Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Status Paket Sudah Terkirim Tapi Barang Belum Diterima, Bagaimana Solusinya?

Rasa senang umumnya muncul ketika melihat status paket sudah terkirim dari jasa kurir yang digunakan. Terbayang paket yang diinginkan akan segera datang. Sayangnya setelah menunggu sekian lama paket belum diterima. Paket sudah terkirim tapi barang belum diterima adalah hal yang cukup sering terjadi.

Hal tersebut termasuk salah satu masalah dalam pengiriman paket yang sering muncul. Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, Anda tidak perlu panik karena pasti ada solusinya. Hal pertama yang harus diketahui dari masalah tersebut adalah sebenarnya apa penyebab dari munculnya masalah tersebut.

Penyebab dari munculnya masalah tersebut bervariasi, dari mulai kesalahan teknis yang bersumber di sistem informasi jasa pengiriman sampai kesalahan atau ketidakakuratan dalam penulisan alamat tujuan. Mengetahui penyebab masalahnya bisa membuat Anda bisa menemukan solusi masalah dengan cepat.

Penyebab Paket Belum Diterima Padahal Status Paket Sudah Terkirim

Penyebab kenapa paket sudah terkirim tetapi nyatanya belum diterima cukup beragam. Mengetahui penyebabnya bisa membuat Anda bisa menemukan solusi secepat dan sebaik mungkin. Penyebab dari masalah tersebut tidak selalu bersumber dari kesalahan pengirim, bisa jadi penerima juga keliru alias salah.

Berikut adalah penyebab-penyebab masalah paket sudah terkirim tapi barang belum diterima juga.

1. Paket Sebenarnya Sudah Diterima

Yang dimaksud paket sebenarnya sudah diterima adalah paket tersebut sudah dikirim ke alamat tempat Anda berada dan biasanya diterima oleh orang lain. Kejadian ini cukup sering terjadi dimana ada orang lain selain Anda yang menerima paket tersebut. Patut dilihat dan ditanyakan kenapa paket diterima.

Bukan tidak mungkin ada orang rumah atau di kantor yang iseng ingin bercanda denganmu dan menerima paket tersebut. Tujuannya tentu sebagai lelucon yang bisa membuat Anda ketawa. Meskipun terdengar buruk, kejadian semacam ini terjadi. Anda harus banyak bertanya ke orang di sekitar Anda berada.

Paket yang dikirim sangat mungkin juga sudah sampai di rumah dengan tidak ada yang menerima dan disimpan di sekitar rumah. Di sana, Anda bisa memeriksa halaman atau area sekitar rumah jika paket tersebut sudah dikirim. Bisa saja paket yang telah dikirim dicuri orang dan hal tersebut menjadi urusan lain.

2. Kendala pada Pengiriman

Status paket sudah terkirim tapi barang belum diterima bisa disebabkan oleh adanya kendala pada pengiriman. Masalah pada pengiriman ini umumnya disebabkan pada beragam penyebab, dari mulai gangguan di jalan, cuaca yang ekstrem, pengiriman yang membludak, dan insiden yang tidak terduga.

  • Gangguan Cuaca

Adanya gangguan cuaca atau bahkan cuaca ekstrem yang terjadi di tempat-tempat sekitar pengiriman bisa menghambat pengiriman paket ke tempat Anda. Pengiriman yang dilakukan oleh kurir menjadi tidak maksimal sehingga mengganggu komunikasi atau mekanisme pengiriman paket yang umumnya terjadi.

  • Membludaknya Pengiriman

Kondisi dimana ada terlalu banyak paket yang harus dikirim pada waktu tertentu membuat waktu pengiriman menjadi tidak sesuai dengan apa yang ditampilkan. Terbayang, repot dan sulitnya memenuhi permintaan ketika hari-hari belanja nasional dan momen lain yang membuat orang membeli dan membeli.

  • Gangguan Komunikasi

Gangguan komunikasi yang dimaksud adalah tidak adanya respons dari pihak penerima paket ketika paket akan dikirim dan kurir sudah berada di alamat penerima. Kurir umumnya mengontak penerima paket untuk melakukan konfirmasi. Karena tidak ada jawaban, paket dibawa kembali ke kantor untuk alasan keamanan.

Penyebab-penyebab di atas membuat kurir biasanya melakukan pergantian status pelacakan menjadi terkirim. Hal tersebut dilakukan untuk memberi laporan pengiriman yang paket tepat waktu sekaligus tidak mengubah urutan pengiriman agar kegiatan pengiriman paket tetap berpola dan tetap lancar dilakukan.

3. Human Error

Yang namanya manusia pasti melakukan kesalahan. Kesalahan mungkin terjadi pada sistem informasi dari status pengiriman paket yang Anda gunakan. Hal tersebut menimbulkan ketidaksesuaian antara realita dengan kondisi di lapangan. Hal ini mungkin terjadi dan kadang menyebabkan beragam kesalahpahaman.

Solusi Paket Sudah Terkirim Tapi Barang Belum Diterima Juga

Solusi Paket Sudah Terkirim Tapi Barang Belum Diterima Juga

Setelah mengetahui penyebab masalah paket sudah terkirim tetapi belum diterima, Anda bisa langsung mencari solusinya. Solusi dari masalah tersebut tidak pernah jauh dari upaya pemeriksaan yang dilakukan secara mandiri dan pemeriksaan yang dilakakukan melalui nomor pelayanan konsumen pengiriman paket.

Agar masalah bisa diselesaikan dengan baik, Anda dianjurkan tetap tenang dan tidak berpikiran buruk. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan merugikan Anda dan orang lain. Berikut adalah solusi untuk menyelesaikan masalah paket sudah terkirim tetapi barang belum juga diterima.

1. Periksa Area Sekitar Rumah

Seperti sudah dibahas sebelumnya, paket yang dirikirim bisa saja sudah benar-benar dikirim. Maka dari itu, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan area sekitar rumah. Bisa jadi pekt ada di sekitarnya dan memang sudah terkirim. Jangan sampai laporan padahal paket sudah diterima.

2. Bertanya ke Sekitar

Lakukan pemeriksaan alamat pengiriman. Pastikan, alamat penerima sudah tepat dan sesuai dengan tempat atau rumah dimana Anda berada. Bertanya kepada orang rumah mengenai apakah ada paket yang dikirim dan telah diterima. Pastikan hal tersebut tidak terjadi dan antisipasi jika ada yang sedang iseng.

Anda juga bisa melakukan pemeriksaan ke tetangga apalagi jika rumah Anda berada di area yang padat penduduk dan memiliki nomor atau alamat rumah yang mirip. Jika di kantor, tanyakan ke satpam atau resepsionis apakah ada paket yang sudah diantar dan diterima. Jika tidak, lanjutkan ke solusi selanjutnya.

3. Laporkan ke Pelayanan Konsumen

Solusi status paket sudah terkirim tapi barang belum diterima selanjutnya adalah membuat laporan ke pelayanan konsumen dari jasa pengiriman paket yang kamu gunakan. Langsung hubungi CS-nya dengan mengontak via sarana media komunikasi yang diberikan. Langsung buat laporan masalah paket tersebut.

Hubungi dan kemukakan masalah yang menimpa Anda sejelas-jelasnya. Jangan lupa nomor resi dan persyaratan lain harus disiapkan agar laporan bisa diproses dengan cepat. Pastikan juga, Anda memang belum menerima paket yang dikirimkan untuk mengantisipasi kesalahpahaman dan kejadian memalukan.

4. Kunjungi Kantor Pengiriman

Jika sudah tidak sabar dan memang memiliki waktu yang cukup, langsung saja Anda bisa ke kantor pengiriman yang Anda gunakan. Di sana, Anda bisa langsung menanyakan status tersebut atau langsung meminta paket yang dikirim diberikan di sana. Persyaratan semacam kode resi, dll juga harus disiapkan.

Karyawan akan merespons dengan melakukan pemeriksaan data-data yang diperlukan. Umumnya, jika kurir kebingungan dengan alamat rumah Anda atau panggilannya ke Anda tidak direspons, paket tersebut akan dikembalikan ke kantor pengiriman dengan aman. Pada akhirnya paket bisa Anda ambil di sana.

Bagaimana jika paket tidak tersedia di kantor dan kurir mengklaim sudah dikirimkan? Jika hal ini terjadi maka babak baru masalah pengiriman paket akan dibuka. Investigasi lebih lanjut harus dilakukan oleh banyak pihak, terutama pihak jasa pengiriman. Bukan tidak mungkin ada pencurian yang terjadi di sana.

Status paket sudah terkirim tapi barang belum diterima memang menyebalkan dan bisa menimbulkan prasangka. Untuk yang sudah sering mengalaminya, penyelesaian masalah umumnya bisa dilakukan dengan tenang. Untuk yang baru merasakan, tetap tenang, bersabar, dan selesaikan dengan solusi di atas.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar