Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Tips Monetize Media Sosial Bantu Mendapatkan Penghasilan Lebih

Apakah Anda ingin mendapatkan penghasilan lebih banyak? Melakukan monetize media sosial dapat menjadi pilihannya. Jika diartikan secara harfiah, monetisasi merupakan mengubah sesuatu menjadi uang sehingga bisa memberikan penghasilan kepada seseorang.

Kehadiran dari istilah satu ini sebenarnya memang sudah sering digunakan oleh sebagian besar orang. Hanya saja, bagi masyarakat awam tentu masih cukup asing dengan istilah satu ini bukan dan bahkan juga termasuk Anda. Untuk memahaminya lebih lanjut itulah, Anda dapat menyimak penjelasannya dibawah.

Tips Monetize Media Sosial Bantu Mendapatkan Penghasilan Lebih

Sekilas Tentang Monetize Media Sosial

Untuk memahaminya lebih lanjut mengenai monetisasi maka penting agar mengetahui artinya terlebih dahulu. Berdasarkan dengan Investopedia, monetisasi merupakan proses mengubah sesuatu sehingga bisa menjadi penghasilan.

Adapun istilah satu ini sebenarnya mempunyai arti yang berbeda-beda dan tergantung dengan konteks yang sedang dibicarakan tersebut. Sebagai contohnya adalah monetize media sosial dimana berkaitan dengan media sosial.

Yakni mendapatkan penghasilan dengan cara menyediakan ruang iklan dan seberapa banyak orang yang mengklik konten di sosmed Anda tersebut. Bukan hanya menyematkan iklan saja, tetapi platform seperti Instagram dan Facebook juga mampu mengumpulkan informasi ataupun data pengguna.

Tujuannya adalah untuk membantu proses pembuatan iklan serta kampanye pemasaran sehingga dapat tepat sasaran atau target. Disinilah, data pengguna akan dimonetisasi serta dijual kepada pihak penawar tertinggi.

Sebagai contohnya, ketika seseorang menonton video Youtube, maka Google akan langsung menargetkan iklan serta menjual datamu via platform Adsense dan Adwords. Dimana perusahaan yang akan memberikan penawaran bisa menampilkan iklannya ketika Anda sedang menonton suatu video di Youtube.

Tujuan dan Fungsi Monetize

Tujuan utama dari kegiatan monetize media sosial sendiri merupakan mendapatkan uang tambahan. Tetapi terlepas dari tujuan utamanya tersebut ternyata terdapat sejumlah poin penting dimana menjelaskan mengenai fungsi dari monetisasi tersebut diantaranya adalah:

  • Mampu meningkatkan pendapatan atau revenue
  • Kesempatan memperoleh penghasilan pasif
  • Memungkinkan penghasilan utama dari sebuah blog

Karena fungsinya itulah, kegiatan satu inipun terbilang memang sangat penting dan wajib dilakukan oleh para seseorang terutama para pebisnis online. Untuk mengetahui cara melakukan monetize media sosial itulah, kami sudah menyiapkan penjelasan lainnya dibawah ini.

Cara Monetisasi Instagram

Siapa tidak kenal dengan Instagram? Ini adalah salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik remaja ataupun orang dewasa. Disinilah, pengguna bukan hanya dapat membagikan foto ataupun video tetapi juga sekaligus bisa digunakan memperoleh penghasilan.

Instagram sendiri memang sering digunakan oleh masyarakat buat mengembangkan bisnis, melakukan kegiatan promosi produk dan jasa ataupun meningkatkan brand awareness. Tentu saja terdapat banyak persiapan dimana perlu dilakukan agar bisa mendapatkan penghasilan dari sini.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan buat monetisasi akun Instagram terutama untuk kegiatan bisnis.

Melalui Affiliate Markeing

Selama beberapa tahun terakhir, banyak orang semakin tertarik dengan adanya program affiliate. Karena dari disinilah, orang-orang bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa perlu bekerja lebih ekstra.

Adapun penerapan dari teknik tersebut biasanya dapat dilakukan dengan cara membagikan tautan atau kode promo melalui media sosial. Agar bisa sukses pastikan Anda telah mempunyai jumlah followers banyak.

Sebab jumlah klik dari followers itulah akan berpengaruh terhadap penjualan dari produk ataupun jasa. Disinilah, Anda juga perlu mengarahkan mereka agar bersedia untuk melakukan pembelian ataupun menggunakan kode promosi yang telah dibagikan.

Influencer Review Produk

Selain melalui program Affiliate, masih ada lagi strategi yang bisa digunakan yakni dengan menjadi influencer untuk melakukan review produk. Terlebih lagi apabila review tersebut ditayangkan melalui instragam Anda.

Mempunyai followers banyak memang dapat menjadi kelebihan tersendiri bagi seorang reviewer produk di instragam. Sebab dengan begitu akan menjadi modal agar dilirik oleh brand ketika mereka sedang membutuhkan seorang influencer.

Cobalah Untuk Menjual produk Sendiri

Bagi Anda yang mempunyai produk sendiri maka saatnya dapat menghasilkan uang melalui Instagram. Hal dimana perlu dilakukan adalah membuat foto katalog untuk produk-produk tersebut.

Lalu Anda dapat membagikannya ke feed ataupun story Instagram. Usahakan agar menggunakan foto dengan kualitas bagus sehingga followers akan langsung tertarik dalam membeli produk yang ditawarkan tersebut.

Menjual Produk Dengan Sistem Dropshipping

Kalau Anda tidak mempunyai produk sendiri maka jangan khawatir karena bisa juga menjual produk dengan menggunakan sistem dropshipping. Bisnis satu inipun juga cukup digemari oleh para pebisnis karena tidak membutuhkan modal.

Adapun tugas Anda nantinya hanyalah mempromosikan produk-produk tertentu ke dalam akun Instagram. Apabila ada orang membeli produk tersebut, maka pihak distributor atau supplier akan berugas mengirimkan produk tersebut langsung ke alamat pelanggan.

Monetize Media Sosial di Tiktok

Selain di Instagram, kegiatan monetize media sosial inipun juga dapat dilakukan melalui Tiktok loh. Tiktok saat ini memang tengah menjadi media sosial paling popular bagi kalangan masyarakat karena dapat digunakan sebagai media untuk menonton video pendek.

Konten-konten video itulah memang dinilai lebih menarik bahkan memberikan kemudahan dalam meningkatkan traffic. Hal itulah yang menjadi alasan kenapa Tiktok sangat ampuh untuk demonetize. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya adalah.

Melakukan Live Streaming

Berbeda dengan kebanyakan media sosial, fitur live streaming Tiktok memang sangat berbeda. Sebab nantinya pengguna bisa berkesempatan memperoleh gift dan bisa ditukarkan ke dalam uang asli. Cara itulah paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Melakukan Promosi Konten

Langkah lainnya yang bisa digunakan adalah melakukan promosi konten dengan cara mempostingnya di feed Tiktok. Bukan hanya untuk produk milikmu saja, tetapi Anda juga bisa mempromosikan produk milik orang lain.

Monetize Video Facebook

Selain Instagram dan Tiktok, Anda juga tidak boleh lupa untuk melakukan monetisasi pada vide Facebook. Adapun cara monetize disini adalah dengan mengunggah video pada halaman Facebook. Semakin banyak pengunjung melihat video tersebut maka semakin banyak pula uang yang akan didapatkan.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan monetize media sosial video di Facebook.

Silahkan Buat Fanspage Dahulu

Langkah paling awal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat Fanspage terlebih dahulu. Jika belum mempunyai maka silahkan membuatnya terlebih dahulu.

Buat Konten

Apabila Anda sudah mempunyai Fanspage, maka silahkan membuat konten yang menarik mulai dari tulisan, gambar ataupun video. Sebelum memutuskan membuat konten maka usahakan agar melengkapi semua isi halaman mulai dari foto, info ataupun cover.

Aktifkan Iklan Monetize di Fanspage

Setelah halaman sudah berisi konten maka jangan lupa agar mengkatifkan iklan monetize media sosial pada Fanspage tersebut. Tetapi pastikan sudah memenuhi syarat untuk mengaktifkan iklan diantaranya adalah:

  • Mempunyai minimal 10.000 followers
  • Penayangan 1 menit untuk video dengan durasi 3 menit
  • Memenuhi standar kelayakan monetisasi
  • Country availability

Media Sosial menjadi salah satu tempat terbaik buat mendapatkan penghasilan tambahan. Adapun caranya adalah dengan monetize media sosial dengan beberapa cara diatas.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar