Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Penyebab dan Solusi Masalah Produk Sedang Diperiksa Shopee

Pada saat berjualan di Shopee, salah satu masalah yang kerap dijumpai seller adalah produk sedang diperiksa Shopee. Sebenarnya hal itu merupakan hal yang wajar terjadi saat seller upload produk.

Namun, terkadang status diperiksa tersebut berlangsung dalam durasi yang cukup lama. Jika dibiarkan saja, maka bisa-bisa malah mengganggu aktivitas penjualan dari toko online Shopee Anda.

Lalu, sebenarnya apakah hal yang menyebabkan masalah pemeriksaan tersebut terjadi di Shopee? Nah, untuk mengetahui penyebab serta solusi masalah tersebut, Anda dapat ikuti penjelasan berikut ini.

Penyebab dan Solusi Masalah Produk Sedang Diperiksa Shopee

Kapan Status Produk Sedang Diperiksa Shopee akan Hilang?

Mengenai waktu pemeriksaan yang dilakukan oleh Shopee, tentunya semua itu kembali lagi dari tim Shopee. Anda sebagai pengguna tidak dapat menentukan kapan pastinya pemeriksaan produk tersebut selesai.

Namun, secara umum lama pemeriksaan tersebut akan berlangsung dalam jangka waktu cukup lama. Bahkan, pada beberapa kasus ada juga waktu periksa produk yang mencapai hitungan hari sampai dengan mingguan.

Biasanya durasi pemeriksaan tersebut juga tergantung dengan hal apa yang membuat produk Anda diperiksa. Jadi, untuk kapan status tersebut hilang, semuanya kembali lagi tergantung dari pihak aplikasi Shopee itu sendiri.

Mengapa Muncul Status Produk Sedang Diperiksa Shopee?

Apabila sekarang produk jualan Anda di Shopee sedang dalam masa pemeriksaan dan tidak selesai-selesai, maka mungkin ada beberapa penyebabnya. Nah, berikut adalah berbagai kemungkinan mengapa pemeriksaan produk tidak kunjung selesai.

1. Merek Produk Anda Palsu

Penyebab produk sedang diperiksa Shopee tidak kunjung selesai adalah karena merek yang digunakan palsu. Selain itu, hal lain yang bisa menjadi penyebabnya adalah penggunaan nama produk menggunakan pelesetan merek ternama.

Sebagai contohnya, misalkan saja Anda menjual jaket menggunakan nama merek Niki. Bisa saja hal tersebut dinilai Shopee sebagai sebuah tindakan meniru merek ternama Nike yang sudah ada sebelumnya.

2. Menautkan Link Selain Shopee

Hal lain yang membuat produk sedang diperiksa Shopee tidak selesai-selesai adalah karena terdapat tautan produk yang mengarahkan ke transaksi di luar Shopee. Hal seperti itu tentu sudah menjadi sebuah larangan di aplikasi ini.

Sebagai contohnya, Anda memberikan tambahan link berupa media sosial, website, ataupun nomor HP pada iklan yang dibuat. Selain tautan, tidak diberikan juga izin untuk menampilkan simbol untuk mengajak pengguna bertransaksi di luar Shopee.

3. Keyword Produk Tidak Tepat

Penyebab berikutnya mengapa produk diperiksa Shopee tidak kunjung usai adalah karena keyword yang digunakan tidak tepat. Hal ini termasuk juga aturan yang tidak boleh dilanggar oleh para seller dalam membuat post produk.

Misalkan saja, Anda menjual celana jeans, namun pada keyword yang dimasukkan adalah celana legging wanita. Penggunaan kata kunci tersebut tentunya sudah tidak sesuai sehingga dinilai sebagai sebuah pelanggaran oleh Shopee.

Jika tidak segera mendapatkan perbaikan, maka siap-siap saja untuk mendapatkan sanksi dari Shopee. Biasanya, hukuman yang diberikan bisa berupa memblokir iklan sampai dengan memblokir akun seller Shopee Anda.

4. Kategori Produk Salah

Selain keyword, kesalahan pada saat memasukkan kategori produk juga menjadi salah satu hal yang membuat produk diperiksa dalam waktu lama. Meskipun terdengar sepele, namun kesalahan seperti ini dapat mengacaukan pencarian produk.

Contohnya, saat Anda berniat ingin membuat post produk berupa tas ransel, namun produk tersebut malah dimasukkan ke kategori tas wanita. Pastinya itu akan dianggap sebagai sebuah kesalahan dan melanggar ketentuan dari pihak Shopee.

5. Hashtag Produk Tidak Tepat

Penyebab lainnya yang dapat membuat status produk sedang diperiksa oleh Shopee tidak hilang-hilang adalah karena hashtag yang digunakan salah. Salah yang dimaksud dalam hal ini adalah hashtag tersebut tidak ada kaitan dengan produk Anda.

Biasanya, kesalahan seperti ini terjadi karena para penjual ingin memanfaatkan hashtag yang sedang trending. Namun, terkadang karena memaksakan, hashtag tersebut tetap dicantumkan meskipun tidak sesuai dengan barang yang dijual.

Solusi Masalah Produk Sedang Diperiksa Shopee

Setelah dijelaskan berbagai macam penyebab mengapa pemeriksaan produk berlangsung lama, selanjutnya Anda akan diberikan informasi tentang solusinya. Pasalnya, jika hanya didiamkan saja, maka bisa jadi Shopee memblokir akun Anda.

Selain itu, jika terus menunggu proses pemeriksaan tersebut sampai selesai, pastinya memakan waktu yang lama. Anda tidak ingin bukan aktivitas penjualan toko Anda terganggu oleh masalah seperti itu?

Nah, untuk mengatasi permasalahan seperti ini, sebenarnya ada beberapa solusi yang bisa digunakan. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang cara penyelesaian masalah tentang pemeriksaan produk Shopee.

1. Jangan Jual Produk Merek Palsu/Tidak Perlu Cantumkan Merek

Solusi pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah produk sedang diperiksa Shopee adalah dengan memperbaiki merek produk. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggunakan nama brand asli dari produk tersebut.

Apabila memang produk yang dijual merupakan barang tiruan, maka Anda tidak perlu mencantumkan brand di produk. Hal ini bisa dilakukan untuk mengakali kesalahan yang bisa terjadi saat pemeriksaan otomatis dilakukan.

2. Hindari Proses Transaksi di Luar Shopee

Solusi lainnya yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi masalah produk sedang diperiksa Shopee adalah dengan menghindari menautkan link transaksi di luar Shopee. Hal itu merupakan sebuah pelanggaran cukup fatal jika sampai dilakukan.

Selain mencantumkan link tautan, Anda juga tidak boleh untuk menyertakan nomor telepon yang bisa digunakan untuk bertransaksi di luar Shopee. Pasalnya, untuk urusan tersebut, Shopee terbilang sangatlah ketat.

Jika sampai aturan tersebut dilanggar, pihak Shopee dapat memberikan peringatan sampai dengan sanksi. Apabila kesalahan sudah terlalu sering, Shopee bisa melakukan pemblokiran terhadap akun Shopee Anda.

3. Gunakanlah Keyword dan Kategori Sesuai Produk

Solusi selanjutnya untuk mengatasi masalah produk sedang diperiksa Shopee adalah dengan memperbaiki masalah keyword dan juga kategori. Pastikanlah bahwa Anda sudah menggunakan kedua element tersebut dengan tepat.

Dengan penggunaan keywords dan kategori yang tepat, maka produk yang dijual akan lebih mudah ditemukan oleh target pasar. Hal itu tentu nantinya dapat berguna untuk meningkatkan penjualan produk toko Anda.

4. Pilih Hashtag Relevan

Solusi yang terakhir adalah pastikan bahwa Anda sudah menggunakan hashtag yang berhubungan dengan produk yang dijual. Hal ini tentu sangatlah penting agar bisa lolos dari pemeriksaan otomatis dari pihak Shopee.

Hindarilah untuk ikut-ikutan menggunakan hashtag yang mungkin sekarang sedang trending. Pasalnya, jika oleh pihak Shopee dianggap tidak relevan, maka siap-siap saja produk Anda tersebut akan ditinjau dalam waktu lama.

Untuk itu, sebaiknya mainkan saja teknik penjualan menggunakan hashtag yang masih sesuai dengan produk. Meskipun tidak menggunakan hashtag yang sedang trending, penggunaan hashtag yang tepat pastinya bisa membuat produk mudah ditemukan pembeli.

Seperti itulah tadi informasi tentang penyebab serta solusi dari masalah produk sedang diperiksa Shopee. Perhatikanlah informasi di atas dengan baik agar Anda dapat menjual produk di Shopee secara aman tanpa harus dibayangi pemblokiran dari Shopee.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar