Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Status Paket Anteraja Tidak Bergerak, Ini Dia Solusinya!

Status paket Anteraja tidak bergerak adalah fenomena yang mungkin Anda pernah alami atau sedang Anda alami saat ini. Rasa kesal dan marah merupakan respons yang wajar jika sudah mendapati status tersebut muncul. Apalagi, jika status tidak bergerak tersebut benar-benar tidak bergerak dalam waktu lama.

Rasa penasaran dan bingung muncul kemudian, dengan pertanyaan kenapa status tersebut bisa muncul. Ada beberapa penyebab kenapa status paket tidak bergerak. Penyebabnya bisa karena terlambat update status oleh petugas sampai terjadi kendala operasional yang tidak diduga dan diprediksi sebelumnya.

Solusi untuk mengatasi masalah tersebut sangat sederhana dan mungkin sudah Anda lakukan saat ini. Solusinya tentu saja dengan melaporkannya ke pihak Anteraja. Dengan melakukan pelaporan, Anda bisa mengetahui status sebenarnya, alasan permasalah, sekaligus memberikan kepada pihak pengirim paket.

Tentang Status Paket Anteraja Tidak Bergerak

Status paket Anteraja yang tidak bergerak adalah status yang sama sekali tidak berproses sesuai dengan jangka waktu yang berlaku. Contohnya, status pengiriman “parsel sudah tiba di hub” yang bertahan lebih dari 1 hari bahkan bisa sampai 3 hari. Status yang bertahan lama (tidak bergerak) tersebut adalah anomali.

Mana mungkin “parsel yang sudah tiba di hub” tersebut tidak diproses untuk masuk ke fase lain. Maka dari itu, status yang tidak bergerak tersebut dijamin menimbulkan kebingungan. Pada suatu kondisi, bahkan status paket tidak berubah masih terjadi ketika paket yang dikirim sudah mencapai tujuan dan diterima.

Dalam pengiriman paket, terdapat status dalam pengiriman yang bisa mengalami fenomena tidak bergerak.

  • Parsel Sedang Diproses di Hub

Status ini menandakan bawah parsel atau paket sudah diterima dan sedang dikumpulkan di hub atau pusat pengumpulan barang. Di sini, barang tidak hanya disimpan tetapi diurutkan dan diseleksi sesuai dengan tujuan pengiriman. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan proses ini adalah sekitar 1 sampai 2 hari.

  • Parsel Sedang Menuju Staging

Setelah dikumpulkan dan disortir di hub, paket tersebut akan dikirim ke staging store. Staging store adalah semacam kantor cabang. Jadi, status ini menunjukkan bahwa parsel sedang dikirim ke kantor cabang terdekat. Proses pengantaran ini umumnya memerlukan waktu yang singkat, yaitu sekitar 1 hari saja.

  • Parsel Keluar dari Hub

Parsel yang akan menempuh perjalanan jauh ini akan diantar ke beberapa hub di beberapa kota. Bukan tidak mungkin parsel ini akan mampir untuk melakukan transit di sana. Proses ini memakan waktu 2-3 hari. Waktunya memang bergantung pada jarak, jadi semakin jauh jaraknya maka waktunya semakin lama.

  • Parsel Tiba di Staging Store Menuju Hub

Status ini mengindikasikan bawah parsel telah tiba di staging store. Proses ini bisa dikatakan cepat karena jarak antara hub dengan staging store tidak terlalu jauh. Waktu yang diperlukan pada proses ini tidak akan sampai lebih dari 2 hari. Anda perlu curiga jika sampai proses ini berlangsung dalam waktu yang lama.

  • Parsel Tiba di Staging Store untuk Delivery

Status ini menandakan parsel sudah tiba di staging store dan siap dikirimkan ke tempat tujuan atau penerima paket. Paket yang dikirim sudah berada di kabupaten atau kota penerima. Proses selanjutnya adalah pengiriman yang dilakukan oleh kurir. Proses ini memakan waktu tidak lebih dari 24 jam saja.

Penyebab Status Paket Anteraja “Membeku”

Penyebab Status Paket Anteraja “Membeku”

Apa yang menyebabkan status paket Anteraja tidak bergerak sama sekali? Penyebabnya cukup beragam. Memahami apa saja penyebabnya akan membuat Anda bisa lebih memahami sikon yang mungkin terjadi di lapangan. Hal tersebut bisa membuat Anda lebih tenang menghadapi situasi tersebut.

Berikut adalah penyebab-penyebab kenapa status paket Anteraja seolah “membeku”.

  1. Pengiriman Terlalu Banyak

Banyaknya pengiriman yang harus dilakukan pada momen tertentu umumnya bisa mengakibatkan adanya gangguan pada proses pengiriman. Petugas yang bertugas di lapangan kewalahan menghadapi situasi ini. Akibatnya terjadi penundaan yang akan berdampak pada keterlambatan dan penundaan pengiriman.

  1. Terjadi Masalah Operasional

Masalah operasional umum terjadi pada proses pengiriman barang. Meskipun sudah diusahakan untuk diminimalisir, hal-hal tersebut masih terjadi. Salah satu masalah operasional yang mungkin terjadi ada barang tertumpuk sehingga tidak terkirim tepat waktu. Akibatnya terjadi keterlambatan pengiriman paket.

  1. Jenis Layanan Ekonomis

Jenis layanan yang termasuk ekonomis dan hemat umumnya tidak mendapatkan fasilitas penuh (ada uang ada kuialitas). Akibatnya, barang yang dikirim bisa tidak mendapatkan prioritas karena ada barang lain yang harus didahulukan. Hal tersebut dilakukan juga umumnya untuk menghemat biaya pengiriman.

  1. Update Status yang Terlambat

Penyebab terakhir kenapa status paket Anteraja seperti membeku adalah petugas yang terlambat atau lalai melakukan pembaharuan status tepat waktu. Paket sebenarnya sudah masuk ke tahap berikutnya, tetapi petugas lupa melakukan update. Akibatnya, status paket yang tertera itu-itu saja dan tidak berubah.

Solusi Status Paket Anteraja Tidak Berubah Sama Sekali

Apa yang harus diperbuat jika masalah status paket Anteraja tidak bergerak sama sekali? Yang harus Anda lakukan adalah melakukan pelaporan ke pihak Anteraja melalui media atau saluran yang tersedia. Sebelum melakukan pelaporan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu estimasi waktu pengiriman paket.

Sebelumnya, sudah dibahas mengenai waktu perkiraan proses pada setiap status pengiriman paket. Anda harus melihat terlebih dahulu status mana yang tidak bergerak kemudian memperkirakan kapan seharusnya status bergerak. Contohnya, status yang tidak bergerak “parsel sedang tidak diproses di hub”.

Waktu yang diperlukan dalam proses ini adalah satu hari saja. Apabila setelah satu hari status tidak berubah, baru Anda kemudian melakukan pelaporan. Begitu lewat dari tenggat waktu, lakukan saja pelaporan. Jangan terlalu dini menyimpulkan dan sedikit bersabar agar tidak terjadi hal yang memalukan.

Buat Laporan ke Anteraja Melalui Customer Service

Siapkan nomor resi dan informasi yang Anda cantumkan ketika melakukan pengiriman paket melalui Anteraja. Hal tersebut dilakukan untuk membuat laporan di Anteraja bisa diproses sesuai prosedur yang tersedia. Anda bisa mengontak dan membuat laporan ke sana melalui beragam media resmi Anteraja.

Berikut adalah nomor dan alamat media sosial dari Anteraja yang bisa Anda hubungi langsung.

  • Akun Twitter Anteraja: @anteraja.id
  • Akun Instagram Anteraja: @anteraja.id
  • Akun Facebook Anteraja: @official.anteraja
  • Akun Email Anteraja: [email protected]
  • Call Center Anteraja: (021) 5060-3333

Laporkan masalah status paket tidak berubah yang Anda alami melalui nomor dan alamat di atas. Umumnya, orang menggunakan nomor Call Center untuk melaporkan masalah tersebut. Dalam proses pelaporan masalah tersebut, Anda mungkin ditanggapi oleh mesin dan mendapatkan balasan otomatis.

Balasan yang diberikan bukan berarti tidak diproses. Pihak karyawan di bagian Gudang umumnya sedang melakukan pencarian barang tersebut atau melakukan pelacakan. Opsi untuk melakukan pelaporan langsung ke kantor terdekat Anteraja selalu terbuka lebar dan silakan lakukan jika memang mendesak.

Status paket Anteraja tidak bergerak memang menyebalkan. Pengirim akan berada dalam situasi menebak, penasaran, dan jengkel karena masalah tersebut. Realita di lapangan tidak selalu sesuai dengan prasangka. Tetap tenang dan langsung laporkan jika ada yang tidak beres pada status pengiriman paket.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi Anteraja dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar