Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

8 Tips Membuka Online Shop Baju Muslim Agar Laris Manis

Pada pembahasan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips membuka online shop baju muslim. Bisnis ini memang memiliki prospek yang bagus karena sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam.

Akan tetapi, jika Anda memulai dari nol, maka siap-siap saja untuk menjalani persaingan yang cukup ketat dengan ratusan hingga ribuan penjual lainnya. Oleh karena itu, tips berikut akan sedikit membantu.

Dengan menerapkan tips berikut ini, Anda akan lebih mudah dalam bersaing meskipun tergolong pemain baru. Namun semua itu tidak bisa mendapatkan hasil dalam waktu singkat karena butuh ketekunan dan kerja keras.

Tips Membuka Online Shop Baju Muslim Agar Laris Manis

Kelebihan Berjualan Baju Muslim

Sebelum membahas tentang tips membuka online shop baju muslim, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang beberapa kelebihan memilih berjualan baju muslim dibandingkan produk lainnya. Berikut ini adalah daftar kelebihan tersebut.

  • Target pasar luas
  • Banyak kategori bisa dipilih
  • Banyak supplier yang berkualitas
  • Penjualan meningkat drastis di hari raya dan Ramadhan
  • Mudah dipasarkan
  • Produk evergreen / bertahan sepanjang masa
  • Bisa menggunakan sistem dropship

Tips Membuka Online Shop Baju Muslim

Setelah mengetahui kelebihan di atas, maka saatnya Anda menerapkan beberapa tips berikut ini. Pastikan Anda memahami baik-baik terlebih dahulu agar bisa membuat langkah yang tepat.

1. Gunakan nama toko dengan unsur islami

Karena produk utama adalah baju muslim, akan lebih baik jika Anda menggunakan nama toko dengan unsur islami. Beberapa contoh dari kata-kata islami antara lain Muslim, Hijab, Madani, Syar’i, Ilahi, Nur, Barokah, Amanah, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencari kata-kata tersebut di situs pencarian beserta artinya untuk menyelaraskan dengan visi misi toko Anda. Meskipun tidak memiliki dampak yang signifikan, cara ini setidaknya akan menggambarkan produk yang Anda jual bagi orang asing.

2. Menggunakan bahan terbaik

Tips membuka online shop baju muslim berikutnya adalah menggunakan bahan yang berkualitas. Penggunaan bahan berkualitas akan meningkatkan potensi pembeli melakukan repeat order atau dengan senang hati merekomendasikan kepada teman-teman mereka.

Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan aspek ini sebaik mungkin. Jangan khawatir mengenai bahan baku yang mahal karena asalkan produk terbukti berkualitas, harga setinggi apapun akan tetap laku.

Sebenarnya hal ini juga berlaku pada bisnis fashion pada umumnya. Karena akan sering dipakai di acara tertentu, kenyamanan menjadi salah satu bahan pertimbangan orang sebelum memutuskan membelinya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi bahan yang dapat Anda pilih.

  • Katun Jepang dengan tekstur dingin, lembut, dan eksklusif
  • Jersey dengan tekstur dingin, elastis, dan tebal
  • Maxmara dengan karakter lembut, tidak mudah kusut, dan tidak menerawang
  • Rayon dengan karakter berkilau dan mewah serta lembut di kulit
  • Linen dengan tekstur ringan dan terlihat cantik saat dipakai

3. Mengikuti tren

Mengikuti tren juga merupakan salah satu tips membuka online shop baju muslim. Meskipun tergolong produk evergreen, namun permintaan pasar tentu akan menyesuaikan dengan tren yang sedang terjadi saat ini.

Oleh karena itu, Anda perlu rajin-rajin mencari informasi perkembangan baju muslim dari berbagai sumber. Cara ini akan membuat Anda lebih mudah memasarkan produk karena permintaan sedang tinggi.

Sebagai contoh, mungkin saja saat ini sedang tren gaya hijab tertentu. Bukan tidak mungkin beberapa bulan atau tahun ke depan akan berganti tren gaya lainnya.

Cara paling mudah untuk memantau perkembangan tren busana muslim adalah rajin-rajin melihat konten dari toko online baju muslim lainnya. Selain itu, perhatikan juga acara-acara bertema muslim dan perhatikan mayoritas jenis baju yang digunakan banyak orang.

4. Sesuai dengan syariat

Meskipun model pakaian akan terus mengalami perkembangan, namun ada satu prinsip yang harus Anda pegang selamanya, yakni pastikan baju yang Anda jual masih sesuai dengan syariat. Tidak masalah jika menggunakan berbagai pernak-pernik atau hiasan lainnya.

Tips membuka online shop baju muslim ini memegang peran yang sangat penting, terutama integritas toko online Anda. Apabila menjual baju muslim wanita atau hijab, pastikan bahan tidak terlalu menerawang dan menutup bagian tubuh dengan sempurna.

Sangat disayangkan memang melihat banyak sekali baju yang mengaku islami, akan tetapi saat digunakan justru malah menunjukkan lekuk tubuh penggunanya. Tentu saja hal tersebut melanggar syariat karena bisa memicu hal-hal negatif.

5. Memilih kategori yang spesifik

Tips membuka online shop baju muslim berikutnya adalah memilih kategori yang lebih spesifik. Seperti kita ketahui, baju muslim masih sangat luas dan Anda tidak mungkin bisa menjual semua produk dengan lengkap.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika memilih niche lebih spesifik. Beberapa niche yang bisa dipilih antara lain baju muslimah, baju koko pria, hijab, pashmina, bros, baju muslim anak-anak, aksesori ibadah pria, mukena, dan lain-lain.

Ketika sudah menentukan kategori yang spesifik, maka toko online Anda akan semakin tajam dan lebih mudah dalam membuat konten maupun kalimat promosi. Jika sudah merasa cukup, maka Anda dapat menambahkan satu kategori lagi yang masih relevan sebagai pengembangan.

6. Memanfaatkan media sosial

Selanjutnya, tips membuka online shop baju muslim agar mendapatkan banyak pembeli adalah manfaatkan media sosial semaksimal mungkin. Untuk produk ini, Anda bisa menggunakan Instagram, TikTok, atau keduanya.

Kedua sosial media tersebut masih menjadi yang terbaik untuk mendukung promosi online shop. Anda bisa membuat konten-konten edukasi, inspirasi, atau review seputar produk yang Anda jual.

Fokus utama dalam penggunaan media sosial adalah mencari traffic terlebih dahulu. Jadi, jangan pernah mengupload foto produk sebagai konten karena itu tidak akan bisa menarik perhatian audiens.

7. Membuat toko di marketplace

Membuat toko di marketplace juga akan membantu Anda dalam memasarkan produk baju muslim. Akan tetapi, satu hal yang perlu diingat adalah persaingan di marketplace sangat ketat karena terdapat ribuan penjual lainnya.

8. Membuat promo menarik

Tips membuka online shop baju muslim yang terakhir adalah membuat promo menarik. Promo ini bisa berupa voucher diskon, gratis ongkos kirim, potongan ongkos kirim, bonus merchandise, dan masih banyak lagi.

Cara ini dinilai sangat ampuh dilakukan untuk online shop baju muslim yang baru memulai berjualan. Akan tetapi, pastikan setelah melakukan promo tersebut, Anda tidak mengalami defisit keuangan.

Jadi, perhitungkan terlebih dahulu secara matang, minimal pendapatan setelah melakukan promo setara dengan harga modal yang digunakan. Di awal-awal mungkin ini tidak akan memberikan keuntungan uang, melainkan database atau kepercayaan pembeli.

Setelah kepercayaan terbentuk, maka customer akan lebih nyaman berbelanja di toko Anda dan bukan tidak mungkin akan membeli produk yang lebih banyak dari sebelumnya. Bisa dibilang ini merupakan investasi terbaik para online shop.

Jadi, demikian penjelasan mengenai tips membuka online shop baju muslim. Bisa disimpulkan bahwa potensi bisnis ini masih sangat menjanjikan meskipun harus siap dengan persaingan yang sangat ketat.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar