Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Tips Membuka Bisnis Mukena Online agar Sukses

Pada beberapa tahun ke belakang, bisnis mukena online memang sedang banyak disukai oleh masyarakat. Pasalnya, kini model mukena yang ditawarkan sudah mulai banyak inovasi yang menarik.

Melihat hal itu, masyarakat yang tadinya hanya menggunakan model mukena yang itu-itu saja, kini punya banyak pilihan. Apalagi harga yang ditawarkan juga masih termasuk terjangkau bagi masyarakat umum.

Lantas, sebenarnya bagaimanakah cara memulai usaha mukena online dan peluang bisnisnya? Nah, untuk mengetahui hal tersebut, Anda dapat simak penjelasan lebih lengkapnya pada ulasan di bawah ini.

bisnis mukena online

Melihat Peluang Bisnis Mukena Online

Berjualan mukena memang merupakan sebuah niche unik tersendiri di pasaran. Namun, terlepas dari hal itu, bagaimanakah peluang bisnis mukena secara online di pasar masyarakat Indonesia?

Untuk menjawab hal tersebut, kita dapat memulai dari menjabarkan apa itu pengertian dari niche. Bagi yang belum tahu, niche merupakan sebuah segmen kecil pasar yang punya kebutuhan terhadap barang yang spesifik.

Misalkan saja jika kita membahas tentang usaha pakaian, pastinya segmen pasar yang dimiliki sangatlah besar. Pasalnya, semua orang yang hidup di dunia ini membutuhkan pakaian untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun, di dalam pakaian tersebut, bisnis mukena online mempunyai peminat pada segmen yang lebih khusus yakni wanita muslimah. Artinya, pada bisnis tersebut terdapat sebuah segmen market yang secara spesifik dapat dikenal sifatnya.

Hal tersebut membuat Anda sebagai pelaku usaha lebih mudah untuk fokus dalam melakukan riset pasar. Pada bisnis mukena, Anda hanya tinggal riset pada minat dari para wanita muslimah tentang jenis mukena yang digunakan.

Selain itu, pangsa pasar dari produk mukena di Indonesia juga terbilang sangat besar, mengingat mayoritas penduduknya beragama Islam. Tidak hanya itu saja, mukena juga tidak jarang dicari oleh para pria sebagai hadiah kepada orang lain.

Belum lagi peluang bisnis mukena online ini juga akan semakin meningkat permintaannya menjelang datangnya bulan Ramadan. Bahkan, permintaan pada waktu seperti itu bisa meningkat hingga berkali-kali lipat dibandingkan bulan biasa.

Melihat berbagai macam peluang tersebut, maka bisa dikatakan bisnis mukena ini sangat bagus untuk dijalankan di Indonesia. Asalkan, Anda bisa menemukan strategi berjualan online yang tepat untuk produk mukena yang dijual.

Tips Dalam Menjalankan Bisnis Mukena Online

Dalam menjalankan bisnis apapun termasuk bisnis mukena, dibutuhkan persiapan serta strategi yang matang. Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat digunakan saat berjualan mukena secara online.

1. Lihat Trend di Masyarakat

Pada masa sekarang, mukena tidak hanya menggunakan model yang sederhana. Tetapi, sekarang sudah terdapat berbagai model serta varian modern yang digunakan pada aplikasi bisnis mukena online.

Model mukena yang beredar di masyarakat sekarang cenderung menggunakan warna serta desain yang lebih menarik dan bervariasi. Untuk itu, agar tetap dapat diterima oleh masyarakat, Anda harus tahu tentang perkembangan trend tersebut.

Untuk mengetahuinya, Anda bisa memantau melalui media sosial ataupun melakukan riset langsung ke berbagai pasar mukena. Pengamatan trend tersebut juga bisa dilakukan lebih mudah lewat berbagai e-commerce yang ada saat ini.

2. Menentukan Market

Untuk target pasar pada bisnis mukena online ini, tentu adalah para wanita muslimah. Namun, Anda juga dapat menjadikan target pasar tersebut menjadi lebih spesifik lagi dengan membagi ke dalam beberapa kategori.

Anda dapat membuat target mukena ke dalam kategori remaja, anak-anak, dan juga dewasa. Dengan menentukan target pasar yang lebih spesifik, Anda dapat menjual mukena tersebut menjadi lebih terarah lagi.

3. Mencari Supplier dan Konveksi

Tips selanjutnya dalam menjalankan bisnis mukena online ini adalah mencari supplier dan konveksi terpercaya. Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda bisa membuat produk mukena dengan kualitas terbaik.

Selain itu, memilih supplier juga harus sangat diperhatikan terutama tentang harga yang dipatok. Pasalnya, saat ini kerap kali ada perusahaan supplier bahan yang menjual barangnya dengan harga terlalu tinggi.

Untuk pihak konveksi juga Anda perlu mencarinya dengan cukup jeli. Tidak jarang, perusahaan konveksi menggarap produk tidak sesuai dengan perjanjian yang telah dilakukan di awal.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk mencari tahu beberapa rekomendasi perusahaan konveksi yang sudah punya kredibilitas. Dengan begitu, produk mukena yang diharapkan bisa jadi sesuai standard yang Anda berikan.

Berikutnya, penting juga bagi Anda untuk menetapkan juga jenis mukena yang akan diperdagangkan. Hal itu agar Anda dapat menyesuaikan jenis bahan yang digunakan dengan pihak konveksi atau supplier.

Jika memang ingin menggunakan merek atau brand sendiri pada mukena yang dijual, Anda bisa bekerja langsung dengan perusahaan konveksi. Pilihlah konveksi yang dapat bekerja sesuai dengan keinginan Anda.

4. Mulai Memasarkan Produk

Jika memang semua persiapan awal sudah dilakukan dengan matang, maka Anda sudah dapat mencoba untuk mulai menjualnya. Anda bisa mulai proses penjualan ini dengan memasarkan lewat media sosial yang ada.

Selain itu, bisa juga produk mukena ini ditawarkan ke keluarga atau orang-orang dekat. Sebagai bahan evaluasi, Anda juga dapat mencoba meminta komentar dari orang tersebut untuk meningkatkan kualitas produk.

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam proses penjualan mukena ini adalah berikan harga yang kompetitif. Cara ini dilakukan agar produk usaha mukena yang Anda buat dapat bersaing dengan harga produk yang sudah lebih dulu ada.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggan yang menanyakan produk. Gunakanlah bahasa yang ramah serta berikan balasan dengan cepat agar tidak membuat konsumen menunggu.

Proses penjualan mukena tersebut juga bisa Anda tawarkan pada berbagai momen seperti bazar di bulan Ramadan. Momen-momen seperti itu biasanya akan didatangi oleh jumlah masa yang cukup banyak sehingga sekaligus sebagai ajang promosi.

5. Selalu Lakukan Evaluasi

Tips terakhir dalam menjalankan bisnis mukena online adalah dengan melakukan evaluasi rutin. Biasanya, untuk para pengusaha baru, hasil penjualan yang didapatkan belum bisa sesuai harapan.

Oleh karena itu, berbekal pengalaman penjualan sebelumnya, Anda bisa melakukan evaluasi dalam berbagai sektor. Setelah itu, lakukanlah pembenahan berdasarkan evaluasi yang dilakukan agar mendapatkan hasil lebih baik di bulan berikutnya.

Data yang didapatkan pada proses evaluasi tersebut juga dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan perencanaan penjualan pada bulan berikutnya. Dengan begitu, Anda dapat menentukan pada sektor mana saja pembenahan harus dilakukan.

Dalam proses evaluasi penjualan, Anda membutuhkan sajian data yang cukup teliti. Dengan begitu, keputusan serta evaluasi yang dilakukan terhadap bisnis mukena Anda dapat menjadi lebih akurat lagi.

Jika perlu, Anda dapat menyewa profesional dalam proses evaluasi penjualan produk mukena. Namun, apabila dana masih terbatas, lakukan saja proses evaluasi sederhana dengan tim bisnis Anda.

Demikianlah tadi peluang serta tips bagaimana memulai bisnis mukena online yang bisa Anda pergunakan. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan usaha yang dijalankan dapat menjadi lebih berkembang dan bersaing di pasaran.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar