Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Tugas Divisi Marketing Online Dalam Perusahaan, Sudah Tahukah?

Sudah tahukah bahwa tugas divisi marketing online dalam perusahaan memang mempunyai peran cukup penting. Sebelum menyimak penjelasan lebih lanjut, marketing sendiri adalah kegiatan paling penting juga dalam perusahaan.

Dimana nantinya karyawan yang bertugas dibagian tersebut akan mempunyai tugas buat menentukan maju atau mundurnya sebuah perusahaan.

Kendati demikian keberadaannya tidak bisa berdiri sendirinya dan saling berhubungan dengan divisi marketing online lainnya seperti bagian riset, produksi, sumber daya manusia, keuangan hingga pengembangan.

Tugas Divisi Marketing Online Dalam Perusahaan

Sekilas Tentang Divisi Marketing

Sebelum Anda memahami lebih lanjut mengenai tugas sekaligus tanggung jawab yang mereka miliki. Divisi marketing adalah seseorang yang mempunyai tugas dalam kegiatan memenuhi kebutuhan sekaligus kepuasan dari para konsumen.

Adapun caranya adalah dengan memproduksi suatu produk, memberikan harga hingga mempromosikannya kepada para konsumen dan akhirnya terjadi pembelian. Walaupun terlihat sepele tetapi tanggung jawab dari seorang divisi marketing online alias marketer ternyata tidaklah mudah.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa tugas sekaligus tanggung jawab mereka akan berpengaruh besar terhadap perusahaan. Dimana berkaitan dengan semua produk ataupun layanan yang dikelola sedemikian rupa hingga dapat sampai ke tangan para pelanggan.

Karena tugas dan tanggung jawabnya besar itulah maka untuk menjadi marketer ternyata bukanlah perkara mudah. Dibutuhkan keterampilan sekaligus pengetahuan mumpuni hingga akhirnya mampu menjadi seorang divisi professional.

Bahkan berbagai macam tugas dari bagian inipun juga harus dikuasai dengan matang. Mereka juga mempunyai skill dan kemampuan di bidangnya masing-masing mulai dari social media specialist, market & business analyst, advertising analyst, business development atau skill lainnya dimana mampu membantu kegiatan dari pemasaran.

Dengan menyatukan kemampuan setiap bidang sesuai dengan keahliannya itulah maka diharapkan kegiatan pemasaran dapat berjalan lebih optimal. Tentu saja hal tersebut mampu membawa dampak positif kepada perkembangan suatu bisnis sehingga bisa lebih maju sekaligus mampu meraih kesuksesan.

Fungsi Divisi Marketing Online Dalam Perusahaan

Mempunyai peran yang cukup penting, ternyata divisi marketing inilah mempunyai tugas dan fungsi masing-masing dimana perlu dipahami oleh semua orang. Terlebih lagi bagi Anda dimana baru saja merintis usaha online.

Untuk memahaminya lebih lanjut maka kami sudah menyiapkan penjelasan pentingnya dibawah ini sehingga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Tugas Pengembangan Produk

Pengembangan produk sendiri merupakan salah satu bentuk strategi untuk produk baru yang merupakan produk original, sudah disempurnakan, dimodifikasi ataupun produk baru dimana baru saja melewati usaha riset sekaligus pengembangan.

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah supaya tetap bisa memberikan manfaat sekaligus nilai kepada konsumen serta diharapkan mampu menambah omzet penjualan nantinya.

Bukan hanya itu saja pengembangan produk itulah juga diharapkan mampu mempertahankan daya saing terhadap produk-produk dimana telah ada sebelumnya.

Menempatkan Harga Yang Tepat

Di sisi lain seorang divisi marketing online itulah ternyata juga harus menempatkan harga yang tepat. Itu nantinya akan membuat para konsumen tidak keberatan dalam membeli sebuah produk. Bayangkan saja apabila harga tidak sesuai dengan kualitas, tentu akan ada banyak orang yang protes bukan.

Tetapi perlu diingat bahwa harga yang terlalu rendah ternyata juga dapat mengakibatkan kebangkrutan dalam bisnis. Tetapi di sisi lain, harga yang terlalu tinggi juga dapat mengakibatkan daya beli masyarakat semakin menurut.

Menentukan Target Pemasaran

Ketika anda berbisnis online maka menentukan target pasar merupakan hal yang paling penting dilakukan. Sebab dengan adanya target tepat itulah, Anda Bisa lebih mudah dalam menentukan strategi bisnis seperti apakah dimana akan digunakan dengan baik.

Adapun divisi marketing itulah merupakan bagian yang nantinya akan menentukan target pemasarannya nanti. Menentukan siapakah calon pembeli dari produk, layanan ataupun jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan.

Melakukan Kegiatan Promosi

Tugas lainnya dari bagian pemasaran adalah memperkenalkan sekaligus mempromosikan setiap produk atau perusahaan yang sudah dihasilkan sekaligus disebarluaskan kepada masyarakat. Itulah yang akan membuat perusahaan dan produk dapat dikenal dan mempunyai jumlah peminat banyak.

Tugas marketing inilah memang selalu direncanakan oleh bagian divisi marketing online sehingga kegiatan promosi nantinya dapat berjalan dengan lain. Kendati demikian, seorang marketer juga diharuskan memahami jenis pemasaran apakah yang ingin digunakan.

Jangan lupa juga untuk memberikan bonus tersendiri kepada konsumen karena memang komponen inilah cukup disukai oleh mereka. Pemberian bonus tersebut dapat berupa diskon, souvenir, garansi atau masih banyak lagi.

Tugas Divisi Marketing Online Didalam Perusahaan Lainnya

Tugas Divisi Marketing Online Didalam Perusahaan Lainnya

Selain memahami fungsi utama dari bagian marketer, anda juga harus mengetahui bagaimana tugas dari seorang divisi marketing tersebut. Berikut ini beberapa tugas sekaligus tanggung jawab yang akan mereka lakukan.

Melakukan Analisis Kompetitor

Seorang marketing diharuskan untuk melakukan analisis posisi bisnis terhadap pesaing atau competitor. Sudah bukan menjadi rahasia lagi bahwa persaingan dalam dunia bisnis online memang sering kali terjadi. Disinilah seorang marketer biasanya akan mencari tahu kelebihan dan kekurangan dari pesaing.

Melakukan Riset Untuk Mengetahui Tren Pasar

Bukan hanya bertindak untuk melakukan analisis terhadap competitor tetapi juga melakukan riset untuk mengetahui seperti apakah tren pasar yang sedang popular. Adapun tujuan dari melakukan riset pasar adalah supaya perusahaan bisa memasuki pasar tepat.

Sebagai contohnya adalah saat ini kegiatan digital marketing banyak dilakukan melalui Tiktok. Disinilah pentingnya bagi Anda untuk menggunakan platform tersebut juga buat menarik lebih banyak konsumen.

Menentukan dan Merencanakan Strategi Kampanye dan Promosi

Tidak sampai disitu saja, seorang digital marketer itulah juga mempunyai tugas dalam menentukan sekaligus merencanakan strategi kampanye dan promosi apakah yang akan digunakan dalam bisnis.

Kegiatan kampanye tersebut dilakukan tentunya buat menarik perhatian para konsumen melalui beberapa cara seperti melalui media sosial ataupun pemasaran online lainnya.

Rencana Penjualan Produk

Dengan mempunyai rencana penjualan yang tepat, jelas dan efektif itulah akan memberikan kemudahan bagi sebuah perusahaan dalam melakukan identifikasi target utama, melacak kemajuan dari bisnis hingga mampu meningkatkan penjualan. Bahkan mereka juga mempunyai tugas untuk melakukan manajemen produk.

Tahapan Dalam Proses Marketing

Tidak bisa dipungkiri bahwa marketing sendiri menjadi tahapan yang sangat penting bagi perusahaan. Sebab nantinya akan berpengaruh terhadap angka penjualan sekaligus sukses atau tidaknya perusahaan Anda dibandingkan dengan para pesaing.

Dalam menjalankannya itulah ternyata juga terdapat beberapa tahapan dimana harus dilewati dahulu sehingga bisa digunakan buat memastikan produk atau layanan siap untuk dijual kepada konsumen.

  • Di tahap pertama adalah ideation dimana divisi marketing online akan mengembangkan ide produk atau layanannya
  • Setelah itu adalah melakukan riset atau pengujian pemasaran dimana dapat dilakukan dengan melakukan survei dahulu kepada konsumen
  • Berikutnya adalah membuat kampanye periklanan dimana kegiatan promosi dapat berbagai bentuk
  • Terakhir adalah menentukan bagaimana strategi buat menjualnya kepada konsumen.

Sudah tahu bukan bahwa tugas dari marketer memang mempunyai peran sangat penting. Demi menjaga keberlangsungan bisnis, maka silahkan gunakan layanan dari resimu.net. Sampai disini sudah paham bahwa tugas divisi marketing online dalam perusahaan punya peran penting.

Tinggalkan komentar