Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Tutorial Cara Tukar Tambah HP di Shopee yang Mudah

Belakangan ini, banyak orang yang mencari cara tukar tambah HP di Shopee untuk mendapatkan HP baru dengan mudah. Namun, apakah sebenarnya cara tersebut memang disediakan oleh pihak Shopee?

Aplikasi e-commerce Shopee memang terkenal selalu memberikan inovasi fitur yang menarik pada penggunanya. Ada fitur Shopee game, Shopee Food, investasi, dan masih banyak lagi fitur yang lainnya.

Lalu, benarkah jika di Shopee sudah tersedia fitur untuk melakukan tukar tambah handphone? Nah, untuk mengetahui jawabannya, Anda dapat menyimak penjelasan selengkapnya di ulasan berikut ini.

Tukar tambah hp di shopee

Benarkah Bisa Tukar Tambah Handphone di Shopee?

Perkembangan smartphone yang terjadi saat ini bisa dikatakan sangatlah pesat. Hampir setiap tahun, ada saja varian HP baru dengan fitur serta teknologi canggih baru yang diperkenalkan.

Hal semacam itulah yang membuat masyarakat Indonesia semakin aware dan tertarik terhadap perkembangan tersebut. Jadi, tidak heran apabila kini banyak sekali orang yang dengan mudah gonta-ganti merek HP.

Sebenarnya, beberapa waktu ke belakang sudah terdapat market place yang memang menyediakan fitur menukar HP tersebut. Namun, untuk melakukannya, pihak yang terkait tidak bisa melakukannya secara online.

Nah, hal itulah yang dilihat oleh Shopee sebagai peluang untuk menciptakan fitur tukar tambah versi mereka sendiri. Berbeda dari market place sebelumnya, cara tukar tambah HP di Shopee dapat dilakukan secara online.

Kehadiran fitur tukar tambah tersebut tentunya akan semakin memudahkan para pengguna Shopee yang ingin membeli HP baru. Bahkan, pilihan HP yang dapat ditukarkan juga sangat bervariasi sehingga pengguna punya banyak pilihan.

Selain itu, proses tukar tambah di Shopee juga bisa menggunakan voucher sehingga bisa mendapatkan harga yang bagus. Pada akhirnya, pesanan HP yang ditukar tambah akan dikirimkan oleh pihak ekspedisi Shopee Express ke alamat pengguna.

Pada fitur tersebut, Shopee juga memberikan beberapa penawaran seperti menerima HP berbagai kondisi, jaminan, dan pengiriman 24 jam. Namun, kabar buruknya adalah cara tukar tambah HP di Shopee ini baru bisa di Jakarta saja.

Cara Tukar Tambah HP di Shopee dengan Mudah

shopee tukar tambah

Pihak Shopee secara resmi telah meluncurkan fitur terbaru untuk menukar tambah Handphone di platform mereka dengan nama Shopee Tukar Tambah. Untuk penggunaan fitur tersebut, pastinya terdapat ketentuan serta aturan yang diberlakukan.

Salah satu aturan yang wajib pengguna ketahui adalah tidak adanya menu kategori pada fitur tersebut. Hal itu dikarenakan fitur tersebut kini sifatnya masih terbatas yakni untuk pengguna yang berada di daerah DKI Jakarta saja.

Nah, bagi Anda yang tertarik ingin menggunakan fitur terbaru dari Shopee, ini maka perlu memperhatikan langkah-langkahnya dengan baik. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara tukar tambah HP di Shopee.

1. Mencari Banner Fitur Tukar Tambah

Langkah pertama untuk cara tukar tambah HP di Shopee adalah dengan mencari banner tukar tambah. Untuk mencari banner tersebut, Anda bisa mencoba mencarinya di bagian halaman utama di aplikasi Shopee.

Selain dari banner, Anda juga dapat mencoba mencari fitur tukar tambah tersebut di bagian toko HP yang resmi menerima fitur Shopee Tukar Tambah. Di sana, Anda tinggal mencari dan memilih unit HP untuk kemudian ditukar tambah.

2. Masukkan Nomor IMEI HP Sebelumnya

Pada saat Anda sudah menemukan banner tukar tambah di halaman utama atau di etalase toko, maka tinggal di klik saja pada bagian tersebut. Nantinya, Anda akan masuk ke halaman untuk memasukkan nomor IMEI HP sebelumnya.

Biasanya, Anda dapat menemukan nomor IMEI HP dengan mudah pada bagian dus box pembelian HP dulu. Namun, jika sudah tidak ada maka bisa menggunakan beberapa cara berikut:

  • Pertama, tinggal ketik angka *#06# di bagian dial menu dan call
  • Kedua, Anda bisa mencari nomor IMEI lewat menu pengaturan HP. Pilih saja di bagian “About Phone” maka akan ditampilkan informasi lengkap tentang HP yang digunakan.

Apabila pada saat mencari nomor IMEI terdapat dua nomor yang muncul, maka Anda bisa memilih salah satunya saja. Jika sudah, maka tinggal masukkan saja nomor IMEI tersebut ke bagian kolom yang disediakan.

3. Lakukan Check Kondisi HP Sebelumnya

Setelah nomor IMEI berhasil dimasukkan, cara tukar tambah HP di Shopee berikutnya adalah melakukan pengecekan kondisi HP sebelumnya. Tujuannya tentu agar kondisi HP yang dimiliki sebelumnya bisa diketahui kualitasnya.

Pada saat proses pengecekan kondisi HP ini berhasil dilakukan, maka akan diberikan kode voucher untuk melakukan tukar tambah. Kode tersebut nanti bisa dipergunakan untuk melakukan pembayaran HP baru yang diinginkan.

4. Checkout Pesanan Tukar Tambah

Jika Anda sudah berhasil mendapatkan kode voucher untuk menukar HP, maka cara tukar tambah HP di Shopee berikutnya adalah melakukan checkout. Kode voucher yang didapatkan sebelumnya nantinya akan digunakan untuk potongan harga beli HP baru.

Untuk jumlah voucher yang bisa didapatkan, itu sesuai dengan kondisi HP sebelumnya yang sudah dicek tadi. Selanjutnya, voucher tersebut akan digunakan sebagai potongan harga untuk membayar produk HP yang ditukarkan.

5. Cadangkan Data dan Reset HP Sebelumnya

Setelah proses checkout dilakukan, Anda sebagai pemohon tukar tambah harus menunggu persetujuan dari pihak Shopee. Jika sudah disepakati dan disetujui oleh Shopee, cara tukar tambah HP di Shopee dapat berlanjut.

Sebelum melakukan penukaran HP lama, sebaiknya Anda mencadangkan terlebih dahulu data penting yang ada di dalamnya. Setelah itu, lakukanlah hard reset agar membuat semua data di dalam HP kembali seperti awal dibeli.

Hal ini wajib untuk dilakukan karena berdasarkan kebijakan yang berlaku, Shopee tidak punya tanggung jawab terhadap data HP yang bocor. Selain itu, tidak diberlakukan juga pengembalian atau retur dana pada fitur Shopee Tukar Tambah.

Jadi, pastikanlah sebelum kurir datang membawa HP baru yang dipesan, Anda sudah melakukan pencadangan data penting. Anda bisa menyimpan data tersebut di Hard disk external ataupun memindahkannya ke perangkat PC.

6. Proses Penerimaan HP dari Kurir Shopee Express

Proses yang terakhir untuk menyelesaikan penukaran HP baru ini adalah Anda tinggal melakukan proses serah terima dengan kurir. Nantinya, setelah proses pemesanan HP baru selesai, kurir Shopee Express akan mengantarkan barang ke alamat Anda.

Setelah sampai di lokasi Anda, pihak kurir akan meminta penerima untuk melakukan pengisian formulir seperti nama, alamat, nomor KTP, serta menandatangani surat pernyataan. Hal ini untuk menghindari kesalahan dalam pengiriman.

Pihak kurir dari Shopee Express juga akan mengecek ulang nomor IMEI dari HP Anda sebelumnya. Apabila saat dicek, nomor IMEAI tidak dapat muncul atau malah tidak sesuai dengan yang dikirimkan, maka kurir bisa membatalkan serah terima.

Itulah tadi berbagai proses cara tukar tambah HP di Shopee yang perlu diketahui. Pahamilah urutan langkah-langkah tersebut, agar pada saat proses tukar tambah tidak terjadi kesalahan baik dari Anda maupun pihak Shopee.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar