Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Tips dan Cara Jualan di Facebook Pemula Wajib Tahu

Facebook menjadi medsos yang cukup banyak digunakan, baik untuk berkomunikasi hingga berjualan. Tips dan cara jualan di Facebook ramai dicari orang terlebih bagi pemula, agar dagangan laris manis diserbu pembeli.

Facebook menjadi platform tepat berjualan karena jumlah penggunanya yang fantastis. Selain itu, layanan jejaring sosial online milik Meta ini juga menghadirkan banyak fitur yang dapat mendukung aktivitas jual beli online.

Pasalnya berjualan online tentu berbeda dengan menggelar lapak secara offline, terdapat banyak hal yang harus diperhatikan agar usaha bisa sukses. Pengusaha pemula, simak bagaimana langkah berjualan di Facebook berikut ini.

Tips dan Cara Jualan di Facebook Pemula Wajib Tahu

Tips dan Cara Jualan di Facebook

Tips serta langkah memulai berjualan di Facebook berikut wajib diketahui, mengingat medsos ini memiliki sederet fitur yang memudahkan penjual hingga pembeli. Langsung saja simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pahami Target Pasar

Langkah pertama adalah menentukan target pasar sedetail mungkin. Target pasar sendiri merupakan kelompok pelanggan yang menjadi sasaran atau target suatu usaha yang memiliki ketertarikan, kesukaan, serta karakteristik sama.

Dengan memahami segmentasi pasar, nantinya akan lebih memudahkan Anda untuk melakukan branding, menyampaikan pesan, hingga mengemas produk dengan cara yang lebih efektif sesuai kebutuhan pasar.

Contohnya barang yang dijual adalah sweater oversized. Ketika produk tersebut dijual di Facebook, target pasarnya dapat dibuat menjadi lebih spesifik contohnya mahasiswa, remaja, pengguna aktif Facebook rentang usia 17 hingga 35 tahun, dan lain sebagainya.

Kenali Pesaing

Selain menentukan target pasar, mengenali pesaing juga menjadi hal penting yang wajib dilakukan. Pasalnya setiap usaha tak terkecuali bisnis online, pasti memiliki kompetitor yang menjual produk serupa.

Caranya pun sangat mudah, cukup dengan melakukan pencarian di Facebook dan ketik nama produk yang Anda jual. Nantinya akan muncul halaman atau akun terkait yang juga menawarkan produk serupa.

Dari situlah Anda dapat mencatat poin apa saja yang dapat ditingkatkan untuk memenangkan persaingan, hal unik apa saja yang harus ditonjolkan guna menarik perhatian calon pembeli, dan lain sebagainya.

Manfaatkan Grup Jual Beli

Fitur grup Facebook dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan jual beli, karena bisa memperluas jaringan pemasaran produk yang dijual kepada konsumen potensial. Pastikan bergabung di grup jual beli yang produknya sesuai dengan produk yang Anda jual.

Contohnya usaha Anda adalah menjual makanan cepat saji, maka dapat bergabung dengan grup jual beli makanan yang ada di kota Anda. Karena umumnya anggota dari grup tersebut memang mereka yang sedang membutuhkan produk tersebut.

Pajang Foto Produk Menarik

Karena usaha ini adalah usaha online, maka foto produk yang ditampilkan di halaman bisnis harus benar-benar berkualitas baik dan menarik. Pastikan foto tersebut berkualitas jernih, tidak buram atau blur, serta diambil dari angle yang pas.

Selain itu sertakan deskripsi produk sejelas dan sedetail mungkin, sehingga calon pembeli dapat memahami dengan baik spesifikasi dan keunggulan produk tersebut. Dengan menuliskan keterangan jelas, calon konsumen pun akan lebih tertarik untuk membeli.

Tambahkan Teman yang Berpotensi Jadi Pembeli

Agar bisnis semakin dikenal orang dan berkembang pesat, tak perlu ragu untuk menambahkan teman-teman baru di akun tersebut. Hal ini sangat berguna terlebih ketika penjual ingin menambah jaringan pemasaran.

Namun teman yang ditambahkan tidak boleh asal-asalan, pastikan Anda menambahkan teman yang berpotensi menjadi konsumen loyal. Caranya adalah dengan melihat halaman profilnya dan lihat apakah ketertarikan pemilik akun tersebut sesuai dengan bisnis Anda.

Buat Status Menarik

Selain itu tak lupa untuk selalu membuat status menarik dan unik, karena strategi ini dinilai ampuh untuk mendapatkan atensi dari calon pembeli. Cobalah membuat status dengan topik yang masih berkaitan dengan tren terbaru.

Contohnya ada film horor baru yang ramai mendapat perhatian orang, Anda dapat membahasnya lalu menghubungkan dengan produk yang dijual. Contohnya produknya adalah jaket.

Buat status terkait informasi dari film tersebut, lalu di akhir status kaitkan dengan produk jualan di Facebook seperti “Outfit keren untuk nonton film horor di bioskop, pakai jaket premium dari kami”.

Posting Testimoni Pembeli

Salah satu pertimbangan ketika membeli barang online adalah memastikan seller tersebut adalah penjual terpercaya. Karena itu sebisa mungkin, berikan citra baik bahwa bisnis tersebut menjual produk berkualitas dan benar-benar bisa dipercaya.

Salah satu caranya adalah dengan mem-posting testimoni dari pembeli sebelumnya, tampilkan ulasan secara rutin di Facebook. Agar lebih meyakinkan sertakan bukti transfer, video atau foto barang ketika di-packing, hingga foto ketika barang tiba di tangan konsumen.

Langkah-langkah Berjualan di Facebook

Buat Facebook Page

Dengan membuat halaman Facebook bisnis akan berpotensi dilihat oleh lebih banyak calon konsumen. Mereka pun akan lebih dimudahkan dalam mendapatkan informasi terkait produk, hingga bisa terhubung langsung dengan bisnis.

Berikut langkah-langkah membuat Facebook page :

Lengkapi Detail Bisnis

Setelah itu lengkapi detail bisnis, agar calon konsumen dapat melihat informasi terkait usaha tersebut dengan mudah. Berikan informasi lengkap contohnya deskripsi, kategori, kontak dan lain-lain dengan cara mengklik pada menu Settings lalu pilih Page Info.

Deskripsi

Kolom deskripsi dapat diisi untuk menjelaskan bisnis secara singkat, jelaskan secara profesional produk yang ditawarkan maksimal 255 karakter. Deskripsi ini nantinya muncul di hasil pencarian.

Kategori

Di kolom kategori, tambahkan kategori spesifik dari barang yang dijual agar memudahkan Facebook untuk menampilkan halaman ke orang-orang yang tepat atau pembeli potensial contohnya kategori elektronik, peralatan rumah tangga, fashion, dan lain-lain.

Kontak

Berikan informasi terkait kontak bisnis guna memudahkan pelanggan untuk terhubung dengan seller. Tambahkan nomor telepon, website, akun media sosial lain seperti Instagram, akun marketplace, hingga email.

Lokasi

Apabila bisnis tersebut memiliki toko fisik, lengkapi pula informasi terkait lokasi usaha di kolom Lokasi. Sehingga nantinya pembeli dapat memesan produk dengan lebih mudah seperti mendatangi langsung toko offline.

Hours

Menu Hours adalah menu untuk menginformasikan buyer tentang jam operasional bisnis. Kolom ini juga wajib diisi agar pembeli mengetahui di hari apa dan jam berapa saja toko aktif beroperasi.

Upload Foto Profil

Selanjutnya tambahkan foto profil serta cover page bisnis. Pasalnya foto profil dan foto cover yang baik dapat meningkatkan kredibilitas bisnis, sehingga menaikkan kepercayaan calon konsumen terhadap bisnis tersebut.

Buat Username

Setelah itu buat username dengan nama yang sesuai dengan bsinis, agar pengguna Facebook bisa menemukan halaman bisnis Anda dengan lebih mudah. Tak lupa buat nama yang mudah diingat dan diketik, namun tetap dapat mempresentasikan brand.

Sertakan Tombol CTA

CTA atau call to action merupakan tombol ajakan pada suatu halaman, yang keberadaannya sangat penting karena dapat mendorong pengunjung untuk membeli produk yang dijual. Terdapat beberapa tombol CTA yang umum digunakan, diantaranya :

  • Pengisian formulir.
  • Tombol Baca Selengkapnya.
  • Social sharing.
  • Penawaran produk.

Itulah tips dan cara jualan di Facebook yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar