Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Pentingnya Riset Kompetitor Untuk Bisnis Anda, Sudah Menerapkannya?

Setiap para pelaku usaha pasti ingin mendapatkan kesuksesan bukan? itulah pentingnya melakukan riset kompetitor terlebih dahulu. Sebab dengan begitu akan memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis Anda terutama dalam mengembangkan usaha.

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam menjalankan usaha sendiri, berbagai macam kendala kerap kali terjadi ketika akan mencapai sebuah tujuan. Salah satu kendala dimana kerap terjadi adalah persaingan antar pebisnis dimana menjual produk ataupun jasa serupa.

Pentingnya Riset Kompetitor Untuk Bisnis

Pengertian Riset Kompetitor

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa persaingan dalam dunia bisnis memang menjadi salah satu kendala yang kerap terjadi. Oleh sebab itulah, sangat penting bagi seseorang dalam menganalisis competitor atau pesaing dalam bisnis.

Caranya adalah dengan melakukan riset kompetitor terlebih dahulu. Adapun pengertian dari istilah satu ini adalah bagaimana cara sebuah perusahaan melakukan riset terhadap perusahaan sejenis. Tetapi sebaiknya, pelaku usaha jangan pernah terobsesi dengan strategi yang mereka gunakan.

Sebab itu hanya akan membuat perusahaan goyah dengan visi sejak awal. Tetapi bukan berarti, Anda dapat mengabaikan pesaing begitu saja. Dengan penggunaan strategi yang tepat itulah maka bisa mengambil berbagai macam manfaat sekaligus strategi sehingga akan membuat usaha Anda selangkah lebih maju dibandingkan dengan mereka.

Di samping itu, terobsesi dengan lawan bisnis ternyata juga bukan merupakan mindset yang baik. Terlebih lagi ketika terlalu terpaku untuk melakukan hal yang mereka lakukan, maka akan membuat perusahaan menjadi kehilangan arah.

Keberadaan strategi yang tepat itulah ternyata akan memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan seperti membantu menguatkan brand positioning, menentukan strategi pemasaran seperti apakah yang tepat hingga lebih mudah dalam mencermati tren.

Strategi Melakukan Riset Kompetitor

Sudah paham bukan bagaimana pengertian dari istilah yang ada diatas? lantas bagaimana cara dalam menerapkannya? Sebenarnya agar strategi tersebut berhasil dilakukan maka terdapat beberapa hal dimana perlu dipelajari oleh seorang pebisnis.

Tetapi jangan khawatir secara berlebihan, berikut ini beberapa langkah yang dapat Anda lakukan kalau ingin melakukan riset kompetitor tersebut:

Pastikan Menentukan Goal atau Fokus Utama

Hal paling penting dimana wajib diperhatikan pemilik usaha adalah dengan menentukan goal atau focus utama ketika akan melakukan riset tersebut. Caritahu apakah bisnis akan meningkatkan sales, awareness ataupun lain sebagainya.

Dengan menentukan goal atau focus apa yang menjadi utama itulah maka akan memudahkan Anda dalam melakukan penyusunan strategi terutama buat melawan pesaing. Ini lebih bagus dibandingkan dengan menyusun strategi tetapi belum mengetahui tujuan utamanya.

Buatlah Daftar Kompetitor

Sesudah Anda menentukan tujuan dalam bisnis maka silahkan membuat daftar competitor terlebih dahulu. Kami sarankan agar melakukan perbandingan menjadi 3 jenis pesaing berdasarkan dengan tingkatan dahulu.

Misalnya saja adalah tingkatan atas dimana merupakan pesaing bisnis yang maju sekaligus mempunyai potensi pasar jauh lebih luas. Kemudian tingkatan tengah dimana setingkat atau lebih maju dibandingkan dengan usaha Anda. Terakhir adalah tingkatan bawah dimana bisnis mereka berada dibawah Anda.

Mulailah Dalam Menentukan Metode Analisa

Strategi dalam menjalankan riset tersebut juga bisa dilakukan dengan memulai menentukan metode Analisa apakah yang digunakan. Sebagian besar dari pebisnis akan menganalisis bagaimana SWOT tersebut berjalan.

Berkat adanya analisis SWOT itulah ternyata akan membantu Anda dalam menentukan manakah komponen yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Dengan begitu akan menghadirkan keunggulan tersendiri pada usaha Anda.

Strategi Menerapkan Riset Competitor Lainnya

Selain memanfaatkan sejumlah strategi diatas, ternyata masih ada sejumlah strategi lainnya dimana dapat dimanfaatkan oleh para pemilik usaha apabila ingin melakukan riset tersebut. Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak penjelasannya berikut.

Tentukan Target Pasar Dengan Tepat

Cara untuk melakukan riset lainnya adalah dengan menentukan target pasar yang tepat. Dengan cara inilah, Anda bisa lebih mudah dalam menjual produk ataupun layanan kepada masyarakat. Tujuannya adalah buat menguji coba produk atau layanan bersangkutan.

Cobalah buat menunjukkan produk kepada mereka, menjelaskan apa sajakah manfaatnya hingga penggunaannya. Jika perlu juga meminta mereka dalam memberikan pendapat secara langsung baik negative ataupun positif.

Buatlah Strategi bisnis Sesuai Dengan Hasil Analisis

Tips dalam menerapkan riset competitor lainnya adalah jangan lupa membuat strategi bisnis sesuai dengan hasil analisis terlebih dahulu. Adapun strategi bisnis disini merupakan tindakan yang dilakukan atas dasar pengambilan keputusan oleh sebuah perusahaan dengan tujuan mencapai target.

Secara sederhana adalah aksi atau proses perusahaan dalam upaya mendukung aktivitas bisnisnya sehingga dapat memperoleh keuntungan. Disinilah perusahaan juga bisa mengontrol jalannya bisnis dengan cara melakukan indentifikasi pasar sekaligus competitor.

Segera Terapkan dan Lakukan Evaluasi

Apabila Anda sudah menetapkan seperti apakah strategi yang akan digunakan, maka Anda dapat segera menerapkannya dan yakin bahwa penerapannya tersebut akan membuat bisnis lancar. Bahkan bisa memberikan pengaruh besar terhadap adanya perkembangan bisnis.

Di samping itu, para pebisnis juga harus melakukan evaluasi secara berkala. Hal ini untuk membantu Anda mengatasi masalah yang sewaktu-waktu dapat terjadi kapan saja.

Contoh Riset sekaligus Analisis Kompetitor Bisnis

Contoh Riset sekaligus Analisis Kompetitor Bisnis

Terdapat beberapa contoh riset ini yang perlu dipahami oleh para pebisnis. Terlebih lagi setiap pemilik usaha memang mempunyai keunikannya masing-masing. Oleh karena itulah tidak bisa disamaratakan begitu saja bukan?

Berikut ini beberapa contoh dari kegiatan Analisa competitor dimana perlu dipahami

Produk atau Jasa Yang Mereka Tawarkan

Hal pertama dimana perlu dipahami oleh pebisnis adalah mengetahui bagaimana competitor dalam menawarkan produk mereka kepada masyarakat luas, cek kemasan atau desain sekaligus bagaimana kegiatan marketingnya sehingga produk atau jasa dapat diterima.

Value dari Bisnis Pesaing

Selain bagaimana mereka menawarkan produk bersangkutan, Anda juga harus melihat bagaimanakah value atau nilai dari perusahaan bersangkutan. Setiap perusahaan pastinya mempunyai value berbeda-beda bukan?

Jenis Layanan Yang Ditawarkan

Cobalah juga melakukan Analisa terhadap jenis layanan yang mereka miliki tersebut. Di samping itu, cobalah mencaritahu alasan kenapa konsumen dari bisnis competitor lebih memilih produk mereka dibandingkan milik Anda.

Bisa jadi karena pesaing mempunyai pelayanan yang lebih baik dan prima dibandingkan dengan apa yang Anda lakukan selama ini bukan.

Manfaat Melakukan Riset Kompetitor

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam melakukan riset pesaing itulah tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Sebab nantinya, keberadaannya akan berpengaruh terhadap bisnis sekaligus memberikan beberapa manfaat diantaranya adalah:

  1. Membantu membangun posisi dari bisnis atau merk Anda di tengah-tengah masyarakat
  2. Bisa lebih mudah dalam mengetahui kelemahan atau kekurangan dari para pesaing
  3. Dapat digunakan sebagai bahan referensi untuk membentuk strategi pemasaran
  4. Memberikan kemudahan dalam mencermati seperti apakah tren yang sedang belaku
  5. Melihat preferensi dari para konsumen.

Selain melakukan riset pesaing, Anda juga harus memanfaatkan platform yang memberikan kemudahan dalam menjalankan usaha terutama pada bisnis online. Resimu.net wajib buat diandalkan terutama buat mengecek resi dengan mudah. Silahkan lakukan riset kompetitor untuk memudahkan bisnis bisa selangkah lebih maju.

Tinggalkan komentar