Penulis | Shafira

Diperbarui |

Kategori | Insights

6 Solusi Mengatasi Aplikasi DANA Gagal Transfer

Sebagai pengguna DANA, pastinya Anda pernah mengalami aplikasi DANA gagal transfer. Jika hal tersebut terjadi, tentu akan sangat mengganggu dan juga membuat Anda sebagai pengguna bingung.

Sebenarnya kegagalan transfer seperti itu merupakan hal wajar terjadi pada dompet digital seperti DANA. Masalahnya, terkadang ketidaktahuan tentang penyebab serta solusi masalah tersebut membuat para pengguna bingung.

Oleh karena itu, penting bagi Anda sebagai pengguna untuk mengetahui tentang penyebab dan solusi dari gagal transfer DANA tersebut. Untuk lebih memahami masalah tersebut Anda bisa simak penjelasannya berikut ini.

Solusi Mengatasi Aplikasi DANA Gagal Transfer

Sekilas Tentang DANA Dompet Digital

DANA adalah dompet digital yang mempunyai pengguna aktif cukup banyak di Indonesia. Sampai saat ini, telah lebih dari 90 juta pengguna yang mendaftarkan diri ke aplikasi dompet digital terbaik tersebut.

Peningkatan penggunaan dompet digital seperti DANA dikarenakan mulai beralihnya kebiasaan masyarakat dalam transaksi. Kini, masyarakat cenderung melakukan berbagai kegiatan transaksi secara non-cash atau online.

Kehadiran aplikasi DANA menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin punya e-wallet berkualitas. Pasalnya, di aplikasi tersebut telah tersedia berbagai fitur yang menunjang aktivitas transaksi digital Anda.

Selain itu, ada juga dua pilihan akun pengguna yakni akun Basic dan juga akun premium. Untuk aktivitas ringan, Anda cukup gunakan basic, tetapi jika ingin lebih aktif serta memperoleh banyak keuntungan bisa gunakan akun premium.

Cara Mengatasi Aplikasi DANA Gagal Transfer

Seperti sudah diterangkan sebelumnya, DANA memang dikenal punya fitur menarik yang bisa memudahkan penggunanya. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan untuk terjadinya berbagai masalah.

Salah satu yang kerap dialami oleh pengguna adalah masalah aplikasi DANA gagal transfer. Nah, jika hal tersebut terjadi, maka Anda dapat coba untuk menggunakan beberapa solusi yang dijelaskan di bawah ini.

1. Periksalah Jaringan Internet

Masalah yang kerap menjadi penyebab aplikasi DANA gagal transfer adalah jaringan internet yang bermasalah. Oleh karena itu, apabila Anda mengalami gangguan saat transfer, bisa jadi ada masalah pada koneksi internet.

Supaya dapat digunakan, aplikasi DANA harus mempunyai koneksi internet yang stabil. Apabila terdapat gangguan jaringan saat digunakan, maka bukan tidak mungkin Anda akan mengalami masalah seperti gagal transfer dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi masalah seperti ini, Anda sebagai pengguna tentu wajib untuk melakukan pengecekan terhadap koneksi sebelum menggunakan DANA. Apalagi, dalam hal ini Anda akan melakukan transfer uang secara digital.

Apabila memang koneksi internet HP yang digunakan pada saat itu sedang tidak stabil, maka Anda bisa mencoba untuk gunakan jaringan Wi-Fi. Jaringan tersebut dinilai mempunyai kualitas sinyal yang lebih stabil dibandingkan data selular.

Selain itu, bisa juga Anda mencoba untuk melakukan reset atau refresh jaringan dengan menggunakan airplane mode. Dengan begitu, koneksi yang tadinya terganggu bisa kembali ter-reset sehingga bisa lebih lancar lagi.

2. Periksa Nomor Tujuan Pengiriman Uang

Selanjutnya, agar Anda tidak mengalami masalah aplikasi DANA gagal transfer, maka periksalah kembali nomor tujuan pengiriman. Hal ini meskipun terlihat sepele, namun tidak jarang orang melakukan kesalahan seperti itu.

Untuk menghindari kesalahan kirim atau gagal kirim uang di DANA, maka Anda dapat memasukkan nomor tujuan dengan hati-hati. Lakukan cross check ulang juga setelah memasukkan nomor agar proses transfer bisa sampai ke tujuan dengan aman.

Selain karena kesalahan memasukkan nomor, kegagalan juga bisa disebabkan karena nomor tujuan yang dituju tidak aktif. Jadi, sekali lagi sebelum mengirimkan uang ke sebuah nomor, pastikan terlebih dahulu jika nomor tersebut masih aktif.

3. Meningkatkan Status Pengguna

Cara mengatasi aplikasi DANA gagal transfer berikutnya adalah Anda dapat mencoba untuk menaikkan status akun ke premium. Dengan melakukan update akun tersebut, Anda dapat memperoleh banyak sekali manfaat.

Salah satunya adalah tentang keleluasaan dalam melakukan transfer uang lewat DANA. Apabila pada akun basic, transfer hanya bisa dilakukan ke sesama pengguna aplikasi DANA saja.

Namun, pada akun premium, Anda bisa mengirimkan saldo ke akun DANA lain dan juga rekening bank tertentu. Selain itu, saldo maksimum yang bisa digunakan juga bertambah besar, yakni Anda bisa top up hingga 10 juta rupiah.

Nah, tentunya saat akun Anda sudah menjadi premium seperti itu, masalah seperti gagal kirim uang akan jarang dialami. Tidak hanya itu saja, Anda sebagai pengguna juga akan diberikan berbagai macam keuntungan saat menjadi akun premium.

4. Reset Aplikasi DANA

Selanjutnya, Anda juga dapat mengatasi masalah aplikasi DANA gagal transfer dengan melakukan reset aplikasi. Hal ini bisa dilakukan saat kegagalan transfer tersebut disebabkan oleh adanya bug atau error di aplikasi.

Cara melakukan reset aplikasi ini sangatlah mudah untuk Anda lakukan. Anda dapat mencoba untuk menutup aplikasi dan membukanya kembali ataupun langsung saja menghapus aplikasi background DANA.

Cara lain yang bisa dilakukan untuk me-refresh aplikasi DANA adalah dengan melakukan penyegaran halaman aplikasi. Caranya hanya perlu menarik halaman DANA dari atas menuju ke bawah sampai muncul tanda refresh.

Setelah melakukan reset tersebut, Anda bisa buka kembali aplikasi DANA untuk mencoba kembali melakukan transfer. Apabila memang penyebab dari kegagalan tersebut hanyalah bug atau error biaya, maka transfer bisa dicoba lagi.

Namun, jika setelah berbagai cara reset dan refresh masih belum bisa mengatasi bug, maka Anda dapat menghapus data dari DANA. Setelah itu, unduh kembali data tersebut, lalu gunakan kembali untuk melakukan transfer.

5. Lakukan Transfer di Jam Layanan

Cara selanjutnya untuk mengatasi aplikasi DANA gagal transfer adalah dengan melakukan transaksi pada waktu jam layanan. Hal seperti ini sebenarnya wajib diketahui oleh semua pengguna aplikasi DANA.

Pasalnya, meskipun dapat digunakan dan beroperasi hingga 24 jam, namun tentu terdapat waktu tertentu transaksi harus diperhatikan. Hal itu karena tidak semua transfer ke pengguna lain atau rekening bank selalu bisa dilakukan 24 jam.

Nah, untuk menghindari gangguan karena jam layanan tersebut, maka Anda dapat mencoba untuk transfer di waktu layanan sedang aktif. Pilihan waktu yang bisa Anda gunakan adalah jam 4 pagi sampai dengan jam 10 malam.

Pada jam-jam tersebut, kemungkinannya sangat kecil untuk terjadi hal-hal seperti perbaikan ataupun perawatan jaringan. Jadi, kemungkinan besar pada waktu tersebut proses transfer digital Anda lewat DANA tidak akan mengalami gangguan.

6. Menunggu Maintenance

Seperti halnya aplikasi lainnya, DANA juga kerap kali mengalami proses perbaikan ataupun maintenance. Pada saat hal itu dilakukan, salah satu yang kerap terjadi adalah aplikasi DANA gagal transfer.

Jika hal tersebut memang sedang terjadi, maka sebagai pengguna Anda hanya dapat menunggu hingga proses perbaikan selesai. Biasanya, saat akan dilakukan perbaikan akan diumumkan melalui akun resmi dari pihak DANA.

Mengalami masalah seperti aplikasi DANA gagal transfer pastinya sangatlah mengesalkan. Namun, sekarang Anda tidak perlu merasa khawatir dan bingung lagi karena sudah diberikan solusinya seperti yang dijelaskan di atas.


Ingin mengetahui posisi paket yang sudah dikirim? Gunakan layanan cek resi dari Resimu.net!

Tinggalkan komentar