Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

5 Tips Penting Bisnis Online Untuk Pemula

Bagi orang awam yang hendak jualan online, pastinya membutuhkan tips bisnis online untuk pemula. Pasalnya, jika dilakukan tanpa adanya tips tersebut ditakutkan usaha tidak akan bertahan lama dan sukses.

Seperti diketahui, persaingan dalam bisnis online saat ini sangatlah keras dan juga ketat. Bahkan, hampir setiap hari selalu bermunculan pengusaha online baru dengan ide kreatif yang dibawanya.

Nah, agar perjalanan bisnis online Anda dapat bertahan dan bersaing di tengah ketatnya pasar, maka jangan ragu untuk menggunakan beberapa tips memulai bisnis bagi para pemula berikut ini.

5 Tips Penting Bisnis Online Untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula

Agar dapat sukses dalam memulai bisnis online sebagai pemula, Anda dapat mencoba untuk menggunakan beberapa tips yang disebutkan berikut ini.

1. Memilih Platform Jualan

Tips pertama yang harus dilakukan untuk memulai bisnis online untuk pemula adalah memilih platform jualan. Saat ini, terdapat cukup banyak pilihan platform online untuk memulai berjualan secara online.

Untuk itu, Anda dapat memilih jenis platform yang sesuai dengan jenis barang yang ingin dijual. Hal ini cukup penting dilakukan agar dapat mengoptimalkan tingkat penjualan produk Anda.

Sebagai contoh jika Anda ingin menjual produk yang ditujukan untuk para generasi muda, maka platform yang bisa dipilih adalah sosial media yang sedang hype. Anda dapat memilih berjualan lewat aplikasi seperti TikTok ataupun melalui Instagram.

Sebaliknya, jika produk yang dijual dikhususkan untuk target pasar usia dewasa, maka dapat memilih untuk menggunakan sosial media seperti Facebook. Pasalnya, generasi dewasa umumnya lebih aktif di media sosial seperti itu.

Selain platform sosial media tersebut, Anda juga dapat menjual produk di tempat lain seperti e-commerce. Menjual produk ke e-commerce tersebut cukup mudah dilakukan, namun persaingan yang terjadi biasanya lebih ketat.

2. Menentukan Supplier/Distributor Produk

Tips selanjutnya adalah mencari distributor atau supplier produk yang dapat Anda percaya. Hal ini juga sangatlah penting diketahui saat hendak memulai bisnis online untuk pemula.

Cara ini dapat dilakukan saat Anda ingin memulai bisnis online tanpa modal sepeserpun. Jadi, cukup cari saja supplier yang mempunyai produk dan Anda hanya tinggal menjualnya sebagai reseller.

Selain menjadi reseller, biasanya para supplier menawarkan juga kepada orang untuk melakukan dropship. Cara ini bahkan lebih mudah lagi bagi bisnis online untuk pemula karena Anda sebagai penjual tidak memerlukan modal sama sekali.

Tugas dropship hanyalah menawarkan produk kepada para calon pembeli secara online. Nah, apabila ada pemesanan, maka mulai dari packing hingga pengiriman semuanya dilakukan oleh pihak supplier.

Meskipun terlihat cukup mudah untuk dilakukan, nyatanya hal itu tidak selalu berjalan lancar. Apalagi jika memang ternyata supplier yang didapatkan orangnya kurang jujur sehingga membuat pelanggan Anda kecewa.

Untuk menghindari hal seperti itu, para pemula wajib untuk melakukan riset sebanyak mungkin terkait dengan supplier. Dengan begitu, Anda dapat menemukan supplier terbaik dan terpercaya untuk memulai bisnis online.

3. Menentukan Desain Toko Online

Persiapan lain yang wajib dilakukan dalam memulai bisnis online untuk pemula adalah membuat desain toko sebaik mungkin. Pasalnya, saat orang hendak membeli produk, pasti hal pertama yang dilihat adalah penampilan dari toko online Anda.

Oleh karena itu, pastikan tema serta desain yang digunakan pada toko online Anda sudah baik. Selain memudahkan pelanggan dalam melihat produk, desain tersebut bisa menjadi sebagai branding serta ciri khas menarik dari toko Anda.

Dengan mempunyai tampilan desain serta tema yang menarik, tentunya para calon pembeli akan lebih mudah tertarik berbelanja di toko Anda. Selain itu, penggunaan desain yang tepat juga dapat membuat pembeli betah berlama-lama melihat online shop Anda.

Untuk mempersiapkan desain toko bisnis online untuk pemula, sebaiknya juga disesuaikan dengan produk yang dijual. Apabila memang menjual jenis barang untuk anak, maka dapat menggunakan pilihan warna pastel di toko online.

Sementara jika Anda merupakan penjual pakaian serta perlengkapan pria, maka dapat memilih jenis warna desain yang lebih gelap atau navy. Dengan begitu, para calon pembeli pasti akan lebih tertarik lagi untuk membeli di toko online Anda.

4. Menambahkan Produk Jualan di Toko Online

Tips selanjutnya dalam memulai bisnis online untuk pemula adalah dengan menambahkan produk jualan Anda. Namun, saat menambahkan foto produk ke toko online ini Anda harus memperhatikan berbagai macam aspek penting.

Tujuannya tentu tidak lain dan tidak bukan untuk membuat halaman toko menjadi lebih menarik untuk dilihat. Berikut adalah beberapa aspek penting untuk diperhatikan saat menambahkan foto produk di toko online.

Gunakan Foto Produk Profesional

Foto produk bisnis online untuk pemula juga haruslah terlihat profesional. Hal seperti itu secara langsung dapat membuat produk terlihat mempunyai nilai tambah dan membuat orang lebih tertarik untuk membelinya.

Oleh karena itu, Anda dapat membuat foto produk yang dibuat secara serius dan profesional. Pemberian foto seperti itu juga menjadi salah satu cara untuk merepresentasikan bahwa toko Anda sangatlah profesional dan berkualitas.

Menetapkan Harga yang Tepat

Untuk menentukan harga jual produk yang dijual, pastinya dibutuhkan berbagai macam pertimbangan matang. Salah satu pertimbangan yang dapat dilakukan adalah berdasarkan karakter pasar pelanggan toko Anda.

Agar bisa mendapatkan harga terbaik, Anda dapat melakukan riset terhadap dagangan para kompetitor. Meskipun begitu, penentuan harga ini juga wajib disesuaikan dengan harga yang diberikan oleh supplier.

Jangan sampai Anda terpancing untuk melakukan perang harga dengan para kompetitor hingga mengabaikan keuntungan yang diperoleh. Fokus saja pada harga wajar dan kualitas produk dan secara otomatis, perlahan-lahan para pembeli akan datang.

Memberikan Deskripsi Produk

Aspek penting selanjutnya dalam menambahkan produk di toko online adalah dengan memberikan deskripsi produk yang baik. Berikanlah deskripsi produk yang jelas dan juga lengkap agar pembeli dapat memahami produk Anda dengan cepat.

5. Melakukan Promosi Produk

Setelah semua persiapan dalam bisnis online pemula sudah Anda lakukan, maka langkah berikutnya adalah tinggal melakukan promosi produk. Hal ini juga menjadi salah satu aspek paling penting agar produk bisa dikenal oleh calon pembeli.

Tentunya, semua usaha Anda untuk membuat toko online yang berkualitas dan profesional akan sia-sia jika tidak ada orang yang tahu. Oleh karena itu, setelah semua persiapan sudah dilakukan, maka lakukan promosi produk Anda di berbagai platform.

Anda dapat mencoba untuk menggunakan fitur di sosial media seperti Instagram Reels, Instagram Story, Facebook Story, dan lain sebagainya. Anda bisa buat konten berupa video atau foto yang menarik agar orang tertarik untuk mengunjungi toko Anda.

Apabila mempunyai uang lebih, maka dapat juga untuk menggunakan fitur promosi produk di media sosial. Cara ini cukup mudah dilakukan karena sudah disediakan fiturnya oleh platform media sosial ataupun e-commerce.

Kurang lebih seperti itulah tadi tips bisnis online untuk pemula yang dapat Anda coba gunakan. Apabila semua tips tersebut dilakukan dengan baik dan benar, bukan tidak mungkin bisnis Anda dapat dengan cepat diterima oleh pembeli.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar