Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

5 Alasan Saldo GoPay Tidak Masuk dan Solusinya

Sebagai salah satu e-wallet yang sering digunakan saat ini, GoPay semakin mempermudah pengguna dengan fitur top up alias isi saldo. Banyak cara bisa dilakukan, tapi ada satu masalah yang dikeluhkan sejumlah pengguna yaitu saldo GoPay tidak masuk padahal proses transfer sudah dilakukan.

Lantas kenapa saldo akun GoPay tidak bertambah, setelah proses top up dilakukan? Apakah Anda pernah mengalaminya? Ini penjelasan lengkap plus solusi untuk mengatasinya supaya dana tidak hilang.

Gopay sudah menjadi salah satu media ewallet untuk berbagai transaksi

5 Alasan Saldo GoPay Tidak Masuk

Lima alasan berikut ini, paling sering melatarbelakangi gagalnya saldo GoPay akun seseorang tidak bertambah padahal mereka sudah melakukan top up. Beberapa alasannya juga sangat upredictable.

Sistem GoPay sedang Bermasalah

Ada kalanya pihak GoPay mengalami gangguan sistem, bisa jadi karena faktor internal yang terjadi pada aplikasi tersebut sehingga menyebabkan transaksi di waktu gangguan tidak bisa diproses sampai selesai.

Masalah maintenance juga membuat sistem Gopay terganggu, bisa menyebabkan saldo GoPay yang sudah ditambah melalui salah satu cara top up tidak masuk. Memang, biasanya pihak Gojek akan menginformasikan ketika ada maintenance namun bisa saja tidak semua pengguna aware dengan informasi tersebut.

Alhasil, mereka tetap melakukan transaksi di masa maintenance dan ternyata tidak diproses dan saldo tidak bertambah. Untuk masalah pemeliharaan sistem ini, biasanya setelah maintenance selesai maka saldo akan langsung masuk seiring membaiknya sistem.

Sistem Merchant sedang Bermasalah

Saat ini, Gojek sudah bekerjasama dengan banyak merchant untuk membantu mempermudah proses top up saldo. Misalnya, di beberapa minimarket seperti Alfamart hingga sejumlah bank nasional hingga internasional.

Ketika sistem transaksi dari merchant tersebut sedang error atau bermasalah, sedangkan pengguna GoPay melakukan top up di waktu yang sama maka kemungkinan saldo GoPay tidak masuk akan sangat besar.

Contoh, di Alfamart yang sering dipilih pemilik akun GoPay sebagai media untuk menambah saldo akun mereka. Jika sistem di Alfamart sedang bermasalah ketika Anda sedang melakukan transaksi penambahan saldo, kemungkinan dana tidak terakumulasi pada akun bisa terjadi.

Jaringan Bermasalah

Proses top up sangat berhubungan dengan jaringan internet, sehingga ketika koneksi internet bermasalah akan berdampak pada transaksi penambahan saldo. Apalagi jika Anda sedang melakukan transaksi, ternyata jaringan bermasalah.

Hal terburuk memang saldo GoPay tidak bertambah, sementara saldo di rekening asal yang dipakai untuk top up sudah berkurang. Tentu akan dibuat panik, apalagi saldo yang ditambahkan ke akun GoPay tersebut harus segera digunakan untuk transaksi tertentu.

Salah Input Nomor GoPay

Masalah lain yang juga pernah dialami pengguna akun GoPay adalah, ketika nomor ID GoPay yang dimasukkan salah. Mungkin kurang satu nomor, atau memang salah mengetik nomor karena buru-buru.

Mungkin sistem top up tetap berjalan, namun dana yang disetor akan masuk ke akun lain. Jika memang nomor yang dimasukkan tersebut memiliki pemilik.

Melakukan Top Up Pada Hari Libur

Sistem GoPay otomatis akan shutdown pada hari libur dan tanggal merah. Kalau Anda tetap melakukan top up pada masa libur tersebut, otomatis tidak diproses sampai selesai alias nyangkut.

Tapi, uang yang ditransfer untuk menambah saldo tersebut tidak akan hilang. Hanya saja masuknya setelah hari libur, sambil menunggu Anda bisa memberikan informasi sesuai dengan porsi kebutuhan.

Akun Diblokir

Masalah berikutnya adalah ketika akun GoPay yang Anda punya diblokir oleh sistem GoPay. Salah satunya karena alasan bahwa akun tersebut terhubung dengan aplikasi ilegal, terdeteksi melakukan transaksi ilegal. Bisa juga karena indikator lainnya sehingga untuk sementara diblokir.

Ketika pemblokiran terjadi, maka transaksi yang berhubungan dengan akun tersebut tidak bisa dilakukan. Alhasil, saat Anda melakukan top up saldo tidak akan diproses dan saldo GoPay tidak akan bertambah.

Solusi Untuk Masalah Saldo GoPay Tidak Masuk

Alasan Saldo GoPay Tidak Masuk dan Solusinya

Setiap masalah pasti ada solusinya, begitu juga dengan masalah saldo GoPay tidak masuk ke akun Anda padahal top up sudah dilakukan. Beberapa solusi berikut bisa dicoba, untuk mengembalikan dana ke tempat asal atau memastikan bahwa top up berhasil dan Anda bisa menggunakan saldo tambahan tersebut melalui akun GoPay.

Pengecekan Riwayat Transaksi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah, mengecek riwayat transaksi pada bank atau media lain yang dijadikan sumber dana top up Anda. Contoh, kalau pakai rekening bank maka cek riwayat transaksi melalui fitur mobile banking bank tersebut.

Jika ternyata tidak ada transaksi yang terjadi, lalu saldo di rekening tersebut masih utuh. Maka tandanya memang tidak berhasil dan bisa diulang kembali. Namun jika transaksi dinyatakan berhasil namun saldo tidak bertambah, maka Anda bisa langsung bertanya kepada pihak bank atau minimarket tempat top up dilakukan.

Pengecekan Bukti Transfer

Bukti transfer juga bisa dijadikan solusi, misalnya ketika Anda melakukan top up melalui Alfamart. Cek pada struk bukti transfer yang diberikan kasir, cek apakah proses top up sudah berhasil dilakukan atau tidak. Kalau memang tidak berhasil, maka pastikan untuk meminta uang kembali.

Menunggu Maksimal 2×24 Jam

Ini adalah waktu maksimal untuk menunggu proses top up berhasil, itupun kalau Anda memang mau sabar menunggu dan tidak membutuhkan dana di saldo GoPay untuk bertransaksi.

Jika sudah lewat dari waktu 2×24 jam ternyata saldo GoPay tidak bertambah, maka Anda harus mencoba mencari solusi lain. Supaya bisa dipastikan dimana sebenarnya dana top up tersebut tersangkut.

Hubungi Customer Service Gojek

Cara yang bisa dilakukan selanjutnya, ketika tiga cara di atas tidak berhasil adalah dengan menghubungi customer service Gojek. Untuk memastikan apa sebenarnya masalah yang terjadi.

Anda bisa menghubungi melalui email [email protected] atau [email protected] dan jelaskan masalah yang terjadi. Bisa juga dengan memanfaatkan hotline 021-50849000, dengan memberikan informasi lengkap kepada customer service.

Ada juga fitur untuk langsung mempertanyakan masalah di akun Gojek yang dimiliki. Langkahnya adalah:

  • Buka akun Gojek Anda
  • Pilih menu profile di pojok kanan atas halaman akun tersebut
  • Klik pada menu GoPay lalu pilih pertanyaan yang mau diajukan sesuai daftar yang tersedia. Kalau Anda punya pertanyaan lebih spesifik, tinggal pilih menu “other” dan ketik pertanyaan
  • Tunggu hingga muncul informasi terkait pertanyaan tersebut. Jika tidak puas, Anda akan dialihkan langsung dengan customer service online Gojek untuk bertanya lebih lanjut

Uninstall Aplikasi Gojek dan Install Kembali

Cara terakhir adalah dengan uninstall terlebih dahulu aplikasi Gojek, namun pastikan Anda ingat username dan password akun. Setelah itu, install lagi dan cek riwayat transaksi.

Jika masalahnya ada pada jaringan biasanya solusi ini akan berhasil, dan saldo GoPay sudah bertambah secara otomatis sesuai dengan jumlah top up yang Anda lakukan.

Demikianlah informasi seputar masalah dan solusi ketika saldo GoPay tidak masuk. Ternyata banyak hal yang bisa saja terjadi dan membuat top up saldo tidak berhasil. Untuk mencegah hal itu terjadi lagi, Anda harus lebih teliti dan hati-hati ketika akan melakukan penambahan saldo melalui media apapun.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar