Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Cara Kirim Paket Lewat J&T, Nggak Pake Ribet!

J&T adalah salah satu penyedia layanan pengiriman paket di Indonesia dengan jumlah pengguna yang banyak. J&T menyediakan layanan pengiriman paket yang tergolong cepat dan murah. Cara kirim paket lewat J&T bisa dilakukan dengan mudah tanpa proses yang sama sekali membuat otak pusing dan ribet.

Jika Anda pernah melakukan pengiriman paket melalui layanan pengiriman paket selain J&T, maka Anda tidak akan kesulitan di sini karena prosesnya tidak jauh berbeda. Anda akan memulai proses pengiriman dengan melakukan pemeriksaan tarif ongkir dan mengakhiri proses pengiriman dengan pelacakan paket.

Sumber informasi yang terpercaya mengenai semua hal yang berhubungan dengan pengiriman paket J&T adalah aplikasi J&T dan website J&T. Keduanya bisa diandalkan jika Anda sama sekali “kosong” informasi J&T. Call Center J&T di (021) 8066-1888 juga bisa Anda hubungi untuk menggali informasi lebih jauh.

Cara Kirim Paket Lewat J&T dalam 5 Langkah

Anda akan melakukan pengiriman paket lewat J&T dalam 5 langkah cepat, praktis, dan mudah.

  1. Melakukan pengecekan tarif ongkir J&T.
  2. Melakukan pengemasan barang sesuai standar J&T.
  3. Mencari dan mengunjungi kantor cabang J&T terdekat.
  4. Memilih layanan pengiriman paket J&T dan melakukan pengiriman paket.
  5. Melakukan pelacakan pengiriman paket J&T.

Tidak ada prosesdur yang sulit di sini. Proses yang sedikit kompleks umumnya adalah proses pengemasan paket, apalagi jika paketnya memiliki dimensi yang besar atau termasuk dalam jenis paket yang rentan. Berikut adalah panduan cara kirim paket lewat J&T anti ribet dan membingungkan dalam 5 langkah saja.

1. Periksa dan Ketahui Tarif Ongkir

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan pemeriksaan tarif ongkir J&T. Tujuan dari pemeriksaan ini adalah adalah agar Anda bisa menyingkap biaya yang cukup untuk menggunakan jasa pengiriman paket dari J&T. Pemeriksaan tarif ongkir bisa dilakukan melalui aplikasi dan website J&T.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pemeriksaan tarif ongkir melalui website Cek Tarif. Memeriksa tarif ongkir melalui website J&T adalah cara yang paling umum dilakukan. Berikut adalah cara melakukannya.

  • Buka halaman pemeriksaan tarif J&T di https://jet.co.id/rates.
  • Isi kolom Dari, Ke, dan Berat sesuai asal, tujuan, dan berat paket yang akan dikirim.
  • Jika Anda ingin mengasuransikan barang, cek Asuransi dan isi nilai barang yang akan dikirim.
  • Isi juga kolom Dimensi jika barang termasuk berukuran besar.
  • Jika sudah diisi, klik Cari.
  • Informasi tarif ongkir akan muncul kemudian.

Cara Kirim Paket Lewat J&T dalam 5 Langkah

2. Kemas Barang Sesuai Standar J&T

Langkah kedua cara kirim paket lewat J&T adalah melakukan pengemasan atau packing barang yang akan dikirim. J&T memiliki standar pengemasan barang tertentu yang harus dipenuhi konsumen untuk bisa menggunakan jasa pengirimannya. Anda wajib memenuhi standar pengemasan barang dari J&T tersebut.

Jenis PaketSyarat dan Ketentuan
Besar dan PanjangMemakai kemasan ganda (dalam dan luar) dengan ketebalan yang aman
Dilapisi bubble wrap 3-5 lapis rekat dan rapat
Dilakban dengan rekat agar tidak terjadi goncangan ketik pengiriman
ElektronikMemakai kemasan ganda (dalam dan luar) dengan kemasan kardus atau kayu
Dilapisi bubble wrap 2-5 lapis rekat dan sesuai kerentanan barang
Ukuran kardus harus pas dengan ukuran barang
Cairan dan FragileMemakai kemasan ganda (luar dan dalam) dan menggunakan kardus yang bagus
Dilapisi bubble wrap 3-5 lapis rekat dan rapat
Menggunakan PE Foam di setiap sisi kemasan (meredam benturan)
Ukuran barang harus cocok dengan ukuran kardus

 

Setelah memenuhi persyaratan pengemasan barang sesuai standar, langkah selanjutnya adalah memberi label pengiriman. Tempelkan label pengiriman pada permukaan yang rata (pakai selotip bening). Label harus ditempel dengan baik dan sebaiknya label dilapisi plastik agar tidak terkena air saat pengiriman.

3. Kunjungi Kantor J&T Terdekat

Keberadaan kantor J& terdekat bisa dicari melalui aplikasi, website J&T, dan Google Maps. Berikut adalah tutorial mencari drop point atau kantor cabang J&T terdekat di lokasi dimana Anda berada via website J&T.

  • Buka halaman pencarian drop point J&T di https://www.jet.co.id/finddroppoint.
  • Pada kolom pencarian, ketik nama kota/kabupaten.
  • Pilih kecamatan di kota/kabupaten tersebut dan klik Cari.
  • Kemudian, akan muncul peta beserta lokasi/alamat drop point J& di tempat Anda.
  • Anda juga bisa mengakses informasi nama agen dan nomor kontaknya.

Pastikan, Anda sudah mengemas barang yang akan dikirim dengan baik dan sesuai standar J&T. Jika sudah dan sudah mengetahui drop point J&T mana yang akan dikunjungi, langsung saja berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk memeriksa waktu buka dan tutup kantor J&T terdekat yang akan Anda kunjungi.

4. Memilih Layanan dan Kirim Paket Melalui J&T

Langkah selanjutnya cara kirim paket lewat J&T adalah memilih layanan pengiriman paket J&T. Setelah berada di tempa pengiriman, Anda akan diminat untuk memilih jenis layanan pengiriman paket J&T. Pihak J&T sendiri menyediakan dua layanan pengiriman paket yang umum dipilih masyarakat di Indonesia.

Kedua layanan dari J&T tersebut adalah J&T Same Day dan J&T Regular (EZ). Layanan J&T Same Day membuat Anda bisa mengirim paket dalam jangka waktu 1 hari saja. Sementara layanan J&T Regular mengirimkan paket dalam jangka waktu 2 sampai 7 hari. Layanan ini yang paling banyak digunakan.

Alasannya adalah harganya murah dan pengirimannya cepat. Sementara layanan J&T Same Day belum banyak tersedia di kota-kota kecil. Selain memilih layanan pengiriman paket J&T, Anda juga bisa memilih layanan asuransi J&T Express. Layanan ini sebenarnya tidak wajib tetapi cukup direkomendasikan.

Jika menggunakan layanan asuransi, Anda bisa mendapatkan ganti rugi dari J&T jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Nominalnya sesuai dengan nominal barang yang dikirimkan. Anda memang memerlukan informasi yang lebih spesifik soal ini. Informasi bisa didapat di drop point J&T atau melalui Call Center J&T.

5. Lacak Pengiriman Paket J&T

Setelah paket dikirim melalui, Anda memiliki opsi untuk melakukan pelacakan paket yang dikirim tersebut. Anda bisa melakukan pelacakan pengiriman paket J&T melalui aplikasi dan website J&T. Pelacakan juga bisa dilakukan melalui website Cek Resi. Pelacakan adalah aktivitas opsional dan tidak wajib dilakukan.

Berikut adalah cara melakukan pelacakan pengiriman paket J&T melalui website cek resi J&T.

  • Buka halaman pengecekan paket J&T di https://resimu.net/kurir/jnt/.
  • Ketik nomor resi J&T pada kolom Lacak Paket.
  • Jika lebih dari satu nomor, maksimal lebih dari 10 nomor bisa diketik di sana dengan tanda koma (,) sebagai pemisah antara satu nomor dengan nomor lainnya.
  • Kemudian, klik Cari.
  • Informasi mengenai keberadaan paket yang Anda kirim akan muncul di sana.

Sampai di sini, Anda pasti sudah berhasil mengirimkan paket melalui J&T. Cara kirim paket lewat J&T di atas bisa Anda jadikan panduan setiap ingin melakukan pengiriman paket melalui J&T. Jika Anda termasuk sering mengirim paket melalui J&T, sebaiknya Anda menginstal dan menggunakan aplikasi J&T Express.

J&T Express tersedia untuk Android dan iOS. Aplikasi tersebut bisa diinstal secara gratis melalui Google Play Store dan Apple App Store. Aplikasi J&T akan menjadi aplikasi yang menemani Anda dan sekaligus sumber informasi yang akan mempermudah proses pengiriman dan pelacakan pengiriman paket J&T.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi J&T dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar