Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Pentingnya Desain Produk Untuk Pengembangan Bisnis dan Tips Melakukannya

Sudah tahukan bahwa pentingnya desain produk untuk pengembangan bisnis? Ya, sebagian besar dari orang awam mungkin akan berpikir bahwa desain kurang penting dan yang penting adalah kualitas dari produk bersangkutan tersebut.

Padahal jika Anda mau melihat lebih jauh lagi, desain dari kemasan atau produk sangat berpengaruh terhadap pengambilan keputusan calon konsumen.

Misalnya saja apabila mereka hendak mencari parfum, tentu akan lebih tertarik dengan packaging yang menarik dan unik dibandingkan dengan biasa-biasa saja bukan?

Pentingnya Desain Produk Untuk Pengembangan Bisnis dan Tips Melakukannya

Pengertian dari Desain Produk

Istilah satu ini memang sudah tidak asing di telinga Anda bukan? tetapi apa sebenarnya pengertian istilah Ini merupakan sebuah proses dimana didalamnya akan dilakukan identifikasi peluang pasar, mencaritahu seperti apakah sumber permasalahan hingga menciptakan jalan keluar dari suatu masalah.

Adapun kunci keberhasilan dari desain produk untuk pengembangan bisnis adalah memahami secara menyeluruh terkait dengan pengguna. Sebab nantinya, merekalah yang akan menggunakan product bersangkutan tersebut.

Tidak sampai disitu saja, Anda juga harus menggunakan kemampuan seperti empati sekaligus observasi dalam memahami customer seutuhnya.

Hal tersebut bersangkutan dengan kebiasaan, kebutuhan, tingkah laku sekaligus keinginan. Tidak hanya itu saja, desain tersebut juga harus memberikan manfaat terhadap keberlangsungan dari bisnis untuk jangka waktu yang panjang.

Terdapat beberapa tujuan dari product design tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

Utility

Pertama adalah bersangkutan dengan kegunaan dari barang itu sendiri. Dimana barang bersangkutan akan diproduksi serta digunakan sehingga harus aman sekaligus mudah. Jangan sampai membiarkan user kesulitan bahkan tidak memahami penggunaannya.

Appearance

Berikutnya adalah mengarah pada tampilan dari product itu sendiri. Anda harus membuatnya seunik mungkin, indah bahkan bagus sehingga bisa menarik konsumen buat membeli sekaligus menggunakannya.

Easy to Maintenance

Bukan hanya mudah dalam proses penggunaannya saja, tetapi juga harus easy to maintenance atau kemudahan dalam pemeliharaannya. Produknya harus dirancang sedemikian rupa sehingga bisa memperbaiki sekaligus merawatnya dengan mudah.

Low Cost

Yang satu ini adalah bersangkutan dengan harganya nanti. Dimana harus dirancang dengan ongkos paling rendah sehingga mampu berkompetisi dengan competitor lainnya di pasar. Sebab apabila sebuah produk terlampau tinggi maka akan sulit dalam memancing para konsumen.

Tips Desain Produk Untuk Pengembangan Bisnis

Melihat fungsi dari desain product diatas, tentu sebagai pebisnis memang diharuskan untuk segera menerapkannya sekarang juga. Terlebih lagi persaingan pasar yang cukup ketat itulah, membuat Anda harus memutar otak supaya terus berinovasi tersebut.

Walaupun terlihat cukup sepele, tetapi untuk menentukan desain produk untuk pengembangan bisnis bukanlah perkara mudah dilakukan. Terdapat beberapa komponen penting yang harus dipelajari sehingga nantinya bisa laku keras di pasaran.

Apabila Anda sedang berencana membuat desain tersebut, berikut ini beberapa tips dimana perlu diterapkan sekarang juga.

Silahkan Tentukan Target Pasar

Jangan pernah membuat desain terlebih dahulu sementara Anda belum menentukan target dari pasarnya. Sebab memahami dahulu siapakah yang akan menjadi target pasar itulah akan membantu dalam menentukan seperti apakah langkah berikutnya.

Terdapat beberapa hal dimana perlu dipahami seperti apakah target akan didominasi oleh wanita atau pria, tempat mereka akan membeli barang tersebut hingga bagaimana kemasan berpengaruh terhadap daya tarik mereka.

Kemasan Jangan Hanya Unik Tetapi Masuk Akal

Sebagian besar dari pebisnis akan berpikir bahwa semakin uniknya kemasan maka akan eye-catching di mata para konsumen tetapi tidak menyesuaikan dengan isinya. Padahal sangat penting agar menentukan kemasan yang bukan hanya unik tetapi juga masuk akal.

Terdapat beberapa produk seperti cairan atau barang kaca dimana membutuhkan perlindungan khusus sehingga bisa sampai ke tangan pelanggan dengan aman. Tentu saja packagingnya akan berbeda dibandingkan dengan barang berupa makanan.

Perjelas Apa Yang Dijual Didalamnya

Seperti sudah disinggung sebelumnya, desain dar kemasan ternyata juga tidak hanya unik tetapi juga harus memperjelas apa yang dijual didalamnya. Jangan pernah menampilkan informasi ataupun gambar dimana menyesatkan konsumen nantinya.

Apabila Anda berkeinginan menggunakan gambar didalamnya, maka sebaiknya gambar harus bersangkutan dengan produknya secara lebih akurat. Sebagai contohnya apabila menjual selai stroberi, maka silahkan berikan gambar stroberi ataupun yang menjelaskannya.

Harus Mudah Dibuka

Perlu diingat bahwa kemasan yang sulit dibuka tentu hanya akan membuat para pelanggan kebingungan. Bahkan bukan tidak mungkin justru bisa mengakibatkan kerusakan para barang didalamnya.

Lama kelamaan hal tersebut pastinya akan merusak reputasi dari brand sehingga akan membuat kepercayaan konsumen sulit dikembalikan. Oleh karena itulah kami sarankan agar kemasan juga harus mudah dibuka dan berikan petunjuk di dalamnya kalau perlu.

Tips Dalam Mengembangkan Product Design

Tips Desain Produk Untuk Pengembangan Bisnis

Selain beberapa tips diatas dimana wajib dipahami oleh para pebisnis dalam menentukan packaging, tips dibawah ini juga perlu diterapkan. Mengingat tampilan packaging akan berpengaruh terhadap tingkat penjualan.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak beberapa tips lainnya dalam mengembangkan kemasan atau packaging.

Tentukan Bahan Yang Tepat

Sebagai seorang pebisnis, Anda juga harus tahu bahwa bahan pengemas harus diperhatikan dengan baik. Pastikan bahwa bahan tersebut mampu menjaga bentuk, kesegaran hingga kualitas dari product bersangkutan.

Ide unik tersebutlah dapat berkaitan dengan pengemasan yang bisa digunakan kembali, pengemasan origami dimana dapat memberikan bentuk menarik dan masih banyak lagi. Jika perlu silahkan pilih kemasan dimana dapat didaur ulang.

Cobalah Desain Paket Serbaguna

Keserbagunaan ternyata cukup penting dalam pengemasan karena desain produk untuk pengembangan bisnis mungkin bisa sedikit diubah sesuai dengan variasinya. Misalnya saja gaya kemasan sepatu tentu akan berbeda dengan variasi baju bukan?

Oleh karena itulah penting bagi Anda agar menentukan desain packaging dimana dapat diubah sesuai dengan produk yang ada didalamnya. Hal tersebut juga mampu membuat Anda lebih hemat dalam biaya produksi.

Desain Harus Berkualitas

Banyak dari konsumen memutuskan untuk membeli suatu produk karena kemasannya yang menarik. Kami sarankan agar menentukan kemasan dimana bukan hanya unik tetapi juga perhatikan kualitas didalamnya.

Tidak ada salahnya mengeluarkan lebih banyak modal buat menghadirkan kualitas kemasan terbaik.

Manfaat Desain Produk Yang Perlu Dipahami

Keberadaan dari product design itulah ternyata akan memberikan sejumlah manfaat pada bisnis Anda tersebut. Oleh karena itulah sebagai seorang pebisnis memang tidak boleh sembarangan dalam menentukan packagingnya sehingga bisa menarik pelanggan.

Berikut ini sejumlah manfaat dimana dapat dihadirkan dari design packaging tersebut diantaranya adalah:

  • Membantu untuk memberikan nilai lebih terhadap produk Anda tersebut
  • Bisa meningkatkan daya saing produk di tengah-tengah pasar
  • Menjadi faktor penentu dari kesuksesan bisnis atau produk bersangkutan
  • Membantu meningkatkan jumlah penghasilan perusahaan
  • Sebagai salah satu bentuk brand awareness.

Selain menerapkan desain produk yang tepat, kami juga menyarankan Anda agar menyiapkan situs dimana memberikan kemudahan dalam pengecekan resi, seperti dari resimu.net. Sudah tahu bukan pentingnya desain produk untuk pengembangan bisnis Anda.

Tinggalkan komentar