Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Berapa Gaji Kurir JNE?

Sebagai perusahaan ekspedisi terbesar dan terpopuler, apakah gaji kurir JNE juga sementereng nama besarnya?

Gaji memang menjadi prioritas utama seseorang ketika ingin melamar kerja. Apalagi jika pekerjaan yang dimaksud adalah sebagai seorang kurir.

Di mana tugas serta tanggung jawabnya tidaklah mudah dan penuh dengan risiko. Seperti risiko kehilangan dan kerusakan barang yang dikirimkannya.

Jika saat ini kamu ingin melamar pekerjaan sebagai kurir di JNE, informasi besaran gaji JNE yang akan Resimu.net bahas dalam artikel ini semoga saja bisa bermanfaat.



Besaran Gaji Kurir JNE

sistem gaji kurir jne

JNE termasuk salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Hal ini dibuktikan dengan besaran gaji yang diterima oleh karyawan dan mitra (kurir) yang mengikuti UMR.

Di JNE sendiri terdapat dua jenis kurir, yaitu kurir tetap dan kurir freelance. Di mana keduanya memiliki sistem dan besaran gaji yang berbeda.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Gaji Kurir Tetap

JNE memberikan gaji ke karyawan dan kurir tetap berdasarkan UMR daerah masing-masing. Dengan hal ini tentu saja setiap daerah memiliki UMR yang berbeda-beda.

Namun secara umum, besarnya gaji kurir JNE berkisar antar Rp. 2,3 juta – 3,8 juta. Jumlah tersebut tentu tergolong besar dan cukup menggiurkan.

Tentu tidak hanya itu, karena di JNE terdapat beberapa insentif tambahan untuk para kurirnya. Seperti berikut ini.

Uang servis sepeda motor± Rp 300 ribu per bulan
Insentif absensi (kehadiran)± Rp 440 ribu per bulan
Uang makan dan bensin± Rp 600 ribu per bulan
Tunjangan pengiriman per paket± Rp 200 ribu per bulan
Uang parkir± Rp 100 ribu per bulan

Jika di total, rata-rata gaji kurir setiap bulannya berkisar Rp. 4 jutaan ke atas. Tentu kembali lagi pada besarnya UMR daerah.

Gaji kurir JNE Jakarta tentu akan berbeda dengan yang di Lampung. Karena UMRnya yang berbeda. Tetapi untuk uang intensif, bisa dikatakan sama atau mungkin berbeda tetapi tidak terlalu jauh.

Gaji Kurir Freelance

Sama seperti di ekspedisi lain, di JNE kita juga bisa melamar menjadi kurir freelance. Kelebihan dari freelance adalah kita tidak terikat dengan jam kerja yang sudah diatur JNE.

Namun tentu ada kekurangannya, yaitu tidak ada intensif seperti halnya pada kurir tetap yang sudah disebutkan di atas.

Lalu, berapa gaji kurir freelance JNE? Menurut informasi yang kami dapatkan dari salah satu mantan kurir freelance, gaji dihitung berdasarkan paket yang berhasil dikirim.

Setiap paket dihargai Rp.1.300 – 1.800 dan jumlahnya akan diakumulasi selama satu bulan. Misalnya kamu adalah kurir baru yang hanya mampu mengirimkan 50 paket per hari.

Berarti selama satu bulan (jika tiap hari masuk) kamu berhasil mengirimkan 1500 paket, maka besarnya uang yang diperoleh adalah:

Rp.1300×1500= Rp.1.950.000

Uang tersebut masih bisa bertambah karena di JNE untuk kurir freelance mendapatkan uang bensin yang besarnya tergantung dari kantor JNE kota/daerah masing-masing.

Cara Daftar Kurir JNE

Setelah melihat gaji kurir JNE di atas, tentu kamu semakin tertarik untuk menjadi mitra JNE. Untuk itu, kami juga akan memberikan informasi bagaimana melamar pekerjaan menjadi kurir JNE.

Sebelum melama pekerjaan, tentu saja kamu harus mengetahui dan menyiapkan persyaratannya. Berikut ini adalah beberapa syarat jika ingin melamar ke JNE.

  • Pria dengan umur maksimal 35 tahun.
  • Memiliki KTP.
  • Memiliki SIM.
  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat.
  • Melampirkan ijazah terakhir.
  • Memiliki kendaraan sendiri atau menggunakan kendaraan yang disediakan oleh pihak perusahaan.
  • Memiliki SKCK yang masih berlaku.
  • Sehat rohani dan juga jasmani.
  • Berpenampilan sopan dan juga rapi.
  • Mampu bekerja secara cekatan dan memiliki penguasaan yang baik untuk wilayah operasional yang ditunjuk.
  • Memiliki nomor ponsel yang mudah dihubungi
  • Mempunyai alamat email yang aktif.

Setelah persyaratan di atas bisa kamu penuhi, untuk melamar kerja sebagai kurir bisa langsung mengunjungi situs jne.co.id dan pilih pada menu karir. Semua informasi rekrutmen akan terpampang di situ.

Kamu juga bisa mencari informasi lowongan secara offline dengan langsung mendatangi kantor JNE terdekat.

Jika ada lowongan, langsung persiapkan semua dokumen yang diminta dan ikuti semua instruksi yang diberikan.

Penutup

Setelah membaca informasi di atas, kita jadi tahu bahwa gaji kurir JNE cukup besar dan sangat layak untuk dicoba untuk kalian yang saat ini membutuhkan pekerjaan.

Tinggalkan komentar