Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Strategi Digital Bisnis Kopi Bubuk Online untuk Pemasaran Lebih Luas

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika bisnis kopi atau bisnis kopi bubuk online punya prospek yang menggiurkan. Hal tersebut terlihat dari semakin banyaknya kedai kopi yang ada di Indonesia.

Peningkatan minat tersebut tidak lain karena memang masyarakat Indonesia ini tidak bisa dipisahkan dari yang namanya kopi. Mulai dari pagi, siang, sampai dengan malam jika tanpa kopi pasti terasa kurang.

Namun, meskipun memang minat yang ada di masyarakat pada kopi sangat tinggi, Anda tidak bisa sebarangan asal bisnis kopi. Untuk itu, perhatikanlah beberapa hal ini sebelum mulai bisnis kopi.

bisnis kopi bubuk online

Perkembangan Digital Mengubah Strategi

Kita semua pasti sepakat bahwa perkembangan teknologi digital di dunia saat ini sangatlah pesat. Perkembangan tersebut membuat berbagai hal seperti bisnis bisa dijalankan secara online.

Salah satu yang ikut beradaptasi dengan penjualan secara online tersebut adalah bisnis kopi bubuk online. Selain menjual kopi secara fisik atau di toko, para penjual kopi bubuk tersebut juga mulai memasarkan produknya secara online.

Semua perubahan tersebut dapat terjadi karena memang digital marketing tersebut adalah cara paling efektif saat ini. Bahkan, sekarang semua orang hanya bermodalkan HP dan kuota internet saja bisa langsung berjualan online.

Selain itu, perkembangan internet saat ini juga membuat masyarakat banyak mengakses media sosial ataupun platform online lainnya. Jadi, lewat penjualan secara online ini, produk Anda otomatis bisa dikenal banyak orang dengan mudah.

Cara Bisnis Kopi Bubuk Online

Meskipun membuka usaha kopi secara online sangatlah mudah dilakukan, bukan berarti menjamin Anda bisa langsung sukses di bidang ini. Pasalnya, terdapat ratusan atau bahkan ribuan pesaing yang siap menjadi kompetitor Anda.

Oleh karena itu, dibutuhkan strategi penjualan yang tepat agar bisnis kopi bubuk online Anda bisa bersaing di pasar. Nah, berikut ini adalah beberapa strategi jitu bagi Anda yang ingin terjun ke dunia jualan bubuk kopi.

1. Pilihlah Supplier Kopi Berkualitas dan Terpercaya

Untuk mulai menjalankan bisnis kopi bubuk online, pastinya hal pertama yang penting disiapkan adalah mencari pemasok atau supplier kopi. Dalam memilih pemasok tersebut, Anda harus bisa mencari yang sudah terpercaya dan berkualitas.

Selain itu, pastikan juga bahwa Anda sudah mempunyai taste cita rasa tersendiri tentang jenis kopi yang ingin digunakan. Hal ini sangat penting karena sebagai penjual kopi bubuk, paling tidak Anda harus mengerti tentang karakter kopi.

Apabila sudah mempunyai dasar terhadap cita rasa dan karakter dari berbagai macam jenis kopi, maka Anda bisa menilai sendiri kualitas dari pasokan biji kopi. Hal itu juga sekaligus menjadi kemampuan dasar untuk quality control.

Untuk bisa mendapatkan pemasok biji kopi terbaik, Anda dapat mencoba untuk mengumpulkan berbagai macam referensi. Anda bisa mencarinya melalui internet ataupun berkenalan dengan berbagai pengusaha kopi di sekitar Anda.

Setelah berhasil mengumpulkan beberapa nama pemasok untuk bisnis kopi Anda, mulailah untuk mengeliminasi sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda bisa menemukan pemasok yang tepat sebagai mitra bisnis.

2. Lakukan Targeting dan Segmenting Market

Cara kedua yang perlu dilakukan agar bisnis kopi bubuk online bisa sukses adalah melakukan targeting pasar dan juga segmenting. Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda bisa menjual produk bubuk kopi ke target yang tepat.

Dalam mencari target market yang tepat, Anda bisa mencoba untuk melakukan survei dengan memetakan target dalam beberapa kategori. Anda dapat menggolongkan target berdasarkan usia, kelamin, tempat tinggal, minat, dan lain sebagainya.

Dengan mempunyai target market yang jelas, Anda bisa menentukan strategi yang tepat untuk menjual produk. Selain itu, adanya target tersebut bisa membuat penjualan menjadi lebih terfokus sehingga dapat lebih maksimal.

Strategi Marketing Online Bisnis Kopi Bubuk Online

Setelah mengetahui cara dasar dalam berbisnis kopi bubuk, berikutnya Anda juga harus tahu tentang strategi jualan online-nya. Hal ini sangat penting mengingat dalam hal ini Anda akan berjualan bubuk kopi secara online ke masyarakat.

Secara umum, terdapat beberapa tahapan penting bagi bisnis Anda agar dapat sukses menjual secara online. Berikut ini adalah langkah serta strategi yang tepat untuk melakukan pemasaran produk kopi Anda secara digital.

1. Manfaatkan Influencer Untuk Promosi Produk

Strategi pertama dalam memasarkan produk bisnis kopi bubuk online adalah dengan memanfaatkan influencer. Hal tersebut memang belakangan ini sedang cukup populer dilakukan oleh para pengusaha untuk meningkatkan penjualan produk.

Seperti kita ketahui, para influencer pastinya mempunyai banyak sekali pengikut di laman sosial media mereka. Nah, apabila produk Anda dipromosikan oleh mereka, maka otomatis akan ada banyak sekali engagement yang didapatkan.

Namun, hal yang perlu diperhatikan saat bekerja sama dengan influencer ini adalah pastikan jika orang tersebut juga punya kesukaan pada kopi. Dengan begitu, proses promosi yang dilakukan dapat lebih natural dan efektif.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa untuk bisa bekerja sama dengan para influencer ini tidaklah murah. Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat untuk menggunakan jasa para influencer untuk promosi produk, persiapkanlah dana yang besar.

2. Promosikan Produk di Sosial Media

Apabila memang tidak memungkinkan untuk menggaet influencer sebagai media promosi, maka Anda tidak perlu khawatir. Manfaatkan saja berbagai macam platform media sosial secara gratis untuk promosi produk.

Langkah untuk menggunakan cara ini sangatlah mudah, yakni Anda tinggal buat saja berbagai akun media sosial yang populer. Sebagai contoh, Anda bisa buat akun official toko pada media sosial seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

Nantinya, lewat akun sosial media tersebut, Anda dapat memberikan informasi seputar kopi dan juga produk yang dijual. Nah, agar bisa mendapatkan simpati atau perhatian dari pengguna sosial media, Anda harus memberikan promosi menarik.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu menggunakan bahasa yang ramah dan sopan setiap berinteraksi dengan follower. Hal itu selain menunjukkan attitude toko yang bagus, sekaligus juga bisa menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.

3. Manfaatkan Ads di Sosial Media

Strategi bisnis kopi bubuk online selanjutnya adalah dengan memanfaatkan ads yang ada di sosial media. Anda bisa mencoba promosi produk menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads, ataupun Google Ads.

Namun, seperti halnya menggunakan bantuan dari influencer, promosi lewat ads ini juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Meski begitu, menggunakan ads ini termasuk cara paling ampuh untuk membuat bisnis Anda dikenal masyarakat.

4. Buat Website Toko Official

Strategi berikutnya dalam memulai bisnis kopi online adalah dengan membuat website official. Adanya website bisa menjadi salah satu bukti bahwa bisnis Anda memanglah dilakukan secara profesional.

Selain itu, website tersebut juga bisa digunakan untuk menjelaskan dan memperkenalkan produk bubuk kopi Anda. Untuk membuat web tersebut, Anda bisa membuatnya sendiri ataupun menggunakan jasa pembuatan web profesional.

Kurang lebih itulah tadi berbagai cara dan strategi bisnis kopi bubuk online yang wajib untuk diketahui. Dengan menggunakan strategi penjualan digital yang tepat, apapun jenis usaha online yang dijalankan pasti dapat meraih kesuksesan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar