Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal dengan Keuntungan Maksimal

Jika saat ini Anda sedang mencari cara jualan online shop tanpa modal, maka artikel ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan tersebut. Berbisnis memang sangat identik dengan modal.

Kabar baiknya, seiring berkembangnya teknologi informasi, semakin mudah pula berbagai hal bisa dilakukan secara online, salah satunya adalah berjualan. Bahkan, kegiatan tersebut bisa dilakukan tanpa modal sekalipun.

Fenomena tersebut bisa terjadi karena persaingan online shop sekarang lebih berfokus pada siapa yang bisa mendapatkan perhatian orang lebih banyak. Jadi selama Anda memenangkan itu, bisnis sudah bisa dijalankan.

Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal dengan Keuntungan Maksimal

Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal dengan Dropship

Metode berjualan tanpa modal ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun lalu. Akan tetapi, semenjak munculnya pandemi, banyak orang semakin tertarik menekuninya di tengah keterbatasan ekonomi.

Sistem ini biasa juga disebut dengan dropship. Anda hanya bertugas memasarkan produk orang lain dan ketika terjadi penjualan, maka pemilik produk akan memberikan sejumlah komisi.

Dropship menjadi sangat digemari karena semua proses pengemasan hingga pengiriman barang dilakukan oleh supplier. Jadi, tugas Anda hanya fokus bagaimana mendatangkan pembeli saja dan menunggu komisi ketika transaksi terjadi.

Secara garis besar, berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan cara jualan online shop tanpa modal.

  • Bisa dilakukan di mana saja
  • Modal hampir nol (hanya membutuhkan kuota dan smartphone)
  • Praktis tanpa memikirkan pengemasan produk
  • Tanpa harus melakukan quality control
  • Pengiriman dilakukan supplier
  • Komisi cukup besar

Apakah Anda tertarik untuk menjalankan bisnis dengan metode tersebut? Jika iya, maka silakan ikuti beberapa langkah-langkah berjualan tanpa modal di bawah ini.

1. Pilih supplier yang tepat

Kunci kesuksesan cara jualan online shop tanpa modal menggunakan sistem dropship adalah pemilihan supplier. Hal tersebut karena kualitas produk dan pelayanan berada penuh di tangan mereka.

Untuk memilih supplier yang berkualitas, Anda bisa mencoba membeli produk mereka terlebih dahulu sebagai sampel. Perhatikan beberapa aspek seperti kecepatan respons, kerapian pengemasan, kecepatan pengiriman, dan kualitas produk.

Jika semua aspek tersebut cukup baik, maka mereka bisa menjadi supplier yang tepat. Anda bisa mulai bekerja sama dan menawarkan diri untuk menjualkan produk dengan sistem dropship.

2. Membuat toko online

Langkah cara jualan online shop tanpa modal berikutnya adalah mulai membuat toko online. Toko online ini adalah atas nama Anda sendiri, bukan supplier yang sudah dipilih di poin sebelumnya.

Anda bisa membuat toko online di website, sosial media, atau marketplace. Akan tetapi, setiap platform memiliki cara pemasaran yang berbeda-beda.

Jika ingin membuat toko online berupa website, maka Anda perlu membeli hosting dan domain terlebih dahulu. Setelah itu, barulah lakukan desain toko dan mengupload katalog produk.

Untuk pemesanan, sebaiknya arahkan ke aplikasi chatting seperti WhatsApp atau Telegram agar Anda bisa melakukan follow up dengan mudah. Apabila mereka sudah membuat pesanan, maka silakan hubungi supplier terkait ketersediaan barang.

Selanjutnya, jika Anda ingin berjualan di marketplace online, ada beberapa pengaturan yang perlu dilakukan seperti mengatur alamat pengiriman sesuai dengan alamat supplier. Selain itu, Anda juga tidak bisa menggunakan dua supplier berbeda daerah dalam satu toko.

3. Membuat akun media sosial

Jika toko online di poin sebelumnya berfungsi sebagai media konversi penjualan, maka sosial media lebih ke arah mengumpulkan calon pembeli. Buatlah akun sosial media bisa berupa toko online atau akun yang membahas topik seputar produk Anda.

Sebagai contoh, Anda ingin menerapkan cara jualan online shop tanpa modal untuk produk mainan anak. Dalam kasus ini, buatlah akun tentang anak-anak, parenting, atau khusus review berbagai mainan anak.

Anda juga bisa membuat akun sosial media berupa toko online Anda di Instagram. Buatlah konten-konten tersebut di feed dan promosikan produk melalui story serta highlight.

Jangan terlalu sering memposting foto produk di feed karena akan membuat audiens merasa bosan dan sulit mendapatkan perhatian orang baru. Sayangnya, banyak pebisnis online yang melakukan kesalahan tersebut sehingga akun online shop mereka sepi.

Ingat, tujuan utama dari akun ini adalah mencari dan mengumpulkan calon pembeli sebanyak-banyaknya dan menciptakan branding atau trust dari mereka. Setelah itu tercapai, Anda bisa mengarahkan mereka ke toko online di marketplace atau website yang sudah dibuat.

4. Rajin berinteraksi

Salah satu faktor yang menentukan terjadinya konversi penjualan adalah kepercayaan calon pembeli kepada penjualnya. Jadi, cara jualan online shop tanpa modal berikutnya yang harus diperhatikan adalah membangun kepercayaan dengan rutin berinteraksi.

Interaksi ini bisa dilakukan di media sosial atau melalui WhatsApp, tergantung dari mana yang menurut Anda paling nyaman digunakan. Sering-seringlah membuat postingan yang memancing interaksi seperti menanyakan kabar, memberikan doa, atau berbagai video motivasi.

Ketika rutin melakukan langkah ini, maka lama-kelamaan audiens Anda akan menaruh kepercayaan kepada Anda sehingga apapun produk yang ditawarkan akan langsung dibeli tanpa keraguan. Mereka tidak akan memikirkan bahwa produk tersebut adalah milik supplier.

Asalkan produk tersebut sudah direkomendasikan oleh Anda, maka mereka akan tetap menerimanya. Itulah kekuatan dari branding sehingga modal tidak menjadi faktor penting lagi.

Cara Jualan Online Shop Tanpa Modal dengan Sistem Afiliasi

Sistem afiliasi online shop baru populer akhir-akhir ini, diawali oleh inovasi dari Shopee yang meluncurkan fitur Shopee Affiliate Program. Pada dasarnya, afiliasi jauh lebih mudah dilakukan meskipun komisinya juga cenderung lebih kecil.

Selain Shopee, beberapa marketplace lain seperti Tokopedia dan Bukalapak juga sudah menerapkan sistem serupa. Prinsipnya, Anda hanya perlu membagikan link produk apapun dari platform e-commerce tersebut.

Ketika ada orang yang membuka link tersebut dan melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan komisi sebesar 2,5% hingga 10%. Jadi, Anda tidak perlu berkomunikasi dengan supplier seperti cara jualan online shop tanpa modal sebelumnya.

Jika ingin melakukan metode ini, setidaknya Anda perlu memperhatikan dua hal penting. Apa saja itu?

1. Niche spesifik

Sebenarnya Anda bisa saja memilih berbagai produk dengan niche berbeda-beda untuk dibagikan. Namun, cara jualan online shop tanpa modal seperti itu justru hanya akan membuang tenaga tanpa hasil yang memuaskan.

Cobalah pilih satu kategori produk saja secara spesifik seperti keperluan rumah tangga, peralatan masak, perlengkapan binatang peliharaan, dan lain-lain. Pilih niche yang paling Anda sukai karena akan cukup lama berkutat di bidang tersebut.

2. Cari market

Setelah menentukan produk yang spesifik, barulah Anda mencari di mana market berada. Ketika Anda ingin afiliasi produk keperluan rumah tangga, maka bagikan link tersebut di grup-grup Facebook tentang rumah tangga, begitu pula untuk kategori lainnya.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah membuat akun khusus niche tersebut di TikTok maupun Instagram. Lalu, buatlah konten-konten menarik seputar niche yang sudah dipilih hingga mendapatkan banyak follower.

Ketika follower sudah terkumpul, Anda bisa menaruh link affiliate melalui story atau membuat link khusus di bio. Cara ini kemungkinan lebih besar mendapatkan pembeli dibandingkan asal spam link produk sembarangan.

Jadi, itulah tadi dua cara jualan online shop tanpa modal yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Hal tersebut membuktikan bahwa di zaman modern seperti ini, modal bukan lagi masalah utama untuk membangun sebuah bisnis.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar