Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Penyebab dan Solusi OVO Tidak Bisa Login dengan Mudah

Menjadi salah satu e-wallet terpopuler di indonesia, tidak membuat OVO terbebas dari kekurangan. Masalah tentang OVO tidak bisa login menjadi yang cukup sering dialami oleh para pengguna.

Kondisi tersebut membuat para pengguna tidak dapat masuk untuk mengakses dompet digital OVO mereka. Padahal, pada beberapa kesempatan sebelumnya, aplikasi OVO masih bisa digunakan seperti biasa.

Lantas apakah hal yang menyebabkan masalah seperti itu bisa terjadi di e-wallet OVO Anda? Untuk mencari tahu tentang jawabannya, Anda bisa memahaminya di penjelasan berikut ini.

OVO tidak bisa login

Penyebab OVO Tidak Bisa Login

Seperti halnya masalah lain yang terjadi pada e-wallet OVO, tentu kondisi pengguna tidak bisa login juga ada penyebabnya. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang bisa saja membuat Anda tidak dapat login ke akun OVO.

1. Masalah Server

Hal pertama yang menyebabkan aplikasi OVO tidak bisa login adalah karena masalah server. Masalah terkait server yang down atau maintenance memang kerap kali terjadi pada aplikasi yang berbasis online seperti OVO.

Sebenarnya terjadinya masalah seperti server down ini merupakan kejadian yang umum dialami di aplikasi online. Pasalnya, dalam perkembangannya, pasti ada saja hal-hal yang menyebabkan sistem internal dari aplikasi yang akan mengalami gangguan.

Masalah tersebut bisa terjadi karena adanya masalah seperti bugs, error, ataupun dari server program. Untuk mengatasi hal ini, Anda sebagai pengguna hanya dapat menunggu hingga server selesai diperbaiki oleh pihak aplikasi.

2. Koneksi Internet Tidak Stabil

Selanjutnya hal yang dapat membuat OVO tidak bisa login adalah karena masalah jaringan internet. Pada umumnya, kondisi jaringan internet seluler pada HP tergantung dalam beberapa faktor seperti jenis provider ataupun jangkauan sinyal.

Selain itu, gangguan koneksi tersebut bisa juga disebabkan karena sedang adanya peningkatan pelayanan dari pihak provider. Nah, kondisi sinyal yang tidak stabil itulah yang terkadang membuat Anda tidak dapat masuk ke dalam aplikasi OVO.

Jika hal tersebut merupakan penyebab utamanya, maka Anda dapat mencoba untuk menggunakan koneksi yang lebih stabil. Anda dapat mencoba untuk menggunakan internet dari Wi-Fi yang dikenal punya sinyal yang lebih stabil.

3. Wi-Fi Dibatasi/Diblokir

Tidak jarang Anda pasti pernah memanfaatkan sinyal Wi-Fi gratis yang ada di tempat tertentu. Namun, terkadang sinyal yang dipancarkan tersebut tidak dapat digunakan untuk mengakses aplikasi tertentu seperti OVO.

Jika sudah begitu, bukan saja OVO tidak bisa login, tetapi Anda juga tidak bisa akses aplikasi OVO tersebut. Apabila memang Wi-Fi yang Anda digunakan ada pembatasan, maka langsung saja Anda pindah ke data seluler.

4. OVO Masih Versi Lama

Penyebab selanjutnya yang membuat OVO tidak bisa login adalah karena aplikasi yang digunakan masih versi lama. Artinya, sebenarnya dari OVO sudah memberikan update, namun Anda belum melakukan update aplikasi OVO.

Seperti diketahui, saat aplikasi masih pada versi yang lama, biasanya akan muncul error ataupun bug saat digunakan. Hal itu tidak menutup kemungkinan juga bisa membuat Anda tidak dapat masuk ke aplikasi OVO.

Nah, untuk mengatasi masalah update tersebut, caranya sangatlah mudah sekali. Anda hanya perlu masuk ke Play Store ataupun App Store untuk kemudian melakukan update aplikasi OVO yang digunakan.

5. Cache Menumpuk

Hal lain yang mungkin saja menjadi sumber masalah kenapa OVO tidak bisa login adalah karena jumlah cache sudah menumpuk. Secara umum, cache memang biasanya hanya mempunyai ukuran yang kecil.

Namun, apabila Anda membiarkan cache tersebut menumpuk dalam waktu lama maka jumlahnya menjadi besar. Nah, hal itulah juga yang terkadang membuat berbagai masalah pada aplikasi termasuk membuat akun OVO tidak bisa login.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut satu-satunya cara adalah dengan membersihkan cache. Anda tinggal masuk saja ke pengaturan aplikasi dan bersihkan cache aplikasi yang sudah menumpuk cukup banyak.

6. OVO Ilegal

Di zaman digital seperti sekarang, banyak developer ketiga yang membuat aplikasi Modifikasi. Hal itu juga bukan tidak mungkin terjadi pada aplikasi dompet digital seperti OVO atau semacamnya.

Secara sekilas, memang aplikasi MOD tersebut bisa memberikan berbagai macam keuntungan dibandingkan dengan yang original. Namun, hal itu tentu merupakan sebuah tindakan ilegal yang tidak boleh dilakukan.

Terkadang, di aplikasi MOD tersebut telah ditanamkan virus ataupun terdapat bug yang mengganggu. Nah, salah satunya adalah bisa membuat pengguna tidak bisa masuk ke dalam aplikasi.

Apabila Anda memang merupakan pengguna aplikasi OVO ilegal, maka disarankan untuk menggunakan versi original saja. Pasalnya, aplikasi MOD selain ilegal juga terkadang bisa menyebabkan bahaya untuk perangkat Anda.

7. Akun Diblokir OVO

Alasan berikutnya yang mungkin membuat Anda tidak dapat login ke OVO adalah karena memang telah diblokir oleh pihak aplikasi. Hal ini biasanya terjadi karena telah terbukti melakukan tindakan ilegal, kecurangan, ataupun adanya kesalahan pengguna.

Untuk masalah seperti ini, untuk mengatasinya Anda harus menghubungi pihak OVO. Apabila memang tidak terjadi kecurangan ataupun tindakan pelanggaran yang dimaksud, maka akun Anda dapat kembali lagi digunakan.

8. Kesalahan Login 3 Kali

Dalam proses login ke akun OVO, biasanya dibatasi oleh beberapa kali percobaan. Namun, pada saat terjadi kesalahan login hingga lebih dari 3 kali, biasanya akan menyebabkan Anda tidak dapat login lagi dalam beberapa waktu.

Kesalahan yang dimaksud dalam hal ini adalah kesalahan dalam memasukkan username ataupun password. Namun, untuk masalah ini biasanya Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai akun bisa digunakan lagi.

Untuk menghindari kesalahan seperti itu terjadi, Anda dapat mencoba untuk memasukkan username dan password secara hati-hati. Selain itu, jika tidak ingin repot, maka Anda juga dapat menerapkan auto login pada aplikasi OVO.

9. Terjadi Hack atau Retas Akun

Penyebab OVO tidak bisa login yang berikutnya adalah karena terjadi hacking pada akun Anda. Kejahatan seperti itu memang kerap kali terjadi terutama pada aplikasi yang membutuhkan kode OTP untuk verifikasi.

Biasanya, oknum kejahatan tersebut mendapatkan kode OTP dengan cara menipu pengguna. Dengan mengaku dari pihak aplikasi, oknum tersebut akan meminta kode OTP yang dikirimkan lewat HP Anda untuk digunakan login di HP mereka.

Selain karena masalah OTP, bisa juga akun Anda terkena hack oleh seorang hacker. Apabila sewaktu-waktu akun Anda mengalami hal yang tidak biasa seperti keluar sendiri, saldo berkurang, dan hal lainnya, Anda wajib untuk waspada.

Untuk mengatasi hal seperti ini, Anda dapat mencoba menghubungi pihak OVO segera jika ditemukan hal mencurigakan pada akun. Selain itu, Anda juga dapat melakukan tindakan pencegahan dengan cara secara rutin mengganti password.

Seperti itulah tadi berbagai macam penyebab OVO tidak bisa login beserta cara mengatasinya. Dengan mengetahui informasi tersebut, kini Anda dapat mengatasi permasalahan tidak dapat login pada aplikasi dompet digital OVO.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar