Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

6 Tips Dalam Bisnis Sarang Burung Walet Online

Berbicara tentang ide bisnis, tentu bisnis sarang burung walet online merupakan sebuah hal yang menarik. Pasalnya, sarang burung tersebut terkenal dengan berbagai manfaatnya bagi kesehatan manusia.

Selain itu, dilihat dari segi harga komoditas yang satu ini mempunyai harga cukup bagus. Bayangkan saja, untuk 1 gram sarang walet, harganya bisa mencapai hingga 20 ribu rupiah di pasaran.

Nah, melihat peluang serta harga jualnya tersebut, pastinya Anda tertarik untuk mencoba bisnis tersebut. Namun, sebelum itu, ada baiknya bagi Anda untuk memahami beberapa tips yang ada di bawah ini.

Tips Dalam Bisnis Sarang Burung Walet Online

Tentang Bisnis Sarang Burung Walet Online

Sebenarnya, sudah sejak cukup lama bisnis sarang walet ini diminati oleh banyak pengusaha. Pasalnya, selain karena khasiatnya yang bagus untuk kesehatan, harga jual dari sarang walet ini juga termasuk masih sangat bagus.

Bagi yang belum tahu, di dalam sarang walet ini terdapat banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Anda bisa menemukan protein, kolagen, antioksidan, serta kalsium yang baik di dalam benda tersebut.

Sementara untuk manfaat yang bisa dirasakan saat mengonsumsi sarang walet tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini:

  • Membantu melancarkan pencernaan kita
  • Menyehatkan kondisi kulit
  • Membantu dalam proses regenerasi sel

Terlepas dari berbagai manfaat serta harganya yang tinggi, tentu terdapat risiko yang tidak kalah besarnya yang harus siap diterima untuk mendapatkan sarang tersebut. Pasalnya, biasanya burung wallet membuat sarang pada daerah gua pinggiran pantai.

Untuk dapat menjangkaunya, tentu bukanlah sebuah perkara yang bisa dikatakan mudah. Namun, seiring dengan inovasi yang dilakukan, sekarang burung wallet bisa juga diternakkan pada gedung kosong.

Tips Mulai Bisnis Sarang Burung Walet Online

Lantas, bagaimanakah cara agar Anda dapat sukses dalam menjalankan usaha sarang walet seperti ini? Nah, untuk bisa memudahkan dalam menjalankan bisnis, Anda bisa simak beberapa tips berikut ini.

1. Menyiapkan Lokasi Untuk Ternak Burung Walet

Tips pertama yang perlu dilakukan untuk bisnis sarang burung walet online ini adalah dengan menyiapkan tempat untuk walet bersarang. Dalam hal ini, tempat yang digunakan bisa menggunakan gedung kosong yang sudah tidak digunakan.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencari tempat tinggal walet:

  • Pastikan jika lokasi jauh dari sumber keramaian.
  • Lokasi bisa pilih di daerah rawa ataupun persawahan yang tenang.
  • Gunakan gedung dengan empat lantai dengan ukuran lahan kurang lebih 21 x 36 meter persegi
  • Usahakan gedung gelam dan iklimnya lembap
  • Ruangan dijaga berada pada suhu 26 derajat celcius.
  • Tutup jendela atau lubang pada gedung dengan kain hitam

Dengan memperhatikan hal di atas, Anda pasti bisa membuat tempat yang nyaman bagi para wallet untuk membuat sarang.

2. Pancing Burung Walet

Tips mulai bisnis sarang burung walet online selanjutnya adalah dengan mengundang walet untuk bersarang di gedung yang sudah dipersiapkan. Cara untuk mengundang burung tersebut cukup dengan menggunakan rekaman suara walet saja.

Jadi, Anda dapat menyiapkan rekaman burung walet dengan kualitas suara yang jernih. Setelah itu, tempatkan alat pemutar rekaman tersebut pada gedung yang sudah dipersiapkan sebagai tempat bersarang.

Pemutaran rekaman suara burung tersebut bisa dilakukan pada waktu sore hari sekitar jam 4 sampai dengan 6 sore. Apabila memang di sekitar lokasi banyak burung walet, maka tidak lama lagi akan ada burung yang datang.

3. Rutin Membersihkan Kotoran

Setelah berhasil membuat burung walet untuk membuat sarang di tempat yang dipersiapkan, Anda juga harus rajin membersihkan kotorannya. Hal ini dilakukan agar gedung tidak terlalu kotor dan membuat burung pergi.

Pembersihan kotoran ini juga menjadi salah satu langkah penting agar bisnis sarang burung walet online Anda bisa lebih sukses lagi. Anda dapat meluangkan waktu satu sampai tiga minggu sekali untuk membersihkan gedung.

Apabila memang jumlah kotorannya sudah terlalu banyak, Anda dapat membersihkannya menggunakan alat bantu seperti sekop ataupun kantong plastik. Lingkungan sarang yang bersih, tentu akan membuat burung juga merasa lebih nyaman sehingga sarang bisa tambah banyak.

Sebaliknya, saat lingkungan yang ditinggali oleh walet terlalu kotor maka biasanya walet akan berpikir untuk mencari lokasi lain sebagai sarang. Apabila hal tersebut sampai terjadi, maka bisnis sarang walet online Anda pasti akan merugi.

4. Beli Bibit Walet Berkualitas

Apabila setelah melakukan berbagai cara sebelumnya, burung walet tidak ada yang berhasil diundang ke gedung, maka Anda bisa menggunakan cara lain. Cara tersebut adalah dengan membeli bibit walet yang berkualitas.

Jadi, Anda dapat membeli saja telur burung walet secara langsung untuk kemudian ditetaskan sendiri. Cara ini mungkin terlihat sedikit lebih ribet karena Anda harus menunggu hingga burung menetas sampai pada akhirnya membuat sarang.

Untuk mendapatkan telur walet tersebut Anda bisa mencarinya di pasar burung ataupun beli secara online. Pada umumnya, harga telur walet berada di kisaran harga 7 ribu rupiah saja untuk setiap butirnya.

Sementara untuk waktu penetasan yang dibutuhkan kurang lebih memakan waktu 10 sampai dengan 15 hari. Untuk penetasan telur, Anda dapat menggunakan mesin khusus untuk menetaskan telur.

Untuk pengaturan mesin, Anda dapat mengatur suhu termostat pada mesin tersebut di angka 400 derajat celcius. Pada suhu tersebut telur diharapkan dapat menetas dengan baik sehingga bisa menjadi modal bisnis sarang burung walet online Anda.

5. Menyediakan Pakan Untuk Burung Walet

Tips berikutnya dalam menjalankan bisnis sarang burung walet online adalah dengan menyediakan pakan yang disukai oleh walet. Pada umumnya, burung walet di alam liar memakan berbagai jenis serangga kecil dan juga larva semut.

Dalam kasus ini, pakan hanya dipersiapkan untuk anak burung walet yang Anda tetaskan sendiri menggunakan mesin tetas. Sementara jika sudah dewasa, biasanya burung walet akan terbang keluar mencari pakan sendiri.

Untuk mencari pakan untuk anakan burung walet, sebaiknya Anda memilih yang punya kualitas baik. Pasalnya, pada usia tersebut perkembangan burung walet sangat ditentukan oleh pakan yang diberikan.

Pakan bisa didapatkan dengan cukup mudah di pasar burung ataupun di toko pakan hewan biasanya. Untuk pemberian pakan anakan walet, Anda bisa memberikannya paling tidak tiga kali sehari agar gizinya dapat terpenuhi dengan baik.

6. Buat Toko Online dan Akun Media Sosial

Hal lain yang tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis sarang burung walet online adalah dengan membuat toko online serta akun sosial media. Langkah tersebut sangat penting untuk memudahkan dalam proses penjualan dan promosi.

Anda dapat membuat juga website resmi dari toko sarang walet Anda agar bisnis terlihat lebih profesional. Sementara, pada media sosial, Anda dapat isi dengan konten promosi dan informasi seputar produk sarang walet Anda.

Demikianlah tadi berbagai tips bisnis sarang burung walet online yang Anda dapat terapkan. Pada awal memulai bisnis mungkin Anda akan mengalami berbagai kendala, namun dengan tips di atas pastinya bisnis sarang walet Anda berjalan sukses.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar