Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

8 Penyebab dan Cara Mengatasi DANA Paylater Tidak Muncul

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh pengguna DANA adalah kasus DANA paylater tidak muncul. Masalah ini tentu akan menimbulkan keresahan tersendiri terutama jika benar-benar ingin menikmati layanan tersebut.

Untuk membantu jika Anda mengalami masalah serupa, pada kali ini akan dibahas secara lengkap mengenai apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya. Meskipun tidak ada jaminan berhasil, namun tidak ada salahnya untuk mencoba.

Jadi, silakan simak pembahasan berikut ini secara detail. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat agar masalah bisa segera diatasi.

Penyebab dan Cara Mengatasi DANA Paylater Tidak Muncul

Pengertian Tentang DANA Paylater

Pertama-tama, Anda harus memahami terlebih dahulu apa itu DANA Paylater. DANA paylater merupakan salah satu layanan dari DANA bekerja sama dengan Akulaku di mana pengguna bisa membayar transaksi di belakang.

Untuk bisa menikmati layanan ini, pengguna harus melakukan upgrade akun terlebih dahulu. Jadi, tidak semua orang bisa menggunakan fitur DANA paylater.

Karena cukup memudahkan dalam belanja, pengguna paylater pun semakin bertambah. Akan tetapi, tak jarang juga muncul beberapa kendala, salah satunya adalah DANA paylater tidak muncul.

Hal tersebut tentu akan membuat pengguna tidak bisa menggunakan sistem bayar di belakang. Oleh karena itu, penjelasan lengkap mengenai permasalahan tersebut akan dibahas pada artikel ini.

Apa yang Menyebabkan Dana PayLater Tidak Muncul?

Ketika mengalami masalah tersebut, tidak heran jika banyak yang merasa panik. Akan tetapi, Anda harus tetap tenang dan silakan amati kira-kira apa penyebab hal ini.

Dari pengalaman sejumlah pengguna selama ini, ada beberapa alasan yang mungkin menyebabkan DANA paylater tidak muncul. Apa saja itu?

1. Belum melakukan update aplikasi

Setiap developer aplikasi pasti akan terus melakukan update untuk mengatasi jika terdapat bug di dalamnya. Mengenai jangka waktunya, masing-masing memiliki waktu tersendiri, apakah itu setiap bulan, setiap minggu, atau memang ketika selesai melakukan perbaikan bug.

Sayangnya, beberapa pengguna smartphone mematikan fitur auto update aplikasi sehingga masih menggunakan versi yang lama. Hal tersebut tentu berpengaruh terutama dalam kelancaran menjalankan aplikasinya.

Bisa jadi DANA paylater tidak muncul karena Anda belum melakukan update aplikasi. Untuk mengeceknya, silakan buka Play Store atau App Store dan jika muncul pemberitahuan untuk update, artinya memang aplikasi tersebut masih versi lama dan perlu diupdate.

2. Jarang melakukan transaksi

DANA paylater memang dirancang untuk pengguna yang aktif bertransaksi sehingga menjadi lebih mudah. Apabila Anda cukup jarang berbelanja, bisa jadi itu akan menyebabkan fitur tersebut tidak muncul.

Hal tersebut tetap bisa terjadi meskipun akun DANA Anda sudah upgrade ke premium. Coba perhatikan aktivitas transaksi Anda beberapa hari terakhir, jika memang jarang terdapat transaksi, artinya alasan ini mungkin menjadi penyebabnya.

3. Tidak menerima undangan

Perlu diketahui bahwa tidak semua pengguna DANA bisa menikmati layanan paylater. Biasanya pengguna akan mendapatkan undangan kepada siapa yang berhak mendapatkan fitur tersebut.

Apabila belum atau tidak menerima undangan tersebut, tentu saja paylater tidak akan bisa digunakan dan tidak muncul. Jadi, silakan ingat-ingat apakah Anda pernah mendapatkan undangan tersebut sebelumnya.

4. Akun masih baru

Akun yang masih baru tidak akan bisa menikmati seluruh fitur dengan maksimal. Pengguna harus melakukan upgrade ke premium terlebih dahulu untuk mendapatkan semua itu.

Jadi, ada kemungkinan DANA paylater tidak muncul dikarenakan akun masih tergolong baru. Hal ini memang sangat wajar karena pihak DANA pasti tidak ingin ada tindakan semena-mena yang dilakukan oknum tidak bertanggung jawab seperti membuat akun smurf untuk mendapatkan paylater.

Bagaimana Cara Untuk Mengatasi DANA Paylater Tidak Muncul?

Jika Anda sudah mempelajari beberapa kemungkinan kenapa paylater tidak muncul, maka pada kali ini akan diberikan tips bagaimana untuk mengatasinya. Masing-masing kasus tentu mempunyai solusi yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba satu per satu terlebih dahulu. Jika memang tidak bisa, maka silakan coba langkah berikutnya hingga menemukan solusi paling tepat.

1. Melakukan upgrade akun

Salah satu syarat untuk mendapatkan layanan DANA paylater adalah memiliki akun premium. Jika Anda masih pengguna baru, silakan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan upgrade.

  • Buka aplikasi DANA
  • Login ke akun Anda
  • Klik Verifikasi Akun Saya
  • Unggah seluruh data dengan lengkap seperti selfie dan foto KTP
  • Pastikan Anda mengambil foto dengan pencahayaan yang baik
  • Usahakan wajah tampak jelas
  • Klik Submit
  • Tunggu proses verifikasi
  • Selesai

Sebagai catatan, ketika melakukan upgrade, pastikan koneksi internet Anda dalam keadaan stabil. Beberapa proses verifikasi akan gagal apabila terdapat masalah pada koneksi.

2. Melakukan update aplikasi

Jika masalah DANA paylater tidak muncul masih belum teratasi, maka Anda bisa menggunakan cara berikutnya, yakni melakukan update aplikasi. Seperti telah disebutkan sebelumnya, aplikasi harus selalu update agar bug-bug bisa diatasi.

Untuk melakukan update cukup mudah. Berikut ini adalah yang bisa dilakukan jika Anda menggunakan perangkat Android.

  • Buka Google Play Store
  • Pilih menu Aplikasi Saya
  • Cari aplikasi DANA
  • Klik Update
  • Tunggu sampai proses update berakhir
  • Selesai

Cara di atas adalah termasuk cara manual di mana Anda harus rutin mengecek apakah ada update pada aplikasi. Apabila tidak ingin repot, Anda bisa menyalakan fitur update otomatis.

Hanya saja, pastikan paket data Anda mencukupi karena mungkin akan memakan kuota cukup besar. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengatur untuk update otomatis hanya ketika terhubung Wi-Fi.

Bagi pengguna iOS, silakan Anda menyesuaikan dengan cara tersebut. Biasanya, update aplikasi bisa dilakukan melalui App Store atau pada pengaturan aplikasi.

3. Bersihkan cache

Secara fungsi, cache memang sangat membantu agar aplikasi bisa berjalan lebih ringan. Akan tetapi, di sisi lain cache yang menumpuk justru bisa mengakibatkan berbagai masalah, salah satunya adalah DANA paylater tidak muncul.

Untuk membersihkan cache aplikasi, Anda bisa membuka menu pengaturan ponsel dan memilih manajemen aplikasi. Setelah itu, pilih aplikasi DANA lalu klik di bagian Hapus Cache.

Cara ini mungkin tidak menjamin akan berhasil karena pada dasarnya pembersihan cache hanya berfungsi meminimalkan terjadinya error. Apabila masalah tersebut berada dari server tentu hal tersebut akan sia-sia.

4. Sering melakukan transaksi

Di bagian sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu alasan kenapa DANA paylater tidak muncul adalah karena Anda jarang melakukan transaksi. Jadi, solusi atas masalah tersebut cukup sederhana, yakni mulai sering bertransaksi.

Transaksi di sini bukan hanya dalam konteks belanja saja. Anda juga bisa bertransaksi seperti transfer saldo ke e-wallet atau rekening bank.

Semakin sering terdapat aktivitas transaksi, semakin besar pula kemungkinan paylater akan muncul. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Jadi, itulah tadi beberapa penyebab DANA paylater tidak muncul beserta cara mengatasinya. Jika masih belum terselesaikan, Anda bisa langsung menghubungi customer service DANA dan menanyakan permasalahannya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar

x