Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Strategi Membangun Keunggulan Produk Kompetitif dan Manfaatnya

Menerapkan strategi membangun keunggulan produk secara kompetitif memang wajib dilakukan oleh sebagian besar dari para pebisnis. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dengan begitu maka akan meningkatkan peluang mendapatkan keuntungan lebih.

Sebagian besar dari Anda tentu masih asing dengan istilah keunggulan kompetitif bukan? secara sederhana merupakan kemampuan usaha Anda agar bisa bersaing di tengah-tengah persaingan pasar yang cukup ketat. Terlebih lagi ketika bisnis harus bersaing dengan kompetitor sejenis.

Strategi Membangun Keunggulan Produk Lainnya

Sekilas Tentang Keunggulan Kompetitif

Sebelum Anda memahami lebih lanjut bagaimana proses strateginya maka penting untuk mengetahui mengenai keunggulan kompetitif lebih lanjut. Dimana bisa dibilang bahwa ini adalah nilai tambah atau plus yang bisa menarik perhatian atau niat untuk membeli.

Adapun bentuknya sendiri ternyata juga cukup beragam dan bisa apa saja. Semakin berbeda dan mempunyai nilai tersendiri maka akan semakin bagus buat menarik lebih banyak pelanggan. Dari sekian banyaknya contoh maka pelayanan customer service yang responsive, komunikatif dan ramah adalah salah satunya.

Perlu diingat bahwa ada satu pelanggan setia terhadap sebuah merk atau produk karena kehadiran dari customer service yang memuaskan tersebut. Bahkan tidak sedikit dari mereka akan melakukan pembayaran lebih mahal sebagai uang tip.

Strategi Membangun Keunggulan Produk Dengan Mudah

Apabila anda ingin mengimplementasikan strategi dalam membangun keunggulan kompetitif sebuah produk, maka terdapat beberapa cara yang bisa dipahami terlebih dahulu. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena supaya Anda tidak sampai salah dalam melangkah.

Beberapa hal dimana perlu dipahami oleh para pebisnis diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Membangun Sumber Daya Inti Dahulu

Strategi pertama yang bisa diperhatikan adalah membangun sumber daya utama dahulu. Setiap sumber daya dari suatu perusahaan tentu akan berbeda-beda. Dimana dapat berupa asset tangible atau intangible.

Adapun contoh asset tangible adalah dapat dilihat dan dihitung secara finansial seperti bangunan pabrik hingga jumlah karyawan. Sedangkan sumber daya dengan sifat intangible seperti inovasi, daya saing serta kemampuan khas terlebih dahulu.

Strategi Biaya Rendah

Ini adalah salah satu tindakan dimana dapat diambil dalam rangka menghasilkan barang dan jasa dengan fitur yang diterima oleh pelanggan tetapi lebih rendah dibandingkan dengan para pesaing.

Nah untuk menghadirkan biaya yang rendah itulah ternyata juga akan melibatkan banyak faktor didalamnya seperti merampingkan proses produksi. Tetapi kelemahannya apabila Anda menerapkan adalah keuntungan lebih minim dibandingkan dengan para kompetitor.

Strategi Diferensiasi

Berikutnya adalah diferensiasi dimana adalah teknik promosi yang mampu mengarahkan konsumen pada sebuah produk yang dibuat oleh perusahaan. Adapun segmentasi tersebut berfokus pada perhitungan permintaan serta penawaran yang dibuat untuk memenuhi permintaan tersebut.

Didalamnya inilah juga akan menjadikan produk Anda lebih unggul dibandingkan dengan para pesaing lainnya. Sebagai contohnya adalah produk harus memberikan sesuatu unik dan berbeda bahkan memberikan pengalaman tidak terlupakan oleh pelanggan.

Cobalah Untuk Fokus Pada Segmen Pasar Tertentu

Strategi membangun keunggulan produk lainnya yang bisa dilakukan adalah cobalah untuk lebih focus pada segmen pasar tertentu saja. Cara ini akan memudahkan Anda dalam menemukan potensi pasar lebih tinggi.

Anda dapat menentukan siapakah yang akan menjadi target pasar di tengah-tengah masyarakat. Tidak sampai disitu saja, cara inilah ternyata juga akan memberikan kemudahan ketika akan melakukan marketing nantinya.

Strategi Membangun Keunggulan Produk Lainnya

Strategi Membangun Keunggulan Produk Dengan Mudah

Masih terdapat sejumlah strategi dimana dapat Anda terapkan buat membangun keunggulan dari produk Anda tersebut. Sebagai seorang pebisnis yang professional itulah, sebaiknya memang jangan pernah menyerah begitu saja.

Oleh karena itulah, berikut ini beberapa strategi yang bisa Anda gunakan dalam rangka membangun keunggulan produk.

Mulai Membangun Norma Budaya Perusahaan Sesuai Dengan Misi

Sudah banyak perusahaan menjalankan bisnisnya selama bertahun-tahun tetapi justru mengalami kerugian lebih besar dibandingkan dengan keuntungan. Adapun penyebabnya ternyata adalah tidak mempunyai visi misi jelas.

Padahal sebuah perusahaan agar bisa berkembang dan bertahan hingga bertahun-tahun maka harus mempunyai visi dan misi masing-masing, sekalipun merupakan bisnis kecil juga harus memilikinya.

Oleh karena itulah disinilah Anda juga bisa memulai untuk membangun norma dan budaya di tengah-tengah tubuh perusahaan. Bukan hanya pada bagian R&D saja tetapi juga setiap karyawan yang ada didalamnya.

Selalu Mencoba Untuk Berinovasi

Langkah berikutnya yang bisa membantu Anda dalam upaya membangun keunggulan produk adalah tidak lupa agar selalu berinovasi. Salah satunya adalah menciptakan atau mengembangkan produk dimana belum pernah ada sebelumnya.

Sebab dengan selalu melakukan pembaruan itulah maka Anda bisa selangkah lebih unggul dibandingkan dengan para competitor anda. Salah satu bentuk inovasi yang sedang viral selama beberapa tahun terakhir adalah ojek online.

Mempunyai Keanekaragaman Produk

Ini adalah salah satu bentuk strategi pertumbuhan buat meningkatkan keunggulan dari suatu produk. Adapun caranya dapat dilakukan dengan mengembangkan produk dengan menambahkan produk baru atau keanekaragaman didalamnya.

Cara itulah akan membuat produk Anda terlihat luas semakin banyak jenisnya. Misalnya saja, Anda menjual lipstick maka sebaiknya harus menambahkan beberapa shade sekaligus. Mengingat setiap orang mempunyai selera masing-masing.

Lakukan Analissis SWOT

Terakhir adalah Anda dapat melakukan analisis SWOT dimana merupakan kepanjangan dari Strength, Weakness, Opportunities, Threats. Analisis inilah juga bisa menjadi teknik perencanaan pada sebuah bisnis.

Baik faktor internal ataupun eksternal juga menjadi bahan pertimbangan didalamnya dalam proses penyusunan strategi satu ini. Jangan lupa juga agar mempelajari bagaimanakah kelebihan dan kelebihan competitor.

Pentingnya Melakukan Analisa Keunggulan yang Kompetitif

Perlu diketahui bahwa setiap perusahaan memang diharuskan melakukan Analisa dari keunggulan suatu produk tersebut. Hal itu penting karena dapat digunakan sebagai alat ukur dalam proses mengembangkan bisnis dari waktu ke waktu.

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan Analisa keunggulan kompetitif diantaranya adalah

  • Bisa lebih mudah dalam mengambil keputusan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat
  • Identifikasi adanya tren di masyarakat dimana bergelut dalam usaha yang sama
  • Sebagai alat ukur atau tolak ukur bagi seorang pebisnis dalam menjalankan perusahaan
  • Menentukan strategi marketing dalam upaya menentukan harga
  • Untuk menemukan cara baru didalam melakukan komunikasi dengan pelanggan
  • Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan dari produk.

Fungsi Produk Kompetitif

Pada keunggulan kompetitif itulah ternyata juga mempunyai beberapa fungsi baik itu untuk perusahaan, konsumen ataupun investor. Untuk perusahaan sendiri diupayakan mampu bertahan dan melakukan persaingan bisnis demi mewujudkan proses keunggulan.

Bagi konsumen maka bisa memperoleh produk sesuai dengan keinginan yang dimiliki atau bahkan lebih dari itu. Sehingga pada akhirnya akan membuat para konsumen bisa menjadi lebih puas dengan semua layanan serta fasilitasnya.

Sedangkan bagi investor adalah dapat dijadikan sebagai alat ukur dalam memperluas ekspansi bisnis.

Selain strategi diatas yang bisa diterapkan oleh para pebisnis, kami juga menyarankan Anda agar menggunakan platform resimu.net untuk memberikan kemudahan dalam bisnis. Demikian beberapa strategi membangun keunggulan produk dimana perlu dipahami.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar