Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

7 Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Jika Anda sedang mencari rekomendasi usaha rumahan untuk ibu rumah tangga, maka artikel ini bisa menjadi jawabannya. Ada berbagai ide yang langsung bisa dicoba dan mendapatkan hasilnya.

Seperti kita ketahui, saat ini semua orang berhak dan bisa menjalankan bisnis, bahkan meski hanya ibu rumah tangga saja. Pasalnya, banyak sekali usaha bisa dilakukan hanya dari rumah tanpa meninggalkan pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa peluang usaha yang paling banyak digeluti dan terbukti menghasilkan. Beberapa mungkin akan membutuhkan modal untuk memulai meskipun tidak terlalu besar.

Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga yang Menjanjikan

Ide Usaha Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga

Lalu, apa saja ide rumahan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga? Silakan simak pembahasan berikut ini hingga selesai dan pilih yang paling cocok dengan minat Anda.

1. Bimbingan belajar

Pertama, Anda bisa mencoba untuk membuka bimbingan belajar, baik itu kelompok atau privat. Bisnis tersebut sudah cukup banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga, terutama yang tinggal di pedesaan.

Pasalnya, orang tua anak akan lebih memilih bimbingan belajar rumahan karena selain harganya lebih terjangkau, lokasi juga tidak terlalu jauh. Seperti kita ketahui, beberapa lokasi memang tidak menjangkau lembaga bimbingan belajar tertentu.

Bisnis bimbingan belajar ini merupakan salah satu usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang tidak membutuhkan terlalu banyak modal. Asalkan Anda mampu mengajar pelajaran tertentu, maka usaha ini bisa langsung dibuka.

Untuk awalnya, Anda bisa menawarkan ke tetangga yang memiliki anak usia sekolah terlebih dahulu dalam kelompok kecil. Setelah itu, jika kualitas benar-benar baik biasanya mereka akan memperpanjang masa belajar atau bahkan bisa menarik anak-anak lainnya.

Jadi, jika memang tertarik menjalankan bisnis bimbingan belajar, maka siapkan saja satu ruangan dengan papan tulis dan meja belajar di rumah. Setelah mendapatkan penghasilan yang cukup, maka bisa dilakukan perluasan atau peningkatan sarana seperti fasilitas internet.

2. Membuka toko kelontong

Siapa yang tidak tahu dengan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikut ini. Bisnis ini sangat mudah untuk dijalankan karena Anda hanya perlu menunggu saja dan bisa melakukan pekerjaan rumah seperti biasa.

Akan tetapi, untuk memulainya tentu membutuhkan modal yang cukup besar untuk membeli barang-barang dagangan. Jadi, pastikan Anda sudah memperhitungkan hal tersebut terlebih dahulu agar tidak ada masalah keuangan nantinya.

Beberapa barang yang bisa dijual di toko kelontong antara lain beras, bumbu dapur, peralatan dapur, makanan ringan, minuman ringan, perlengkapan mandi, gula, minyak goreng, rokok, obat-obatan dasar, dan mainan kecil.

Jika merasa masih kurang dalam pemasukan, Anda bisa sekalian membuka counter dan berjualan pulsa serta paket data. Intinya, semakin lengkap dagangan Anda, semakin besar pula kemungkinan banyak pengunjung berdatangan.

3. Bisnis katering

Jika Anda memiliki kegemaran di dunia memasak, maka katering bisa menjadi peluang usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang layak dicoba. Bayangkan, Anda bisa menjalankan hobi sekaligus mendapatkan penghasilan.

Untuk pemasarannya juga tidak terlalu sulit karena Anda bisa menawarkan kepada saudara dekat terlebih dahulu atau menggunakan media sosial. Ketika ada pesanan, barulah Anda memasak sesuai permintaan klien.

Mengenai modal, ada beberapa cara bisa dilakukan. Pertama, Anda bisa menalangi modal pembuatan makanan terlebih dahulu dan menerima pembayaran di akhir.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sistem DP di mana klien akan membayar sejumlah uang terlebih dahulu dan bisa digunakan untuk modal membeli bahan. Cara ini dinilai lebih efektif karena juga bisa mencegah pembeli membatalkan pesanan.

Kunci sukses dari menjalankan bisnis ini adalah kualitas rasa. Jadi, perhatikan betul mengenai resep dan kualitas bahan baku karena ini akan sangat menentukan kelangsungan bisnis ke depannya.

4. Bisnis kerajinan tangan

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga berikutnya adalah membuat kerajinan tangan. Bisnis ini sangat cocok untuk mengisi waktu luang di rumah dibandingkan hanya menonton televisi saja.

Ada banyak orang yang sukses menggeluti bidang ini dan hasilnya cukup memuaskan. Pasalnya, profit dari produk kerajinan tangan tergolong besar.

Sebagai contoh, untuk membuat tas anyaman dengan bahan baku 20 ribu bisa dijual dengan harga 50 ribu ke atas. Semua itu bisa dilakukan hanya dari rumah saja dan memasarkan melalui media online.

Namun, tentu saja dibutuhkan keterampilan serta kreativitas yang tinggi agar bisa menghasilkan produk yang baik. Jika belum terbiasa, mungkin ini akan menjadi satu hal yang cukup sulit dilakukan.

5. Jualan online

Berjualan online menjadi alternatif usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan hingga dua digit setiap bulannya. Pasalnya, untuk memulai bisnis ini Anda tidak membutuhkan modal besar, terlebih jika menerapkan sistem dropship.

Beberapa produk yang paling laris dan sangat cocok dijual secara online adalah sepatu, hijab, baju muslim, baju anak muda, pakaian pria, keperluan rumah tangga, hingga perlengkapan dapur. Jadi, ada banyak sekali pilihan untuk dijual sesuai minat Anda.

Untuk memulai berjualan online, Anda hanya perlu menyiapkan akun media sosial saja seperti WhatsApp, Facebook, Instagram, TikTok, atau marketplace online. Setelah itu, rutin-rutinlah membuat konten untuk mengumpulkan follower yang nantinya akan ditawari produk tersebut.

6. Bisnis affiliate

Bisnis affiliate termasuk salah satu bisnis online yang baru ramai akhir-akhir ini, terutama ketika muncul program Shopee Affiliate Program, Tokopedia Affiliate, dan sebagainya. Pada dasarnya, sistem affiliate hampir mirip dengan dropship.

Hanya saja, bisnis affiliate cenderung lebih mudah karena tugas Anda hanya membagikan link produk tertentu ke orang yang mungkin membutuhkan barang tersebut. Ketika mereka klik link tersebut dan melakukan pembelian, maka Anda akan mendapatkan sejumlah komisi.

Bisa dibilang ini merupakan usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan di era digital. Bahkan, beberapa tahun ke depan mungkin sistem affiliate ini akan semakin marak mengingat banyak sekali content creator dan pemilik produk bermunculan.

7. Freelancer

Usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang terakhir adalah dengan menjadi freelancer atau menawarkan jasa secara online. Cara ini cukup menjanjikan jika Anda memiliki keahlian di bidang tertentu.

Beberapa jasa yang saat ini sedang banyak dibutuhkan adalah pengelola sosial media, penulis konten, penulis script video, desain grafis, coding, penerjemah, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa dilakukan hanya dari rumah saja.

Akan tetapi, salah satu tantangan menjadi freelancer adalah bagaimana mendapatkan klien secara online. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, yakni membangun portfolio di sosial media dan jemput bola mencari klien.

Anda bisa melakukan keduanya sekaligus jika ingin mendapatkan hasil lebih cepat. Akan tetapi, cara yang paling efektif adalah membangun portfolio terlebih dahulu karena ini akan membantu mendapatkan klien lebih mudah ketika sudah terkumpul cukup banyak.

Jadi, itulah ketujuh ide usaha rumahan untuk ibu rumah tangga yang sangat menjanjikan dilakukan di tahun 2022. Anda bisa memilih satu terlebih dahulu dan menekuninya hingga menghasilkan sebelum berpindah ke bisnis lainnya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar