Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

5 Peluang Usaha Desain Grafis Paling Menjanjikan di Tahun 2022

Di era industri kreatif seperti saat ini, ada banyak sekali peluang usaha desain grafis yang bisa dicoba. Jadi, Anda patut bersyukur apabila mempunyai keterampilan di bidang tersebut.

Tidak hanya banyak jenisnya, namun penghasilan yang bisa didapatkan tidak main-main. Sebagai contoh, Anda bisa mendapatkan jutaan rupiah hanya dengan membuat desain post di sosial media yang saat ini banyak dibutuhkan.

Lalu, apa saja peluang usaha tersebut? Silakan simak beberapa peluang berikut ini dan silakan pilih mana yang paling cocok dengan kegemaran Anda.

Peluang Usaha Desain Grafis

Ide Peluang Usaha Desain Grafis

Beberapa ide peluang usaha ini cukup menggiurkan apabila dilakukan dengan sungguh-sungguh. Lalu, apa saja itu?

1. Membuka jasa desain

Peluang usaha desain grafis yang pertama tentu saja membuka jasa desain. Hampir semua orang membutuhkan desain, namun tidak semua memiliki kemampuan tersebut.

Oleh karena itu, bisa dibilang jasa desain memiliki prospek yang sangat cerah, terutama jika Anda mempunyai keahlian ini. Anda dapat memilih semua jenis desain atau fokus ke salah satu saja.

Berikut ini adalah beberapa jenis desain grafis yang bisa ditawarkan.

  • Desain poster
  • Desain brosur
  • Desain infografik
  • Desain undangan
  • Desain postingan sosial media
  • Desain logo
  • Desain menu
  • Dan masih banyak lagi

Melihat banyak juga orang yang memiliki skill ini, Anda perlu menemukan keunikan atau kelebihan Anda dibandingkan lainnya. Sebagai contoh, Anda bisa berfokus hanya pada pembuatan desain logo saja.

Semakin spesifik niche yang dipilih akan semakin mempermudah Anda dalam melakukan branding dan bersaing. Pilih saja jenis yang paling Anda kuasai agar tidak memakan waktu lama untuk memulainya.

2. Usaha percetakan

Meskipun membutuhkan modal yang cukup besar, namun bisa dibilang ini adalah salah satu peluang usaha desain grafis yang menguntungkan. Pasalnya, meskipun sudah masuk era digital, masih cukup banyak orang membutuhkannya untuk mencetak baliho, pamflet, baju, dan lain-lain.

Jadi, tidak ada salahnya jika Anda ingin menggeluti bidang ini. Menariknya dari bisnis ini adalah selain menjual jasa cetak, Anda juga bisa menawarkan jasa desain apabila klien masih belum memiliki gambaran desain.

Dengan demikian, potensi penghasilan yang didapatkan akan semakin besar. Untuk memulai bisnis percetakan, Anda tentu harus memiliki peralatan cetak terlebih dahulu.

Tidak masalah jika belum memiliki kantor atau tempat produksi karena bisnis ini masih bisa dijalankan di rumah selama masih dalam skala kecil. Ketika bisnis sudah berjalan dan mulai menghasilkan, barulah Anda mengumpulkan tabungan untuk menyewa tempat, membeli alat, atau merekrut karyawan.

3. Mengikuti lomba desain

Apabila Anda ingin mendapatkan hasil instan dari kemampuan desain grafis, maka cobalah untuk mengikuti beberapa lomba desain. Anda bisa mendapatkan informasi melalui media sosial khusus lomba online.

Namun peluang usaha desain grafis seperti ini juga tidak mudah karena Anda akan menghadapi ratusan bahkan ribuan peserta lainnya. Oleh karena itu, dibutuhkan kreativitas yang tinggi agar bisa memenangkan perlombaan tersebut.

Mengenai potensi penghasilan, pemenang lomba desain grafis biasanya berada di kisaran 3 juta hingga puluhan juta rupiah, tergantung dari pihak penyelenggara. Cara ini bisa menjadi alternatif apabila Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Produk custom

Saat ini peluang usaha desain grafis berupa produk custom cukup marak mengingat setiap orang ingin mendapatkan aktualisasi diri. Beberapa produk custom tersebut antara lain kaus, hoodie, jaket, topi, tas, mug, jam dinding, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya bisnis ini bisa sekaligus dilakukan bersama jasa percetakan karena beberapa mungkin menggunakan peralatan yang hampir sama. Akan tetapi, di sini Anda harus memiliki produk polos terlebih dahulu untuk nantinya diterapkan desain yang dipesan.

Jika masih terkendala dengan biaya produksi, Anda juga tidak perlu terlalu khawatir karena sudah cukup banyak layanan Print on Demand. Artinya, sudah ada percetakan khusus yang siap mencetak hasil desain Anda.

Jadi, Anda hanya perlu menyiapkan berbagai desain menarik untuk diterapkan pada produk-produk tertentu dan memasarkannya saja. Mengenai produksi, pengemasan, hingga pengiriman semuanya diurus oleh pihak vendor.

Penghasilan usaha ini juga tidak main-main. Untuk satu picis produk custom kaus, Anda bisa mendapatkan keuntungan mulai 30 ribu hingga 100 ribu rupiah, tergantung dari bahan dan kualitas produknya.

Kunci dari menjalankan bisnis produk custom adalah mengenal keinginan pasar. Anda harus peka dengan tren di masyarakat agar lebih mudah menemukan tema desain yang berpotensi laku di pasaran.

5. Kursus desain grafis

Jika beberapa peluang usaha desain grafis sebelumnya adalah menawarkan jasa fisik, maka usaha ini terbilang cukup unik karena termasuk jasa ilmu. Mengingat banyak orang yang ingin belajar desain grafis, artinya peluang ini masih sangat terbuka.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, Anda dapat membuka kursus desain secara offline, baik itu panggilan ke tempat klien ataupun dilakukan di rumah Anda.

Selanjutnya, Anda juga dapat membuat kursus online di platform tertentu. Kursus online memang sedang marak digeluti karena potensi penghasilannya sangat besar.

Bayangkan saja, Anda hanya perlu satu kali take video kursus saja. Setelah itu, Anda cukup menjual dengan harga tertentu berkali-kali tanpa harus memproduksi lagi sehingga peluang usaha desain grafis ini cukup menghemat tenaga.

Jika satu kursus dihargai 50 ribu saja, artinya dengan mendapatkan 100 peserta Anda sudah bisa mengantongi 5 juta rupiah. Padahal, biasanya kursus online bisa terjual hingga ribuan peserta jika memahami cara memasarkannya.

Cara terakhir adalah dengan membuat konten dan mendapat penghasilan dari iklan. Platform yang paling cocok untuk metode ini adalah YouTube.

Meskipun membutuhkan waktu yang lama, jika Anda sudah mendapatkan penonton dan subscriber yang banyak, maka penghasilan di atas 10 juta sangat mungkin dimiliki. Namun, ada beberapa skill yang harus dipelajari seperti public speaking, video editing, SEO, dan sebagainya.

Tips Sukses Menjalankan Peluang Usaha Desain Grafis

Ada beberapa poin bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan hasil lebih maksimal dalam bisnis desain grafis. Pertama, Anda harus selalu peka dengan tren yang berkembang di masyarakat untuk mengetahui minat mereka saat ini.

Kedua, fokus kepada kemauan konsumen. Mungkin saja Anda memiliki konsep tersendiri dalam urusan desain, namun cobalah pertimbangkan sebenarnya desain seperti apa yang mereka inginkan.

Ketiga, bentuk branding yang kuat agar bisa bersaing dengan desainer lainnya. Branding ini bisa dibentuk dari kualitas pelayanan, pemilihan nama, penggunaan logo, gaya bahasa, dan lain-lain.

Terakhir, sering-seringlah membuat karya untuk dijadikan portfolio dan tampilkan di media sosial atau website Anda. Semakin banyak portfolio, maka klien juga akan semakin percaya karena melihat langsung hasil kerja Anda.

Jadi, dari beberapa ide peluang usaha desain grafis di atas, mana yang paling menarik perhatian Anda? Silakan pilih salah satu terlebih dahulu lalu kembangkan jika merasa sudah menguasainya.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar

x