Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

Mengenal Proses Bisnis dan Manfaatnya Bagi Sebuah Perusahaan

Terkadang masih banyak pebisnis dimana belum mengenal proses bisnis dan manfaatnya untuk perusahaan. Padahal strategi satu inipun mempunyai banyak manfaat seperti memberikan kemudahan dalam mencapai tujuan sesuai dengan keinginan.

Nantinya terdapat proses bisnis dimana harus dilewati terlebih dahulu dengan cara memanfaatkan semua sumber daya perusahaan. Nah setiap perusahaan itulah tentu akan melewati proses berbeda-beda dalam upaya mencapai tujuan dari perusahaan.

Untuk memahaminya lebih lanjut silahkan simak penjelasannya berikut. Perlu diperhatikan juga bawah harus membaca secara menyeluruh agar dalam memahami secara maksimal.

Manfaat Proses Bisnis Untuk Sebuah Perusahaan

Mengenal Proses Bisnis dan Manfaatnya

Sebelum Anda memahami bagaimana manfaat sekaligus tahapannya maka ketahui dahulu pengertiannya. Adapun proses bisnis adalah rangkaian aktivitas yang akan dilakukan perusahaan buat mencapai tujuan. Nantinya akan berhubungan dengan produk atau jasa dimana akan dihasilkan.

Aktivitas itulah akan diatur sedemikian rupa sehingga mampu mewujudkan tujuan usaha secara nyata. Semua itu ada yang dilakukan secara standar, tetapi di sisi lain juga dilakukan dengan cara dioptimalkan.

Disamping itu kegiatan inipun nantinya juga akan dibagi menjadi ke dalam beberapa sub proses dengan tugas sekaligus aktivitas berbeda-beda. Tetapi tujuan utamanya tentu agar bisa memberikan kebutuhan sesuai dengan konsumen.

Terdapat pula beberapa ahli dimana juga mempunyai pendapat tersendiri terkait dengan pengertian dari proses bisnis.

Magal dan Word

Magal dan Word mengartikan bahwa kegiatan tersebut merupakan kegiatan dimana buat menghasilkan sesuai. Dimana setiap prosesnya akan dilakukan sesuai dengan suatu kejadian.

Kelly R Rainer

Tidak jauh berbeda dengan Magal dan Word, Kelly R Rainer memberikan menjelaskan bahwa itu adalah kegiatan dimana saling berhubungan. Adapun tujuannya adalah buat menghasilkan produk atau jasa yang nantinya akan memberikan manfaat kepada konsumen.

Rummler dan Brache

Terakhir adalah pendapat dari Rummler dan Brache dimana merupakan seluruh aktivitas yang dijalankan dan tujuannya adalah buat menghasilkan produk maupun jasa nantinya.

Jenis-jenis Proses Bisnis

Sudah paham bagaimana pengertian dari istilah diatas bukan? seperti sudah disinggung pada ulasan sebelumnya bawa kegiatan inipun juga masih dibedakan menjadi beberapa jenis. Untuk memahaminya lebih lanjut, silahkan simak penjelasannya dibawah ini:

Proses Utama

Ini merupakan tahapan paling penting sekaligus fundamental dalam sebuah usaha sebagai contohnya adalah pembuatan produk, pemasaran sekaligus memberikan layanan kepada pelanggan. Bagi sebuah pebisnis kecil, apabila telah melakukan tahap ini maka usaha bisa mulai berjalan.

Proses Dukungan

Selain itu adalah tahap dukungan atau sekunder dimana kegiatan tambahan untuk membantu bisnis dalam melakukan operasional agar lebih efisien sekaligus efektif. Proses tersebut biasanya tidak mempunyai keterkaitan dengan tahap akhir secara langsung.

Proses Manajemen

Terakhir adalah proses manajemen dimana adalah aktivitas dalam kegiatan tata kelola, perencanaan strategi, operasional hingga penetapan standar lainnya sehingga prosesnya dapat berjalan. Fungsi utamanya adalah buat melakukan pemantauan ataupun pengawasan.

Fungsi

Kegiatan atau proses usaha inilah ternyata juga mempunyai sejumlah fungsi dimana perlu dipahami dengan baik oleh para pelaku usaha. Adapun beberapa fungsi dimana dihadirkan didalamnya diantaranya adalah:

  • Membantu pihak manager dalam menemukan solusi untuk mengatasi sebuah masalah dalam badan perusahaan ketika kegiatan tersebut sedang dijalankan
  • Memberikan informasi kepada semua karyawan yang terlibat didalamnya. Tujuannya adalah supaya mereka memahami tugas sekaligus peran masing-masing. Itu nantinya agar semua proses dari usaha dapat berjalan dengan lancar
  • Dijadikan sebagai alat indikator bagi sebuah pelanggan tentunya untuk memprediksi kapan proses tersebut akan dimulai, berakhir ataupun dilakukan dengan cara berkelanjutan.

Manfaat Untuk Sebuah Perusahaan

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa aktivitas satu inipun ternyata juga akan memberikan sejumlah manfaat bagi sebuah perusahaan. Terutama sebagai upaya untuk mencapai tujuan dalam berbisnis. Adapun untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat dimana dihadirkan dalam kegiatan tersebut:

Bisa Mencapai Tujuan

Kegiatan satu ini memang bertujuan agar sebuah perusahaan dapat mencapai goal mereka dengan baik. Hal itu karena nantinya semua aspek bisnis memang sudah dapat berjalan sesuai dengan tahapan sekaligus terorganisir dengan maksimal.

Sebab nantinya semua aktivitas akan dilewati dengan terarah sekaligus terukur. Apabila terdapat suatu kekurangan maka bisa dilakukan evaluasi atau perbaikan untuk tahap selanjutnya tersebut.

Meminimalisir Kegagalan

Dalam berbisnis, kemungkinan besar Anda memang akan menemukan momen dimana mengalami kegagalan bukan? tetapi hal tersebut dapat diminimalisir apabila menerapkan proses tersebut terlebih dahulu.

Sebab rangkaian aktivitas didalamnya memang sudah dijalankan dengan efisien sekaligus sistematis sehingga akan menghindari perusahaan dari kegagalan bahkan adanya penggunaan pengeluaran secara berlebihan.

Meningkatkan Efisiensi

Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan efisiensi didalam tubuh perusahaan. Sebab nantinya kegiatan didalamnya juga akan meningkatkan efisiensi sekaligus produktivitas masing-masing divisi.

Mengatasi Kesalahan maupun Human Error

Dengan penggunaan teknologi terbaru dan mutakhir sekaligus penerapan proses yang benar dalam bisnis, tentu akan mengurangi adanya kesalahan dimana kemungkinan besar dapat terjadi dalam kegiatan produksi.

Meningkatkan Fokus sekaligus Lebih Mudah Beradaptasi

Bisnis yang dilakukan tanpa adanya strategi didalamnya tentu akan kehilangan focus sekaligus tujuan bukan. Oleh karena itulah melakukan serangkaian tahapan berbisnis seperti pendirian hingga pelaksanaan memang harus dilakukan dengan baik dan terarah.

Bukan hanya itu saja, manfaat lainnya adalah perusahaan bisa lebih mudah beradaptasi dengan kondisi terutama perkembangan teknologi informasi. Nantinya setiap divisi juga lebih mudah memahami semua teknologi baru dengan tujuan meningkatkan efisiensi dalam kegiatan usaha.

Tahapan Agar Proses Bisnis Menjadi Maksimal

Jenis-jenis Proses Bisnis

Dalam penerapannya terdapat beberapa tahapan proses ini dimana harus dilewati oleh para pelaku usaha terlebih dahulu. Nantinya tujuannya adalah supaya semua kegiatan dapat berjalan dengan teratur sehingga lebih mudah dalam mencapai apa yang diinginkan.

Sebelum Anda memutuskan buat melaksanakannya, maka cukup penting agar memahami dahulu tahapan-tahapan dibawah ini.

Analisa Kegiatan Usaha

Tahap pertama adalah pemilik perusahaan atau bisnis dengan manajemen perusahaan akan bertumbuh dalam menentukan seperti apakah usaha yang akan dijalankan. Dalam tahap inilah akan membantu memahami tindakan apakah yang paling tepat.

Penentuan

Setelah melakukan diskusi dengan tujuan mencapai kesepakatan maka langkah berikutnya adalah pihak manajemen bisa menentukan kegiatan atau proses yang akan dilakukan dalam menjalankan suatu usaha tersebut. Penentuan ini berkaitan dengan biaya operasional nantinya.

Pelaksanaan

Tahap berikutnya adalah melaksanakan atau menjalankan semua dari perencanaan atau planning tersebut. Setiap bagian dari perusahaan itulah nantinya bisa menjalankan peran sekaligus tugas masing-masing secara optimal.

Biasanya juga akan menggunakan sejumlah aplikasi seperti aplikasi ERP dimana akan membantu mengoptimalkan pelaksanaan tugas dari setiap tim maupun divisi.

Evaluasi

Tahap terakhir adalah evaluasi dimana nantinya akan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam penilaian pada strategi bisnis ataupun kinerja dari seorang karyawan.

Untuk melengkapi aktivitas diatas, maka jangan sampai lupakan untuk menggunakan resimu.net dimana dapat berguna buat melakukan aktivitas tracking paket. Sudah mengenal proses bisnis dan manfaatnya bagi perusahaan bukan?


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar