Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Cara Membuat Toko Online di Facebook agar Banyak Pembeli

Banyak pebisnis yang masih merasa kesulitan mengenai cara membuat toko online di Facebook. Seperti kita ketahui, selain sebagai tempat jejaring sosial, Facebook juga bisa digunakan untuk berjualan.

Sebenarnya fitur untuk berjualan online ini sudah ada cukup lama seperti menggunakan marketplace atau fan page. Namun, agar lebih jelas, Anda bisa menyimak pembahasan pada kali ini.

Selain belajar membuat toko online, Anda juga akan mempelajari beberapa cara untuk mengoptimasinya. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami masalah toko online sepi dan mendapatkan pelanggan lebih banyak.

Cara membuat toko onlline di Facebook

 

Cara Membuat Toko Online di Facebook

Untuk memulai membuat toko, Anda perlu membuat halaman baru terlebih dahulu. Agar lebih jelas, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Membuat halaman di Facebook

Halaman atau fan page biasanya dibuat sebagai akun publik yang membagikan konten dengan tema tertentu seperti hiburan, gaming, artis dan lain-lain. Namun semenjak maraknya jualan online mulai banyak orang menggunakan untuk dijadikan toko.

Selain digunakan sebagai toko online, nantinya halaman ini juga bisa digunakan untuk melakukan Facebook Ads. Dengan Facebook Ads, maka produk Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dalam waktu singkat.

Untuk cara membuat toko online di Facebook menggunakan halaman, Anda bisa membuka menu Pengelola Bisnis Facebook. Setelah itu, pilih menu Buat Akun. Selanjutnya, isikan data-data sesuai yang diminta oleh pihak Facebook.

2. Mengisi nama dan detail bisnis

Setelah itu, silakan isikan beberapa data seperti nama bisnis, nama akun, dan email. Kemudian, klik Berikutnya dan akan muncul kolom informasi lebih lengkap seperti alamat, lengkap, nomor telepon, dan lain-lain.

Apabila sudah mengisikan semua data dengan benar, maka klik tombol Kirim. Di langkah ini Anda sudah berhasil membuat sebuah fan page di Facebook.

3. Membuat katalog

Cara membuat toko online di Facebook berikutnya adalah membuat katalog produk. Setelah melakukan langkah di atas, biasanya Anda akan langsung diarahkan ke pengelola halaman bisnis.

Untuk menambahkan katalog, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Klik menu Pengaturan Bisnis di kanan atas
  • Klik Sumber Data
  • Pilih Katalog
  • Pilih Tambahkan
  • Pilih Buat Katalog Baru
  • Anda akan dibawa ke halaman pembuatan katalog
  • Isikan nama katalog dan jenis produk
  • Klik tombol Buat Katalog
  • Selesai

4. Mengisi katalog

Di poin sebelumnya, Anda hanya baru membuat katalog saja. Oleh karena itu, langkah berikutnya adalah mencoba mengisi katalog tersebut dengan produk yang ingin Anda jual.

Untuk menambahkan produk ke dalam katalog, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka halaman Katalog
  • Pilih Buka Pengelola Katalog
  • Pilih Saluran
  • Pilih Instagram Shopping jika ingin menghubungkan ke Instagram Shop
  • Pilih Tambahkan Produk
  • Klik Tambahkan Secara Manual
  • Isikan informasi produk
  • Klik Tambahkan Produk
  • Selesai

Itulah cara membuat toko online di Facebook yang sudah siap digunakan. Namun, jika Anda ingin menghubungkan katalog tersebut ke Instagram, silakan lanjutkan ke langkah berikutnya.

5. Menghubungkan dengan Instagram Shop

Karena berada dalam satu naungan, Anda bisa menghubungkan halaman Facebook ke Instagram Shop. Jadi, nantinya toko online bisa berada di Facebook maupun Instagram.

Berikut ini adalah cara untuk menghubungkan katalog ke Instagram Shop.

  • Buka halaman Pengaturan
  • Klik Business
  • Klik Sign Up for Shopping
  • Ikuti langkah-langkah yang diminta
  • Pilih Facebook Catalog Manager
  • Pilih Check for Catalog
  • Tunggu sampai disetujui oleh pihak Instagram
  • Selesai

Tips Laris Jualan di Facebook Marketplace

Setelah mengikuti cara membuat toko online di facebook, maka hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mulai melakukan promosi. Salah satu yang sering digunakan oleh pengguna adalah Facebook Marketplace.

Untuk menjual produk di marketplace sebenarnya sangat mudah, yakni cukup membuka menu Marketplace dan upload produk. Selanjutnya, tambahkan harga, foto, dan keterangan maka produk akan langsung teposting di marketplace.

Akan tetapi, untuk mendapatkan penjualan yang lebih maksimal, ada beberapa tips yang bisa dilakukan.

1. Upload 5-10 kali per hari

Ketika memutuskan berjualan di marketplace, tantangan yang akan dihadapi adalah memiliki kompetitor yang banyak. Salah satu cara menanganinya adalah dengan lebih rutin mengupload produk.

Sebagai contoh, Anda berjualan di bidang fashion. Cobalah untuk memposting setidaknya 5 produk setiap hari selama beberapa minggu.

Semakin banyak produk yang diunggah, semakin besar pula kemungkinan produk tersebut dilihat oleh calon pembeli. Namun, jangan pernah posting dengan gambar yang sama karena akan melanggar kebijakan Facebook.

2. Optimasi judul

Menggunakan judul yang tepat akan membantu produk Anda lebih mudah ditemukan banyak orang. Jadi, sebelum memposting, silakan lakukan riset terlebih dahulu.

Misalnya Anda berjualan mainan anak. Dari jualan tersebut, beberapa kata kunci yang bisa dijadikan judul adalah Mainan Anak, Mainan Anak Murah, Jual Mainan Anak, Mainan Edukasi Anak, dan lain-lain.

Selain judul buat juga deskripsi toko online yang menarik dan rapi. Tuliskan spesifikasi secara lengkap, nomor handphone, lokasi, hingga cara pemesanan.

Cara Berjualan dengan Halaman Facebook

Untuk berjualan menggunakan halaman yang sudah dibuat sebelumnya, Anda bisa menggunakan dua cara, yakni berbayar dan organik. Namun, kali ini akan dijelaskan secara organik yang tidak membutuhkan banyak biaya.

Pada dasarnya, setelah mengikuti langkah cara membuat toko online di Facebook pada bagian sebelumnya, Anda dapat langsung menerapkan cara ini tanpa perlu menghubungkan ke Instagram Shop terlebih dahulu.

1. Masuk ke grup relevan

Salah satu keunggulan memiliki halaman adalah Anda bisa masuk ke grup-grup tertentu dengan akun halaman tersebut, bukan akun pribadi. Ini akan membantu meningkatkan trust dan juga menyembunyikan identitas Anda.

Cobalah untuk masuk ke grup-grup yang relevan dengan produk Anda. Sebagai contoh, jika Anda menjual produk berupa skincare, silakan masuk ke grup-grup yang didominasi oleh wanita dan membahas seputar kecantikan.

Ketikkan di mesin pencarian dengan kata kunci seperti “tips skincare”, “sharing dan review skincare”, “komunitas ibu-ibu muda”, dan sebagainya. Setelah itu, silakan tawarkan produk Anda di grup tersebut.

2. Buat konten menarik

Kesalahan banyak orang setelah menjalankan cara membuat toko online di Facebook adalah terus menerus memposting produk secara hard selling. Padahal, ternyata cara tersebut tidak begitu efektif.

Perlu diingat bahwa Facebook adalah platform media sosial yang berarti fungsi utamanya adalah bersosialisasi. Jadi, pegang prinsip ini betul-betul meskipun tujuan Anda adalah ingin berjualan.

Cobalah rutin membuat konten-konten edukasi atau hiburan seputar produk yang memancing terjadinya interaksi. Lakukan ini terus menerus di halaman toko Anda hingga mendapatkan kepercayaan banyak orang.

Setelah mereka percaya dan merasa mendapat manfaat dari konten tersebut, maka ketika Anda menawarkan sebuah produk akan jauh lebih mudah terjual.

Jadi bisa dibilang cara membuat toko online di Facebook itu sangat mudah. Satu hal yang paling penting adalah bagaimana cara memasarkannya. Oleh karena itu sangat penting untuk Anda terus mempelajari berbagai trik sosial media marketing terutama di Facebook.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar