Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

7 Tips Memulai Bisnis Snack Online agar Bisa Laris

Pada era serba digital seperti sekarang, Anda pasti bisa menemukan bisnis snack online dengan mudah. Mulai dari media sosial sampai dengan market place pasti ada saja yang menjual snack.

Melihat hal tersebut, tentu bisa disimpulkan bahwa memang potensi dari bisnis tersebut sangatlah menjanjikan. Apalagi jika memang produk snack yang dijual memang sedang in di masyarakat.

Lalu, apakah Anda pernah terpikirkan untuk mencoba peruntungan dengan berjualan snack seperti itu? Jika iya, maka sudah seharusnya bagi Anda untuk memperhatikan beberapa tips berikut ini.

Tips Memulai Bisnis Snack Online agar Bisa Laris

Tips Ampuh Memulai Bisnis Snack Online

Dalam bisnis apapun itu, jika ingin mendulang sukses, maka harus dilakukan secara terencana dan serius. Apabila hanya dijalankan secara angin-anginan, bisa-bisa usaha yang dirintis dapat gulung tikar dengan cepat.

Nah, agar hal-hal seperti itu tidak menimpa pada bisnis snack online yang Anda jalankan, maka perhatikanlah beberapa tips penting berikut ini.

1. Riset Pasar dan Target Market

Sebuah bisnis yang baik pastinya memerlukan sebuah perencanaan yang matang. Hal itu tentu juga berlaku saat Anda hendak memulai untuk menjalankan bisnis snack online ini.

Untuk bisa membuat perencanaan matang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan riset pasar. Carilah tahu tentang produk snack seperti apa yang saat ini sedang banyak dicari oleh pasar.

Selain itu, lakukan juga riset terhadap para pesaing atau kompetitor Anda pada bisnis serupa. Hal ini bisa dilakukan agar Anda lebih siap untuk masuk ke dalam peta persaingan snack online nanti.

Riset kompetitor bisa dilakukan dengan melihat dan membandingkan produk yang dijual. Cari tahulah juga tentang strategi yang digunakan oleh kompetitor yang memungkinkan untuk Anda ikuti.

Setelah riset pasar, jangan lupa juga untuk melakukan riset terhadap target market yang diinginkan. Seperti kita ketahui, lapisan masyarakat yang menyukai snack ada cukup banyak kategorinya.

Oleh karena itu, jika target tersebut hanyalah masyarakat luas, tentu terlalu banyak dan tidak terfokus. Untuk itu, Anda bisa tentukan beberapa kategori target seperti anak-anak, remaja, ataupun dewasa.

2. Fokus Kualitas Rasa

Tips berikutnya yang dapat digunakan dalam bisnis snack online adalah Anda harus fokus terhadap kualitas rasa produk. Hal ini sangat penting dipahami saat Anda terjun ke dunia kuliner seperti snack.

Berbicara soal rasa, pastinya setiap orang mempunyai berbagai macam selera rasa. Meskipun begitu, Anda sebagai pelaku usaha snack tetap wajib untuk mencoba untuk memenuhi selera rasa pasar.

Untuk mendapatkan rasa yang pas, Anda dapat mencari informasi melalui keluarga, teman, ataupun kerabat dekat. Mintalah saran rasa seperti apa yang kiranya dapat diterima oleh mayoritas pasar.

Selain itu, selama menjalankan usaha ini, Anda bisa meminta pendapat dari para pelanggan yang sudah membeli produk Anda. Jadikanlah semua saran tersebut sebagai langkah untuk membuat produk snack dengan kualitas lebih baik lagi.

Pada intinya, Anda dapat mencoba terus melakukan inovasi rasa snack sampai bisa ditemukan yang pas. Dengan begitu, produk snack Anda akan punya ciri khas rasa tersendiri yang dapat disukai oleh pasar.

3. Berikan Harga yang Realistis

Terjun ke dunia bisnis snack online tentu target pasar yang dijangkau sangatlah luas. Pasalnya, snack dapat masuk ke berbagai kalangan di masyarakat seperti anak-anak, remaja, sampai dengan orang dewasa.

Melihat pasar yang begitu luas tersebut, pastikan bahwa Anda memberikan banderol harga yang realistis. Dengan harga penjualan yang wajar, bisnis Anda akan lebih mudah dalam bersaing dengan para kompetitor.

Namun, jangan sampai Anda termakan dengan persaingan harga yang terjadi dan memberikan harga terlalu murah. Selain karena kualitasnya jadi menurun, harga yang terlalu murah juga dapat merusak pasar snack yang sudah ada.

Dalam menentukan harga, yang paling terpenting adalah produk tersebut dapat terjangkau untuk semua kalangan baik kalangan bawah, menengah, pelajar, sampai dengan kalangan atas. Tentunya, penentuan harga tersebut juga disesuaikan dengan biaya produksi.

Sebagai salah satu cara agar produk snack dapat dinikmati seluruh kalangan, Anda bisa menjual jenis snack mulai dari kiloan hingga eceran kemasan kecil. Dengan teknik penjualan seperti itu, pasti orang-orang lebih mudah mendapatkan produk Anda.

4. Buat Kemasan Produk Menarik dan Aman

Tips berikutnya yang bisa diterapkan pada bisnis snack online Anda adalah gunakan kemasan snack yang menarik. Selain itu, pastikan juga kemasan dibuat dari bahan yang aman dan ramah terhadap lingkungan.

Selain itu, pada bagian kemasan bisa juga ditambahkan logo serta nama brand Anda agar pembeli semakin mengenal. Tidak kalah penting, jangan lupa untuk menyertakan tanggal kedaluwarsa pada bagian kemasan.

5. Produksi Snack Sendiri

Salah satu tips bisnis snack online agar mendapatkan keuntungan lebih signifikan adalah dengan memproduksi snack sendiri. Dengan membuat snack sendiri, tentu biaya modal pembuatannya lebih ekonomis dibanding mengambil dari supplier.

Hal lain yang menjadi kelebihan dari produk snack sendiri adalah Anda tidak perlu repot mencari pemasok atau supplier yang terpercaya. Seperti diketahui, untuk mendapatkan supplier berkualitas dan bertanggung jawab cukup sulit.

Berbeda ketika Anda produksi snack sendiri, pastinya untuk urusan stok dan kualitas bisa dikendalikan sendiri. Jadi, selain bisa menghemat biaya bisnis, produksi sendiri memudahkan Anda dalam hal quality control produk.

6. Promosi Produk

Berikutnya, sebagai seorang pebisnis yang baik, Anda harus tahu tentang strategi promosi yang tepat dari produk Anda. Pasalnya, promosi merupakan salah satu kunci untuk membuat usaha Anda dapat dikenal dan bertahan lama di pasaran.

Untuk melakukan promosi, Anda bisa memanfaatkan berbagai macam sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, dan jejaring sosial lainnya. Platform media sosial tersebut dinilai sangat efektif sebagai alat untuk promosi produk Anda.

Selain itu, biaya untuk promosi di media sosial juga terbilang sangat terjangkau dibandingkan dengan teknik promosi konvensional. Oleh karena itu, di era digital seperti ini, para pebisnis wajib tahu promosi di sosial media.

7. Berikan Pelayanan Terbaik

Tips terakhir agar bisnis snack online Anda bisa sukses adalah dengan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pembeli. Sikap seperti ini dapat sekaligus membuat para pembeli percaya terhadap kualitas toko snack Anda.

Pada saat pembeli melakukan pesanan ataupun bertanya lewat pesan chat, usahakan untuk segera memberikan respons. Pelayanan seperti ini sangatlah penting dilakukan apalagi jika usaha Anda fokus pada penjualan secara online.

Selain itu, pada saat terdapat pelanggan yang melakukan komplain, Anda juga harus segera memberikan jawaban dan solusi terbaik. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan bahasa yang sopan agar pelanggan merasai dihargai.

Seperti itu saja tips penting dalam membuka bisnis snack online agar dapat sukses di pasaran. Tanamkanlah tips yang disebutkan tersebut agar memudahkan Anda dalam merintis usaha snack secara online.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar