Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Manfaat Campaign Bagi Bisnis Online agar Bisa Sukses

Dalam rangka mengenalkan usaha supaya dapat diketahui oleh target pasar secara luas dapat menggunakan teknik campaign bagi bisnis online. Di era modern serba digital ini, kegiatan tersebut mempunyai potensi besar untuk mengambil perhatian calon konsumen.

Kegiatan kampanye dimaksudkan agar brand dari dagangan sebuah usaha dikenal banyak orang, terlebih apabila bisnis tersebut masih baru. Cara pemasaran satu ini dapat memanfaatkan berbagai media modern yang ada mulai dari media sosial, tv, hingga media cetak.

Melakukan kampanye akan membentuk brand awareness yang baik sehingga calon konsumen mengetahui keberadaan usaha Anda dan berpotensi menjadi pelanggan. Dalam campaign juga diperlukan pembuatan konten unik serta kekinian agar dapat menarik perhatian customer.

Dapatkan Keuntungan Maksimal dengan Campaign Bisnis Online

Mengenal Apa itu Campaign Bisnis Online

Apakah Anda mempunyai usaha yang baru saja didirikan? Untuk bisa mendapatkan respon baik dan besar dari calon pelanggan, maka terapkan cara kampanye dengan memanfaatkan platform media modern saat ini.

Kegiatan kampanye untuk usaha online adalah sebuah pemasaran untuk mempromosikan dagangan atau layanan kepada khalayak ramai sesuai target pasar. Dengan menggunakan cara tersebut, maka diharapkan nilai penjualan serta keuntungan meningkat pesat.

Aktivitas ini juga dapat dikenal sebagai pemasangan iklan dalam rangka membangun citra perusahaan. Supaya hasilnya bisa maksimal, maka penting menentukan jenis media apa yang sekiranya paling cocok dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Pahami Hal Penting Pada Kegiatan Campaign Bisnis Online

Sebagai pengusaha, kampanye bisnis ini sudah menjadi bagian aktivitas penting untuk dilakukan. Supaya lebih mengerti, berikut beberapa komponen penting pada campaign usaha online.

1. Mengetahui Target Pasar

Hal penting pertama untuk selalu Anda pertimbangkan sebelum memulai promosi usaha adalah mengetahui siapa target pasarnya. Pengusaha bisa menggunakan metode KPI atau Key Performance Indicator supaya dapat mengukur calon konsumen secara tepat.

Pada bisnis online, memanfaatkan platform untuk memaksimalkan penjualan bisa dimulai dengan menghitung traffic organic, biasanya memakai Google Analytics. Setelah itu, lihat aktivitas apa yang mempunyai nilai transaksi paling tinggi.

2. Menentukan Budget

Dalam memasarkan suatu produk maupun layanan, tentu harus mempersiapkan budget. Karena metode ini dilakukan secara online, maka diklaim tidak akan menghabiskan banyak dana.

Supaya memberikan hasil maksimal, Anda juga bisa menyiapkan dana yang lebih besar seperti menggunakan jasa agensi profesional dalam hal pemasaran bisnis online. Ini bisa meliputi pemasangan iklan di berbagai media.

3. Menentukan Jenis Platform

Melakukan kampanye untuk mengenalkan brand dagangan secara online bisa menentukan jenis platform yang dianggap paling optimal dalam memasang promosi. Dengan begitu, dapat tepat menyasar pada target pasar.

Pemilihan platform sesuai calon konsumen dapat memaksimalkan kegiatan pemasaran usaha Anda. Sebagai contoh, jika mempunyai produk jualan berupa blouse kekinian untuk OOTD, dapat memilih media sosial, seperti Instagram dimana banyak anak muda.

4. Membuat Konten Menarik

Setelah menentukan platform yang sesuai, maka langkah berikutnya adalah melakukan pembuatan konten menarik. Dalam pembuatan konten harus mempunyai ciri khas atau keunikan jika dibandingkan para kompetitor.

Konten menarik bisa berupa foto/gambar, video, banner, siaran pers, advertorial, hingga endorsement. Buat konten lebih dari satu format agar lebih bervariasi serta calon pelanggan dapat lebih tertarik.

5. Membentuk Tim

Agar rencana kampanye usaha Anda bisa berhasil, penting untuk membentuk tim terlebih dahulu dimana terdiri dari beberapa anggota yang ahli pada bidang tertentu. Sebut saja, copywriting, desain, situs web, konseptor, merencanakan anggaran, dan lainnya.

Rekrut anggota untuk tim pemasaran yang sudah mempunyai pengalaman agar dapat mengatasi berbagai problem dan menyusun rencana secara baik. Selain itu, pilih sesuai dengan kebutuhan kampanye atau promosi.

6. Menentukan Design

Posisi pembuat desain memegang peran sangat penting dalam kegiatan campaign bagi bisnis online ini. Hal tersebut karena, pemilihan desain tepat sesuai visi misi usaha akan memberikan kesan profesional serta lebih visioner.

Desain ini meliputi beberapa hal, seperti logo, website, serta pembuatan infografik yang menarik. Dengan demikian, akan terlihat profesional sehingga memberikan kesan meyakinkan kepada customer.

Tujuan Melakukan Kampanye Bisnis Online

Setiap pengusaha pastinya mempunyai tujuan ketika melakukan kegiatan promosi. Dalam hal ini, campaign dilakukan dengan beberapa maksud akhir seperti berikut.

1. Memberikan Peluang dan Kesempatan

Tujuan pertama yang dapat Anda capai setelah melakukan kampanye bisnis adalah mendapatkan peluang dan kesempatan lebih besar agar brand dikenal masyarakat luas. Dengan begitu, dapat memperoleh keuntungan maksimal.

Kesempatan baik ini harus terus dioptimalkan agar selalu konsisten serta tidak membuat performa perusahaan menurun. Anda harus mampu menyusun strategi berikutnya secara baik dengan melihat kebutuhan konsumen.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Sebuah usaha mempunyai keinginan memperoleh reputasi yang baik di mata semua orang. Oleh sebab itu, kegiatan kampanye ini akan menghasilkan brand awareness baik sehingga bisa menarik calon pelanggan baru.

Brand yang sudah dikenal banyak orang pasti akan mampu menghasilkan penjualan optimal. Gunakan resimu.net sebagai platform pelacakan paket yang akurat dan update sehingga bisa memantau kapan saja demi kepuasan pelanggan.

3. Menciptakan Konsumen yang Loyal

Masih berkaitan dengan brand awareness yang bagus, Anda bisa menciptakan konsumen yang loyal atau setia. Supaya dapat mempertahankan hal tersebut, penting membangun komunikasi baik setiap saat di berbagai media.

Konsumen yang sudah menjadi pelanggan tetap mempunyai arti penting dan berharga. Oleh karena itu, pastikan tidak merusak kepercayaan mereka dengan selalu memberikan pelayanan maksimal serta menjaga mutu produk atau layanan.

4. Meningkatkan Penjualan

Seperti tujuan-tujuan sebelumnya, pada kali ini Anda akan memperoleh penjualan yang meningkat secara signifikan. Promosi yang berhasil akan membuat pelanggan percaya dan membeli atau menggunakan produk.

Jika penjualan sudah meningkat, pasti keuntungan juga naik. Ini harus dimanfaatkan secara bijak dengan tidak merasa puas sehingga lebih baik memaksimalkan kampanye agar hasilnya menjadi semakin optimal.

Contoh Campaign Bisnis yang Bisa Jadi Referensi

Sebagai gambaran, Anda bisa melihat kesuksesan campaign yang dilakukan oleh Mc Donald, perusahaan makanan cepat saji dimana menggandeng Boy Group Korea ternama, BTS. Mereka mengeluarkan edisi spesial BTS Meal yang langsung viral serta sold out dalam hitungan jam.

Keuntungan bukan menjadi tujuan utama saja, tetapi engagement yang tercipta bisa memberikan dampak luar biasa. Inilah kemudian membuat konsumen semakin mengenal McD dan menunggu edisi-edisi spesial lainnya.

Cara Menyusun Strategi Campaign yang Baik

Agar bisa mendapatkan keuntungan optimal, perlu mengatur strategi baik. Berikut adalah cara dalam menyusun strategi campaign agar dapat berjalan sesuai tujuan bisnis Anda.

  • Menentukan goals
  • Melakukan riset kondisi pasar
  • Melakukan kampanye secara konsisten

Itu dia ulasan tentang campaign bagi bisnis online yang bisa memberikan keuntungan lebih maksimal. Lakukan kegiatan kampanye ini dengan melakukan penetapan tujuan, pemilihan platform, budget, sampai pembuatan konten menarik.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar