Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Insights

8 Teknik Closing Sales Yang Efektif Menarik Pelanggan

Nyawa dari sebuah usaha itu terletak dari lancar atau tidaknya sebuah transaksi berlangsung sehingga mendapatkan penghasilan. Salah satu cara untuk menambah penghasilan adalah dengan menerapkan teknik closing sales yang efektif.

Fakta inilah yang mendasari bahwa teknik closing itu memiliki peran yang penting dalam sebuah bisnis. Tentu saja pengetahuan mengenai teknik closing sangat berpengaruh pada penjualan produk sebuah perusahaan. Hampir semua perusahaan menerapkan teknik ini contohnya adalah budaya dan teknologi.

Selain itu tantangan terberatnya adalah semakin banyak produk substitutsi yang mudah menarik minat pelanggan. Sales yang bekerja juga harus memiliki kemampuan untuk meyakinkan konsumen agar mau membeli produk Anda. Berikut beberapa teknik closing yang dapat diterapkan oleh sales.

Mengapa Teknik Closing Penting?

Teknik closing adalah sebuah teknik untuk membuat calon konsumen benar-benar menjadi pembeli produk yang ditawarkan. Atau dengan kata lain bahwa teknik closing ini adalah sebuah metode yang dapat digunakan untuk mengubah leads menjadi seorang konsumen.

Ketika menjual sebuah barang serta melakukan interaksi dengan berbagai calon konsumen lewat chatting, sedikit demi sedikit Anda bisa menerapkan teknik closing dalam penjualan agar pembeli mau membeli produk tersebut.

Adanya teknik closing ini maka admin bisa mengarahkan sedikit demi sedikit agar pembeli mau membeli produknya. Teknik closing sangat dibutuhkan agar pembeli tidak merasa bahwa dirinya sedang dipaksa untuk membeli produk.

Menggunakan teknik closing maka pembeli akan membeli dengan senang hati. Tentu saja ada beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum menerapkannya seperti memahami kelebihan produk. Kemudian para pemilik bisnis harus membangun kepercayaan akan produk yang dijual ke pelanggan.

Teknik Closing yang Efektif

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan teknik closing, beikutnya adalah Anda juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis teknik closing yang cukup efektif dalam meningkatkan penjualan. Cara ini dapat beralih dengan mengatur komunikasi di sosial media, berikut beberapa jenis teknik closing:

1. Terapkan Teknik Now or Never

Teknik pertama adalah now or never yang merupakan teknik dengan memberikan informasi kepada konsumen mengenai diskon atau promo dan hanya berlaku di waktu tertentu saja. Buatlah diskon, promo serta potongan harga yang bisa membuat konsumen membeli produk saat itu juga.

Adapun tujuan dari menerapkan teknik ini adalah agar konsumen dapat terpengaruh dan segera membeli produk tersebut. Tentunya cara ini dapat Anda terapkan dan hanya berlaku saat waktu tertentu saja jadi di keesokan harinya harga produknya akan normal kembali.

Tidak hanya menerapkan teknik promo saja katakan bahwa stok produk tersebut juga sangat terbatas atau tinggal beberapa buah saja. Anda harus bisa meyakinkan konsumen bahwa Anda tidak menjamin jika produk tersebut akan diproduksi lagi jadi harus membeli saat itu juga.

2. Menjadikan Konsumen Orang yang Spesial

Menjadikan konsumen sebagai orang yang spesial adalah salah satu teknik closing sales yang terbaik. Dengan menerapkan teknik closing yang satu ini maka customer akan merasa beruntung karena telah mendapatkan produk tersebut.

Ketika akan melakukan teknik closing ini maka Anda bisa menyampaikan kalau produk tersebut hanya tersedia sebanyak 20 buah saja. Anda juga bisa menawarkan layanan pengantaran gratis bagi pelanggan yang terpilih.

Buatlah kesan agar konsumen tersebut merasa menjadi spesial dan jika tidak membeli produk tersebut saat itu juga maka akan melewatkan banyak keuntungan. Dengan menerapkan trik ini maka pelanggan akan memilih untuk langsung membelinya dengan tidak menundanya lagi.

3. Membandingkan Kualitas dan Harga dengan Produk Pesaing

Teknik closing yang berikutnya adalah membandingkan kualitas serta harga dengan produk dari produsen lainnya. Hampir semua konsumen akan merasa senang jika mendapatkan harga yang lebih murah akan tetapi kualitasnya bagus.

Hal ini merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan teknik closing yaitu membandingkan harga dan kualitas, cara ini terbilang cukup efektif. Anda dapat menginformasikan kepada konsumen bahwa ada barang yang harganya lebih murah tetapi kualitasnya sama dengan lainnya.

Jika menerapkan teknik closing sales yang satu ini maka konsumen bisa membandingkan produk tersebut dengan produk lainnya. Kesempatan untuk mendapatkan produk yang lebih berkualitas dan murah lebih besar tentu saja konsumen lebih memilih produk tersebut.

4. Memiliki Perasaan Empati Pada Konsumen

Selain dengan membandingkan kualitas dan harga, teknik closing berikutnya adalah dengan memiliki perasaan empati ke konsumen. Jika ingin memiliki rasa empati pada konsumen itu bisa dilakukan dengan melakukan pendekatan secara emosional.

Anda dapat lakukan seolah-olah posisinya sama dengan konsumen. Ceritakan juga hal yang sama dengan memberikan penguatan kepada konsumen. Beberapa hal mungkin pernah dirasakan seperti misalnya mendapat penjual yang kurang baik ketika melakukan transaksi.

Kesamaan cerita ini tentu akan membuat konsumen merasa bahwa seirama dan bisa membantunya dengan produk yang Anda tawarkan tersebut. Contohnya adalah dengan mengatakan “saya juga dulu pernah mengalami hal seperti itu kak sering merasa insecure dengan memiliki berat badan yang lebih.”

“Tapi setelah saya mencoba barang ini berat badan saya bisa turun 5 kg lebih dalam waktu 2 minggu saja. Sekarang saya tidak insecure lagi.”

5. Mengasumsikan Konsumen

Cara closing sales yang baik adalah dengan mengasumsikan konsumen. Teknik ini maksudnya adalah mengasumsikan bahwa konsumen akan membeli produk Anda. Anda harus percaya diri jika produk tersebut pasti akan dibeli oleh konsumen.

Menggunakan teknik ini maka Anda akan lebih mudah menjualnya. Menerapkan teknik ini memang membutuhkan keberanian ketika Anda memancing konsumen untuk membeli produk tersebut. Contohnya dengan menanyakan beberapa hal seperti “mau beli yang warna apa?” atau “mau ambil berapa produk?”

6. Memberikan Pujian ke Pelanggan

Cara berikutnya adalah dengan memberikan pujian kepada pelanggan yang membeli produk Anda tersebut. Semua orang juga pasti suka jika ada yang memujinya apalagi jika orang tersebut adalah seorang pelanggan. Untuk melakukan teknik closing ini Anda harus memberikan pujian kepada pelanggan.

Adapun efek yang ditimbulkan dari menggunakan teknik ini adalah konsumen tentu akan merasa senang dan lebih percaya diri. Pada saat rasa percaya dirinya sudah terbentuk maka akan lebih mudah untuk menawarkan produk tersebut. Namun ingat jangan memberikan pujian yang terlalu berlebihan.

7. Menampilkan Testimoni yang Positif

Teknik closing sales yang tepat adalah dengan menampilkan testimoni yang positif sebagai salah satu cara untuk menarik pelanggan. Tampilan testimoni pelanggan tentu akan berfungsi sebagai bukti bahwa pelanggan telah menggunakan produk tersebut.

Anda dapat meminta para konsumen yang sudah membeli untuk memberikan tanggapan yang positif lalu ditampilkan dalam website atau media sosial. Pilihlah testimoni positif yang masuk agar bisa mempengaruhi konsumen lain untuk membeli produk tersebut.

8. Mencoret Harga Normal

Teknik closing yang terakhir adalah dengan mencoret harga normal. Maksudnya adalah Anda bisa menurunkan harga dari harga normal. Teknik pencoretan ini sebenarnya sudah banyak diketahui oleh pelaku usaha dan terbukti efektif untuk menarik pelanggan.

Ada banyak teknik closing sales yang Anda bisa pilih di atas jika ingin cepat mendapatkan produk. Teknik closing ini dapat membantu Anda untuk mengembangkan bisnis dan menambah penghasilan yang didapatkan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar