Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

10 Cara Beli Pulsa Pakai DANA Paylater Lebih Hemat dan Praktis

Apakah Anda sedang mencari cara beli pulsa pakai DANA paylater? Jika iya, mungkin pembahasan pada kali ini bisa menjadi jawaban yang selama ini dicari-cari.

Teknologi memang sedang berkembang pesat. Buktinya, hampir seluruh transaksi bisa dilakukan secara online, salah satunya adalah pembelian pulsa menggunakan DANA paylater.

Agar lebih jelas mengenai apa saja keuntungan, syarat, serta cara melakukannya, silakan simak seluruh penjelasan di bawah ini.

Cara Beli Pulsa Pakai DANA Paylater Lebih Hemat dan Praktis

Sekilas Tentang DANA Paylater

Seperti halnya fitur paylater di platform lainnya, DANA paylater juga merupakan salah satu fitur yang memungkinkan penggunanya membayar belanja di akhir, salah satunya adalah membeli pulsa. Jadi, tidak heran banyak orang mencari tahu cara beli pulsa pakai DANA paylater.

Tidak sendiri, DANA paylater sebenarnya termasuk hasil kerja sama dengan Akulaku. Pengguna dapat mengajukan metode pembayaran cicilan dengan tenor maksimal 12 bulan pada produk-produk tertentu.

Tren menggunakan sistem paylater memang sedang naik akhir-akhir ini karena dinilai lebih praktis dan cepat. Mereka tidak harus melakukan pembayaran terlebih dahulu namun pesanan sudah mulai diproses.

Namun, menggunakan paylater juga tidak boleh sembarangan karena jika terlalu tergiur banyak belanja tanpa kalkulasi pengeluaran nantinya justru akan merusak kesehatan finansial Anda. Jadi, silakan gunakan fitur tersebut dengan bijak.

Lalu, apa saja layanan yang bisa dibayar menggunakan DANA Paylater? Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Paket data
  • Tagihan internet kabel
  • Tagihan BPJS
  • Tagihan air PDAM
  • Donasi
  • Top Up E-money
  • Bayar parkir

Kelebihan dan Kekurangan DANA Paylater

Sebelum membahas tentang cara beli pulsa pakai DANA paylater, Anda perlu memahami terlebih dahulu kekurangan serta kelebihan dari layanan tersebut. Dengan begitu, nantinya penggunaan bisa lebih maksimal.

1. Transaksi lebih cepat

Seperti kita ketahui, ketika belanja online menggunakan metode pembayaran biasa pasti akan cukup memakan waktu. Pasalnya, kita harus melakukan pembayaran terlebih dahulu dan masih menunggu konfirmasi beberapa saat.

Dengan DANA paylater, maka transaksi akan langsung selesai pada saat pesanan dilakukan. Jadi, bisa dibilang inilah yang menyebabkan banyak orang mulai beralih menggunakan sistem pembayaran paylater.

2. Pisau bermata dua jika disalahgunakan

Di sisi lain, terlalu sering menggunakan paylater juga kurang baik bagi kondisi keuangan. Bahkan, jika tidak memiliki mindset yang tepat, metode ini akan membuat seseorang menjadi memiliki kebiasaan berutang.

Cara Beli Pulsa Pakai DANA Paylater dengan Mudah

Setelah memahami semua poin di atas, maka di bagian ini akan dijelaskan mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan. Jadi, silakan simak dengan teliti agar tidak mengalami masalah pada proses transaksi.

Perlu diketahui bahwa untuk transaksi pulsa di bawah Rp100.000,00, Anda tidak bisa menggunakan metode cicilan, melainkan pembayaran di akhir dengan tempo 30 hari setelah pemesanan. Namun, jika nominal di atas Rp100.000,00 bisa memilih tenor sesuai kebutuhan.

  • Buka aplikasi DANA
  • Masuk ke akun DANA Anda
  • Pilih Pulsa dan Tagihan pada halaman utama
  • Masukkan nomor handphone
  • Tuliskan nomor secara manual atau dari daftar kontak di ponsel
  • Pilih nominal pengisian yang dikehendaki
  • Pilih Ganti
  • Pilih DANA Paylater
  • Klik Bayar
  • Selesai

Setelah melakukan cara beli pulsa pakai DANA paylater di atas, apabila tidak ada kendala maka pulsa akan langsung masuk. Jika tidak ada notifikasi, silakan cek pulsa secara manual untuk memastikan.

Pertanyaan Seputar Cara Beli Pulsa Pakai DANA Paylater

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang kerap dialami oleh para pengguna ketika ingin membeli pulsa menggunakan DANA paylater. Silakan perhatikan jika memang memiliki pertanyaan serupa.

1. Berapa biaya admin membeli pulsa menggunakan DANA paylater?

Ketika ingin membeli pulsa menggunakan metode ini, maka Anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp2.500,00 setiap transaksi. Biaya tersebut nantinya akan langsung dipotong dari saldo paylater Anda.

Jadi, jika Anda membeli pulsa Rp10.000,00, maka saldo paylater akan berkurang sebesar Rp12.500,00. Jadi, silakan pertimbangkan hal tersebut terlebih dahulu terutama ketika limit sudah mendekati batas.

2. Apa saja syarat yang harus dipenuhi?

Ketika ingin melakukan cara beli pulsa pakai DANA paylater, ada beberapa syarat yang memang harus dipenuhi terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat beberapa poin berikut ini.

  • Telah mengaktifkan DANA Paylater
  • Sudah melakukan verifikasi wajah ketika proses transaksi
  • Menyiapkan nomor handphone aktif
  • Memasukkan PIN untuk menyelesaikan proses transaksi

3. Apakah ada batas pembelian pulsa?

Untuk menghindari hal-hal tidak diinginkan, setiap layanan paylater pasti akan memberikan limit, termasuk DANA paylater. Dengan layanan ini, Anda bisa mengisi pulsa hingga Rp1.000.000,00.

Akan tetapi, semua itu juga tergantung dari masing-masing provider karena kebijakannya pun pasti berbeda-beda. Biasanya kebijakan ini akan terlihat ketika Anda memilih nominal pulsa yang akan diisi.

4. Apa saja provider yang mendukung pembelian pulsa menggunakan paylater?

Pada dasarnya, cara beli pulsa pakai DANA paylater bisa diterapkan ke hampir semua provider. Untuk lebih jelas, berikut adalah daftar provider tersebut.

  • XL Axiata
  • Indosat Ooredoo
  • Telkomsel
  • Axis
  • Three
  • Smartfren

Keuntungan Membeli Pulsa Menggunakan DANA Paylater

Jika dibandingkan dengan cara biasa, cara beli pulsa pakai DANA paylater memang cenderung lebih menguntungkan. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan.

1. Transaksi lebih cepat

Jika Anda membeli pulsa secara online dengan metode biasa pasti akan membutuhkan cukup banyak waktu, mulai dari proses pembayaran hingga konfirmasi. Namun, dengan paylater maka transaksi akan langsung selesai dan pulsa segera masuk.

Hal ini sangat berguna ketika Anda membutuhkan pulsa secara mendadak namun tidak memiliki saldo di e-wallet, rekening, atau bahkan tidak bisa mengakses mobile banking. Anda hanya perlu melakukan transaksi seperti biasa dan pembayar bisa dilakukan di lain waktu.

2. Pulsa langsung masuk

Seperti sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, salah satu keunggulan menggunakan cara beli pulsa pakai DANA paylater adalah pulsa akan langsung masuk tanpa harus menunggu konfirmasi. Jadi, dalam situasi darurat ketika ingin melakukan panggilan, layanan ini bisa menjadi penyelamat.

3. Membayar belakangan

Segala hal bisa saja terjadi di luar perhitungan masing-masing orang. Sebagai contoh, mungkin di saat tertentu rekening Anda sedang kosong, mobile banking sedang error, atau berada jauh dari ATM sehingga transaksi online tidak bisa dilakukan.

Akan tetapi, DANA paylater seakan datang menjadi jawaban ketika masalah tersebut melanda. Pasalnya, Anda bisa membayar biaya transaksi belakangan, bahkan untuk jumlah tertentu bisa dicicil dengan tenor maksimal 12 bulan.

4. Harga lebih rendah

Terakhir, harga pulsa yang dibeli menggunakan metode ini kebanyakan jauh lebih murah dibandingkan ketika membeli di konter pulsa konvensional. Meskipun terdapat biaya admin setiap transaksi, namun tak jarang juga ada promo menarik seperti cash back atau diskon sehingga harganya tetap lebih murah.

Jadi, cara beli pulsa pakai DANA paylater sangat mudah dilakukan asalkan Anda mengikuti langkah di atas dengan benar dan sudah memenuhi semua syarat yang berlaku. Cara tersebut mungkin bisa menjadi penolong Anda di situasi tertentu nantinya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar