Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

7 Cara Mendatangkan Pembeli Ke Online Shop yang Sepi

Pada saat bisnis online Anda sedang sepi, tentunya Anda membutuhkan cara mendatangkan pembeli ke online shop dengan tepat. Dengan begitu, aktivitas penjualan bisa kembali menjadi lancar seperti semula.

Dalam menjalankan bisnis, tentunya mengalami sepi pembeli merupakan hal yang lumrah. Apalagi jika memang toko online tersebut masih terbilang baru, maka biasanya yang memesan produknya masih sedikit.

Lalu, bagaimanakah cara untuk kembali membuat pembeli datang lagi ke toko online Anda? Nah, untuk mengetahui tentang hal tersebut, Anda bisa menyimaknya pada pembahasan berikut ini.

Cara Mendatangkan Pembeli Ke Online Shop yang Sepi

Cara Mendatangkan Pembeli ke Online Shop yang Sepi

Untuk bisa kembali mendatangkan pembeli yang banyak ke toko online Anda, tentu dibutuhkan beberapa langkah dan strategis khusus. Berikut ini adalah beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk membuat pembeli datang ke online shop Anda.

1. Menggunakan Promosi Influencer/Selebgram

Menggunakan bantuan promosi dari para influencer merupakan cara mendatangkan pembeli ke online shop yang pertama. Cara ini bisa dilakukan bagi Anda yang mungkin punya modal dalam jumlah besar.

Pasalnya, untuk dapat menggunakan bantuan promosi dari influencer biayanya terbilang tinggi. Apabila memang modalnya terbatas, Anda dapat coba untuk menggunakan jasa influencer lokal saja.

Dalam memilih influencer, Anda juga harus menyesuaikannya dengan produk yang dijual. Dengan begitu, si influencer bisa melakukan promosi dengan lebih baik karena memang Ia juga mengetahui tentang produk Anda.

Untuk cara menghubungi influencer tersebut, Anda bisa melihatnya di profil akun sosial media mereka. Sementara untuk harga jasanya, para influencer lokal masih dapat diperbincangkan lagi.

Menggunakan jasa selebgram atau influencer dalam mempromosikan produk memang terbilang sangat ampuh. Apalagi jika memang si influencer tersebut mempunyai jumlah follower yang cukup besar.

2. Buat Konten Promosi Secara Konsisten

Cara mendatangkan pembeli ke online shop selanjutnya adalah dengan membuat konten promosi secara konsisten. Konsisten dalam hal ini maksudnya adalah Anda tetap melakukan promosi di laman online baik saat toko sedang ramai maupun sepi.

Tujuan dari promosi ini selain bisa membuat para pengikut tetap mengikuti toko online Anda, tetapi juga dapat membuat pengikut menjadi semakin bertambah banyak. Anda bisa memanfaatkan beragam sosial media agar hasil promosi bisa maksimal.

Dalam mengunggah postingan, Anda dapat mencoba meluangkan waktu setiap hari. Perhatikan juga waktu upload konten agar tidak dianggap spam oleh platform sosial media yang digunakan.

Lakukanlah promosi serta update konten ini secara konsisten agar para calon pembeli tertarik pada toko Anda. Selain itu, usahakan juga isi konten dibuat serius dan menarik agar terlihat profesional di mata calon pembeli.

3. Gunakan Foto Produk Menarik

Cara mendatangkan pembeli ke online shop yang selanjutnya adalah dengan memperbaiki kualitas foto produk yang digunakan. Pastinya, calon pembeli tidak akan tertarik ke toko Anda jika tampilan foto produknya membosankan.

Oleh karena itu, Anda dapat meningkatkan kualitas dari setiap foto produk yang ditampilkan. Untuk melakukannya, dapat dilakukan sendiri ataupun menggunakan jasa dari fotografer produk profesional.

Untuk mendapatkan kualitas serta sudut foto yang terbaik, sebaiknya pengambilan foto dilakukan dalam jumlah banyak. Selanjutnya, tinggal pilih saja beberapa foto yang diambil dengan sudut serta posisi yang terbaik.

Sebelum memposting foto, Anda dapat melakukan proses editing seperlunya agar tampilan foto jadi lebih menarik. Lakukan saja editing sederhana apabila memang tidak mempunyai keahlian khusus tentang editing foto produk.

4. Upload Konten Video

Cara mendatangkan pembeli ke online shop selanjutnya adalah dengan memberikan unggahan konten video di toko online. Seperti diketahui, tampilan video pastinya akan lebih meyakinkan pembeli dibandingkan foto biasa.

Selain itu, konten video tersebut tidak hanya tentang kondisi produk saja, tetapi juga bisa berupa konten promosi. Buatlah konten video promosi dengan konsep menarik serta tetap dapat menjelaskan produk dengan baik.

Dalam pembuatan konten video untuk toko online, Anda bisa mencari inspirasi dari hal-hal yang sedang trending saat ini. Dengan begitu, para penonton yang melihat konten video tersebut dapat lebih mudah tertarik melihat konten tersebut.

5. Memilih Jenis Hashtag yang Tepat

Sudah menjadi rahasia umum jika menggunakan hashtag pada sosial media merupakan cara mudah untuk lebih diketahui oleh pengguna lain. Hal itulah yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mendatangkan pembeli ke online shop Anda.

Fitur hashtag tersebut sudah tersedia di berbagai platform sosial media sampai dengan e-commerce. Dengan memanfaatkan fitur hashtag tersebut, peluang toko Anda untuk ditemukan orang lain dapat jadi lebih besar.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah Anda tidak boleh asal memilih hashtag untuk digunakan. Pilihlah jenis hashtag yang sesuai dengan produk serta gunakan juga hashtag yang sedang trending di platform tersebut.

Dengan memanfaatkan hashtag tersebut, nantinya di pencarian sosial media toko Anda bisa ikut muncul pada hasil pencarian. Jika memang pemilihan hashtag konten tepat, bukan tidak mungkin akan banyak pembeli yang datang ke toko Anda.

6. Manfaatkan Sosial Media

Secara umum, sosial media saat ini memang dapat menjadi salah satu media jualan terbaik dan mudah untuk Anda gunakan. Selain itu, cara mendatangkan pembeli ke online shop menggunakan sosial media tersebut juga sangat mudah.

Anda dapat pilih jenis media sosial yang dirasa paling mudah dalam menjalankan bisnis online Anda. selain itu, semua platform tersebut mempunyai karakter pengguna serta kelebihannya masing-masing.

Namun, jika ingin lebih sukses dalam mendatangkan pembeli, Anda dapat mencoba untuk memanfaatkan semua jenis sosial media tersebut. Dengan teknik promosi serta penggunaan fitur yang tepat, pembeli toko Anda dapat bertambah signifikan.

7. Memanfaatkan Fitur Komentar

Sebagai pengguna sosial media, pastinya Anda sudah pernah melihat seorang influencer atau selebgram membagikan postingan. Biasanya, setiap postingan yang dibuat dapat menghasilkan respons yang ramai dari para pengikutnya.

Nah, hal itulah yang dapat Anda coba manfaatkan untuk meningkatkan jumlah pembeli di toko online Anda. Cara mendatangkan pembeli ke online shop dengan fitur komentar adalah cukup dengan berkomentar sambil menyisipkan promosi produk jualan online.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan cara ini adalah buatlah komentar yang diberikan secara natural. Pada komentar tersebut bisa disisipi dengan promosi produk ataupun toko online milik Anda.

Apabila cara memberikan komentar di postingan selebgram tersebut dilakukan terlalu masif, maka ditakutkan dapat mengganggu pengguna lain. Selain itu, hal seperti itu juga dapat dianggap sebagai spam oleh pihak aplikasi.

Jadi, kuncinya adalah berikan saja komentar wajar dengan diakhiri promosi toko atau produk Anda. Berikan juga link toko online jika ada untuk memudahkan orang dalam melihat isi toko online milik Anda.

Itulah tadi berbagai cara mendatangkan pembeli ke online shop yang dapat Anda coba manfaatkan. Diharapkan setelah mengetahui cara-cara yang disebutkan di atas, pembeli toko online Anda dapat menjadi lebih banyak lagi.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar