Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

6 Tantangan Bisnis Online dan Strateginya, Bisa Optimalkan Usaha

Sebelum Anda memutuskan buat menjalankan usaha ini maka perlu mengetahui beberapa tantangan bisnis online dan strateginya. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena memang dalam berjualan secara digital bukanlah hal mudah terutama dengan semakin meningkatkan jumlah pesaing.

Nantinya, Anda bukan hanya bertugas menjual suatu produk saja tetapi juga banyak aspek dimana menjadi tantangan serta berpengaruh terhadap keberhasilan dari usaha online tersebut.

Beberapa hal dimana perlu diperhatikan tersebut seperti konsumen, kepercayaan mereka hingga menghadapi para competitor.

Tantangan Bisnis Secara Online Lainnya Yang Harus Dihadapi

Tantangan Bisnis Online dan Strateginya

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa berjualan secara digital memang sudah tidak mudah seperti beberapa tahun lalu. Itu karena telah banyak perusahaan dimana menerapkan sistem marketing satu ini dan belum lagi pebisnis yang menjual produk serupa dengan milik Anda.

Oleh karena itulah apabila Anda ingin mencoba untuk membangun usaha online maka terdapat beberapa hal dimana perlu disiapkan terlebih dahulu. Termasuk juga dengan memahami tantangan bisnis online dan strateginya dibawah ini.

Kompetitor atau Pesaing

Anda pastinya sudah tahu bahwa competitor menjadi tantangan paling utama dalam menjalankan suatu usaha bukan. Dengan berkembangnya zaman itulah, terdapat banyak competitor yang harus Anda hadapi tersebut.

Mereka sebenarnya bukan hanya menjadi seorang pesaing saja tetapi juga bisa menjadi contoh bagi perusahaan lainnya dalam belajar. Terlebih lagi kalau perusahaan tersebut lebih besar dibandingkan dengan milik Anda.

Disinilah tidak ada salahnya buat melihat bagaimana cara mereka dalam berjualan dan dapat menerapkannya juga. Tujuannya adalah agar Anda bisa sejajar atau bahkan lebih dari posisi mereka tersebut.

Menentukan Target Pasar

Jualan secara online itulah ternyata akan sangat bergantung pada ketepatan waktu sekaligus dalam upaya menentukan audiens nantinya. Itulah pentingnya agar melakukan riset pasar sehingga tidak sampai salah dalam memilih target pasar.

Cobalah mempelajari sekaligus mencaritahu apa yang dibutuhkan oleh para audiens tersebut. Apabila telah diketahui masalah yang dihadapi maka cocokkan dengan manfaat produk dimana Anda tawarkan tersebut. Disinilah pentingnya agar memastikan bahwa produkmu menjadi solusi buat mereka.

Apabila perhatian mereka sudah didapatkan maka Anda bukan hanya menyajikan lewat produk saja tetapi juga menyajikan materi konten jualan dimana relevan dengan minat mereka. Adapun konten produk dapat berupa banyak hal mulai dari artikel blog hingga video Tiktok, Reels ataupun Youtube.

Adanya Perkembangan Teknologi

Tantangan bisnis online lainnya dimana pasti dihadapi oleh seller adalah perkembangan teknologi. Ya, ketika Anda sudah memutuskan buat terjun ke dalam dunia ini maka harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Jika sebelumnya, Anda berjualan secara tradisional atau offline maka harus bersiap-siap buat masuk ke media sosial, lanjut ke toko online pribadi ataupun platform online lain. Tentunya juga harus disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing dari para pebisnis.

Pastikan juga bahwa Anda mempunyai penguasaan mengenai digital marketing. Skill ini sangat dibutuhkan ketika melakukan promosi produk melalui media sosial, chat online, video dan masih banyak lagi.

Tantangan Bisnis Secara Online Lainnya Yang Harus Dihadapi

Selain beberapa tantangan yang ada diatas, ternyata masih ada tantangan lainnya dimana kemungkinan besar juga akan dihadapi oleh para pebisnis loh. Disinilah pentingnya sebagai seorang pelaku usaha harus mau mengetahuinya sehingga dapat meminimalisir tantangan berikut.

Penipuan

Perlu diingat bahwa penipuan juga menjadi tantangan tersendiri ketika Anda mulai membangun usaha digital tersebut. Penipuan di internet ternyata bukanlah suatu hal baru lagi dan apabila sampai terjadi ternyata dapat menyebabkan sejumlah kerugian.

Disinilah pentingnya sebagai seorang pebisnis memang harus berhati-hati agar tidak sampai terkena jebakan dari para penipu. Perlu diketahui juga bahwa penipuan bukan hanya mempunyai target pada konsumen saja tetapi juga para pembeli.

Salah satu bentuk dari penipuan dalam bisnis online adalah pembeli fiktif hingga adanya ulah hacker dimana siap untuk merusak aktivitas bisnis Anda tersebut.

Konsumen Yang Banyak Mau

Ketika Anda akan berjualan online maka berbagai macam karakter dari pembeli tentu akan ditemukan bukan. Mulai dari pembeli yang selalu menerima apa adanya hingga konsumen yang banyak maunya sekaligus.

Bahkan tidak sedikit dari mereka sering mencari-cari kesalahan pada pihak seller. Hingga pada akhirnya mereka justru tidak jadi melakukan pembelian tersebut. Disinilah tentu akan membuat seorang penjual mereka kesal bukan terlebih lagi karena sudah meluangkan waktu lebih untuk mereka.

Walaupun demikian, anda tetap harus menjadi seorang pebisnis yang professional dan harus memberikan layanan terbaik kepada mereka tersebut.

Layanan dan Pengiriman

Kendala atau tantangan lainnya dimana sering dihadapi oleh seorang pebisnis adalah berkaitan dengan adanya pengiriman nantinya. Pengiriman yang terlambat atau kondisi paket rusak itulah tentu akan membuat para konsumen kecewa sekaligus dapat menghambat kegiatan bisnis tersebut.

Oleh karena itulah untuk mengantisipasi hal tersebut maka kami sarankan agar selalu menggunakan jasa pengiriman terbaik dan jangan lupa melakukan pengecekan resi hanya di resimu.net sehingga bisa mendapatkan informasi lebih cepat.

Adanya Perang Harga Dengan Kompetitor

Tantangan Bisnis Online dan Strateginya Cek Dibawah

Selain masalah yang ada diatas, sebenarnya masih ada tantangan lainnya dimana pasti akan dihadapi oleh seorang pebisnis yakni adanya perang harga. Adapun tujuan mematok harga murah dibandingkan dengan competitor adalah supaya mendapatkan lebih banyak konsumen.

Karena itulah tidak sedikit antar pengusaha saling melakukan perang harga tersebut. Bahkan berkeinginan untuk bisa memberikan harga paling mudah dibandingkan dengan yang lainnya. Nah disinilah pentingnya sebagai seorang pebisnis harus memahami bagaimana cara mengatasi adanya perang harga tersebut:

  • Silahkan tambahkan nilai produk mulai dari kualitas layanan, mempercepat pengiriman hingga menambah bonus dengan begitu agar terhindar dari namanya perang harga
  • Jangan lupa sebagai seorang penjual yang professional, Anda juga harus terus melakukan inovasi untuk menarik lebih banyak pelanggan
  • Cobalah buat mendekatkan diri dengan pelanggan seperti mudah diajak berkomunikasi serta ramah ketika ada yang bertanya. Dengan cara itulah maka dapat menjaga loyalitas dari mereka
  • Hindari juga memilih lokasi atau tempat berjualan online dimana banyak pesaing didalamnya karena jika dilakukan tentu akan mempersulit kegiatan bisnis.

Masalah Keuangan dan Cara Mengatasinya

Tantangan satu ini tentu juga akan dihadapi oleh semua pemilik bisnis online. Walaupun cukup mudah, tetapi ternyata mengelola keuangan bukanlah menjadi hal sederhana. Apabila tidak pandai dalam mengelolanya, maka bukan tidak mungkin usaha akan kehabisan stock begitu saja.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan buat mengatasi adanya kesulitan keuangan dalam menjalankan bisnis:

  • Pastikan Anda memisahkan keuangan pribadi dengan perusahaan agar memberikan kemudahan dalam mengaturnya
  • Meminimalisir pengeluaran didalam bisnis terutama untuk hal-hal yang kurang penting
  • Melakukan inovasi ketika sedang menghadapi kondisi keuangan yang sulit
  • Cobalah sisihkan pendapatan perusahaan buat melakukan research and development.

Dalam berjualan secara digital, potensi untuk mendapatkan keuntungan memang cukup besar tetapi dibalik itu semua terdapat beberapa hal dimana harus dihadapi dahulu. Sudah tahu bukan tantangan bisnis online dan strateginya dimana harus dipahami pebisnis.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar