Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Tips Membuat Foto Produk Untuk Kegiatan Marketing Bisnismu

Bagi Anda yang akan menjalankan bisnis online, membuat foto produk terbaik merupakan kewajiban tersendiri. Hal itu karena nantinya kehadirannya akan berpengaruh terhadap kegiatan marketing ataupun pendapatan dari perusahaan.

Perlu diketahui bahwa salah satu hal dimana mempengaruhi seseorang akan memutuskan buat membeli produk Anda ataukah tidak adalah gambar yang dihadirkan tersebut. Oleh karena itulah, penting bagi pebisnis agar mempelajari fotografi produk sehingga membuat orang-orang tertarik buat membelinya.

Tips Membuat Foto Produk Untuk Kegiatan Marketing Bisnismu

Pengertian Foto Produk

Sebelum Anda mengetahui bagaimana langkah dalam membuat foto produk, maka perlu buat mengetahuinya pengertiannya terlebih dahulu. Berdasarkan dengan ahli, foto produk merupakan suatu metode mengenai bagaimana kita akan mengambil gambar dari sebuah produk.

Adapun hal tersebut dilakukan buat menjelaskan bagaimanakah bentuk fisik dan juga fungsi dari produk itu sendiri. Di samping itu, hal inipun juga akan membuat produk akan terlihat lebih menarik bahkan laris manis bagi kalangan konsumen.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kehadiran dari gambar inilah mempunyai peran yang cukup penting terutama bagi Anda dimana bergelut dalam dunia bisnis tersebut. Untuk memahaminya lebih lanjut, maka simak penjelasannya di bawah ini.

Manfaat Membuat Foto Produk

Keberadaan dari gambar inilah ternyata mempunyai banyak manfaat yang perlu diketahui oleh setiap pebisnis. Dalam memulai berbisnis, memang ada banyak hal dimana harus dipertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan buat terjun ke dalamnya.

Selain menyiapkan modal ataupun sarana prasarana buat berbisnis, Anda juga harus mempertimbangkan foto dari product bersangkutan. Kelihatannya memang sepele, tetapi siapa sangka keberadaannya justru mempunyai peran dan manfaat cukup penting diantaranya adalah

Membantu Meningkatkan Reputasi Bisnis

Manfaat pertama adalah berperan penting sebagai kegiatan branding dari bisnis yang Anda miliki tersebut. Melalui gambar itulah, pebisnis dapat memberikan kesan bahwa merk tersebut kredibel, professional sekaligus mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan dengan pesaing.

Bahkan kehadirannya sendiri mampu membantu membangun identitas dari brand sehingga mampu menciptakan hubungan baik dengan konsumen. Di samping itu, juga akan membuat konsumen langsung mengingat bahwa suatu produk dikeluarkan dari merk Anda.

Mendapatkan Lebih Banyak Konsumen

Manfaat lainnya dari foto produk adalah membantu Anda buat memperoleh lebih banyak konsumen. Terlebih lagi bagi para konsumen yang akan melakukan pembelian secara online, tentu tidak akan mempunyai waktu banyak untuk melihat semua barang bukan?

Oleh karena itulah dengan kehadiran dari gambar itulah ternyata mampu meyakinkan konsumen terhadap kualitas barangnya. Bukan tidak mungkin bahwa itu akan langsung memikat konsumen agar segera membelinya.

Meningkatkan Visibilitas dari Usaha Anda

Perlu diingat bahwa konten visual mempunyai peran sangat besar terhadap visibilitas dari bisnis Anda tersebut. Dengan fotografi unik sekaligus menawan, tentu akan membuat daya tarik dari konsumen meningkat bukan.

Bahkan tidak jarang hal tersebut akan membuat orang-orang akan langsung membagikannya ke sosial media. Inilah yang nantinya mampu meningkatkan visibilitas dari bisnis Anda tersebut dengan baik.

Mendapatkan Conversion Rate Sesuai Keinginan

Manfaat terakhir dari kehadiran foto produk adalah agar Anda dapat memperoleh conversion rate sesuai dengan keinginan. Sebab nantinya gambar tersebut bisa memberikan gambaran terkait dengan kualitas, fitur maupun manfaat dari barang bersangkutan.

Tips Membuat Foto Produk Yang Terbaik

Walaupun kelihatannya memang mudah tetapi membuat product photo ternyata bukanlah hal mudah untuk dilakukan loh. Anda tidak boleh asal-asalan dalam menjepret dan mengunggahnya ke dalam website toko online ataupun sosial media.

Sebab fungsi utama dari kehadirannya adalah berguna sebagai branding ataupun kegiatan promosi. Tentunya, Anda tidak ingin bukan apabila orang-orang langsung tidak tertarik dengan gambar yang Anda bagikan tersebut?

Oleh karena itulah terdapat beberapa tips yang perlu diperhatikan dengan baik kalau akan membuat foto untuk produk diantaranya adalah sebagai berikut

Pastikan Menggunakan Kamera Berkualitas

Penggunaan kamera mempunyai peran yang sangat penting terhadap hasil dari fotonya nanti. Oleh karena itulah pentingnya agar menggunakan kamera berkualitas seperti DSLR ataupun mirrorless.

Namun bagi Anda yang mempunyai dana terbatas maka tidak ada salahnya buat menggunakan kamera smartphone. Tetapi dengan catatan bahwa gambarnya tidak blur sekaligus mempunyai detail produk dimana terlihat cukup bagus.

Atur Cahaya Dengan Baik

Selain pada penggunaan kameranya, pencahayaan nantinya juga mempunyai peran cukup penting dimana akan berpengaruh terhadap hasil fotonya. Cahaya dimana terlalu terang ataupun gelap justru akan mengaburkan warna maupun detail produknya tersebut.

Tanpa adanya sumber cahaya yang bagus itulah maka subjek serta lokasi dari fotografi kurang menghasilkan kualitas maksimal. Untuk mendapatkan sumber cahaya itulah maka bisa berasal dari matahari ataupun lampu dan pastikan juga tidak terlalu berlebihan.

Atur Background atau Latar Belakang

Hal penting lainnya dimana harus diperhatikan dengan baik adalah mengatur background atau latar belakang. Usahakan agar menggunakan latar belakang foto satu warna seperti warna putih saja.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena warna putih sendiri merupakan warna netral sehingga tidak mengganggu perhatian. Dengan begitu produk akan menjadi focus utamanya nantinya. Ini akan membuat foto tampak lebih mudah diedit.

Tips Lainnya Yang Perlu Dipahami

Selain menggunakan beberapa tips diatas, ternyata masih ada beberapa tips bisnis online lainnya dimana perlu diperhatikan oleh para pebisnis. Mengingat untuk membuat foto inilah tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Jangan Lupa Menggunakan Model

Tips lainnya dimana perlu anda ketahui adalah jangan lupa untuk menggunakan model. Keberadaan model itulah ternyata cukup penting buat mendemonstrasikan produk. Tetapi sebaiknya hanya produk yang dipakai saja seperti pakaian agar mampu memberikan gambaran jelas.

Perhatikan Sudut Pengambilan Gambar

Angle atau sudut pengambilan gambar juga akan berpengaruh terhadap tampilan produk di mata calon pembelinya. Tentunya sudut pengambilan foto tersebut juga akan berbeda-beda dan disinilah pentingnya agar memperhatikan kehadirannya tersebut.

Gunakan Tripod Untuk Hasil Lebih Konsisten

Terakhir adalah cobalah buat menggunakan tripod untuk menghasilkan hasil yang konsisten. Sebab sebagian besar dari Anda tentu akan kesulitan buat mengambil gambar terutama tanpa menggunakan alat bantu bukan.

Jenis-jenis Foto Produk

Sebagai informasi catatan, kehadiran dari foto inilah ternyata juga terdiri dari beberapa jenis sekaligus dimana wajib dipahami dengan baik. Untuk memahaminya lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya berikut ini

  • White background shots merupakan jenis yang paling umum digunakan dan mampu menghadirkan kesan rapi dan bersih
  • Lifestyle action shots agar membantu konsumen memahami bagaimana cara produk tersebut digunakan sehari-hari
  • Scale shots untuk membantu menggambarkan ukuran dari produk yang ditawarkan
  • Detailed shote memberikan gambaran mengenai detail tekstur, fitur ataupun fitur di bagian lainnya dari produk tersebut
  • Ghost maneequin photography biasanya digunakan buat industri fashion dengan anggaran terbatas buat menyewa talent.

Bagi para pebisnis, kehadiran dari foto produk sendiri memang harus diperhatikan dengan baik. Selain membuat foto produk, untuk mendukung kegiatan bisnis, resimu.net dapat menjadi pilihan terbaik buat melacak paketmu nanti.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar