Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Cara Daftarkan Toko di Google Maps Biar Konsumen Mudah Menemukan

Siapa sangka ternyata cara daftarkan toko di Google Maps tidaklah sulit seperti yang dikira. Nah, ternyata dengan mendaftarkannya itulah maka akan membantu perkembangan dari bisnismu bahkan dapat memperoleh lebih banyak pelanggan loh.

Tidak sampai disitu saja, nantinya layanan tersebut akan memberitahukan bagaimana rute yang bisa ditempuh oleh pelanggan jika ingin sampai di tempat bisnis Anda tersebut. Tertarik untuk mendaftarkan didalamnya? simak penjelasannya dibawah ini.

Sekilas Tentang Google Maps

Sekilas Tentang Google Maps

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara melakukan pendaftaran maka penting untuk mengetahui sekilas tentang fitur satu ini. Google Maps sendiri merupakan sebuah layanan pemetaan situs dimana dikembangkan oleh raksasa teknologi bernama Google.

Layanan tersebut juga akan memberikan citra satelit, peta jalan hingga panorama 360 derajat. Bahkan akan memberikan kondisi seperti apakah lalu lintas hingga perencanaan rute untuk berpergian menggunakan mobil, motor, angkutan ataupun bahkan dengan jalan kaki.

Karena kemampuan mutakhir yang dimiliki oleh layanan itulah maka fitur tersebut menjadi salah satu aplikasi paling banyak dicari oleh masyarakat. Sebab nantinya akan memberikan kemudahan dalam mencari lokasi tertentu bahkan apabila Anda sudah pernah melakukan kunjungan sekali di suatu tempat.

Saat ini, kehadiran dari layanan tersebut bukan hanya akan memberikan kemudahan dalam melakukan pencarian lokasi saja, tetapi juga dapat membantu proses pengembangan dari bisnis atau usaha. Bukan hanya digunakan buat menandai rumah saja tetapi juga lokasi toko di Maps tersebut.

Cara Daftarkan Toko di Google Maps Via PC

Ada beberapa cara yang bisa digunakan oleh Anda apabila ingin melakukan pendaftaran toko di dalam Maps tersebut. Cara pertama adalah bisa menggunakan browser via PC. Jangan khawatir karena ternyata proses pendaftarannya benar-benar sangat mudah dan anti ribet loh.

Pastinya Anda penasaran bukan? berikut ini langkah-langkah dalam melakukan proses pendaftarannya

  • Silahkan hubungkan PC (komputer atau laptop) dengan jaringan internet
  • Buka browser seperti Chrome, Firefox ataupun lainnya yang ada
  • Masuk ke kolom pencairan dan ketikkan Google Maps
  • Nantinya akan muncul tampilan Maps, Anda dapat langsung klik tiga baris
  • Klik pada Tambahkan Tempat Bisnis
  • Kemudian isi pop up yang lengkap sekaligus jelas. Nantinya akan muncul sejumlah pertanyaan seperti nama, tempat, email, alamat, nomor telefon dan lainnya.
  • Silahkan atur pada pointer untuk memberikan kemudahan dalam melakukan pencarian. Klik submit untuk melanjutkan
  • Masuk ke akun Gmail dan jika sudah ada data yang masuk maka akan langsung mendapatkan keterangan didalamnya
  • Tetapi kalau belum menerima email data maka data yang diinput masih belum berhasil
  • Perlu diingat bahwa untuk menunggu lokasi toko tersebut dapat muncul, prosesnya sedikit lama

Cara Daftar Melalui Android

Cara Daftar Melalui Android

Bukan hanya dapat melakukan registrasi melalui PC saja, tetapi pengguna ternyata juga bisa melakukan pendaftaran melalui Android juga. Caranya sendiri tidak jauh berbeda dengan browser, mengingat nantinya aplikasi juga sudah terpasang di dalamnya sehingga bisa lebih mudah.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lewati apabila ingin melakukan pendaftaran via Android:

  • Silahkan masuk ke aplikasi Maps dan jangan lupa mengaktifkan lokasi di mode notifikasi android
  • Tab pada titik tiga baris di bagian pojok kiri atas dan pilihlah menu tambahkan tempat
  • Nantinya muncul formulir dimana harus diisi dengan keterangan nama tempat, alamat lengkap hingga kategori
  • Sesudah itu, bagikan lokasi melalui aplikasi chatting
  • Hal tersebut berguna untuk mereview dahulu permintaan dari tambahkan lokasi
  • Permintaan itulah nantinya akan ditinjau oleh pihak Google selama beberapa hari.
  • Jika sudah berhasil maka akan langsung terdekteksi dengan mudah

Keuntungan Mendaftarkan Bisnis di Maps

Bagaimana mudah bukan proses pendaftaran dari bisnis ke dalam layanan Google tersebut? Dengan mendaftarkannya itulah ternyata terdapat banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh para pebisnis. Terlebih lagi, di era digital seperti sekarang, Anda memang harus selalu inovatif sekaligus kreatif.

Terlebih lagi calon konsumen juga biasanya akan sangat terbantu dengan keberadaan lokasi di Maps untuk menemukannya dengan mudah. Nah, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dengan mendaftarkan bisnis ke dalam layanan Maps.

Membuat Ranking Lokal Meningkat di Google Search

Sebagai seorang pemilik usaha, Anda tentunya ingin mendapatkan penilaian yang bagus bukan? nah, berkat mendaftarkan usaha didalam layanan itulah ternyata akan membantu ranking lokal mengalami peningkatan.

Tentu saja itu menjadi kabar baik bagi seorang UKM sebab nantinya akan membuat produk ataupun jasa yang ditawarkan lebih mudah dalam dicapai oleh calon konsumen.

Membuat Tampilan Lokasi Lebih Menarik

Tidak sampai disitu saja, dengan memanfaatkan layanan inilah ternyata juga akan membuat tampilan dari lokasi usaha akan lebih menarik. Terlebih lagi ketika dicek oleh calon konsumen via website secara online. Nantinya akan menghadirkan tampilan berupa box berisi informasi seputar alamat, jumlah review hingga jam tutupnya.

Pelanggan Mudah Menemukan Lokasi Bisnis

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan adalah para pelanggan lebih mudah dalam menemukan lokasi bisnis Anda tersebut. Hal itu bukan tanpa alasan karena ternyata banyak dari masyarakat sering memanfaatkan layanan tersebut untuk menemukan tempat-tempat baru.

Mengetahui Review dari Pelanggan

Dengan mendaftarkan bisnis di dalam Maps itulah ternyata secara tidak langsung akan memberikan kemudahan dalam mengetahui review pelanggan secara langsung. Terlebih lagi, fitur tersebut memang sengaja menyematkan fitur buat review.

Perlu diketahui bahwa keberadaan review itulah ternyata sangat penting karena dapat digunakan untuk mengetahui bagaimanakah tingkat kepuasan dari para pelanggan. Selain itu, juga dapat membantu Anda dalam upaya mengembangkan usaha.

Tips Agar Lokasi Tetap Aman

Kendati keberadaan layanan ini diberikan secara gratis tetapi memang tingkat keamanannya belum begitu terjadi. Anda juga perlu melakukan verifikasi dahulu sehingga lokasinya bisa mendapatkan keamanan yang lebih.

Tidak sampai disitu saja, sebagai pengguna Anda juga harus memahami bagaimana tips menjaga keamanan dari lokasi. Sebab apabila lokasi sudah terdaftar di Maps maka bukan tidak mungkin dapat disalahgunakan oleh orang lain. Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda gunakan.

Pasang CCTV

Salah satu bentuk keamanan yang tidak boleh dilewatkan adalah dengan memasang CCTV pada pusat bisnis. Dengan alat itulah ternyata akan membantu Anda buat memantau kondisi sekitar bisnis ataupun rumah. Jadi apabila Ada orang mencurigakan maka dapat langsung dicegah.

Memasang Alarm

Selain alat CCTV, Anda sebaiknya juga melengkapinya dengan alarm dimana merupakan bentuk keamanan modern yang sudah banyak dipasang di berbagai tempat. Alarm itulah nantinya akan mengirimkan peringatan ketika ada seseorang dimana mencoba membobol pintu.

Tidak bisa dipungkiri bahwa ketika Anda mempunyai bisnis maka harus mempersiapkan berbagai macam hal secara kompleks bukan? Selain dengan cara mendaftarkan toko di Google Maps, ada baiknya memanfaatkan resimu.net sebagai alat pelacak resi dari ekspedisi apapun.

Tinggalkan komentar