Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

7 Teknik Jualan Online Ampuh Agar Selalu Banjir Orderan

Salah satu pebisnis sukses Dewa Eka Prayoga pernah membagikan beberapa teknik jualan online agar selalu ramai pembeli. Teknik ini sangat penting agar pebisnis bisa mendapatkan omzet lebih besar dari sebelumnya.

Seperti kita ketahui, persaingan di bisnis online memang sangat ketat karena pemainnya mencapai jutaan orang. Oleh karena itu, berjualan asal-asalan saja pasti tidak akan membuahkan hasil yang maksimal.

Sebagai solusinya, Anda bisa mempelajari beberapa teknik berikut ini dan langsung menerapkannya. Dengan demikian, diharapkan bisnis Anda bisa bertahan atau bahkan berkembang jauh lebih pesat sesegera mungkin.

Berbagai teknik jualan online

Teknik Jualan Online ala Dewa Eka Prayoga

Sebenarnya ada 30 teknik jualan yang beliau ajarkan. Akan tetapi, berikut ini adalah yang paling mudah untuk dilakukan dan terbukti mampu meningkatkan penjualan Anda.

1. Pertanyaan pilihan

Teknik jualan online yang pertama adalah menggunakan pertanyaan pilihan. Cara ini sangat penting untuk dipelajari, terutama bagian customer service karena cukup menentukan apakah orang akan melakukan pembelian.

Pada dasarnya, konsep teknik ini adalah memberikan pilihan yang memaksa secara terselubung agar calon pembeli tetap melakukan transaksi. Beberapa contoh pertanyaan tersebut antara lain sebagai berikut.

  • Apakah Bapak ingin membeli varian A atau varian B?
  • Apakah ingin transfer sekarang atau nanti sore?
  • Mau beli satu atau bundle?

Pertanyaan di atas seakan-akan menggambarkan bahwa mereka pasti akan membeli. Hal tersebut tentu berbeda jika dibandingkan dengan pertanyaan iya tidak seperti “Apakah Bapak jadi membeli?”

Cara ini sudah terbukti mampu meningkatkan potensi terjadinya closing. Jadi, silakan Anda pelajari bagaimana membuat pertanyaan pilihan yang tepat.

2. Ya ya ya

Alasan kenapa teknik jualan online ini dinamakan Ya Ya Ya adalah karena kita akan memberikan pertanyaan kepada calon pembeli yang memaksa untuk menjawab dengan “Ya” sebanyak minimal 3 kali. Cara ini membutuhkan sedikit keterampilan tetapi hasilnya luar biasa.

Sebagai contoh, apabila Anda ingin berjualan produk skincare penghilang jerawat maka bisa menggunakan urutan pertanyaan berikut.

  • Apakah Anda memiliki masalah jerawat yang membandel?
  • Apakah Anda ingin mempunyai kulit wajah yang halus?
  • Apakah Anda merasa tidak percaya diri karena jerawat?
  • Apakah Anda ingin segera mendapatkan solusi terbaik untuk masalah tersebut?

Biasanya setelah mengajukan beberapa pertanyaan tersebut, pikiran bawah sadar mereka akan menganggap bahwa Anda mengerti permasalahan mereka. Itu akan membuat kepercayaan menjadi meningkat dan berpotensi berujung pada pembelian.

Untuk membuat daftar pertanyaan ini, Anda harus benar-benar tahu masalah dan keinginan calon pembeli Anda. Kemudian, pastikan bahwa produk Anda adalah solusi yang tepat atas permasalahan tersebut.

3. Kelangkaan

Pada dasarnya, semakin langka suatu barang maka semakin tinggi pula permintaan yang terjadi. Inilah salah satu teknik jualan online yang cukup ampuh, yakni menggunakan faktor kelangkaan.

Untuk menerapkan, Anda bisa mengatakan kepada calon pembeli bahwa stok produk Anda tidak banyak dan mungkin membutuhkan waktu lama untuk ready stok kembali. Dengan begitu, mereka akan merasa gelisah jika tidak membeli produk tersebut saat ini juga karena takut kehabisan.

Akan tetapi, untuk menggunakan teknik ini pastikan bahwa produk Anda memang benar-benar berkualitas dan sudah dikomunikasikan secara tepat hingga calon pembeli tertarik. Tanpa ada ketertarikan, cara ini akan percuma karena mereka merasa tidak masalah jika tidak membelinya.

4. Harga coret

Teknik jualan online yang satu ini pasti sering sekali Anda lihat baik di promosi online maupun offline seperti di supermarket. Pasalnya, harga coret adalah salah satu trik psikologi untuk membuat kesan harga sebuah barang terlihat lebih murah.

Sebagai contoh, jika harga jual produk Anda adalah Rp50.000,00, maka jangan langsung tuliskan angka tersebut begitu saja. Lebih baik pajang harga lebih tinggi seperti Rp100.000,00, kemudian coret dan ganti dengan Rp50.000,00.

Cara ini akan membuat calon pembeli merasa menghemat uang Rp50.000,00 ketika membeli produk tersebut. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan rentang harga yang tidak masuk akal karena justru akan membuat calon pembeli kurang percaya.

5. Cross selling

Cross selling merupakan teknik jualan online untuk menawarkan produk lain dari satu toko yang sama. Teknik ini kerap digunakan oleh brand-brand besar seperti KFC yang menawarkan French Fries ketika Anda membeli ayam goreng atau minimarket yang menawarkan roti ketika Anda membeli barang lainnya.

Meski begitu, bisnis Anda tidak harus besar terlebih dahulu untuk bisa mengaplikasikan teknik tersebut. Kuncinya adalah Anda perlu memiliki beberapa pilihan produk yang relevan, misalnya berjualan perlengkapan dapur.

Ketika seseorang membeli pisau dapur dari Anda, cobalah untuk menawarkan produk lain yang masih satu tema seperti telenan, asahan pisau, pengupas bawang, dan sebagainya. Tentu saja penawaran itu harus dikemas sebaik mungkin agar tidak terkesan memaksa pembeli.

6. Up selling

Jika cross selling adalah menawarkan produk lain, maka up selling adalah teknik jualan online untuk menawarkan produk yang sifatnya eskalasi, baik dari segi kualitas maupun harga. Biasanya teknik ini kerap dilakukan pada bisnis kursus online.

Sebagai contoh, Anda ingin menjual kursus online bermain gitar. Alih-alih langsung menawarkan jasa privat bermain gitar dengan harga Rp150.000,00 per pertemuan, Anda bisa menawarkan terlebih dahulu ebook dasar bermain gitar seharga Rp15.000,00.

Karena harganya cukup murah, maka kemungkinan besar produk tersebut akan lebih mudah laku. Kemudian, di ebook tersebut Anda tuliskan bahwa untuk belajar lebih lanjut, mereka bisa membeli kursus online Anda senilai Rp99.000,00.

Orang yang tertarik untuk belajar biasanya akan mengambil kesempatan tersebut. Setelah mengikuti kursus online, barulah Anda mulai menawarkan lagi apakah ingin mendapatkan bimbingan privat untuk belajar lebih detail dengan harga Rp150.000,00 setiap pertemuan.

Jika dihitung-hitung, ketika arus tersebut berjalan dengan baik, dari satu klien saja Anda sudah bisa mendapatkan sekitar Rp250.000,00. Tentu saja ini lebih menguntungkan dibandingkan langsung menawarkan privat seharga Rp150.000,00.

7. Story telling

Teknik jualan online yang terakhir adalah bercerita atau kerap disebut juga dengan story telling. Cara ini sangat ampuh terutama untuk menarik perhatian calon konsumen baru yang belum mengenal Anda sebelumnya.

Hanya saja, untuk bisa membuat cerita yang baik tentu dibutuhkan kreativitas dan keterampilan menulis. Namun, tenang saja karena semua itu bisa dipelajari dan sudah banyak panduan di internet.

Silakan Anda sisihkan waktu sekitar 1 hingga 2 jam untuk belajar, maka dalam satu bulan Anda sudah bisa menulis cerita yang menarik. Memang teknik jualan online ini tidak akan langsung menghasilkan konversi penjualan, namun sangat bagus untuk melakukan branding atau mendapatkan interaksi.

Semakin baik cerita yang Anda buat, semakin cepat pembaca percaya kepada Anda. Dampaknya, ketika kepercayaan sudah terbentuk, produk yang Anda tawarkan akan lebih mudah mendapatkan penjualan.

Jadi, silakan pelajari semua teknik jualan online di atas apabila ingin merasakan perkembangan bisnis yang cukup cepat. Memang dibutuhkan waktu untuk belajar namun hasilnya tentu akan sangat sebanding.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar