Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Marketing

Peluang Besar Bisnis Es Batu Kristal Online

Bagi Anda yang sedang bingung mencari ide bisnis, maka bisa mencoba untuk bisnis es batu kristal online. Meskipun terlihat sederhana, ternyata bisnis tersebut termasuk sangat bagus prospek keuntungannya.

Pasalnya, es batu sampai saat ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat terutama para penjual makanan dan minuman. Oleh karena itu, permintaan pada es batu pasti tidak akan ada habisnya.

Apakah Anda ingin mencoba untuk menjalankan bisnis menjual batu es kristal seperti ini? Nah, jika iya, maka langsung saja Anda menyimak berbagai informasi terkait dengan bisnis tersebut di bawah ini.

Peluang Besar Bisnis Es Batu Kristal Online

Peluang Bisnis Es Batu Kristal Online

Sebelum memutuskan untuk memulai sebuah bisnis, pastinya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu tentang peluang bisnis tersebut. Hal ini sangat penting karena minat masyarakat menjadi faktor utama produk bisa laris atau tidak.

Secara umum, kehadiran es batu masih dibutuhkan oleh berbagai segmen masyarakat terutama para pebisnis minuman dingin. Biasanya, penjual minuman dingin tersebut membutuhkan jumlah es batu yang cukup banyak.

Selain itu, tidak hanya pada bisnis khusus minuman saja yang membutuhkan es batu, tetapi juga para pebisnis makanan. Mereka membutuhkan es batu untuk menyediakan berbagai menu minuman dingin di warung mereka.

Tidak hanya itu saja, es batu juga dibutuhkan oleh para pedagang daging segar, ikan, dan berbagai makanan beku lainnya. Bahkan, tidak jarang kebutuhan es batu juga diperlukan untuk acara hajatan besar seperti pernikahan atau syukuran.

Melihat kebutuhan es batu yang terbilang masih cukup tinggi, tentunya bisnis tersebut punya peluang yang bagus. Apalagi dalam hal ini Anda menjual es batu jenis kristal secara online, pastinya konsumen bisa lebih mudah dalam memesannya.

Mengenal Target Pasar Bisnis Es Batu Kristal Online

Seperti yang sudah dikatakan di awal, terdapat beberapa target pasar yang membutuhkan es batu. Namun, untuk memperjelas pemahaman tentang hal tersebut, Anda dapat melihat penjelasan lengkapnya berikut ini.

1. Produsen Frozen Food

Sampai saat ini, di Indonesia terdapat cukup banyak perusahaan yang memproduksi makanan beku. Bahkan, perusahaan tersebut tidak hanya ada satu bidang saja melainkan ada banyak bidang usaha.

Salah satu perusahaan frozen food yang membutuhkan cukup banyak suplai es batu adalah perusahaan penyuplai bahan makanan laut. Nantinya, es batu tersebut digunakan agar bahan hasil laut tersebut kesegarannya bertahan lama.

Kebutuhan es batu tersebut tentu juga diperlukan secara berkelanjutan mengingat bahan makanan dari laut setiap hari datang. Oleh karena itu, perusahaan tersebut menjadi salah satu target market yang tepat untuk menjual produk es batu Anda.

2. Tempat Makan dan Minuman

Target market berikutnya yang membutuhkan bantuan dari bisnis es batu kristal online adalah tempat makan dan juga minuman. Pasalnya, tempat-tempat tersebut umumnya membutuhkan es batu untuk kebutuhan minuman es.

Tidak hanya untuk membuat minuman dingin saja, es batu biasanya juga digunakan oleh tempat makan seperti warung, restaurant, ataupun cafe untuk membuat bahan masakan menjadi lebih tahan lama.

Jadi, karena operasional tempat makan ataupun bisnis minuman ini selalu berkelanjutan, maka kebutuhannya akan es batu juga sangat banyak. Untuk itu, tempat tersebut merupakan salah satu target market yang tepat untuk usaha Anda.

Tantangan Dalam Bisnis Es Batu Kristal Online

bisnis es batu kristal

Seperti halnya jenis usaha atau bisnis lainnya, saat menjalankan bisnis es batu ini pasti terdapat banyak sekali tantangan menghadang. Tantangan tersebut bisa saja datang dari luar ataupun dari dalam usaha sendiri.

Berikut adalah tantangan yang umum dihadapi dalam bisnis es batu ini:

1. Modal dan Tempat Usaha

Biasanya, tantangan awal yang akan dihadapi saat hendak membuka bisnis online ini adalah terkait tempat jualan dan juga modal usaha. Namun, hal seperti itu mungkin tidak akan terlalu banyak ditemukan pada bisnis es batu kristal online.

Pasalnya, untuk menjalankan jenis usaha es batu tersebut, modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Bahkan, Anda juga dapat memulai usaha tersebut dalam skala kecil seperti skala rumahan atau rumah tangga.

Untuk modal usaha, Anda hanya memerlukan lemari pendingin atau freezer sebagai alat pembuatan es batu. Selain mesin pendingin tersebut, Anda juga memerlukan plastik untuk mengemas pesanan es batu.

Sementara, proses untuk membuat es batu jenis kristal ini termasuk sangat mudah untuk dilakukan. Orang yang belum punya background dalam bisnis tersebut, juga bisa dengan mudah untuk mempelajarinya.

Satu hal yang pasti, bahan baku pembuatan es batu harus menggunakan air yang bersih agar terbebas dari bakteri. Sementara untuk pembuatan es untuk bahan minuman dingin, disarankan untuk menggunakan air yang sudah matang.

Alasannya, jika menggunakan air mentah, maka saat minuman es dikonsumsi oleh pembeli dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan. Seperti diketahui, bakteri pada air mentah ada cukup banyak sehingga tidak baik untuk kesehatan.

2. Faktor Cuaca/Musim

Tantangan selanjutnya yang akan dihadapi saat memulai bisnis es batu kristal online adalah adanya faktor cuaca. Seperti kita tahu, Indonesia ini mempunyai dua macam musim, yakni musim hujan dan juga musim kemarau.

Pada saat musim hujan tiba, maka biasanya orang-orang akan mengurangi untuk mengonsumsi minuman dingin. Hal tersebut otomatis akan membuat pesanan tempat makan atau minuman mengalami penurunan yang cukup signifikan.

Tentunya, jika waktu tersebut tiba, maka omzet penjualan es batu akan menjadi tidak optimal seperti biasa. Nah, agar tetap dapat meraih keuntungan, Anda bisa memaksimalkan untuk menyuplai ke tempat frozen food.

Meskipun permintaan yang dilakukan akan lebih sedikit dibandingkan saat musim kemarau, namun hal tersebut sudah untung karena es batu tetap bisa terjual. Untuk menghemat biaya produksi, di musim hujan Anda bisa menerapkan sistem pre order.

Tips Sukses Dalam Bisnis Es Batu Kristal Online

Dalam menekuni sebuah bisnis, pastinya Anda tidak akan bisa langsung meraih kesuksesan dengan mudah. Namun, dalam proses perjalanan menuju kesuksesan tersebut Anda bisa menggunakan berbagai macam strategi.

Berikut ini merupakan beberapa tips penting yang dapat digunakan untuk menjalankan bisnis batu es kristal Anda:

  • Persiapkan mental pengusaha yang kuat
  • Mulai bisnis dengan niat dan tekad kuat agar tidak mudah menyerah
  • Melakukan riset pasar terhadap permintaan es batu
  • Rajin melakukan promosi ke outlet atau pengusaha minuman es
  • Selalu buat produk es batu Anda dengan kualitas bagus
  • Memberikan harga spesial atau diskon pada pelanggan tetap
  • Sebagai media promosi, Anda dapat memberikan jasa antar es batu gratis pada pelanggan baru
  • Selalu melakukan inovasi dan evaluasi produk.
  • Berikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Gunakanlah tips yang disebutkan di atas sebagai langkah untuk bisa meraih kesuksesan dalam bisnis es batu kristal online. Selain tips di atas, jangan lupa juga untuk selalu memanjatkan doa kepada Tuhan agar bisnis bisa sukses.

Setelah melihat penjelasan tentang bisnis es batu kristal online di atas, kini Anda bisa memulainya dengan lebih siap. Segala tantangan serta tips yang sudah dijelaskan diharapkan dapat membantu Anda dalam meraih sukses di bisnis ini.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar