Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

8 Tips Membuka Bisnis Sayur Online Agar Sukses

Belum banyak orang yang tahu bahwa bisnis sayur online punya peluang yang menjanjikan. Kebanyakan orang masih cenderung masih melakukan penjualan sayur dengan cara yang konvensional.

Padahal, jika dilihat secara jeli dan kemajuan teknologi informasi saat ini, menjual sayur secara online sangatlah memungkinkan. Bahkan, tidak jarang keuntungan yang diperoleh bisa jauh lebih besar.

Akan tetapi, tentunya penjualan sayuran secara online tersebut harus dilakukan dengan tepat. Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencoba menjalankan bisnis ini, bisa gunakan beberapa tips berikut ini.

bisnis sayur online

8 Tips Membuka Bisnis Sayur Online agar Laris

Kebutuhan masyarakat akan sayuran pastinya tidak akan ada habisnya. Pasalnya, jenis makanan tersebut dikenal mempunyai banyak sekali nutrisi dan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Oleh karena itu, peluang bisnis sayuran secara online ini terbilang sangat potensial. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar bisnis sayur online bisa sukses dan disukai oleh masyarakat.

1. Menentukan Sayuran yang Dijual

Hal pertama yang harus Anda persiapkan sebelum bisnis sayur online adalah menentukan jenis sayuran apa yang akan dijual. Langkah ini sangat penting untuk dipikirkan dengan baik terutama bagi para pebisnis sayur berskala kecil.

Pilihlah beberapa jenis sayuran yang dirasa paling mudah didapat dalam keadaan fresh. Nantinya seiring berkembangnya bisnis sayur yang dijalankan, Anda dapat sedikit demi sedikit menambah jenis sayuran yang dijual.

Sebagai inspirasi, Anda dapat memilih sayur yang paling umum dimakan setiap hari seperti sawi, kol, kangkung, bayam, jagung, kentang, tomat, dan lain sebagainya. Untuk pendampingnya, Anda bisa menyediakan beberapa bahan bumbu masak.

2. Mencari Supplier Berkualitas

Tips selanjutnya dalam memulai bisnis sayur online adalah mencari supplier berkualitas dan terpercaya. Anda dapat menemukan penjual sayur tersebut sejak pagi buta di pasar atau di lokasi penjualannya.

Buatlah kerja sama dengan pihak supplier sayur berkualitas tersebut sebagai pemasok sayur pada toko Anda. Jangan lupa juga untuk membuat beberapa kesepakatan terkait kerja sama yang dilakukan.

Salah satu poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih supplier sayur ini adalah tentang kualitas serta kedisiplinan waktunya. Seperti yang diketahui, biasanya orang akan mencari sayur pada pagi hari.

Oleh karena itu, pihak pemasok sayur tidak boleh sampai telat dalam mendistribusikan sayur untuk toko Anda. Jika tidak, maka siap-siap saja para pelanggan akan berpindah mencari toko sayuran lainnya.

Bagi Anda yang masih merintis bisnis sayur online ini, bisa untuk mencoba cari supplier di pasar terdekat dari lokasi. Manfaatkan juga harga grosir yang diberikan saat pembelian dilakukan dalam jumlah besar.

3. Gunakan Teknik Penjualan Efisien

Berikutnya, Anda juga harus mencari cara penjualan bisnis sayur online yang paling efektif. Salah satu metode yang bisa dicoba adalah dengan memberikan pilihan belanja secara pre order kepada konsumen.

Dengan menggunakan sistem pre order seperti itu, para pembeli dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk kemudian Anda mencarikan sayurnya. Cara ini sangatlah efisien serta dapat mengurangi kemungkinan sayur tersisa saat penjualan.

4. Menyiapkan Lemari Pendingin

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan agar bisnis sayuran online bisa sukses adalah menyiapkan peralatan pendukung. Dikarenakan sayur merupakan jenis bahan yang mudah layu, maka Anda bisa menyediakan lemari pendingin sebagai penyimpanannya.

Selain itu, Anda juga wajib untuk mencari tahu tentang cara mengatur penataan sayur serta selalu menjaga sayur tetap segar. Hal ini sangat penting karena biasanya terdapat beberapa bahan yang bisa membuat sayur lebih cepat layu.

5. Gunakan Jasa Antar yang Efektif

Dikarenakan Anda melakukan bisnis sayur online, maka sudah menjadi hal wajib untuk menggunakan jasa antar yang tepat. Hal itu terkait dengan kepuasan konsumen untuk mendapatkan sayuran yang dipesan tepat waktu.

Untuk pengantaran barang pesanan, Anda dapat mengantarnya sendiri jika memang jarak rumah pelanggan masih dekat. Namun, untuk pengiriman jarak jauh, Anda dapat mencoba menggunakan layanan ojek online yang sudah terpercaya.

Selain pengantaran barang, hal lain yang tidak kalah penting adalah tentang pengemasan sayur. Cara ini harus dipikirkan secara serius agar sayur yang dipesan oleh pembeli tidak layu saat dalam perjalanan kurir.

Saat mengemas sayur, Anda dapat membungkusnya dengan kertas ataupun menggunakan plastik yang sudah dilubangi. Apabila jarak pengiriman dirasa cukup jauh, Anda dapat memasukkan sayur ke dalam kotak es agar tetap segar.

6. Buat Website Toko Sayuran

Dalam berbisnis secara online, Anda juga sudah seharusnya mempunyai website official dari toko sayuran. Hal ini selain sebagai cara agar toko terlihat profesional, website tersebut juga bisa dijadikan sebagai langkah pemasaran produk.

Berikanlah berbagai macam informasi menarik terkait sayuran yang dijual di toko Anda. Tambahkan juga beberapa informasi tentang harga serta deskripsi produk sayuran yang terdapat di toko sayur Anda.

Jangan lupa juga untuk menambahkan fitur katalog yang dapat membuat pembeli memesan langsung. Namun, jika memang belum mempunyainya, maka Anda dapat memasukkan saja kontak nomor WA untuk memudahkan pemesanan.

7. Manfaatkan Media Sosial Untuk Branding

Selain mempunyai website official sendiri, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai media sosial untuk melakukan branding toko. Cara ini terbilang sangatlah mudah, murah, dan pastinya dapat menjangkau banyak orang.

Anda dapat membuat beberapa akun berbagai media sosial dan mencoba untuk memperkenalkan toko ke pengguna lain. Buatlah pencitraan yang baik serta menggunakan bahasa sopan agar bisa menarik minat pembeli.

Hal lain yang tidak kalah untuk proses branding ini adalah buatlah packaging produk menarik, buat logo, maskot, serta tagline untuk bisnis sayur online Anda. Hal tersebut dapat menjadi langkah penting untuk menunjukkan kredibilitas toko Anda.

8. Terus Lakukan Inovasi dan Service Terbaik

Dalam menjalankan usaha sayuran atau yang lainnya, Anda wajib untuk melakukannya dengan serius dan sepenuh hati. Niat kuat tersebut akan membuat Anda untuk terus terpacu memberikan yang terbaik kepada konsumen.

Salah satu cara untuk dapat terus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen adalah selalu melakukan inovasi produk. Selain itu, Anda juga wajib untuk melakukan evaluasi penjualan sebagai bekal strategi penjualan selanjutnya.

Anda dapat membuat laporan bulanan terkait dengan penjualan yang dilakukan. Dengan begitu, pada bulan selanjutnya Anda bisa membuat perencanaan yang lebih matang lagi dibandingkan bulan sebelumnya.

Selain itu, dalam bisnis sayuran ini, salah satu yang ditawarkan adalah tentang pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Oleh karena itu, sebagai penjual yang baik, Anda wajib berikan service terbaik kepada pelanggan.

Selalu berikan tanggapan yang ramah dan berikan juga respons cepat saat ada konsumen yang menanyakan produk. Selain itu, pada saat ada pelanggan komplain, selalu layani serta memberikan solusi yang terbaik untuk mereka.

Memilih untuk menjalankan bisnis sayur online di era digital seperti sekarang tentu merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda menggunakan beberapa tips di atas, pastinya usaha yang dijalankan bisa berkembang dengan baik.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar