Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Tips Belajar Bisnis Baju Online Bagi Pemula

Kebutuhan masyarakat umum akan pakaian tentunya tidak akan ada habisnya. Oleh karena fakta itulah, menjalankan bisnis baju online bisa menjadi sebuah usaha yang sangat menjanjikan untuk ditekuni.

Apalagi, jika membahas tentang varian baju, pastinya tidak akan ada habisnya. Anda dapat menjual baju anak, baju remaja, atau menjual jenis baju untuk orang dewasa.

Nah, melihat hal tersebut, apakah Anda merupakan salah satu orang yang berencana bisnis baju secara online? Jika iya, maka sebaiknya jangan lewatkan informasi tentang bisnis pakaian online berikut ini.

Tips Belajar Bisnis Baju Online Bagi Pemula

Mengapa Bisnis Baju Online Menjanjikan?

Dalam beberapa waktu terakhir, bisnis pakaian secara online memang semakin menjamur. Lantas, sebenarnya apakah yang membuat jenis bisnis tersebut banyak dipilih oleh para pebisnis tersebut?

Pastinya, itu semua tidak terlepas dari peluang bisnis baju yang termasuk menjanjikan. Nah, berikut adalah beberapa hal yang membuat jenis usaha seperti ini menjanjikan untuk dipilih.

1. Manusia Pasti Membutuhkan Baju

Alasan pertama adalah semua orang pasti membutuhkan pakaian untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Pasalnya, selain papan dan pangan, pakaian merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia lainnya.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir saat memutuskan hendak membuka bisnis baju online. Apabila memang dipersiapkan dengan tepat dan barang yang dijual memang berkualitas, sudah barang pasti Anda tidak akan kekurangan pembeli.

2. Mudah Dilakukan

Alasan berikutnya mengapa bisnis baju online banyak dipilih oleh orang adalah jenis usaha tersebut cukup mudah dilakukan. Bahkan, Anda tidak perlu menjadi seseorang yang expert dalam bidang baju untuk bisa mulai berjualan.

Hal yang perlu dilakukan dalam memulai usaha ini adalah dengan memahami cara bisnisnya saja. Anda bisa cari tahu tentang jenis bahan, desain yang sedang hit, distribusi barang, sampai dengan ke tahap pemasaran produk.

3. Modal Terbilang Minim

Besaran modal bisnis menjadi sebuah elemen penting dalam memulai usaha apapun itu. Namun, jika Anda ingin memulai bisnis baju online, modal yang dibutuhkan terbilang sangatlah minim.

Jadi, apabila memang modal yang dipunyai terbatas, maka produksi baju bisa dilakukan dalam skala kecil terlebih dahulu. Untuk menjalankan hal ini, bisa diakali dengan membuat sistem pre order (PO) agar biaya produksi baju bisa lebih ditekan.

4. Barang Tidak Kedaluwarsa

Alasan selanjutnya, barang seperti baju tidak memiliki masa kedaluwarsa layaknya produk makanan. Jadi, sebagai penjual Anda dapat menyimpan baju dalam waktu lama jika memang belum laku.

Untuk melakukan hal ini, hal yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas dari bahan dan warnanya saja. Oleh karena itu, Anda dapat gunakan lemari penyimpanan produk yang terlindung dari serangan jamur ataupun tikus.

Cara Mulai Menjalankan Bisnis Baju Online Bagi Pemula

Cara Mulai Menjalankan Bisnis Baju Online Bagi Pemula

Nah, setelah mengetahui tentang alasan menjamurnya usaha baju online ini, berikutnya akan dibahas tentang bagaimana cara mulai menjalankannya. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang memulai bisnis pakaian online tersebut.

1. Riset Produk dan Pasar

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum memulai usaha bisnis baju online adalah melakukan riset pasar dan juga produk. Pelajarilah berbagai macam hal dasar tentang produk baju seperti tentang bahan, harga, dan lain sebagainya.

Lakukan juga riset pada para pebisnis yang sudah terlebih dahulu terjun dalam bisnis seperti ini. Dengan mencari tahu dan melakukan riset dengan mendetail, Anda bisa mendapatkan modal berharga dalam menjalankan bisnis ini.

2. Memilih Produk Pakaian

Selanjutnya, Anda dapat mulai untuk mencari-cari jenis produk pakaian seperti apa yang akan dijual. Seperti diketahui, di pasaran terdapat cukup banyak jenis pakaian yang diperjual-belikan.

Terdapat jenis pakaian polo, V-neck, t-shirt, busana muslim, kemeja, dan lain sebagainya. Dari banyaknya jenis pakaian tersebut, Anda bisa memilih dan tentukan jenis mana yang ingin menjadi highlight dari penjualan Anda.

3. Memilih Supplier Berkualitas

Dalam membeli baju, tentunya orang-orang menginginkan sebuah produk yang punya kualitas. Oleh karena itu, agar dapat memenuhi kebutuhan serta harapan dari masyarakat, Anda harus memilih supplier yang berkualitas.

Pilihlah produsen dalam hal ini konveksi yang sudah punya banyak pengalaman serta bisa bekerja secara profesional. Hal seperti ini sangat penting diperhatikan karena akan menyangkut dengan kepuasan dari para pembeli produk Anda.

Untuk dapat memperoleh konveksi yang memenuhi kriteria tersebut, Anda sebagai pebisnis wajib untuk melakukan pengecekan langsung. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui tentang bagaimana konveksi tersebut bekerja.

Selain itu, dalam menjalin kerja sama dengan pihak konveksi, sebaiknya membuat beberapa kesepakatan terlebih dahulu. Misalkan saja, Anda bisa mencoba untuk memberikan modal berupa bahan pada saat awal proses produksi atau semacamnya.

Hal lain yang tidak boleh ketinggalan adalah tentang biaya produksi yang digunakan. Pastikan untuk urusan seperti itu sudah diselesaikan dengan baik di awal agar tidak memengaruhi tingkat kualitas produksi baju.

4. Gunakan Foto Produk Menarik

Oleh karena bisnis baju online proses jual beli dilakukan secara online, maka Anda harus membuat pembeli tertarik saat melihat produk toko Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan foto produk yang dibuat secara menarik, namun tetap jujur.

Untuk bisa menghasilkan foto produk yang berkualitas, Anda dapat menggunakan jasa foto profesional. Namun, jika memang modal yang dimiliki cukup terbatas, maka bisa juga mencari tips foto produk yang baik di internet.

5. Membuat Website Official

Tahapan berikutnya dalam memulai bisnis baju online adalah dengan membuat website official. Website ini menjadi salah satu bukti ke pembeli bahwa produk baju buatan Anda memang dibuat secara serius dan profesional.

Dalam pembuatan website ini, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri ataupun menggunakan jasa profesional. Hal yang penting dari pembuatan website ini adalah pastikan web tersebut ringan dan mudah diakses oleh para pengunjung.

Selain website, Anda juga wajib untuk membuat media sosial official dari toko. Hal ini dilakukan agar para pembeli dapat dengan mudah untuk menjangkau toko baju online milik Anda.

6. Inovasi dan Evaluasi

Hal terakhir yang wajib dilakukan saat memulai usaha baju online ini adalah jangan malas untuk melakukan inovasi dan juga evaluasi. Kedua hal tersebut sangat penting dilakukan agar bisnis baju bisa menjadi lebih baik lagi.

Dalam melakukan inovasi produk, Anda bisa mencari tahunya lewat media sosial yang ada. Lihatlah trend pakaian seperti apa yang saat ini sedang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Mengingat cepatnya informasi dapat diterima oleh pengguna internet, maka Anda tidak boleh melewatkan trend-trend yang terjadi tersebut. Anda dapat mengambil trend tersebut sebagai inspirasi pada produk baju yang dijual.

Selain inovasi, melakukan evaluasi produk dan penjualan juga mesti selalu dilakukan. Dengan melakukan evaluasi semacam ini, Anda dapat mengetahui jenis baju mana saja yang punya penjualan terbanyak dan juga terkecil.

Nantinya, dari informasi yang didapatkan lewat evaluasi tersebut, Anda bisa membuat perencanaan penjualan yang lebih baik ke depannya. Dengan begitu, perusahaan baju yang dijalankan bisa menjadi lebih maju lagi dari waktu ke waktu.

Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis baju online, tentu tidak boleh melewatkan berbagai hal yang disampaikan di atas. Informasi tersebut bisa menjadi modal berharga Anda untuk membangun bisnis pakaian di tengah ketatnya persaingan bisnis online sekarang.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar