Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Tips Bisnis Ikan Hias Online, Pemula Wajib Tahu Ini

Peluang dari bisnis ikan hias online memang cukup menjanjikan karena itulah banyak orang berencana akan membangun usaha tersebut. Itu bukan tanpa alasan karena ikan hias sendiri mempunyai jumlah peminat cukup tinggi.

Bukan kalangan orang dewasa saja tetapi anak-anak ternyata juga cukup suka dengan hewan peliharaan satu ini. Sampai disini tertarik untuk mengembangkan usaha tersebut? Sebaiknya simak penjelasannya dibawah terlebih dahulu agar tidak sampai salah langkah.

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Untuk Pemula

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias Online Untuk Pemula

Bagi Anda yang merupakan pecinta ikan hias ataupun orang-orang dimana telaten untuk memeliharanya, ternyata hobi tersebut mampu memberikan peluang penghasilan untuk Anda lho. Hal tersebut karena permintaan akan hewan tersebut cenderung tinggi.

Disinilah, Anda juga tidak boleh melewatkan untuk membangun bisnis tersebut. Terlebih lagi di era digital seperti sekarang, berbisnis semakin mudah dijalankan yakni secara online. Dengan begitu maka peluang untuk mendapatkan penghasilan dan pasar ternyata jauh lebih luas.

Tetapi untuk memulai usaha ini memang tidaklah mudah dilakukan. Terlebih lagi kalau Anda baru pertama kali terjun ke dalamnya. Oleh karena itulah, ada beberapa tips yang perlu buat diperhatikan jika ingin usaha lancar dan banyak pelanggan.

Mengetahui Pengetahuan Dasar Ikan Hias

Hal paling penting yang perlu diketahui adalah pengetahuan dasar seputar pemeliharaan ikan hias tersebut. Perlu diketahui bahwa memeliharanya ternyata sedikit berbeda dibandingkan dengan untuk kebutuhan konsumsi.

Terdapat beberapa hal dimana harus dipelajari oleh Anda diantaranya adalah

  • Memahami jenis-jenis ikan hias
  • Seperti apakah habitat tempat tinggal mereka
  • Cara membuat kolam baik untuk pembibitan ataupun perkembangbiakan nantinya
  • Dosisi makan serta jenis pakan yang akan diberikan
  • Bagaimana cara membersihkan kolam atau aquarium
  • Manajemen kesehatan peliharaan sekaligus lingkungan
  • Serta jenis perawatan lainnya dimana lebih spesifik.

Tentukan Target Pasar

Walaupun Anda menjualnya secara online maka penting agar menentukan target pasar juga. Target pasar tersebut akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan konsumen nantinya. Cobalah tentukan apakah target konsumen menengah dan menengah ke bawah ataupun menengah ke atas.

Sebagai contohnya adalah ketika Anda akan menjual ikan cupang maka dapat menggunakan toples ataupun aquarium kecil sehingga harganya lebih terjangkau. Terdapat beberapa jenis ikan selain cupang yang dapat dijual.

Pilihlah Satu Jenis Ikan Dahulu

Ketika baru pertama kali berjualan maka kami sarankan agar memilih satu jenis terlebih dahulu. Jangan langsung menjual beberapa jenis sekaligus terutama apabila modal terbatas. Selain itu, cobalah mempertimbangkan modal, target pasar serta kemampuanmu tersebut.

Apabila bisnis sudah mengalami perkembangan yang pesat maka Anda dapat menambah dua ataupun tiga jenis lainnya. Dengan begitu maka orang-orang akan datang ke Anda untuk menemukan ikan pilihan mereka.

Tips Memulai Bisnis Ikan Hias yang Perlu Diketahui

Selain beberapa tips diatas yang perlu untuk diperhatikan dengan baik, ada beberapa hal lainnya dimana juga harus diperhatikan. Hal tersebut agar nantinya bisnismu tidak berhenti di tengah jalan begitu saja. Langsung saja, berikut beberapa tips dimana juga perlu diterapkan.

Menjual Perlengkapan dan Peralatan Pendukung

Perlu diingat bahwa bisnis ikan hias tersebut bukan berarti Anda hanya akan menjual ikan saja tetapi cobalah untuk mengoptimalkan bisnis dengan menjual perlengkapan lainnya. Terdapat beberapa perlengkapan dan peralatan dimana bisa juga dijual.

Seperti aquarium dan aksesoris, pakan dari berbagai merk, aerator, bibit unggulan, tempat pakan , obat-obatan, batu aerasi, filter aquarium, lampu aquarium, sirkulator pompa air dan masih banyak lagi.

Gabunglah Dengan Komunitas Pecinta Ikan

Agar bisnismu dapat berkembang dengan pesat maka kami juga menyarankan agar bergabung Bersama komunitas pecintanya juga. Disinilah, Anda juga bisa sekaligus melakukan kegiatan promosi jenis ikan hias terbaru ataupun mendapatkan banyak pengetahuan.

Jangan lupa agar selalu menerima ide, kritik sekaligus saran dari para pecinta ikan lainnya. Itu tentu akan sangat berguna untuk perkembangan bisnismu tersebut. Terlebih lagi apabila Anda baru pertama kali terjun ke dalam dunia ini.

Lakukan Promosi Secara Online Untuk Tingkatkan Brand Awareness

Tips terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah jangan lupa agar melakukan promosi secara online. Tujuannya adalah buat meningkatkan brand awareness. Kegiatan promosi itulah mempunyai peran sangat penting untuk sebuah bisnis.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan buat promosi secara online yakni bisa melalui sosial media ataupun website. Dengan begitu maka peluang untuk mendapatkan pelanggan jauh lebih luas bisa didapatkan.

Jenis Ikan Hias Yang Banyak Dicari

Seperti yang sudah disinggung pada poin sebelumnya bahwa ketika akan memulai usaha ini maka harus memperhatikan jenis ikan yang akan dijual terlebih dahulu. Sebab setiap varietas mungkin mempunyai bentuk perawatan berbeda-beda bukan?

Jika Anda bingung jenis apakah yang dapat dijual maka berikut ini beberapa tipe dimana paling banyak diburu oleh pelanggan.

Mas Koki

Ini merupakan tipe ikan tawar dimana paling banyak dijual di kalangan menengah atas dan bawah. Mas koki sendiri termasuk ke dalam usaha ternak dengan profit menguntungkan dalam waktu singkat. Bagaimana tidak karena mas Koki sangat mudah bertelur sekaligus beranak pinak.

Cupang

Selain mas Koki, cupang juga dapat menjadi pilihan lainnya. Jangan khawatir karena usaha inipun juga sangat gampang dilakukan. Bahkan Anda dapat memulainya dengan cara membeli dua indukan jantan dan betina. Dengan sendirinya maka indukan cupang betina akan langsung beranak pinak.

Discus

Discus mempunyai beragam warna sekaligus memikat pandangan mata karena bentuk fisiknya memang sangat indah. Berasal dari perairan Amazon, Discus inipun mempunyai bentuk pipih seperti compact disk. Peminatnya pun juga berasal dari berbagai kalangan loh.

Arwana

Berasal dari Asia Tenggara dan dikenal juga dengan sebutan ikan Naga, predator inilah sangat mudah ditemukan di perairan Kalimantan ataupun papua. Di Indonesia, Arwana ternyata sering dijadikan sebagai pelengkap dekorasi rumah karena harga jualnya tinggi sekaligus keindahan dari bentuknya.

Corydoras

Hewan air tawar inilah mempunyai warna belang dan asalnya berasal dari perairan Amerika Selatan. Habitat aslinya ternyata berasal dari sungai amazon dan dikenal juga dengan sebutan ikan tikus. Apabila ingin membangun usaha tersebut, pastikan menyiapkan aquarium seperti habitat aslinya.

Tantangan Memulai Bisnis Ini

Apapun jenis bisnis yang akan Anda lakukan termasuk juga penjualan hewan hias inipun ternyata tidak bisa dilepaskan dari namanya tantangan. Oleh karena itulah, untuk meminimalisir agar tidak sampai terjadi, berikut beberapa tantangannya.

  • Belum menguasai ilmu secara lebih rinci mengenai ikan hias tersebut
  • Tidak langsung terjun ke dalam bisnis dan kurang aktif belajar
  • Pasang surut usaha sehingga sewaktu-waktu seseorang bisa mengalami gulung tikar.

Salah satu ide bisnis online yang bisa dijalankan adalah berjualan ikan hias satu ini. Selain tips diatas dalam memulai bisnis ikan hias online, maka jangan lupa lengkapi dengan website pengecekan resi lengkap hanya di resimu.net saja.

Tinggalkan komentar