Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Transformasi Digital Punya Peran Penting Untuk Bisnis

Di era modern seperti sekarang, keberadaan dari transformasi digital memang sudah tidak bisa dihindari lagi. Terlebih selama musim pandemi Covid-19 kemarin juga mempunyai peran cukup penting untuk meningkatkan arus digitalisasi dalam pertumbuhan ekonomi.

Bukan hanya dalam sektor teknologi saja, tetapi kehadiran transformasi tersebut juga sudah merambah di dalam sektor bisnis juga. Sampai disini, Anda pastinya penasaran bukan bagaimana peran pentingnya dalam dunia bisnis?

Proses Transformasi Didalam Bisnis

Apa itu Transformasi Digital?

Istilah satu ini mungkin masih cukup asing bagi sebagian besar orang tetapi apa sebenarnya pengertiannya? Transformasi digital merupakan proses penggunaan teknologi informasi serta komunikasi buat melakukan perubahan pada proses kegiatan masyarakat, dunia usaha hingga pemerintahan dalam kegiatan bisnis.

Dengan keberadaannya itulah maka dapat membantu memenuhi kebutuhan jauh lebih cepat, praktis, serta mudah. Adapun perubahan tersebut ternyata berkaitan dengan semua aspek kehidupan manusia.

Mulai dari jam tangan cerdas hingga speaker cerdas dimana dapat berkomunikasi seperti manusia.

Tak sampai disitu saja, transformasi ini juga lebih merujuk terhadap bagaimana cara teknologi mendukung revolusi bisnis di berbagai bidang teknologi yang baru seperti machine learning, internet hingga big data dalam semua aspek.

Dalam dunia bisnis, kehadirannya ternyata mempunyai beberapa proses penting yang perlu Anda pahami dengan baik. Adapun penjelasannya akan dibahas pada poin dibawah ini.

Proses Transformasi Didalam Bisnis

Penting bagi seorang pebisnis agar mengetahui bagaimana proses transformasi didalam dunia bisnis satu ini. Terlebih lagi tidak sedikit orang yang belum memahami dengan baik perbedaan digitisasi, digitalisasi serta transformasi digital itu sendiri.

Adapun kesalahpahaman itulah ternyata mempunyai seseorang menjadi kehilangan kesempatan bisnis untuk bisa berkembang. Nah, berikut ini beberapa proses transformasi dalam dunia bisnis dimana perlu dipahami.

Digitization

Pertama adalah digitization dimana adalah sebuah proses alih teknologi dari analog ke digital. Disinilah merujuk pada otomatisasi kerja, meminimalisir penggunaan kertas dengan tujuan buat menciptakan biaya lebih efesien.

Sebagai contohnya adalah beberapa tahun lalu seseorang akan membuat dokumen dengan ditulis ke dalam kertas dahulu. Tetapi pada era digitasasi itulah maka dokumen tersebut dijadikan menjadi elektronik dalam bentuk doc atau pdf.

Digitalization

Proses berikutnya adalah digitalization dimana tidak akan pernah terjadi tanpa adanya proses digitisasi. Ini adalah proses dimana memanfaatkan informasi ataupun produk digital agar jauh lebih bermakna.

Didalam hal inilah maka IT mempunyai peran sangat penting dalam proses pembuatan suatu alat digital. Karena itulah diharapkan mampu menghasilkan suatu strategi baru dalam pelaksanaan bisnis digital.

Digital Transformation

Kemudian adalah digital transformation dimana akan menekankan orang-orang agar menjalani hasil dari digitisasi serta digitalisasi. Prosesnya ini memang membutuhkan proses bisnis tradisional dengan bisnis digital.

Salah satu hal yang menyebabkannya adalah adanya permintaan pelanggan yang lebih tinggi termasuk kecepatan layanan sehingga mampu menghasilkan aplikasi lebih canggih. Salah satunya adalah ketika memesan makanan, resevasi hotel ataupun lainnya.

Jenis-jenis Tranformasi

Tidak bisa dipungkiri bahwa digital transformation inilah mempunyai peran yang cukup penting dalam dunia bisnis. Nah, kehadirannya ternyata juga masih dibedakan menjadi 4 jenis lagi mulai dari process transformation, model bisnis, domain hingga budaya atau organisasi.

Supaya Anda bisa memahaminya dengan baik, maka kami akan mencoba menjabarkannya pada ulasan selanjutnya.

Tranformasi Proses

Pertama adalah process transformation ini dimana merupakan aktivitas perusahaan yang bisa ditemukan dalam kegiatan bisnis. Terdapat beberapa teknologi dimana biasanya digunakan seperti API, data, analitik hingga mesin learning.

Ini tentu akan menawarkan cara baru bagi sebuah perusahaan dalam membuat keputusan di setiap perusahaan. Adapun tujuannya adalah buat menurunkan biaya sekaligus meningkatkan kualitas dari produk. Secara tidak langsung juga akan meningkatkan kenyamanan para konsumen.

Tranformasi Model Bisnis

Sedangkan untuk tipe satu ini mempunyai focus pada area bisnis yang cukup terbatas. Adapun kehadirannya ditujukan pada bagaimana suatu nilai yang disampaikan dalam industri. Dimana keberadaannya mengejar teknologi digital buat mengubah proses tradisional.

Sebagai contohnya adalah adanya penemuan distribusi video oleh Netflix ataupun penemuan kembali pengiriman music atau lagi dari iTunes.

Transformasi Domain

Kehadirannya ini sebenarnya mempunyai peran cukup penting apabila seorang pebisnis mau melihatnya lebih detail. Hanya saja, masih banyak pebisnis dimana focus pada transformasi tersebut.

Bahkan dapat dibilang bahwa jenis transformation itulah memberikan peluang lebih besar dalam menghadirkan nilai yang lebih baru. Sebagai contohnya adalah adanya pengecek online dari Amazon ataupun lainnya.

Tranformasi Budaya dan Organisasi

Terakhir adalah jenis satu ini dimana mengharuskan seorang pebisnis atau perusahaan dalam membutuhkan alur kerja yang gesit terhadap pengujian ataupun pengambilan keputusan.

Bisa dibilang adalah mereka akan terus mengikuti adanya perkembangan jaman dan tren yang ada di masyarakat.

Alasan Kenapa Transformasi Digital Penting Buat Bisnis

Perlu diketahui bahwa di era modern seperti sekarang, anda memang harus pandai-pandai dalam mengikuti adanya perubahan jaman tersebut. Nah, kehadiran dari transformasi digital itulah ternyata juga mempunyai peran penting dalam sebuah bisnis.

Setidaknya terdapat beberapa alasan kenapa para pebisnis membutuhkan adanya transformasi tersebut diantaranya adalah

  • Digunakan sebagai alat atau wahana buat membantu dalam mempercepat pekerjaan manusia karena dengan begitu perusahaan mampu meningkatkan laju perubahan digital secara eksponensial
  • Dapat membantu meningkatkan performa perusahaan dimana bisa memanfaatkan model bisnis berbasis digital
  • Pelanggan mengharapkan pengalaman baik di semua aspek perusahaan.

Keuntungan Yang Bisa Didapatkan Pebisnis

Alasan Kenapa Transformasi Digital Penting Buat Bisnis

Terdapat beberapa keuntungan memang yang bisa anda dapatkan dengan menerapkan kehadiran transformasi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

Bisa Lebih Efektif Dalam Pengelolaan Sumber Daya

Perlu diketahui bahwa keefektifan ternyata bisa menimbulkan keberhasilan bagi seseorang dalam menjalankan suatu bisnis. Sebab sebuah usaha tentunya ingin memperoleh tujuan atau hasil dalam waktu yang tepat.

Nah dengan semakin canggihnya teknologi itulah maka sumber daya manusia juga akan berkurang. Hal tersebut karena tenaga kerja akan digantikan oleh teknologi digital.

Bisa Lebih Efisien Waktu dan Biaya

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dari menerapkan transformasi digital adalah lebih efisien baik waktu ataupun biaya. Sebab sebuah bisnis atau usaha memang harus diselesaikan dengan tepat waktu sehingga mampu memberikan kepuasan kepada para pelanggan.

Mampu Mengubah Pengalaman Pelanggan

Dengan adanya pengembangan strategi ini ternyata juga akan berdampak pada para pelanggan. Dimana mampu memberikan pengalaman konsumen lebih baik. Secara tidak langsung itulah juga mampu meningkatkan performa perusahaan.

Bisa Mendapatkan Wawasan Berbasis Data

Masih ada keuntungan yang bisa didapatkan dimana saat perusahaan beralih ke bisnis digital, maka berbagai jenis data dapat diperoleh lebih mudah. Bahkan mereka dapat melakukan pelacakan dan menganalisis data untuk pengembangan strategi pemasaran nantinya.

Apakah Anda ingin meningkatkan performa dari bisnis sehingga bisa dijangkau oleh lebih banyak orang? Transformasi digital dapat menjadi pilihan terbaiknya dan lengkapi pula kegiatan bisnis dengan resimu.net untuk melakukan pengecekan resi.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar