Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Tips Membuka Bisnis Jahit Online agar Sukses

Memilih untuk terjun ke dunia bisnis jahit online dapat menjadi salah satu potensi usaha yang cukup menjanjikan. Selain itu, pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia sehingga akan selalu dibutuhkan.

Kemudahan teknologi yang ada sekarang juga memudahkan bagi pebisnis jahit untuk mempromosikan jasanya. Jadi, tidak heran apabila bisnis tersebut kini mulai ramai ditekuni oleh banyak pengusaha baru.

Lantas, sebenarnya bagaimanakah peluang terhadap bisnis jahit secara online ini? Untuk mengetahuinya, Anda bisa langsung simak info tentang peluang serta persiapan dalam memulai bisnis jahit online berikut ini.

bisnis jahit online

Peluang Usaha Jahit di Masyarakat

Dalam beberapa waktu terakhir, konsumsi pasar lebih ke arah produk personal. Hal itu menunjukkan bahwa setiap orang lebih ingin menunjukkan penampilan yang dibawanya sesuai keinginan sendiri.

Hal tersebut terkait juga dengan bagaimana seseorang ingin terlihat seperti apa serta produk yang digunakan harus sesuai dengan keinginan. Melihat pola tersebut, tentunya bisnis jahit online menjadi salah satu yang menjadi pilihan.

Dalam bisnis jahit, pastinya produk yang dihasilkan sangat kuat sekali dengan nilai personal seseorang. Meskipun saat ini sudah semakin banyak bermunculan brand lokal, namun di jasa jahit hasil pakaian lebih memuaskan diri.

Terlebih lagi, perkembangan teknologi digital saat ini juga membuat proses pemesanan jasa jahit menjadi lebih mudah. Alhasil, pelanggan dalam melakukan pemesanan serta mengatur jadwal pengukuran dengan lebih leluasa.

Sementara bagi para penjahit, tugasnya hanya tinggal melihat transaksi, mengerjakan pesanan jahitan pelanggan, dan setelah itu mengirimkan hasilnya. Menarik sekali bukan jika melihat dari alur pengerjaan dari bisnis jahit ini?

Hal yang Dipersiapkan Dalam Bisnis Jahit Online

Untuk menjadi seorang pebisnis jahit yang sukses, pastinya Anda tidak akan secara instan bisa mendapatkannya. Dibutuhkan kerja keras serta persiapan yang matang agar usaha yang dijalankan bisa terus berkembang.

Nah, untuk itu, Anda membutuhkan berbagai macam hal yang perlu dipersiapkan saat hendak membuka bisnis jahit online di rumah. Berikut ini adalah hal yang wajib dipersiapkan dalam memulai bisnis jahit secara online.

1. Buat Spesialisasi Jenis Produk Jahit

Di Indonesia, pastinya Anda dapat menemukan dengan cukup mudah tempat jasa jahit. Pada umumnya, para penyedia jasa tersebut ada yang mampu membuat berbagai macam jenis jahitan serta ada juga yang hanya mengerjakan jenis pakaian tertentu.

Bagi yang belum tahu, umumnya terdapat cukup banyak jenis jahitan yang digarap oleh jasa jahit, seperti baju, kemeja, celana dan lain sebagainya. Untuk bisnis jahit online yang besar, tentu bisa saja mengambil semua pesanan tersebut.

Namun, untuk para pebisnis yang baru saja merintis usaha jahit tentunya tidak dapat langsung menangani semua jenis pesanan tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa membuat jasa jahit yang punya spesialisasi jenis jahitan tertentu.

Hal seperti itu dilakukan sebagai salah satu cara branding usaha Anda kepada khalayak luas. Untuk menentukan spesialisasi tersebut, Anda dapat melakukan analisis pasar dan juga trend yang sedang terjadi di masyarakat.

Selain itu, pemilihan spesialisasi juga bisa disesuaikan dengan kemampuan dari SDM yang dimiliki. Dengan memilih jahitan spesialisasi tersebut, produk yang dihasilkan tentunya akan lebih maksimal dan bisa sesuai permintaan pelanggan.

2. Membuat Pakaian yang Sedang Trend

Sudah disinggung sedikit di bagian sebelumnya, mengikuti trend yang sedang terjadi di masyarakat merupakan hal penting untuk dilakukan. Pasalnya, trend tersebut menjadi cerminan jenis jahitan apa yang sedang banyak dicari.

Dalam mengikuti trend tersebut, Anda juga harus menyesuaikan dengan jenis spesialisasi dari jasa jahitan Anda. Misalkan jika memang spesialisasi pada gaun pengantin, Anda dapat mencari trend baju pengantin seperti apa yang sedang hit.

Hal yang perlu diketahui, trend tersebut pastinya akan terus berkembang dan berubah-ubah dari waktu ke waktu. Jadi, pastikan bahwa Anda juga update tentang perkembangan trend fashion yang terdapat di masyarakat.

Untuk mengetahui perkembangan trend yang sedang terjadi, Anda bisa menyimak di berbagai media online. Selain itu, jika memang memungkinkan, maka Anda bisa juga untuk berlangganan media cetak tentang fashion sebagai referensi.

Meskipun nantinya produk jahitan yang dibuat akan mengikuti trend, namun pastikan jika ciri khas dari brand yang sudah dibuat tetap ada. Sebagai contoh, jika brand Anda mengedepankan harga jahit terjangkau, maka keluarkanlah produk harga terjangkau.

Dengan konsistensi brand serta kualitas produk jahitan yang Anda berikan, pastinya para pelanggan akan lebih percaya terhadap jasa jahit Anda. Sebagai tambahan, perlahan-lahan carilah ilmu jahit tambahan sebagai bekal dalam inovasi produk.

3. Gunakan Bahan Jahitan Terbaik

Hal yang perlu dipersiapkan lainnya saat membuka bisnis jahit online adalah gunakan bahan jahitan yang berkualitas. Gunakanlah bahan yang memang nyaman dipakai dan sesuai dengan jenis jahitan yang dipesan oleh konsumen.

Misalkan, ada pesanan untuk pakaian bayi, maka Anda bisa gunakan bahan yang ramah untuk kulit bayi. Anda dapat mencari bahan kain yang punya karakter lembut, tidak gampang rontok, menyerap keringat dengan baik, dan lain sebagainya.

Sementara jika terdapat pesanan untuk pakaian orang dewasa, maka Anda juga dapat pilih bahan kain yang sesuai dengan permintaan. Oleh karena itu, sebagai pebisnis jasa jahitan, Anda harus mengetahui berbagai jenis dan karakter kain.

Dengan begitu, pada saat ada konsumen yang bertanya atau melakukan konsultasi bahan, Anda bisa memberikan jawaban yang tepat. Hal ini juga dapat membuat para konsumen percaya pada kemampuan Anda saat menjahit.

4. Manfaatkan Banyak Platform Untuk Menjangkau Pelanggan

Dalam bisnis jahit online, tentunya Anda akan berhubungan dengan pelanggan secara tidak langsung. Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam memanfaatkan berbagai macam platform online untuk menjangkau para pelanggan.

Apabila biasanya untuk menerima pesanan atau berkomunikasi dengan pembeli hanya lewat SMS, telepon, ataupun WA, maka Anda harus gunakan juga platform lain. Manfaatkan adanya media sosial saat ini agar lebih banyak menjangkau pasar.

Seperti diketahui bersama, kini pengguna media sosial jumlahnya ada banyak sekali. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, hampir semuanya sudah mempunyai akun media sosial sendiri.

Selain media sosial, bisa juga manfaatkan landing page untuk memudahkan para pelanggan mengetahui tentang bisnis jahit online Anda. Sebagai sarana tambahan, bisa juga Anda melakukan promosi jasa ke berbagai platform market place.

Khusus untuk iklan jasa di market place, Anda dapat memberikan foto produk berupa jahitan yang sudah pernah dibuat untuk pelanggan. Nantinya, pesanan yang dibuat oleh pembeli dalam disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Hal terpenting saat menggunakan banyak platform untuk bisnis ini adalah pastikan Anda berikan pelayanan yang maksimal. Salah satu caranya adalah dengan selalu memberikan respons yang cepat saat ada pelanggan yang menghubungi.

Begitulah tadi hal yang perlu dipersiapkan saat Anda ingin membuka bisnis jahit online. Pastikan bahwa Anda melakukan persiapan yang matang agar saat bisnis sudah dijalankan, semuanya dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar

x