Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Pentingnya Remarketing Bantu Tingkatkan Penjualan Online

Apakah Anda ingin meningkatkan penjualan online dengan bagus? Remarketing adalah solusi yang paling terbaik. Ini adalah salah satu strategi bisnis dimana wajib diketahui oleh setiap pemilik usaha untuk bisa memberikan hasil lebih optimal.

Seperti sudah diketahui, bisnis online memang sedang booming selama beberapa tahun terakhir. Walaupun keberadaannya dapat memberikan profit cukup besar, tetapi apabila tidak ada strategi yang tepat jelas akan langsung ketinggalan dari para pesaing.

Pentingnya Remarketing Bantu Tingkatkan Penjualan Online

Apa itu Remarketing?

Sudah bukan menjadi rahasia lagi apabila jualan online semakin sulit dilakukan terutama karena memang banyaknya pesaing. Apabila Anda tidak inovatif dan kreatif dalam berbisnis, jelas akan langsung cepat gulung tikar begitu saja atau kehilangan jumlah pelanggan dengan cepat.

Nah salah satu cara yang bisa digunakan sebagai upaya buat meningkatkan penjualan adalah dengan remarketing tersebut. Strategi satu ini memang semakin banyak diterapkan oleh banyak pebisnis tetapi bagi masyarakat awam tentu masih asing dengan istilah trsebut bukan?

Adapun pengertian dari istilah tersebut berdasarkan dengan Google Ads Help adalah strategi agar bisa tetap terhubung dengan orang-orang yang sebelumnya pernah melakukan interaktis dengan situs web, e-commerce ataupun aplikasi tertentu.

Jika disederhanakan, nantikan marketer akan menciptakan iklan khusus dimana sengaja ditujukan kepada pengguna yang sebelumnya pernah berinteraksi dengan situs ataupun halaman resmi mereka. Sehingga ketika pengguna kembali mencari situs lainnya, maka iklan tersebut akan tetap muncul di hadapannya.

Melihat dari pengertian diatas, pastinya sebagian besar dari Anda sudah pernah mengalami hal tersebut bukan. Sebagai contohnya, ketika Anda baru saja membuka situs e-commerce dan membuka situs website lainnya, maka secara tidak langsung iklan dari situs e-commerce tersebut akan muncul juga.

Nah itu adalah bentuk strategi dari remarketing satu ini dimana banyak diterapkan oleh para pebisnis. Tujuannya adalah buat mendorong para pengguna agar bersedia melakukan pembelian ataupun untuk meningkatkan brand awareness di mata mereka tersebut.

Proses Remarketing

Setelah memahami bagaimana pengertian dari strategi satu ini, maka penting agar memahami bagaimana proses dari remarketing tersebut. Adapun dalam praktiknya, strategi tersebut akan menggunakan tools Google Adwords buat menelusuri website ataupun Facebook Ads sebagai penelusuran media sosial.

Menurut dari Cyber Click bahwa proses dari strategi satu inilah ternyata juga cukup sederhana dimana dibagi menjadi tiga tahapan utama yakni

  • Pengguna akan mengunjungi situs website ataupun melakukan pembelian di dalam situs web Anda
  • Kemudian mereka akan langsung ditandai atau tagged with cookie serta akan ditambahkan ke dalam daftar remarketing
  • Selanjutnya, Anda dapat menerapkan strategi kampanye iklan yang khusus ditampilkan pada mereka dimana sudah terdaftar di kelompok remarketing.

Tips Menerapkan Strategi Remarketing

Apabila Anda ingin menerapkan strategi remarketing tersebut tentu ada banyak tips dimana perlu dipahami dengan baik. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena dalam menerapkan strategi satu inilah tidak boleh dilakukan secara sembarangan juga.

Oleh karena itulah agar nanti hasilnya bisa maksimal, maka beberapa tips berikut ini wajib buat diterapkan dengan baik.

Cobalah Bagi Audience Kedalam Beberapa Kelompok

Perlu diketahui bahwa semua pengunjung yang ada di website Anda tidaklah sama. Oleh karena itulah, sebaiknya jangan pernah berpikir akan menampilkan iklan dengan konten sama kepada para pengunjung.

Disinilah pentingnya agar mengelompokkan para pengunjung alias audience buat mengindentifikasi serta memahami kebutuhan yang mereka miliki tersebut. Cobalah membuat pengelompokan berdasarkan dengan tujuan dari digital marketing serta target konsumen seperti apakah sesuai keinginan.

Memberikan Batasan Terhadap Frekuensi Iklan

Apabila Anda ingin menyampaikan pesan yang bagus serta tepat kepada para pengguna, kami sarankan agar membatasi kemunculan dari frekuensi iklan kepada para pengguna. Karena kalau terlalu sering ada maka kemungkinan besar akan membuat pengguna mengira bahwa spamming.

Iklan Harus Menarik serta Unik

Tips menerapkan strategi remarketing berikutnya adalah pastikan iklan harus menarik sekaligus unik baik di facebook, twitter ataupun di website. Pastikan Anda harus membuat desain iklan minimalis tetapi mempunyai kesan kuat terhadap isi didalamnya sehingga akan menarik.

Iklan dengan ukuran yang besar biasanya kurang menarik bagi para konsumen karena dianggap spamming atau menganggu. Walaupun desain iklan minimalis, tetapi sematkan pula kalimat-kalimat tajam di dalamnya sekaligus menjual.

Di samping itu, usahakan juga pada space iklan kecil itulah juga menyediakan adanya tombol klik yang mudah terlihat dan mudah diklik. Degan adanya tombol klik itulah akan membawa pengunjung agar kembali ke dalam halaman website.

Tentukan Target Konsumen Yang Mempunyai Kemiripan

Tips lainnya yang bisa diterapkan adalah cobalah buat menentukan target konsumen dimana mempunyai kemiripan. Bukan hanya bagi pengunjung situs Anda sebelumnya, tetapi juga konsumen dengan riwayat internet mirip seperti berdasarkan kata kunci.

Disinilah, pebisnis dapat membuat kata kunci skincare atau fashion sebagai keywoard dari produk kecantikan atau fashion. Nantinya juga dapat mewakili wanita ataupun pria dari segala usia.

Manfaat Remarketing

Setelah memahami bagaimana pengertian dan tips dalam menjalankan remarketing tersebut, Anda juga perlu agar mengetahui apa sajakah manfaat di dalamnya. Sampai saat ini, Anda pastinya penasaran dengan jenis strategi pemasaran satu ini.

Memang tujuan atau manfaat utama dari remarketing dapat membantu meningkatkan nilai penjualan. Tetapi lebih dari itu, strategi inipun akan memberikan beberapa manfaat diantaranya adalah sebagai berikut.

Membantu Meningkatkan Jangkauan Pelanggan

Dengan adanya penerapan strategi inilah ternyata akan membantu untuk meningkatkan jangkauan dari pelanggan lebih mudah. Terlebih lagi, para pebisnis dapat memasukkan calon pelanggan yang pernah berinteraksi dengan website Anda walaupun tanpa melakukan apapun.

Relevansi Iklan Semakin Meningkat

Selain itu, manfaat lainnya adalah Anda dapat memasang iklan yang relevan dengan hal dimana pernah dibuka oleh pelanggan di website. Sebagai contohnya apabila mereka membuka produk A di website Anda. Kemudian iklan dari produk A tersebut juga akan ditampilkan di website yang mereka kunjungi lainnya.

Menjaga Hubungan Dengan Baik Kepada Pelanggan

Masih ada lagi manfaat dari remarketing yakni dapat membantu menjaga hubungan dengan seorang pelanggan. Hal tersebut karena sebagian besar pelanggan dimana pernah melakukan interaksi dengan website dan meninggalkan begitu saja tentu akan lupa dengan suatu brand.

Lantas, Anda menambahkannya dalam daftar remarketing itulah maka akan tampil iklan dari website atau brand Anda. Oleh karena itulah secara tidak langsung akan membantu meningkatkan

Perbedaan Remarketing dan Retargeting

Sebagian besar dari Anda tentu akan berpikir bahwa kedua strategi diatas sama bukan? tetapi ternyata keduanya mempunyai sejumlah perbedaan diantaranya adalah

  • Iklan dari remarketing akan ditampilkan dengan menggunakan layanan Google Display network
  • Sedangkan retargeting akan menampilkan banyak jenis dan tergantung oleh interaksi dimana dilakukan pengunjung ketika mengunjungi situs Anda.

Mempelajari berbagai macam strategi dalam bisnis memang sangat penting agar bisa meningkatkan jumlah penjualan nantinya. Selain remarketing, Anda juga bisa mempertimbangkan kehadiran situs resimu.net buat mengecek resi atau pengiriman paket.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar