Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Tips Beli HP di Online Shop, Belanja Aman Anti Tipu-tipu

Kehadiran toko online dan marketplace di era digital ini memudahkan penggunanya ketika ingin berbelanja. Contohnya beli HP di online shop, lebih mudah dan praktis tanpa perlu keluar rumah.

Pasalnya membeli smartphone di online store menjadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan. Tak heran karena kemudahan dan harga yang ditawarkan, serta jenis yang ada lebih bervariatif dibandingkan toko offline.

Seiring maraknya tren belanja online, pembeli hanya perlu duduk di rumah menunggu barang datang. Namun membeli ponsel melalui online diperlukan kehati-hatian agar tidak tertipu, karena itu simak tipsnya berikut ini.

Beli HP di online shop

Beli HP di Online Shop

Membeli ponsel kini tak perlu keluar rumah untuk mendatangi counter, karena bisa dilakukan melalui online shop. Namun dibalik kemudahannya, terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar tidak tertipu oknum olshop nakal yang menipu konsumennya.

Kenali Reputasi Penjual

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali reputasi penjual. Pasalnya banyak online shop yang menawarkan smartphone di bawah harga pasaran dengan berbagai penawaran menarik lainnya.

Sebut saja harga iPhone 11 di toko resminya dibandrol Rp 9 jutaan, namun di olshop non resmi ada yang menjual murah hanya Rp 5 jutaan. Para calon pembeli tentu bisa terkecoh ketika melihat penawaran tersebut.

Karena itu terlebih dahulu periksa reputasi online shop tersebut, bagaimana ulasan di toko mereka apakah baik atau sebaliknya, bagaimana pelayanannya apakah ramah, dan lain sebagainya.

Selain itu periksa alamat toko melalui Google My Business untuk melihat apakah olshop tersebut juga memiliki toko fisik. Karena toko yang telah terdaftar di Google My Business memiliki ulasan baik dan terbukti bukan fiktif.

Pilih Official Store

Umumnya brand HP ternama seperti Oppo, Samsung, iPhone, dan lain-lain memiliki official store-nya sendiri di situs marketplace. Cara mengenali toko resmi mereka pun mudah, karena umumnya pihak e-commerce akan memberikan tanda khusus di toko mereka.

Selain itu perhatikan performa chat, jumlah pengikut, serta penilaian yang diberikan dari para konsumennya. Karena umumnya toko resmi memiliki performa chat tinggi, jumlah pengikut hingga jutaan, serta penilaian baik dengan bintang tinggi.

Hindari Membeli Langsung Dari Sosial Media

Tak sedikit olshop yang menawarkan ponsel secara online hanya melalui sosial media, tanpa adanya perantara website ataupun online store di e-commerce. Hal tersebut perlu diwaspadai.

Karena ketika konsumen membeli melalui toko online di sosmed, maka tidak ada jaminan keamanan bahwa penjual tersebut merupakan seller asli dan tidak fiktif. Bukan tak mungkin suatu saat penjual tiba-tiba kabur padahal uang sudah dibayarkan.

Baca Deskripsi Barang

Deskripsi barang perlu dibaca dan dipahami dengan jelas sebelum melakukan pembelian secara online. Pasalnya setiap produk memiliki spesifikasi berbeda dan harus diketahui sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pastikan produk tersebut spesifikasinya telah sesuai dengan yang diinginkan, harganya pun telah sesuai dengan harga di pasaran. Selain itu baca dengan teliti apakah barang tersebut disertai garansi atau tidak, apakah garansi resmi atau hanya distributor.

Pilih Pengiriman Barang Plus Asuransi

Terdapat beragam ekspedisi yang ditawarkan oleh pihak penjual online. Namun karena barang yang akan dibeli bernilai tinggi dan rawan rusak, maka pilih jasa pengiriman yang disertai dengan asuransi.

Meskipun harus membayar biaya tambahan untuk asuransi, namun apabila nanti terjadi kerusakan atau kehilangan pembeli tidak perlu merasa khawatir karena barang telah terlindungi oleh asuransi.

Periksa Customer Service Penjual

Selain itu pastikan penjual tersebut memiliki kontak yang jelas atau customer service yang bisa dihubungi apabila terjadi suatu permasalahan seperti kerusakan pada ponsel, atau sekedar untuk bertanya-tanya terkait produk tersebut.

Pasalnya toko online terpercaya akan memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya tak terkecuali layanan customer service, dimana dapat dihubungi kapan saja ketika konsumen memerlukan bantuan terkait produk yang dibeli.

Pilih Metode Pembayaran Paling Aman

Setelah memasukkan HP ke dalam keranjang, saatnya check out dan masuk ke tahap pembayaran. Disarankan untuk tidak memilih kartu kredit sebagai metode pembayaran meskipun membeli di toko online besar, karena data riskan diretas atau dicuri.

Sebaliknya, pilih metode pembayaran seperti Cash on Delivery (COD) atau membayar tunai ketika barang datang. Tak jarang online shop yang menawarkan metode pembayaran ini, sehingga apabila barang tidak sesuai pesanan bisa dikembalikan dan transaksi dibatalkan.

Pahami Ketentuan Pengembalian Barang

Meskipun pihak penjual telah melindungi barang dengan maksimal seperti melapisinya menggunakan pengaman seperti bubble wrap, namun kerusakan barang ketika proses pengiriman dapat terjadi karena barang terlempar atau terjatuh.

Di beberapa kasus tak jarang pembeli harus mengembalikan barang tersebut karena kondisi kerusakannya cukup parah. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pahami dengan baik bagaimana ketentuan pengembalian barang dari online shop yang bersangkutan.

Rekomendasi Online Shop HP Terpercaya

Tak perlu bingung mencari online shop khusus ponsel yang terbukti terpercaya, karena di bawah ini terdapat rekomendasi online store di e-commerce ternama seperti Shopee serta website resminya.

iBox Official Shop

iBox merupakan reseller resmi beragam produk Apple serta telah membuka banyak outlet di pusat perbelanjaan di Indonesia. Sehingga tak hanya menjual produk melalui offline, iBox juga memasarkan produk Apple melalui online store di marketplace.

Di toko resminya seperti di e-commerce Shopee, terlihat iBox Official Shop memiliki pengikut hingga 1,3 juta. Rating penilaiannya pun baik yakni bintang 4.9.

  • Link Shopee resmi https://shopee.co.id/iboxofficial
  • Link website https://ibox.co.id/

Samsung Official Shop

Samsung Official Shop merupakan toko online resmi terpercaya yang menawarkan produk unggulan dari Samsung mulai dari smartphone, tablet, mobile accesories, watch, TV, mesin cuci, dan masih banyak lagi.

Toko resmi Samsung Official Shop di Shopee memiliki pengikut sebanyak 1,6 juta dengan penilaian tinggi yakni 4.9. Selain itu tak jarang pula official store dari Samsung ini menawarkan promo dan diskon menarik bagi para konsumennya.

  • URL Shopee https://shopee.co.id/samsung.official
  • URL website https://www.samsung.com/id/smartphones/galaxy-z-flip4/?page=home

Erafone Official Shop

Nama Erafone mungkin tak asing bagi mereka yang kerap berbelanja HP. Selain memiliki outlet resmi di beragam pusat perbelanjaan di Indonesia, toko resmi Erafone juga hadir di e-commerce dengan reputasi yang baik yakni rating 4.9.

Erafone Official Shop menjual lebih dari 400 produk dari berbagai brand ternama sebut saja Samsung, Oppo, Xiaomi, Apple, Vivo, Huawei, Nokia, dan masih banyak lagi.

  • Link Shopee resmi https://shopee.co.id/erafonedotcom
  • Link website https://eraspace.com/eraspace/galaxylaunchpack-5037

Xiaomi Official Store

Produk keluaran Xiaomi masih menjadi primadona hingga saat ini, tak heran jika Xiaomi menghadirkan online shop di Shopee Mall dan hingga saat ini telah diikuti sebanyak 1,9 juta pengguna. Performa chatnya 99%, dengan penilaian 4.9.

Menjual sebanyak lebih dari 260 produk, pembeli dapat melihat beragam kategori di toko online ini mulai dari smartphone, smart TV, wearables, home appliances, dan kategori lainnya.

  • URL Shopee https://shopee.co.id/xiaomi.official.id
  • URL website https://www.mi.co.id/id/index.html

Itulah tips beli HP di online shop. Untuk meningkatkan rasa aman, lacak barang kiriman melalui Resimu.net. Cek resi lebih mudah di https://resimu.net/ tanpa memilih kurir, lebih praktis dan cepat.

Tinggalkan komentar