Penulis | Resimu

Diperbarui |

Kategori | Pengiriman

Paket Tidak Bergerak dan Status Tidak Berubah Ini Penyebab dan Solusinya

Kejadian paket tidak bergerak dan status tidak berubah merupakan salah satu masalah yang muncul pada pengiriman paket. Masalah ini bisa menimpa siapapun dan ekspedisi manapu. Jika hal ini terjadi pada Anda terbayang rasa kesal, marah, dan penasaran kenapa bisa muncul status yang menyebalkan tersebut.

Status yang tidak berubah dan paket yang tidak berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, salah satunya adalah terjadi kecelakaan atau insiden yang tidak terduga. Pengiriman paket melalui jasa ekspedisi memang harus menyelesaikan beberapa tahap atau prosedur.

Ketika dalam perjalanannya ada gangguan, umumnya informasi yang didapat konsumen juga akan mengalami gangguan atau keterlambatan. Meskipun rasa marah dan kesal itu hal wajar, perlu diketahui bahwa kesalahan bisa saja tidak terjadi karena kelalaian pengirim, melainkan karena situasi tidak terduga.

Penyebab Paket Tidak Bergerak dan Status Tidak Berubah

Pengiriman paket melalui jasa ekspedisi tidak dilakukan secara sederhana. Paket akan dikirim dan umumnya mampir di tempat transit untuk waktu yang bervariasi. Semakin murah layanan pengiriman yang Anda pilih maka semakin lama waktu yang dibutuhkan agar paket yang dibeli sampai di pangkuan Anda.

Penyebab status tidak berubah dan paket yang tidak bergerak cukup bervariasi. Memahami apa penyebabnya akan membuat Anda bisa lebih bijak menyikapi dan menghadapi masalah ini. Anda mungkin sudah memiliki ekspektasi mengenai apa saja yang mungkin menyebabkan masalah tersebut muncul.

Berikut adalah beragam penyebab status tidak berubah dan paket yang tidak bergerak sama sekali.

1. Jenis Layanan Pengiriman

Kecepatan dan kualitas pengiriman paket akan sangat bergantung pada jenis layanan yang dipilih oleh Anda. Semakin berkualitas jenis layanan yang Anda pilih maka semakin kualitas pengirimannya pun akan tinggi. Apabila jenis layanan yang digunakan biasa saja, maka kualitas layanannya pun standar saja.

Anda harus memahami kebijakan dari pihak ekspedisi mengenai layanan yang ditawarkannya. Untuk layanan standar, waktu yang digunakan dalam proses pengiriman akan lebih lama. Status yang tidak berubah dan paket yang tidak bergerak berarti paket harus melalui lebih banyak proses dan waktu.

Itu untuk paket standar, akan lebih lama lagi jika Anda menggunakan paket ekonomis. Umumnya, semakin murah layanan yang Anda gunakan maka transportasi pengiriman yang diberikan juga mengikuti harga. Analoginya, jika paket bisnis menggunakan peswat terbang, maka paket ekonomis menggunakan mobil.

2. Jarak Pengiriman yang Jauh

Sebagaimana sudah dibahas sebelumnya mengenai mekanisme pengiriman paket, paket dikirim melalui semacam tempat transit dan penyambung-penyambung yang tersebar di seluruh Indonesia. Paket tidak langsung diantar ke tempat Anda ketika paket tersebut diterima oleh ekspedisi dari pihak pengirim paket.

Selain durasi atau waktu pengantaran, jarak yang jauh akan berpengaruh pada transit dan seberapa banyak paket berhenti di satu tempat untuk kemudian dilanjutkan sesuai dengan rute pengiriman yang berlaku. Jarak pengiriman yang jauh bisa memberi dampak yang signifikan pada waktu pengiriman paket.

Paket tidak bergerak dan status tidak berubah bisa disebabkan oleh lamanya waktu perjalanan dan transit yang mungkin dilakukan. Maka dari itu, Anda harus memiliki perkiraan, prediksi, dan ekspektasi yang sesuai dengan layanan pengiriman yang Anda pilih termasuk lokasi dimana paket dibeli dan dikirim.

3. Insiden, Bencana, dan Kecelakaan

Penyebab satu ini merupakan penyebab yang dijamin sulit untuk dihindari, apalagi jika terjadi tanpa terduga sama sekali. Siapa yang menyangka kecelakaan akan terjadi ketika paket dikirim. Bukan hanya yang terjadi pada pengirim paket, tetapi yang terjadi pada orang lain sehingga menghambat waktu pengiriman paket.

Selain kecelakaan, hal lain yang juga sulit diduga adalah bencana alam. Hujan deras yang berakibat banjir adalah fenomena alam yang sering ditemui oleh para pengantar paket. Akibatnya, waktu pengiriman akan terganggu dan status pengiriman akan juga terlambat untuk diperbaharui dan paket terlihat tidak bergerak.

Pandemi adalah salah satu hal paling tidak terduga di dekade 2010-an dan sempat membuat pengiriman paket dari manapun (terutama di kota besar) terganggu. Adanya PPKM dan beragam pembatasan mengakibatkan keterlembatan. Hal-hal ini lah yang tidak disukai oleh penerima maupun pengirim paket.

4. Kuantitas Pengiriman yang Tinggi

Pembelian barang pada momen-momen tertentu kerap mengakibatkan peningkatan drastis pada kuantitas pengiriman paket. Momen-momen seperti hari raya, Harbolnas, dan hari-hari lain yang mengakibatkan banyak orang berbelanja via daring mengakibat pengiriman yang harus dilakukan meningkat jumlahnya.

Konsekuensinya, tentu terjadi penumpukan barang yang harus dikirim ke tempat Anda. Karena padat, hal tersebut dapat berdampak pada waktu pengiriman yang menjadi lebih lambat dari biasanya. Jika Anda berbelanja pada momen tersebut, lebih bijak jika tidak terburu-buru dan bersabar menunggu paket tiba.

5. Human Error

Penyebab lain kenapa paket sampai tidak bergerak dan status pengiriman membeku adalah terjadi kesalahan pada petugas yang bertugas. Paket berada dalam kondisi yang baik, pengiriman lancar tanpa ada hambatan, dan seharusnya status dari pengiriman berubah mengikuti perkembangan pengiriman.

Nyatanya, petugas bisa saja lalai atau terlambat dalam memperbaharui status pengiriman paket. Apa yang tertera di layar berbeda dengan realita. Paket sudah jalan dan berada di tempat A tetapi di status berada di tempat C. Hal semacam ini bisa saja terjadi dan membuat masalah paket yang tidak bergerak muncul.

Solusi Paket Tidak Bergerak dan Status Tidak Berubah

Rasa kesal dan marah berlebih tidak akan menyelesaikan masalah yang menimpa Anda. Lantas, apa yang harus dilakukan jika status tidak berubah dan paket terlihat tidak ada pergerakan sama sekali. Terdapat beberapa solusi jitu yang bisa Anda ambil untuk menyelesaikan masalah ini dengan damai dan baik.

  • Perhatikan jenis layanan yang Anda pilih dan termasuk estimasi waktu pengirimannya.
  • Sebelum estimasi pengiriman terpenuhi, maka jangan terburu-buru melakukan pelaporan ke layanan ekspedisi yang Anda gunakan.
  • Ingat, bisa saja ada hal tidak terduga yang mengakibatkan keterlambatan status pengiriman maupun keterlambatan di lapangan.
  • Jika sudah melebih estimasi waktu pengiriman, jangan ragu untuk melaporkan masalah yang Anda alami saat ini, yaitu paket tidak bergerak dan status tidak berubah.
  • Hubungi pihak ekspedisi melalui kontak resmi yang tersedia di beragam media, dari mulai panggilan telepon (Call Center), akun media sosial, dll.
  • Jika memang perlu, langsung saja kunjungi kantor cabang terdekat dari layanan ekspedisi.
  • Di sana, minta lah keterangan dan penjelasan dari pihak ekspedisi mengenai apa yang terjadi pada paket yang Anda beli dan status pengirimannya.
  • Tetap tenang dan proses penjelasan dari pihak ekspedisi dengan bijak.

Sampai di sini, tidak ada yang bisa Anda lakukan selain menunggu. Adapun laporan yang Anda buat akan membuat pihak ekspedisi mempercepat proses pengiriman karena merasa mendapat tekanan. Jika kendalanya adalah kesalahan petugas maka prosesnya semakin cepat, keculia memang ada bencana.

Tetap tenang menghadapi masalah paket tidak bergerak dan status tidak berubah. Masalah tersebut bisa jadi terjadi karena hal-hal yang tidak dapat dikontrol umat manusia. Ke depannya, lakukan pembelian dengan paket layanan terbaik, beli di waktu yang tidak sibuk, dan bijak dalam menghadapi keterlambatan.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar