Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Praktis dan Untung Besar

Apakah Anda ingin mengetahui cara jualan di Shopee tanpa stok barang? Model seperti ini biasanya dikenal dengan dropshipping, yakni kita menjualkan barang orang lain tanpa harus stok produk.

Karena mudah dilakukan dan tidak membutuhkan modal terlalu besar, banyak orang tertarik dengan model bisnis seperti ini. Anda pun juga bisa mencobanya sebagai tambahan penghasilan.

Pada kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai apa itu dropship di Shopee, cara melakukan, hingga tips agar sukses berjualan. Jadi, silakan simak pembahasan lengkap berikut ini.

Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang Praktis dan Untuk Besar

Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Seperti sudah disebutkan di bagian awal, mengenai cara jualan di Shopee tanpa stok barang Anda bisa memanfaatkan fitur dropship. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan.

1. Menentukan produk

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk apa yang akan dijual. Beberapa rekomendasi produk yang cocok untuk dropship adalah baju, hijab, sepatu, dan peralatan rumah tangga.

Namun, lebih baik Anda menentukan terlebih dahulu untuk fokus ke produk apa. Setelah itu, barulah lanjutkan ke langkah berikutnya agar lebih mudah mendapatkan pembeli.

2. Membuat toko

Berikutnya, silakan buat toko online terlebih dahulu. Nantinya, di toko ini Anda akan memasukkan barang-barang yang akan dijual dengan sistem dropship, yakni Anda cukup memajang foto produk saja.

Anda bisa membuat toko di Facebook, Instagram, atau Shopee tergantung dari di mana target market biasanya berada. Jika sudah, maka berikutnya adalah mulai mencari penyedia produk.

3. Mencari supplier

Hal yang paling penting mengenai cara jualan di Shopee tanpa stok barang adalah mencari supplier yang benar-benar terpercaya. Selain itu, kualitas produk yang disediakan juga harus baik, memiliki review di atas 4.8, dan mempunyai banyak testimoni positif.

Seperti kita ketahui, saat ini ada ribuan penjual di Shopee yang melayani dropship. Sayangnya, tidak semua memiliki kualitas yang baik seperti pengiriman lambat ataupun barang tidak sesuai deskripsi.

Untuk mencari supplier, Anda bisa mencari produk yang ingin dijual di kolom pencarian. Setelah itu, filter berdasarkan rating atau terlaris sehingga daftar yang paling atas adalah yang sudah terbukti berkualitas.

Sebaiknya pilih satu supplier saja dengan alamat yang dekat dengan lokasi Anda. Hal ini akan memudahkan jika pembeli berbelanja lebih dari satu produk atau mempermudah perhitungan ongkos kirim nantinya.

Setelah menemukan supplier yang tepat, silakan ambil gambar produk beserta deskripsi lengkap lalu masukkan ke toko online yang sudah dibuat sebelumnya. Di langkah ini, Anda sudah siap untuk memasarkan produk tersebut.

4. Memilih barang yang dipesan

Apabila sudah mendapatkan pesanan, maka langkah yang harus Anda lakukan adalah memesan produk tersebut ke supplier. Silakan buka toko supplier tersebut dan lakukan pemesanan seperti biasa.

Berikut ini adalah langkah-langkah lengkapnya.

  • Anda mendapatkan pesanan
  • Pembeli melakukan pembayaran ke toko Anda
  • Pilih produk dari supplier Anda
  • Pilih menu Pesanan Saya
  • Centang di bagian Kirim Sebagai Dropshipper
  • Masukkan nama pengirim dan nomor telepon
  • Masukkan alamat pembeli Anda
  • Klik Check Out
  • Selesai

Setelah menjalankan cara jualan di Shopee tanpa stok barang di atas, maka supplier akan mengatur pengiriman dengan nama pengirim adalah toko Anda. Jadi, pembeli tidak akan tahu bahwa sebenarnya produk yang mereka beli adalah dari supplier Anda.

Kelebihan Berjualan dengan Sistem Dropship Tanpa Stok Produk

Ketika sudah memahami cara jualan di Shopee tanpa stok barang di atas, Anda bisa mendapatkan berbagai keuntungan. Lalu, apa saja keuntungan tersebut?

1. Modal hampir nol

Salah satu alasan paling kuat yang membuat orang memilih metode jualan ini adalah tidak membutuhkan modal besar, bahkan hampir nol. Anda cukup menyiapkan kuota internet saja untuk berjualan dan download foto produk.

Jadi, jika Anda sedang mencari tambahan penghasilan melalui online tanpa harus mengeluarkan modal, dropship bisa menjadi salah satu jawaban yang tepat. Bahkan, pengelolaan pun bisa dilakukan ketika waktu senggang sehingga tidak akan mengganggu pekerjaan utama.

2. Hemat tenaga

Ketika memilih berjualan menggunakan sistem dropship, seluruh proses pengemasan hingga pengiriman dilakukan oleh supplier. Tugas Anda hanya sekadar mempromosikan barang tersebut, tidak lebih.

Hal ini tentu akan lebih menghemat tenaga dibandingkan Anda harus mencari produk, mengemas sendiri, mengirim ke pihak ekspedisi, dan sebagainya. Selain menghemat tenaga, Anda juga menghemat banyak waktu yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

3. Banyak pilihan produk

Sebenarnya ada banyak tempat yang bisa digunakan untuk mencari supplier. Akan tetapi, Shopee menjadi pilihan yang paling tepat karena memiliki banyak sekali pilihan produk.

Anda bisa berjualan beraneka barang mulai dari fashion, kuliner, keperluan anak, keperluan hewan peliharaan, alat kesehatan, mainan anak, dan masih banyak lagi. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berjualan karena tidak memiliki produk.

Alternatif Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Alternatif Cara Jualan di Shopee Tanpa Stok Barang

Jika cara sebelumnya adalah menggunakan supplier dari Shopee untuk berjualan di platform jualan lainnya seperti Facebook, Instagram, WA, atau e-commerce lainnya, maka kali ini akan dibahas cara sebaliknya.

Jadi, metodenya adalah Anda mencari supplier secara offline dan menjualnya melalui toko Shopee yang Anda buat. Akan tetapi, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

  • Supplier harus dari kota atau kabupaten sekitar lokasi Anda
  • Produk harus benar-benar berkualitas
  • Anda harus sudah berkomunikasi dengan supplier tersebut
  • Minta izin untuk menjual di toko online Anda

Berikut ini adalah gambaran untuk cara jualan di Shopee tanpa stok barang yang kedua.

1. Datangi supplier

Anda bisa mendatangi supplier atau toko penyedia produk yang Anda jual. Sebagai contoh, Anda ingin berjualan baju muslim.

Oleh karena itu, kunjungi butik-butik yang menjual baju muslim dan sampaikan jika Anda ingin membantu menjualkan lewat sistem dropship di Shopee. Apabila mereka mengizinkan, silakan minta nomor kontak pemilik toko untuk melakukan konfirmasi ketersediaan produk.

2. Mengambil foto produk

Jika toko tersebut sudah memiliki kumpulan foto produk, maka Anda bisa meminta file tersebut. Akan tetapi, jika tidak silakan minta izin untuk mengambil gambar setiap produk yang akan dijual.

3. Mengupload di toko Shopee

Setelah mendapatkan foto produk beserta deskripsi dan harganya, silakan upload produk tersebut ke toko Shopee yang sudah Anda buat sebelumnya. Lakukan hal yang sama dengan produk-produk lainnya.

4. Optimasi penjualan

Cara jualan di Shopee tanpa stok barang yang terakhir adalah mulai melakukan optimasi penjualan. Optimasi bisa dilakukan dengan banyak metode.

Beberapa metode ampuh yang sering digunakan adalah upload 10 produk per hari, menggunakan kata kunci di judul dan deskripsi, serta mendaftarkan program-program unggulan di Shopee. Cara ini akan memudahkan Anda mendapatkan pembeli.

Jadi, itu tadi pembahasan lengkap seputar cara jualan di Shopee tanpa stok barang. Karena tidak membutuhkan modal besar, metode jualan tersebut sangat layak untuk Anda coba.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar