Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Apakah Paket Akan Diantar Hari Ini? Berikut Ciri Cirinya

Setelah melakukan pembelian di beragam marketplace online, hal yang paling ditunggu adalah menerima paket yang berisi barang yang dibeli. Mengawasi pengiriman paket melalui status pengiriman paket dari pun menjadi aktivitas yang rutin dilakukan. Rasa penasaran kapan paket diantar hari ini sering muncul.

Bahkan, secara konstan, Anda mungkin terus bertanya-tanya kapan paket yang dibeli sampai di rumah. Anda, sebenarnya bisa melihat atau mengidentifikasi ciri-ciri paket yang Anda beli diantar ke rumah. Ciri-ciri tersebut bisa dilihat dari status pengiriman paket yang dimunculkan dan diupate oleh pihak ekspedisi.

Melalui status tersebut, Anda bisa menyimpulkan bahwa paket sedang diantara atau akan diantar hari ini. Bagaimana jika paket tidak kunjung diantar juga? Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka Anda bisa melakukan beberapa hal yang bisa mempercepat proses pengiriman paket dari barang yang Anda beli.

Kapan Paket Akan di Kirim? Waktu Pengiriman Paket

Salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan ketika memilih ekspedisi dan layanan yang ditawarkan adalah waktu pengiriman paket. Pastikan Anda mengetahui dengan baik, kapan paket yang Anda inginkan bisa sampai ke rumah atau tempat kerja Anda. Pilihan waktu pengiriman jelas muncul di marketplace.

Di sana, Anda bisa melihat sendiri waktu pengiriman paket. Umumnya, diperlukan waktu 1-2 hari saja untuk pengiriman paket dalam satu kota atau kabupaten. Kecepatan waktu pengiriman paket bisa ditentukan oleh jenis layanan. Semakin mahal layanan yang dipilih, umumnya semakin cepat waktu pengiriman paketnya.

Selain layanan, Anda juga perlu memahami dan mengantisipasi kendala yang mungkin muncul dan bisa mengakibatkan keterlambatan. Beberapa kendala tersebut bisa bersumber dari situasi kondisi seperti pengiriman terlalu banyak, maupun insiden seperti kecelakaan maupun bencana alam (banjir longsor, dll).

Jika Anda sudah mengetahui hal-hal penting mengenai waktu pengiriman paket, maka Anda sudah mengetahui apa yang akan diharapkan dari pengiriman paket nantinya. Lakukan juga pelacakan paket yang dikirim melalui fasilitas pelacakan yang umumnya disediakan oleh jasa ekspedisi yang Anda gunakan.

Tanda-tanda Paket Diantar Hari Ini

Sebelum membahas mengenai status yang menandakan paket akan diantar dalam waktu dekat, Anda harus terlebih dahulu memahami perbedaan antara dikirim dan diantar. Keduanya jelas berbeda meskipun istilah semacam ini bisa spesifik bergantung jasa ekspedisi yang Anda gunakan ketika mengirim paket.

Istilah dikirim memiliki makna seluruh proses pengiriman paket sejak paket diterima pihak ekspedisi dari pengirim paket. Proses ini menandakan paket sedang dikirim dari ekspedisi pengirim paket ke ekspedisi penerima paket di kota atau kabupaten dimana Anda berada. Maknanya, lain lagi dengan istilah diantar.

Istilah diantar memiliki makna proses pengantaran paket dari ekspedisi di kota atau kabupaten dimana Anda berada ke rumah atau tempat paket Anda terima. Jika status paket sudah masuk pengantaran maka Anda sudah bisa bersenang karena paket sudah ada di kantor ekspedisi dan akan diantar ke tempat Anda.

Tanda-tanda paket akan diantar hari ini bisa Anda identifikasi dari status pelacakan pengiriman paket. Status tersebut akan menampilkan kondisi yang terjadi pada paket yang Anda beli, termasuk apakah paket akan dikirim hari ini juga atau di kemudian hari. Penting bagi Anda untuk memahami makna status tracking.

Ekspedisi Status
Anteraja Satria sudah ditugaskan dan parsel akan segera diantar ke penerima
Dakota Cargo Dalam Proses Pengantaran
ID Express Kurir (nama kurir) sedang proses pengantaran
Indah Logistik Kargo Sedang diantar oleh kurir (nama kurir)
J&T Express Paket sedang dalam perjalanan ke lokasi Anda
JET Express Menuju Alamat Penerima
JNE Express With Delivery Courier
Lion Parcel Paket akan dikirimkan oleh (nama kurir), Kota
Rosalia Express Diantar ke tujuan
RPX Shipment on process of delivery
SAP Express Delivered by Courier
Shopee Express Paket sedang dalam perjalanan ke lokasi Anda
SiCepat Paket dibawa (Sigesit – nama kurir)
TIKI With Delivery Courier
Wahana Proses pengantaran oleh kurir (lokasi)

 

Berdasarkan tabel di atas, Anda bisa menyimpulkan bahwa status yang menyatakan paket diantar hari ini berbeda antara satu ekspedisi dengan ekspedisi lain. Meskipun berbeda, tetapi realita dan maksudnya sama. Jika status tersebut muncul dalam status tracking, maka bersiaplah paket akan segera Anda terima.

Tips Menerima Paket Agar Terhindar dari Masalah

Tips Menerima Paket Agar Terhindar dari Masalah

Setelah menerima status pelacakan yang mengindikasikan paket akan segera diantar ke tempat Anda, terdapat beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar tidak terhindari dari potensi masalah dengan ekspedisi yang Anda gunakan. Anggap saja apa yang Anda simak hari ini sebagai tips menerima paket dari ekspedisi.

1. Siapkan dan Aktifkan Ponsel

Hal yang harus Anda lakukan ketika melihat status paket akan diantar hari ini adalah menyiapkan dan mengaktifkan HP. Kurir, akan menghubungi Anda untuk melakukan konfirmasi atau bertanya mengenai alamat rumah. Komunikasi dengan kurir juga perlu dilakukan jika Anda sedang tidak berada di rumah.

2. Berkomunikasi dengan Orang Rumah

Jika Anda sedang tidak berada atau akan tidak berada di rumah atau tempat kerja, berkomunikasi lah dengan orang rumah dan sekitar. Beri tahu bahwa akan ada kurir yang mengirim paket dan minta lah mereka untuk menerimanya. Dengan begitu paket dapat dikirim tanpa harus kembali lagi ke ekspedisinya.

3. Bersiap untuk Paket Malam

Jika Anda memilih opsi pengiriman yang menyediakan jasa pengiriman satu hari atau besok sampai, Anda perlu mengantisipasi penerimaan paket di malam hari. Bukan tidak mungkin, untuk memenuhi komitmen layanan yang dibebankan, pihak kurir akan muncul di waktu yang tidak biasa, termasuk di malam hari.

Pada intinya status pengiriman yang memiliki tanda-tanda paket akan diantar ke rumah atau tempat Anda sekarang harus direspons dengan siap dan siaga. Kurir bisa datang kapan saja dan jika Anda termasuk sangat mengharapkan kedatangannya, maka Anda harus siap menerima paket kapanpun paket datang.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Paket Tidak Kunjung Datang

Bagaimana jika status paket diantar hari ini telah muncul dan setelah ditunggu dalam waktu lama, paket tidak juga muncul? Jika hal tersebut terjadi pada Anda, maka dapat dipastikan telah terjadi kendala yang mengakibatkan keterlambatan pada pengiriman yang dilakukan. Bersabar terus tentu bukan sebuah opsi.

Yang harus Anda lakukan jika masalah tersebut muncul adalah mengontak pihak logistik atau ekpesidiss yang digunakan. Kemukakan bahwa paket tidak kunjung datang meksipun status pelacakan sedang diantar. Lebih baik lagi, jika Anda pergi ke kantor cabang terdekat dari ekspedisi yang Anda gunakan.

Siapkan nomor resi dan lontarkan keluhan yang Anda alami. Dengan adanya pelaporan pihak ekspedisi akan mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang mereka lakukan sekaligus memberi tekanan agar layanan yang sudah Anda pilih dan gunakan bisa sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh pihak ekspedisi.

Mengetahui status paket diantar hari ini memang memberikan sensasi senang dan lega. Melakukan pelacakan setiap waktu dan memahami makna dari status pelacakan akan membuat Anda bisa mempersiapkan diri dalam menerima paket yang dibeli. Siaga setiap waktu agar terhindar dari masalah.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar