner berikutnya adalah mencari dan menentukan target market. Meskipun bisa dinikmati semua kalangan, namun setiap jenis kuliner pasti memiliki target yang paling optimal.

Sebagai contoh, apabila Anda ingin menjual masakan atau snack pedas, maka market yang paling cocok untuk disasar adalah kalangan anak muda. Kalangan ini sangat menyukai makanan pedas meskipun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga ada yang menggemari.

Kemudian, frozen food biasanya disukai oleh ibu-ibu muda yang ingin menikmati makanan dengan cara instan dan praktis. Apabila Anda berperan sebagai supplier, maka frozen food bisa didistribusikan di pedagang kaki lima yang biasa berada di tempat umum seperti sekolah.

Contoh berikutnya adalah gulai kambing. Seperti kita ketahui, meskipun terkenal dengan rasanya yang nikmat, namun tidak semua orang bisa mengonsumsi makanan tersebut, terutama orang dengan kolesterol tinggi.

Jadi, sangat penting untuk menentukan target market ini karena menjual ke market yang salah akan menguras banyak energi. Bahkan, hasil yang didapatkan pun tidak akan maksimal.

3. Mencari pemasok bahan

Bahan baku merupakan unsur paling penting dalam bisnis kuliner. Oleh karena itu, tips membuka online shop kuliner berikutnya yang perlu diperhatikan adalah mencari pemasok bahan yang benar-benar berkualitas.

Jika Anda sampai salah memilih pemasok bahan baku, hasilnya akan sangat fatal. Bayangkan, orang yang sudah percaya dengan makanan Anda tiba-tiba hilang kepercayaan hanya karena merasakan penurunan rasa diakibatkan bahan tidak berkualitas.

Untuk menemukan pemasok yang tepat memang membutuhkan perjuangan, terlebih jika Anda belum memiliki referensi yang cukup. Oleh karena itu, silakan manfaatkan media online untuk mencari tahu seperti Google atau Instagram.

Ketika sedang melakukan survei, pastikan pemasok tersebut bisa menyediakan bahan dalam jangka panjang supaya Anda tidak perlu mencari pemasok lain ketika kehabisan bahan baku. Biasanya pemasok bahan yang sudah terpercaya akan memiliki banyak langganan pelaku bisnis kuliner lainnya.

Apabila Anda menggunakan sistem reseller seperti menjual frozen food, maka carilah supplier yang sudah terpercaya. Anda bisa melihat kualitasnya dengan cara memesan satu produk terlebih dahulu sebagai bahan pertimbangan.

4. Memasarkan melalui sosial media

Pemasaran dengan sosial media merupakan tips membuka online shop kuliner yang tak kalah penting. Apapun jenis kuliner yang Anda pilih, sosial media tetap akan digunakan untuk menjangkau lebih banyak pembeli.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan di media sosial, namun yang paling penting adalah mencari perhatian audiens tertarget terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika Anda berjualan seblak, buatlah konten yang menyasar anak-anak muda, yakni seputar waktu luang, berkumpul bersama, belajar, dan lain-lain.

Jika ingin memposting produk, pastikan gunakan foto atau video dengan aspek visual yang kuat. Gunakan warna yang cerah, resolusi tinggi, dan bangkitkan panca indera mereka.

Hal ini akan membuat orang yang melihat akan langsung tergiur dengan produk Anda. Apabila memang tidak memiliki latar belakang desain atau fotografi, Anda bisa memanfaatkan freelancer yang dapat ditemui dengan mudah.

5. Melakukan endorsement

Cara ini bisa dilakukan ketika Anda memiliki dana yang lebih. Biasanya para pebisnis kuliner sering menggunakan metode ini agar mendapatkan banyak audiens dalam waktu cepat.

Untuk langkah awal, Anda tidak harus melakukan endorsement ke influencer besar karena biasanya akan menghabiskan biaya jutaan rupiah. Mulailah memberikan produk gratis ke teman atau kerabat dan mintalah untuk memberikan review di akun sosial media mereka.

Walaupun hasilnya tidak sebesar influencer terkenal, namun cara ini akan lebih efektif dibandingkan Anda harus susah payah berpromosi di berbagai tempat sekaligus. Anggap saja produk gratis tersebut sebagai biaya pemasaran yang akan memberikan feedback positif di kemudian hari.

Itulah tadi beberapa tips membuka online shop kuliner yang akan membawa Anda lebih mudah mendapatkan pembeli. Silakan pelajari dan langsung praktik sekarang juga agar segera merasakan hasilnya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar