Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

8 Skill Wajib Pebisnis Online Agar Bisa Bersaing

Agar bisa sukses, Anda harus mempelajari beberapa skill wajib pebisnis online. Dengan skill tersebut, maka bisnis akan menjadi lebih mudah berkembang dan terhindar dari kerugian.

Namun, tentu saja untuk mempelajarinya membutuhkan waktu, tenaga, dan terkadang biaya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika dimulai dari satu skill terlebih dahulu kemudian skill lainnya.

Lalu, apa saja skill yang wajib dimiliki ketika menjalankan bisnis online? Silakan simak beberapa poin penting berikut ini dan mulai belajar sesegera mungkin agar tidak tertinggal dari kompetitor.

Berbagai skill wajib pebisnis online

Daftar Skill Wajib Pebisnis Online Agar Bisa Sukses

Seperti kita ketahui, ada dua macam skill yang perlu dikuasai, yakni hard skill dan soft skill. Untuk lebih jelasnya, silakan simak pembahasan berikut ini.

1. Rasa percaya diri

Seperti kita ketahui, ada banyak sekali tantangan ketika menjalankan bisnis online. Oleh karena itu, percaya diri menjadi salah satu skill wajib pebisnis online agar mampu menghadapi tantangan tersebut.

Banyak orang merasa minder karena beberapa hal seperti belum memiliki pengalaman, tidak cukup pengetahuan, kurang modal, dan lain-lain. Padahal, jika mempunyai rasa percaya diri yang tinggi, semua itu bukanlah masalah berarti.

Tidak memiliki modal bisa menggunakan metode dropship. Sementara itu, ketika merasa kurang pengetahuan, maka satu-satunya cara adalah mulai belajar dari berbagai sumber.

Saat ini ilmu sudah sangat mudah diakses melalui situs pencarian, baik itu gratis maupun berbayar. Jadi, sebenarnya masalah tersebut bukan lah hal yang serius untuk ditakutkan.

2. Financial planning

Skill wajib pebisnis online berikutnya adalah financial planning atau perencanaan keuangan. Anda harus mengerti kondisi arus keuangan dan melakukan eksekusi sesuai keadaan tersebut.

Sebagai contoh, untuk masalah modal saja perlu dipertimbangkan matang-matang. Anda perlu merencanakan kira-kira dalam waktu berapa lama modal tersebut bisa kembali.

Selain itu, manajemen seperti mengatur pengeluaran dan pemasukan juga sangat penting. Sayangnya, ilmu ini jarang sekali diajarkan di bangku sekolah sehingga kebanyakan pebisnis tersandung di bagian keuangan.

Misalnya, mereka mengeluarkan uang untuk modal usaha terlalu besar tanpa memikirkan potensi pemasukan bulanan. Akhirnya, dalam beberapa bulan saja bisnis tersebut mengalami kebangkrutan.

Kasus lain adalah karena kurangnya edukasi mengenai manajemen keuangan, uang yang seharusnya diputar menjadi modal malah digunakan untuk keperluan konsumsi. Akibatnya, pengeluaran jauh lebih besar dari pendapatan dan sama-sama berujung pada kerugian.

3. Konsistensi dan persistensi

Kedua hal tersebut memang benar-benar menjadi skill wajib pebisnis online maupun offline. Pasalnya, dalam berbisnis kita tidak sedang balapan dengan pebisnis lainnya untuk menjadi pemenang.

Tidak ada pemenang dalam bisnis. Akan tetapi, ketika seorang berhenti, maka bisa dipastikan ia adalah orang yang kalah.

Oleh karena itulah konsistensi sangat penting. Tidak menjadi soal jika omzet Anda masih kecil asalkan terus konsisten belajar dan beradaptasi dengan perkembangan zaman.

Selain konsistensi, persistensi atau kemampuan tahan banting juga perlu. Setiap pebisnis online pasti akan merasakan kegagalan dan kerugian, hanya saja masing-masing memiliki cara merespons yang berbeda.

Anda harus siap dengan keadaan tersebut dan bangkit kembali dengan persiapan yang lebih baik. Semakin tahan banting dengan kegagalan, maka akan semakin kuat fondasi Anda dalam menjalani bisnis ke depannya.

4. Leadership

Skill wajib pebisnis online yang juga tidak kalah penting adalah leadership atau kepemimpinan, terutama ketika Anda sudah memiliki tim sendiri. Pada dasarnya, skill ini berpengaruh bagaimana Anda mengelola tim agar mampu membawa visi misi yang sama.

Memang harus diakui bahwa belajar leadership cukup menantang karena kita akan berhadapan dengan manusia. Artinya, kita perlu memahami psikologi dasar manusia seperti bagaimana mengatasi tim yang toxic, membangun hubungan baik, dan lain-lain.

Jika merasa belum memiliki, jangan khawatir karena saat ini ada banyak sekali pelatihan tentang leadership dengan harga yang lumayan terjangkau. Silakan sisihkan sebagian uang Anda untuk investasi ilmu tersebut karena dampaknya akan sangat terasa.

5. Public speaking

Public speaking juga termasuk skill wajib pebisnis online dan sangat berguna dalam kelancaran bisnis. Sebagai contoh, ketika ingin memperkenalkan produk Anda, maka skill ini tentu sangat dibutuhkan.

Seperti halnya leadership, menguasai public speaking juga perlu waktu dan latihan terus-menerus. Anda harus belajar mengenai artikulasi, intonasi, gestur tubuh, dan masih banyak lagi.

Meskipun termasuk cukup sulit dipelajari, namun sekali Anda menguasainya maka akan menjadi bekal yang sangat berharga. Anda bisa mempengaruhi tim atau orang lain sesuai dengan tujuan Anda.

Cara paling mudah untuk melatih skill ini adalah dengan berbicara di depan cermin. Selain itu, membuat konten di depan kamera juga sangat efektif untuk mempercepat proses berlatih.

6. Digital marketing

Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa untuk sukses menjalankan bisnis online, maka digital marketing sangat wajib dipelajari. Ada banyak cabang dari digital marketing, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Copywriting untuk membuat kalimat promosi yang menari
  • SEO untuk memenangkan mesin pencarian
  • Email marketing untuk marketing menggunakan email
  • Ads untuk menggunakan layanan iklan, baik di Google maupun Facebook
  • Social Media Marketing untuk marketing menggunakan sosial media

Anda tidak harus mempelajari skill wajib pebisnis online di atas sekaligus karena tentu akan memakan banyak waktu. Silakan pelajari satu terlebih dahulu dan baru beralih ketika sudah memahami dengan baik.

7. Membuat konten

Salah satu kunci sukses berbisnis online adalah menarik perhatian audiens atau pengguna internet dan cara terbaik untuk itu adalah dengan membuat konten. Bahkan, pepatah Content is the King memang benar karena tidak ada konten tidak akan ada traffic.

Anda bisa memilih apakah ingin membuat konten berupa tulisan, gambar, video, atau audio. Setiap jenis konten memiliki platform andalannya masing-masing.

Sebagai contoh, jika Anda lebih senang membuat konten berupa tulisan, maka silakan gunakan Facebook atau website. Sementara itu, apabila lebih memilih gambar, maka Instagram adalah pilihan yang tepat.

Di sisi lain, TikTok dan YouTube adalah dua platform yang sangat cocok untuk membuat konten berupa video. Jadi, silakan pilih mana yang menurut Anda paling nyaman untuk dibuat.

Ketika sudah menguasai satu jenis konten, Anda bisa mencoba jenis lainnya untuk mendapatkan jangkauan lebih luas. Dengan demikian, bisnis Anda dapat memperoleh traffic cukup besar dan berpotensi melakukan transaksi.

8. Desain

Skill wajib pebisnis online yang terakhir adalah desain. Desain yang dimaksud di sini tidak harus tingkat tinggi, melainkan teori-teori dasar saja seperti tipografi, pemilihan warna, dan lain-lain.

Untuk mempelajarinya sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa menonton video seputar desain grafis dasar dan akan memahami hanya dalam waktu beberapa hari saja.

Demikian penjelasan mengenai beberapa skill wajib pebisnis online apabila ingin bertahan di tengah persaingan digital yang sangat ketat seperti saat ini. Mau tidak mau Anda harus mempelajarinya meskipun cukup memakan waktu dan tenaga.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar