Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Tips Beli Kosmetik di Online Shop Agar Tidak Tertipu Barang KW

Kosmetik menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kaum hawa, guna meningkatkan rasa percaya diri wanita. Beli kosmetik di online shop pun kerap dilakukan, karena lebih praktis dan tersedia banyak pilihan.

Berkat kemajuan teknologi, produk kecantikan bisa didapatkan dengan mudah melalui online. Produk kosmetik yang dijual oleh brand-brand ternama di platform online juga dibandrol dengan harga lebih murah dari toko offline.

Meskipun begitu dibalik kelebihan berbelanja kosmetik secara online, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tidak tertipu barang palsu. Simak tips membeli make-up di toko online berikut ini.

Tips Beli Kosmetik di Online Shop Agar Tidak Tertipu Barang KW

Beli Kosmetik di Online Shop

Meskipun berbelanja make-up secara online terlihat mudah dilakukan, namun faktanya hingga saat ini banyak seller abal-abal yang menjual kosmetik palsu dan berhasil menipu para konsumennya.

Padahal penggunaan produk kosmetik palsu sangat berbahaya terhadap kulit dan juga kesehatan. Karena itu sebagai pembeli harus teliti dan cermat dalam memilih, simak tips agar tidak tertipu produk palsu di bawah ini.

Baca Review Kosmetik

Sebelum memutuskan untuk mencari produk make-up di toko online, terlebih dahulu baca review kosmetik yang ingin dibeli di internet. Pahami ulasan dari kosmetik incaran melalui berbagai media sebut saja Instagram, Youtube, blog, majalah, dan lain-lain.

Dengan melihat ulasan terkait produk kosmetik tertentu dapat membantu Anda memahami keunggulan serta kekurangan barang tersebut, sehingga nantinya Anda dapat mempertimbangkan apakah tetap ingin membeli produk tersebut atau mencari brand lainnya.

Perhatikan Reputasi Toko Online

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memperhatikan reputasi toko online. Di sejumlah situs belanja online tersedia fitur informasi seputar reputasi pedagang, dan bisa dimanfaatkan untuk melihat testimoni serta rating yang dimiliki toko tersebut.

Semakin banyak testimoni positif serta rating bintang yang tinggi, maka pedagang tersebut dapat dipercaya dan direkomendasikan untuk berbelanja online. Selain itu perhatikan pula keaktifan pedagang serta seberapa banyak pengikutnya.

Perhatikan Kandungan dan Harga Produk

Pastikan produk kosmetik yang ingin dibeli tersebut asli dan aman dengan memperhatikan komposisi yang terkandung di dalamnya. Produk original tentu tidak mengandung bahan berbahaya seperti paraben atau merkuri, karena itu baca dengan teliti deskripsi produk.

Selain itu produk asli yang diedarkan secara resmi pasti terdaftar di BPOM. Untuk itu perhatikan apakah ada nomor BPOM yang dicantumkan di deskripsi produk tersebut atau tidak.

Selanjutnya kunjungi situs resmi dari brand kosmetik tersebut, cari tahu lebih lanjut apakah produk tersebut memiliki kode keamanan atau tidak. Selain itu perhatikan pula harga jual produk tersebut.

Karena umumnya harga di lapak online tidak jauh berbeda dari harga di official store-nya. Sehingga apabila harga di lapak online dibandrol jauh lebih murah, Anda patut menaruh kecurigaan karena bukan tak mungkin produk tersebut palsu.

Belanja di Online Store Resmi

Hampir seluruh brand kosmetik memiliki toko online resmi mereka sendiri di situs e-commerce ternama. Jika tidak ada, umumnya mereka menjual produk tersebut di website resminya ataupun melalui marketplace lainnya.

Karena itu pastikan Anda berbelanja di toko online resmi brand tersebut yang ditandai dengan simbol akun resmi. Pasalnya tak sedikit toko online kosmetik yang menjual produk make-up dari beragam brand namun barang yang dijual palsu.

Selain itu terdapat beberapa ciri yang umumnya ada di online store resmi dan tidak dapat ditemukan di lapak online abal-abal, mulai dari foto produk asli hingga layanan customer service :

  • Foto produk berkualitas tinggi dan asli.
  • Memiliki fitur keamanan.
  • Mencantumkan nomor telepon dan alamat yang jelas.
  • Menampilkan halaman testimoni pembeli.
  • Menyediakan customer service 24 jam.

Perhatikan Testimoni Pembeli Lainnya

Apabila Anda merasa masih kurang yakin dengan toko tersebut, perhatikan dengan baik testimoni dari pembeli lainnya. Apakah pembeli sebelumnya merasa puas dengan produk tersebut, atau justru meragukan keaslian produk.

Selain itu cermati foto testimoni yang disertakan oleh pembeli lainnya. Perhatikan dengan teliti mulai dari kemasan hingga isi, lalu bandingkan dengan foto produk aslinya yang bisa dilihat melalui website resminya.

Beli Produk Sampel untuk Uji Coba

Untuk melihat kecocokan produk dengan kulit wajah Anda, ada baiknya untuk membeli produk sampel terlebih dahulu. Umumnya produk impor dengan harga tidak murah menyediakan produk dalam kemasan mini untuk uji coba.

Tanyakan Garansi Produk

Setelah mendapatkan toko online yang dirasa paling tepat, sering-seringlah berkomunikasi dengan penjual. Ajukan pertanyaan terkait kosmetik yang ingin dibeli mulai dari fungsinya, cara pemakaian, garansi barang cacat atau rusak, dan lain-lain.

Rekomendasi Online Shop Kosmetik Terbaik

Rekomendasi online shop kosmetik

Tak perlu bingung mencari toko online kosmetik terpercaya, di bawah ini terdapat beberapa rekomendasi online shop yang menjual beragam produk kosmetik terbaik dan resmi, diantaranya :

Sociolla

Merupakan online store terlengkap dan terpercaya di Indonesia yang menawarkan beragam produk kecantikan wanita sebut saja kosmetik, perawatan kulit wajah, make up, skincare, hingga parfum.

Sociolla menjamin seluruh produk yang dijual resmi, aman, dan telah terdaftar. Fitur yang dihadirkan di situs resminya pun sangat lengkap, dengan beragam keunggulan platform mulai dari banyak diskon, promo, hingga free ongkos kirim.

Sephora

Sephora merupakan toko kosmetik kelas dunia dan memiliki lebih dari 100 merek kosmetik dari beragam kategori produk mulai dari make up atau tata rias, perawatan kulit, perawatan tubuh, rambut, parfum, serta produk selain merek Sephora.

Keunggulan dari platform ini adalah tersedia metode pembayaran tunai di tempat atau COD, sehingga bagi pembeli yang tidak memiliki kartu debit atau kredit tetap dapat berbelanja di platform ini.

Beauty Haul

Selanjutnya ada Beauty Haul, merupakan salah satu beauty e-commerce di Asia Tenggara yang menyediakan berbagai produk kecantikan, tools and skincare, serta make up terbaik dan 100% asli.

Fitur yang ada di situs marketplace-nya pun dapat membantu pembeli ketika berbelanja, karena terdapat beragam pilihan menu yang bisa dipilih mulai dari Shop By Brand, Shop By Concern, Shop By Categories, New Arrivals, Promotion, Sale, hingga Blog.

C&F Store

C&F Store menjadi toko online kecantikan dan parfum di Indonesia, dimana menyediakan beragam produk skincare, parfum, perawatan tubuh, rambut, hingga make up dari brand ternama.

Bagi Anda pecinta parfum, C&F Store menjual aneka parfum dari brand ternama mulai dari Aigner, Marc Jacobs, Elli Saab, YSL, dan puluhan merek parfum lainnya.

Untuk produk skin care dan make up yang ditawarkan pun datang dari brand ternama dunia sebut saja brand asal Korea Selatan Blithe, BanilaCo, hingga Cremorlab, serta brand kecantikan dari Prancis seperti Patyka dan Yves Rocher.

Althea Korea

Toko online ini sangat direkomendasikan bagi penggemar produk kecantikan Korea, karena menghadirkan beragam merek unggulan Korea sebut saja Etude, Nature Republic, Laneige, Missha, Innisfree, dan lain sebagainya. Harganya pun lebih murah dibandingkan di toko offline.

Itulah tips beli kosmetik di online shop, agar tidak tertipu barang palsu. Semoga bermanfaat.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar

x